Langsung ke konten utama

Hero Supermarket, "Pahlawan" yang Menyegarkan


Untuk kali ini, saya ucapkan "Hero" dengan lafal "HERO", bukan "HIRO" . Khusus untuk Hero Supermarket. Sudah nyaman demikian di lidah orang Indonesia :)

Saya dan Hero Supermarket.
Tahun 1996 saat pertama kali saya tiba di Bogor sebagai anak kos, saya diajak kakak-kakak kelas ke Hero Supermarket di Internusa Plaza, Bogor. Rumah kos saya di jalan Malabar, tepat berada di belakang Hero Supermarket.
Terbiasa dengan  pasar tradisional di kampung halaman, saya terkagum dengan "kemewahan" ala supermarket Hero. Lama kelamaan saya memahami, Hero adalah supermarket yang menargetkan pasar menengah ke atas. Barang-barang yang dijualnya adalah segala kebutuhan sehari-hari, dari perabot dapur, toiletris, dan yang utama adalah makanan segar seperti daging, ikan, buah, sayur, telur, susu dan banyak lagi.

Sebagai anak kos dengan kiriman uang saku pas-pasan, saya harus berhemat. Namun soal makanan segar, saya tidak mau menggadaikan kesehatan dengan membeli makanan yang "tidak jelas" kualitasnya. Jadi Hero Supermarket adalah tempat saya membeli makanan segar. Biasanya susu, buah dan sesekali cake untuÄ· jajan anak kos. Saya jarang membeli sayur karena jarang memasak. 

Ada 2 Hero Supermarket yang saya sering kunjungi. Selain Hero Internusa, satu lagi di jalan Pajajaran Bogor, dikenal dengan Hero Pajajaran. Sayangnya, Internusa Plaza terbakar pada tahun 1996 dan kemudian Hero Internusa terpaksa ditutup. Sedangkan Hero Pajajaran masih ada hingga sekarang, bertansformasi menjadi Giant Express. 

Saat ini di kota Bogor telah ada 7 Giant dan 7 Guardian, masih bagian dari Hero Group. Lokasi Hero Supermarket terdekat dari tempat tinggal saya adalah di Cibubur dengan waktu tempuh 1 jam. Jadi saya tidak pernah lagi ke Hero Supermarket.

Perjalanan 44 tahun.

Hero Supermarket dirintis oleh M.S Kurnia (almarhum) tahun 1951.  Kisah perjuangan inspiratifnya bisa dibaca di www.herosupermarket.co.id . Tahun 1970-an, satu per satu supermarket Hero dibangun di Jakarta. Tahun 1980, saat ekonomi Indonesia stabil dan mapan, Hero Supermarket semakin go public.  Memasuki tahun 1990 Hero Group telah meningkatkan modalnya jauh untuk menjadi perusahaan yang cukup besar. Pada akhirnya, di tahun yang sama, Hero group melaksanakan Initial Public Offering (IPO), yang berarti menjual saham kepada masyarakat umum.

Tahun 2000-2010 Hero dibuktikan bertahan meskipun perekonomian kurang stabil. Memasuki dekade milenium, ekonomi telah berangsur-angsur membaik. Di bawah Hero Group, Starmart telah membuka 131 cabang di seluruh Indonesia. Sementara itu untuk Guardian, apotek, toko kesehatan dan kecantikan, juga menunjukkan kemajuan yang memuaskan. Per Desember 2014, jumlah total toko yang dioperasikan oleh Hero Group adalah lebih dari 700 toko dengan lebih dari 16.000 karyawan. Detail dari toko-toko tersebut adalah 129 toko Giant Ekspres, 55 toko Giant Ekstra, 34 toko Hero Supermarket, 135 toko Starmart, 346 toko Guardian, 2 toko Jason dan 1 gerai IKEA.
Inspirasi segar dari www.herosupermarket.co.id

Tidak adanya Hero di Bogor tidak menghalangi saya mengambil kesegarannya. Hero supermarket mengembangkan websitenya dengan tema utama tentang kesegaran. Sesuai dengan slogan Hero Supermarket yaitu "The Fresh Food People".

