Senin, 14 April 2014

Obat TB (Tuberkulosis) Gratis dan Mudah Cara Mendapatkannya


Setelah seseorang diketahui mengidap beberapa gejala TB, selanjutnya adalah memeriksakan diri dan berobat. TB wajib diobati karena dapat membahayakan pasien TB dan menulari siapapun di sekitarnya. Jika mata rantai penularan penyakit tidak diputus, maka seterusnya penyakit akan berputar-putar dalam lingkaran. 

Berobat demi Masa Depan.

Pengobatan TB memang cukup berat karena basil TB tergolong basil yang kuat. Butuh minimal 6 bulan pengobatan non stop agar pasien benar-benar sembuh. Beberapa ibu yang saya ketahui anaknya positif TB mengaku enggan berobat.

"Aduh, nggak tega kalau anakku harus minum obat yang banyak selama 6 bulan. Minum obat aja susah apalagi harus 6 bulan? Terus kelupaan harus mengulang dari awal. Ditambah lagi biaya yang tidak sedikit" demikian alasannya.

Saya menangkap beberapa hal yang menyebabkan pasien enggan berobat, yaitu: 



1. Malu dan menyerah. Tidak mudah bagi seseorang untuk mengakui dirinya sebagai pasien karena TB masih dianggap penyakit yang memalukan, ditakuti penularannya dan penderita dikucilkan.

2. Obat TB terdiri dari beberapa macam. Basil Mycobacterium tuberkulosis tergolong bakteri yang kuat. Karena itu diperlukan beberapa jenis obat.

3. Agar penyakit bersih tuntas, obat harus diminum selama minimal 6 bulan. 

4. Minum obat tidak boleh terputus satu hari pun, kalau pasien lalai maka akan terjadi resistensi basil TB (basil menjadi kebal dan lebih kuat) sehingga pengobatan terpaksa diulang dari awal.

5. Pasien TB enggan bolak-balik ke Puskesmas untuk kontrol, melakukan serangkaian tes dan mengambil obat.

6. Pasien mengira obat yang banyak membutuhkan biaya besar. Mereka tidak tahu bahwa saat ini obat TB bisa diperoleh di Puskesmas secara gratis.

Keenganan pasien untuk berobat menjadi penyebab tingginya kasus TB di Indonesia.  Tapi pilihannya hanya ada dua: b
erobat atau sakit bertambah parah ?  Tentunya, kesehatan menjadi pilihan.  Pengobatan minimal 6 bulan akan menyelamatkan masa depan anak yang masih panjang. Apalagi sekarang obat TB di Puskesmas gratis. Sekali lagi, gratis.

Obat TB Gratis, Mutunya Terjamin.

Terkait banyaknya kasus TB di dunia yang mengkhawatirkan, maka WHO menerapkan program penanggulangan TB di seluruh dunia. Menyadari bahwa faktor biaya adalah penghambat utama pengobatan, maka salah satu program WHO adalah pemberian obat gratis.

Selain gratis, obat TB mutunya terjamin. Terbukti telah digunakan secara international oleh WHO. Di Indonesia, pengobatan TB gratis terdapat di Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) dan BP4 (Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru).


Jenis dan Dosis Obat TB.


Pasien akan mendapatkan obat setiap satu bulan sekali dan diwajibkan kontrol sebelum obat benar-benar habis. Pada 2-3 bulan pertama pasien akan mendapatkan Rifamphisin, Isoniazid, Pirazinamid dan Ethambutol. 4 macam obat tersebut sudah dikemas dalam bentuk 
Fix Dose Combination (FDC). Obat itu diminum setiap hari selama 2 bulan. Jika dievaluasi masih perlu tambahan maka diperpanjang hingga 3 bulan.  

Kemudian bulan berikutnya obat tahap lanjutan berupa 2 macam yaitu Rifamphisin dan Isoniazid, dalam bentuk  FDC diminum 3 kali dalam seminggu selama 4 bulan. Dokter Puskesmas akan memberikan penjelasan tentang aturan pakai obat ini.

Cara mendapatkan Obat TB Gratis

Obat TB gratis bisa didapatkan oleh pasien baik yang tidak mampu ataupun yang mampu. Pemberian Obat TB gratis lebih difokuskan pada penyakit TB, bukan pada kalangan penderitanya. Dengan catatan, obat gratis tersedia di Puskesmas atau BP4. Sedangkan di sebagian besar Rumah Sakit obat TB masih berbayar.

Bagi pasien yang berobat ke Puskesmas, pengobatan TB gratis sejak proses diagnosa. Pasien dapat memeriksakan diri ke dokter di Puskesmas, kemudian melakukan tes dahak dan rontgen di Puskesmas secara gratis dengan program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Setelah terdiagnosa positif TB, pasien akan menerima obat secara gratis.

