Sabtu, 31 Mei 2014

Tantangan Besar Infeksi Gabungan HIV -TB


Maaf, ini adalah kabar buruk bagi peyandang HIV 
(human immunodeficiency syndrome). Orang yang hidup dengan HIV mempunyai resiko 30 kali lebih mungkin terinfeksi TB dibandingkan orang tanpa HIV. 

Proses terjadinya Ko-Infeksi 
TB-HIV.

Secara singkat saya jelaskan kronologinya.
HIV menyerang sistem kekebalan tubuh melalui pertukaran darah yang terjadi karena gesekan atau luka antara penderita dengan orang baru.  Seharusnya, penyakit yang disebabkan virus bisa sembuh dengan sendirinya jika sistem imun tubuh baik. Virus akan tetap berada dalam tubuh namun tidak menimbulkan gejala sakit apabila kondisi kesehatan baik. Masalahnya, pada penderita HIV, justru sistem imunnya yang dirusak. Sehingga bisa dikatakan HIV tidak dapat disembuhkan, hanya bisa support kondisi penderitanya.

Senin, 26 Mei 2014

Tantangan Juri Give Away dan Lomba

Walaupun istilahnya GA itu lomba atau hajatan yang dilaksanakan atas dasar persahabatan sesama blogger, tapi soal kualitas bukan main-main. Semangat menulisnya tetap maksimal, peserta berusaha menyajikan yang terbaik. Buktinya, ada peran juri di dalam GA. Baik itu yang jadi juri adalah si empunya gawe, juri bayaran (sohib yg dibayar dg cinta untuk jadi juri) atau juri todongan (sohib yg ditodong jadi juri), apapun itu, ada juri dalam GA.  

Jadi juri nggak mudah loh. Tantangan jadi juri GA adalah bagaimana menilai dengan obyektif. Banyaknya peserta dari kalangan teman sendiri bisa membuat penilaian subyektif.

Nah, gimana caranya kita bisa berlaku seadil mungkin dalam penilaian? Pengalaman saya menjadi juri GA di blog sendiri tahun lalu membuktikan kalau subyektifitas sulit dihindarkan.

Minggu, 25 Mei 2014

Boneka Horta, Produk Unik Anak Negeri

Bingung memilih kado ulang tahun?
Mau mencari hadiah wisuda?
Bingung memilih souvenir pernikahan?
Mau ganti hiasan untuk di rumah? 

BONEKA HORTA saja !!





Setiap hari saya melewati kios Boneka Horta di Jln Raya Darmaga. Koleksinya bagus-bagus dan unik-unik. Selain di kiosnya, Boneka Horta juga dijual di koperasi mahasiswa IPB, gift shop, pasar kaget, bazaar dan pada event-event wisuda. Boneka Horta yang dikemas dengan kotak mika tampak unik dan cantik digunakan sebagai ucapan selamat wisuda.