Situs www.herosupermarket.co.id terbagi dalam 5 bagian utama yaitu :
  • Fresh Offer, berisi penawaran spesial nan "segar" dari produk-produk Hero Supermarket. Ada penawaran 3 harian dan satu mingguan. Ada juga katalog online setiap bulannya.
  • Fresh Insight, adalah tips-tips cara memilih dan mengolah bahan makanan agar tetap segar, tips hidup sehat, teknik memasak dan tips merawat peralatan rumah tangga. Saya banyak mengambil manfaat dari sini.
  • Fresh Recipes, adalah kumpulan resep-resep lezat, dari  menu Indonesia, Western, Asian dan Mediteran.  
  • Fresh People, berisi kuis dan games yang mengibur dan menyegarkan. Di sini kita juga bisa mendaftar menjadi anggota dan mengikuti aktivitas CSR Hero.
  • Fresh News, berisi berita-berita terbaru dari Hero Supermarket.

Harapanku untuk Hero Supermarket.
Sebagai kado 44 tahun anniversary, ijinkan saya menyampaikan harapan untuk Hero Supermarket. 
  1. Pertahankan kualitas layanan di semua lini. Sepanjang pengalaman saya, pramuniaga dan kasir Hero ramah dan cekatan. Pernah suatu ketika seorang ibu lanjut usia membeli sayuran. Sepertinya beliau tidak tahu kalau yang dipilihnya jenis sayuran impor dan harganya mahal. Si mbak kasir konfirmasi kembali ke si ibu mengenai harga dan jenis barangnya. Si ibu batal belanja. Saya yang berada di antrian di belakang ibu itu terkesan. Betapa si mbak kasir mengutamakan empati daripada keuntungan semata. 
  2. Peningkatan kualitas makanan segar. Di Hero supermarket saya tidak pernah menemukan sayur atau buah yang sudah lembek atau layu dan masih terdapat di rak. Prinsipnya tidak menghabiskan stock gudang, tetapi Hero Supermarket menyajikan bahan pangan segar. Jadi kalaupun stock masih ada dan bahan pangan sudah mulai layu/busuk ya dikembalikan ke gudang. Tidak dijual lagi.
  3. Memperbanyak pangan asli dari sumberdaya lokal Indonesia, mensubsitusi bahan pangan impor dengan produk lokal  Hal ini demi memperkuat produksi dalam negeri, memakmurkan petani lokal dan tentunya menjadi kebanggaan bangsa. 
  4. Tetap menjaga kemewahan namun diharapkan harga-harga produknya bisa dijangkau oleh masyarakat luas. Saya suka belanja di tempat mewah, tetapi tidak ingin hanya melihat-lihat saja, pengennya pulang bawa banyak belanjaan. Tentunya dengan harga murah. Kalau harga barang-barang di Hero murah tentunya daya beli masyarakat meningkat. 
  5. Webnya dikembangkan terus dan sering mengadakan event atau lomba seperti lomba blog kali ini dengan mengusung kampanye positif yang berbeda-beda.
  6. Terakhir adalah harapan pribadi nih, yaitu berharap di Bogor ada Hero Supermarket lagi. Agar saya bisa kembali merasakan kesegaran produk Hero Supermarket.
Selamat ulang tahun yang ke 44 tahun untuk Hero Supermarket, sang "pahlawan" yang menyegarkan.


“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari www.herosupermarket.co.id dalam rangka memperingati HUT Hero Supermarket ke 44. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan."

Komentar

  1. Balasan
    1. yup..termasuk pelopor supermarket di Indonesia

      Hapus
  2. aku seneng ke hero, makanannya fresh semua ^^
    yang nggak ada ditempat lain bumbunya ada disana, sama yang aku seneng letaknya deket tinggal ngglundung wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersyurlah masih dekat Hero. Di bogor tak ada lagi

      Hapus
  3. mba arin, kita seangkatan ya ternyata. Pun, ternyata sama-sama kos di malabar, dan mainannya ke Hero :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhh...ternyata seangkatan...main ke Hero dan numpang baca di Gunung agung

      Hapus
  4. salah satu andalan di jakarta...fresh productnya ituuu lho oke banget :)

    BalasHapus
  5. HERO barangnya apik2 ya mbak Arin

    BalasHapus

Posting Komentar