Bagi pasien yang sebelumnya memeriksakan diri ke klinik atau rumah sakit, bisa membawa hasil tes dahak dan rontgen sehingga kemudian dapat mendapatkan pengobatan TB gratis.

Menebus resep di rumah sakit atau apotik tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Kalau ada yang gratis di Puskesmas, kenapa tidak dimanfaatkan? Khasiat obat TB yang tersedia di Puskesmas atau BP4 sama dengan obat TB di rumah sakit. Tidak perlu ragu.

Pengobatan sampai tuntas


Pasien TB dinyatakan sembuh apabila mengikuti setiap proses pengobatan selama minimal 6 bulan tanpa putus. 

Sayangnya, tidak sedikit pasien TB yang tidak mengikuti proses pengobatan ini secara tuntas. Begitu merasa badan lebih sehat lantas menghentikan pengobatan. Jika ini terjadi, maka basil TB akan mengalami resistensi (kebal) dan semakin sulit disembuhkan. Pasien seperti ini disebut suspek TB MDR (Multi Drug Resistance). Akibatnya, pasien harus mengulang dari awal dengan tambahan obat Streptomycin yang harus disuntikkan setiap hari pada 2 bulan pertama.

Agar pengobatan berjalan efektif, dikembangkan metode DOTS (Directly Observed Treatment Short-Course), yaitu pengawasan minum obat yang dilakukan oleh orang terdekat pasien. Pengawas minum obat ini mendapatkan pembimbingan tentang aturan minum obat dan menjaga pasien tidak lalai.

Sistem DOTS ini sudah dilakukan di 95% Puskesmas dan 30% Rumah Sakit.  WHO telah mengembangkan enam titik strategi stop TB yang dibangun di atas keberhasilan DOTS, yaitu: 

1. Komitmen politik dengan peningkatan dan kelanjutan pembiayaan.
2. Penguatan kualitas laboratorium bakteriologi dan surveilans resistensi obat.
3. Pengobatan standar dengan pengawasan dan dukungan untuk pasien . 
4. Pasokan obat dan sistem manajemen yang efektif . 
5. Monitoring dan evaluasi sistem serta pengukuran dampak di masyarakat.  

Periksa ulang.


Pasien TB wajib datang setiap bulan untuk periksa ulang atau kontrol.  Dokter biasanya memberikan obat untuk satu bulan. Jadi sebelum obat habis, pasien sudah harus periksa ulang. Kontrol bulanan ini penting juga untuk mengingatkan agar pasien tidak lalai minum obatnya sesuai aturan. Selain itu kontrol penting untuk konsultasi apabila pasien mengalami efek samping minum obat, misalnya muntah, vertigo dan lain-lain.
Data www.msf.ca

Dari pemeriksaan dokter akan menentukan apakah pengobatan tahap awal cukup dilakukan 2 bulan saja atau perlu ditambah menjadi 3 bulan. Baru kemudian dokter memutuskan kapan pengobatan lanjutan 4 bulan diberikan.

Peran keluarga dan orang terdekat sangat penting sebagai PMO (pengawas minum obat).  
Dengan adanya dukungan-dukungan sosial dan psikososial dari masyarakat, pasien suspek TB akan lebih termotivasi untuk sembuh.

[Bersambung]

Tulisan ini diikutkan dalam Seri II Lomba Blog "Temukan dan Sembuhkan Pasien TB" 

Referensi :

www.tbindonesia.or.id
www.stoptbindonesia.org
www.depkes.go.id
www.pppl.kemkes.go.id
www.cdc.gov
www.who.org
www.kncvtbc.org
www.fhi.org

http://www.msf.ca/en/article/sluggish-response-risks-squandering-historic-opportunity-tackle-global-drug-resistant

43 komentar:

  1. keren...keren tulisannya Mak Arin:)

    BalasHapus
  2. Wah....lengkap sekali penjelasannya mbak.Jd dengan membaca tulisan ini orang jd tau kalau sekarang berobat ke puskesmas gratis.Jadi bermanfaat banget buat mereka yg sakit TB tapi tidak mampu ke dokter swasta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua penderita tb boleh dapat obat tb gratis

      Hapus
  3. ini gratisan yang saya dan banyak orang pengen hindari, ya Mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, cegah dari awal. Dan yg sudah kena wajib berobat biar gak nular

      Hapus
  4. ngakak baca komentar mak Myra haha...btw tulisannya cakep mak...aku juga ikutan lho, mampir ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngakaknya mak Ida tetep aja kalem..hihihiii....ok aku mampir nanti ya

      Hapus
  5. cukup informatif mak :) sukses ya

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Just share for good. Punyamu juga keren mak Rodame

      Hapus
  7. semoga pasien tb memiliki semangat besar untuk sembuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, semangat kuncinya. Mengingat betapa butuh kesabaran dalam pelaksanaannya.

