Langsung ke konten utama

Pengalaman Bincang Buku Mommylicious di Radio



Pernah nggak waktu TK siaran di radio rame-rame dengan teman-teman dan bu Guru ? Saya pernah. Umur 5 tahun siaran di radio daerah menyanyikan sebuah lagu. Setibanya di rumah kakak-kakak saya bilang kalau suara saya tidak kedengaran. *lesu*

Hahaha, jangan-jangan terulang lagi nih.
Ketika mba Lisa, editor Mommylicious memberitahu saya tentang 2 jadwal siaran di radio bulan september, saya antara seneng dan grogi. Hanya teman-teman dekat yang tahu bahwa saya bisa nyerocos lewat tulisan, tapi aslinya kalem dan grogian kalau bicara. Dan kini pembaca blog ini pun tahu rahasia saya. Ssstttt !

Reaksi mba Rina beda lagi, dia semangat karena memang sudah jadi rencana kami ingin mengajukan diri untuk siaran. Eh, belum sempat mengajukan permohonan, ternyata pihak Penerbit Bhuana Ilmu Populer telah mengatur rencana promo di radio untuk buku Mommylicious. Saya tidak tahu pasti apakah semua buku dapat giliran promo? Ataukah hanya buku-buku spesial? Seperti Mommylicious  gitu.. *overpede*

Jadwal pertama 5 September 2014 jam 13.00 di V Radio berlokasi di MNC Tower, kebun sirih Jakarta. Radio ini satu grup dengan RCTI, Sindo dan MNC dalam naungan MNC grup. 

Acara di V Radio bertajuk V Book Club, dengan host Natalia Indy. Mbak Indy ini ramah banget dan seru. Apalagi sebagai ibu muda, sang host tampak menguasai materi buku dan melontarkan pertanyaan demi pertanyaan dengan konsep yang rapi namun tetap santai dan menarik.

Konsep obrolan sebenarnya telah disiapkan oleh editor kami. Namun pada pelaksanaannya pembicaraan berlangsung seru dan tidak terpaku pada teks. Mengalir saja.

Pertanyaan paling saya suka dari Host adalah "Bagian mana dari buku yang paling berkesan?"

Langsung saya jawab "Pada bagian subjudul Kopi Panas." Lalu saya jelaskan kisah huru-hara dibalik kopi panas itu. Sebagai pecandu kopi, saya selalu ingin mendambakan kopi panas untuk me time. Sayangnya, kopi hanya panas tak lebih dari 10 menit dan saya selalu melewatkannya karena berbagai sela dari anak-anak (dan suami) hehehe

Mba Indy terbahak-bahak mendengar cerita saya. Dia pun punya cerita serupa dalam versi berbeda. :)



***
Kunjungan kami kedua 13 September 2014. Masih di MNC tower, hanya saja beda radio, yaitu radio Sindo. Segmen Sindo adalah profesional. Karakter radionya lebih "serius". 

Kami berkenalan dengan host acara "Penulis Bicara", Vina ButarButar.  Kebetulan host yang seharusnya mengawal acara siang itu berhalangan .Tampaknya mba Vina baru melihat buku kami siang itu, tidak sempat mempelajari walau sekilas. Obrolanpun jadi diluar rencana. Waduh... 

Tapi tak apa, ada baiknya juga karena yang kami obrolin tak sama dengan siaran di V Radio minggu sebelumnya. Mba Vina mengerucutkan obrolan ke persoalan Mom War antara Ibu Bekerja dan Ibu Rumahan.
Seru juga obrolan soal itu. Walau secara keseluruhan isi buku tak hanya soal Mom War.

Kami ditanya, mana lebih enak bekerja atau di rumah?

Jawaban saya, "Saya tidak bisa jawab karena saya selama ini bekerja. Hanya tahu rasanya sabtu-minggu di rumah dan itupun sudah sangat kelelahan dan menguras kesabaran. Salut buat Ibu rumahan!"

Dan jawaban mba Rina, "Awalnya jenuh dari bekerja kemudian resign, tapi lama-lama terbiasa dengan ritme ibu rumahan. Kalaupun ada yang terasa hilang adalah teman kantor dan penghasilan. Selebihnya enjoy aja!"

See? Tidak perlu "berperang" kan?

Oiya, kalau terlihat di foto kami siaran bersama anak-anak memang benar adanya. Sepanjang siaran kami dikitari anak-anak. Backsound jadi sedikit gaduh. Biarlah, namanya juga mama-mama, tak bisa lepas dari si kecil. 

It's Mommylicious !




Komentar