Jumat, 23 Mei 2014

Me, My Editor and My Telkomsel


Suatu pagi, ponsel saya berbunyi, tanda sebuah email masuk. Isinya kurang lebih begini :

"Selamat pagi, Mbak Arin,
Terima kasih sekali lagi untuk kiriman naskah kepada penerbit XYZ. Setelah mempelajari, kami tertarik untuk menerbitkan naskah Anda yang unik. Saya bisa merasakan "nyawanya" saat membaca naskah Anda.  Saya ingin berdiskusi lebih lanjut tentang konsep buku.  Apakah kita bisa bertemu ? Saya tunggu kabar dari Anda."

Salam, Editor XYZ 

Selasa, 20 Mei 2014

Koleksi Museum Sebagai Perantara Sejarah



"Mama, tadi aku melihat Nandi di Museum Nasional. " Demikian kata putri saya, Cinta, usai kunjungannya ke Museum Nasional pada 9 Maret 2014 lalu.
"Apa itu Nandi ?" tanya saya. 
"Nandi itu adalah patung berbentuk sapi jantan. Nandi ditemukan dekat Candi Singasari Jawa Timur. Anehnya, Nandi itu memakai kalung mutiara, bunga, dan lonceng. Juga memakai pelana dan ikat pinggang," jelas Cinta. 

"Di Museum Nasional banyak sekali benda-benda dari jaman kerajaan kuno, Ma. Untuk apa sih Ma benda-benda kuno itu disimpan di museum?" lanjut Cinta.

Minggu, 18 Mei 2014

TB Resistan Obat, Penanganan Lebih Berat


Inilah mengapa dalam tulisan-tulisan sebelumnya saya sebutkan bahwa pengobatan Tb wajib secara tuntas, yaitu agar tidak terjadi Tb resistan obat. Minum obat  Tb  tidak diperbolehkan terputus satu hari pun selama 6 bulan. Jika pengobatan lalai atau terputus sementara masih ada baksil Tb yang masih hidup, maka dari baksil Tb tersebut memicu terbentuknya strain baru yang kebal dan lebih kuat. Akibatnya pengobatan yang telah dilakukan tidak efektif sehingga terpaksa diulang dari awal.