      Hapus
  8. sekarang yg sering jd masalah di praktek bukan pasien tdk mau berobatho mbak arin, tapi efeksamping dari obat TB trsbt yg membuat pasien malas minum obat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efek samping tergolong sering ya kejadiannya? Solusinya gimana bu dokter?

      Hapus
  9. Semoga dengan gratisnya obat TB dan semakin banyaknya orang yang tahu akan gratisnya obat TB, penularan dan penyebaran penyakit ini bisa ditekan. Dan semua pasien bisa terobati....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin...amiiin...amiiin..harapan kita semua Indonesia bebas TB

      Hapus
  10. alhamdulillah yaa. semoga dg gratisan ini banyak yg sembuh yg sakit TB

    BalasHapus
  11. semoga masyarakat sekarang tahu ya kalau ada obat TB gratis

    BalasHapus
  12. halo mbak, apa obat TB gratis ini masih ada dan tersedia di banyak puskesmas sampai saat ini? kalo obat tradisional utk TB ada tidak mbak? sebelumnya terima kasih :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada kak , obat TB paru generik gratis di puskesmas asal dengan program BPJS .

      Hapus
    2. Bukan program bpjs juga bisa mendapatkan pengobatan secara gratis.. Ada buktinya. .

      Hapus
  13. trims infonya.. buat nambah ilmu baru lagi

    BalasHapus
  14. Halo mbak, saya bru saja di diagnosa positif tb oleh dokter di sebuah rumah sakit setelah sebelumnya menjalani cek darah dan rontgen. Pertanyaan saya, saya tinggal berdua bersama anak saya berusia 11 thn. Apakah selama dlm proses pengobatan saya yg makan waktu 6 bulan tsb anak saya harus diungsikan? Atau bisa di vaksin?
    Demikian mohon penjelasannya dan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan ini akan dijawab lebih baik jika ditujuka ke dokter yang meresepkan obat anda. Tapi saya akan coba jawab :)
      Anaknya tentu sudah dapat vaksin ya dari bayi. Kemungkinan ketularan tetap ada, karena itu kudu hati-hati. Kalau bisa ngungsi ya ngungsi..kalau nggak bisa ya pake masker aja.

      Hapus
  15. selamat pagi mba. saya penderita tb paru. pengobatan sudah berjalan memasuki bulan ke 5. trus saya terlewat minum obat pagi sehabis makan. apakah saya harus mengulang? terimakasih ditunggu jawaban nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling tau status TB mas Juna adalah dokter yang menangani. Silakan dikonsultasikan ke dokter segera.

      Hapus
  16. Mba, pengobatan nya full 6 bulan atau hitung per minggu nya mba?
    Terima kasih

    BalasHapus
  17. Ma'af mau tnya nich,saya habis nganter tmn yg terkena TB ke puskesmas dket rumah sya tpi dia ktp luar kota. Knpa ditolak ya? Mhon info nya,pihak puskesmas bilang klau sbaiknya pulang ke kota nya dan melakukan pengobatan dipuskesmas sana. Apa bisa dijelaskan?? Trimakasih

    BalasHapus
  18. Maaf nanya ini saya vertigo karena obat streptomicin. Ini sifatnya sementara atau permanent ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba jawab. Langsung hubungi dokter atau apoteker nya Pak.. Biasanya streptomisin akan dihentikan

      Hapus
  19. bagaimana kl penderita TB dalam keadaan hamil apakah masih bisa mengonsumsi obatnya apakah tidak mempengaruhi janin

    BalasHapus
  20. Boleh tidak obat untuk TB ( ripamcipin & izonizid ) sya beli di apotek tanpa resep dokter

    BalasHapus
  21. Sekarang TB mudah diobati ya mba, nggak kaya jaman dulu, masyarakat menganggap TB penyakit sangat serius, yang susah ditemukan obatnya

    BalasHapus
  22. Ternyata bisa juga mendapatkan secara gratis

    BalasHapus
  23. Apakah untuk pyrazinamide di apotik kimia farma ad dijual buk?

    BalasHapus
  24. Saya dan anak saya + tb .. jujur saya rasanya takut dan malu .. tp setelah baca artikel Mba saya termotivasi untuk berobat agar cepat sembuh ...

    BalasHapus
  25. Saya dan anak saya + tb .. jujur saya rasanya takut dan malu .. tp setelah baca artikel Mba saya termotivasi untuk berobat agar cepat sembuh ...

    BalasHapus
  26. "Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrehttp://bandung.zapplerepair.compair.com)

    JASA SERVICE IPHONE IMAC MACBOOK IPADIPOD DI BANDUNG DAN HARGA TERMURAH

    BalasHapus