Selasa, 29 April 2014

Kesan Indonesia Moderen di Dunia Fantasi





TAMAN Impian Jaya Ancol berdiri tahun 1966, merupakan salah satu ikon tempat wisata di ibukota, bahkan Indonesia. Bagian hiburan paling spektakuler di Taman Impian Jaya Ancol adalah Dunia Fantasi, atau lebih dikenal dengan istilah singkat Dufan berdiri tahun 1985. Dunia Fantasi berkembang sebagai pusat rekreasi penuh hiburan dan petualangan, dengan memasukkan modernitas wahana-wahana di dalamnya.

Masyarakat berbagai kalangan pun masih bisa menyempatkan diri ke Dunia Fantasi. Tiketnya sepadan dengan kepuasan yang didapatkan. Bagi wisatawan luar Jakarta, ke Dufan belum tentu sekali dalam setahun rasanya tak akan rugi membayar Rp. 260.000 / orang. Tak heran pada hari libur, Dunia Fantasi ramai pengunjung. Antrean panjang sudah menjadi pemandangan rutin di hampir semua pintu masuk masing-masing wahana.

Senin, 28 April 2014

Harapan Sembuh Pasien TB (Tuberkulosis)

"Saat sakit, tetaplah memiliki harapan. Karena harapan yang akan mendorong kita untuk kuat dan sembuh"



Orang hidup akan terus bekerja, berjuang, dan berusaha jika mereka mempunyai harapan. Begitupun pada orang yang sedang sakit, harapan akan membangkitkan kemauan untuk berobat dan sembuh.  Harapan memberikan kekuatan lagi pada mereka.

Seperti saya sampaikan dalam tulisan tentang TB (Tuberkulosis) di seri ke 2, bahwa penderita TB bisa disembuhkan. Terlebih dengan fasilitas obat gratis, diharapkan akan mengurangi keengganan pasien TB untuk berobat.

Kamis, 24 April 2014

Sehari Tanpa Internet, Sejuta Manfaat Terlewatkan



Internet ibaratkan dua mata pisau, satu sisi bermanfaat, satu sisi bisa berdampak negatif. Mana yang akan kita pilih? Buat saya, internet adalah perangkat dengan sejuta manfaat. Dampak negatif internet terjadi apabila kita tidak bisa mengendalikan diri dalam pemanfaatnya. Jika kita sudah bisa menguasai internet, maka banyak manfaat akan kita peroleh.

Terus terang, saya tidak berani membayangkan apa jadinya sehari tanpa internet. Tangan terus memegang ponsel, tapi koneksi internet terputus, apa jadinya? Berulang kali pencet-pencet tombol "refresh" dan tak segera muncul pembaharuan. 


Sehari tanpa internet, maka sejuta manfaat akan terlewatkan. Berikut diantara manfaat yang bisa saya rasakan dari internet :

Senin, 14 April 2014

Obat TB (Tuberkulosis) Gratis dan Mudah Cara Mendapatkannya


Setelah seseorang diketahui mengidap beberapa gejala TB, selanjutnya adalah memeriksakan diri dan berobat. TB wajib diobati karena dapat membahayakan pasien TB dan menulari siapapun di sekitarnya. Jika mata rantai penularan penyakit tidak diputus, maka seterusnya penyakit akan berputar-putar dalam lingkaran. 

Berobat demi Masa Depan.

Pengobatan TB memang cukup berat karena basil TB tergolong basil yang kuat. Butuh minimal 6 bulan pengobatan non stop agar pasien benar-benar sembuh. Beberapa ibu yang saya ketahui anaknya positif TB mengaku enggan berobat.

"Aduh, nggak tega kalau anakku harus minum obat yang banyak selama 6 bulan. Minum obat aja susah apalagi harus 6 bulan? Terus kelupaan harus mengulang dari awal. Ditambah lagi biaya yang tidak sedikit" demikian alasannya.

Saya menangkap beberapa hal yang menyebabkan pasien enggan berobat, yaitu: 

Kamis, 10 April 2014

Pengalaman Live Talkshow Indonesia Morning Show NET TV


Surprise ketika Senin siang, 7 April 2014, saya mendapatkan telepon dari Mira Sahid, Founder Kumpulan Emak Blogger. Intinya saya diminta hadir esok hari dalam acara live Indonesian Morning Show, sebuah acara talkshow di NET TV. Wow, mendadak sekali.

Tanpa bersiapan berarti, Selasa (8 April 2014) saya berangkat subuh-subuh ke NET TV di kawasan Lingkar Mega Kuningan Jakarta. Semula saya kira hanya akan menjadi "penggembira" menemani Mira Sahid. Ternyata, dari KEB hanya ada bertiga, Mira Sahid, Indah Juli dan saya selaku Srikandi Blogger. Waduh, serius nih ? Saya tampil dong...???

Bismillah, setelah briefing sesaat dengan kru NET TV, mas Cahyo, kemudian kami di- touch up rias wajah sedikit biar secantik dan sekeren presenternya, dan kami diminta menuju studio. Saat itu acara Indonesia Morning Show tengah berlangsung. Acara ini mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Sesi talkshow ada di pertengahan acara. Sekitar pukul 08.00

Mau tau rasanya? grogiiiiii.

Senin, 07 April 2014

Srikandi, Darimana Datangnya Inspirasi ?


Euforia Srikandi Blogger sepanjang bulan Maret membuat saya 'berdiam' cukup lama. Menjelang satu bulan berlalu baru saya bisa menuliskan apa dan bagaimana kegiatan Srikandi Blogger 2014.

Anda sudah pernah melihat video saya untuk final Srikandi Blogger ? Di situ ada Cinta, anak saya, sebagai narator. Rupanya, narasi Cinta cukup menarik perhatian. Adanya anak-anak dalam video itu mewakili diri saya bahwa saya sangat 'family minded'.


"Murtiyarini itu mamaku, dia seorang srikandi blogger. Mama suka menulis untuk media dan menang lomba. Kata Mama, inspirasinya adalah aku. Sekarang Mama menjadi inspirasi banyak orang. Aku ingin seperti Mama, berkarya, berbagi, menginspirasi" demikian narasi Cinta. Tentunya saya yang memilihkan kata-katanya hehehe...

Sabtu, 05 April 2014

Detektif TB (Tuberkulosis)


Anda tahu kan pekerjaan seorang detektif ? Bagi penyuka film action tentunya akrab dengan tindakan-tindakan yang dilakukan seorang detektif. Antara lain mengamati, menyelidiki, dan mencari tersangka.

Kali ini bukan tentang film action. Melainkan tentang penyakit tuberkulosis atau TB atau dulu dikenal dengan TBC.

Apa hubungannya dengan ditektif? Karena dibutuhkan ditektif-ditektif yang akan membantu ditemukannya penderita-penderita TB yang masih belum menyadari penyakitnya.