Rabu, 11 Februari 2015

Peran IT dalam Pengembangan Blog sebagai Industri Kreatif

www.bussinesweek.com
Ketika industri kreatif merebak di seluruh dunia dalam 3 dekade ini, setiap individu berpeluang menciptakan nilai ekonomi dari kekayaan intelektual yang dimilikinya dengan penciptaan karya-karya kreatif. 

Inggris sebagai pelopor trend industri kreatif mengelompokkannya ke dalam 13 sektor yaitu (1) periklanan, (2) arsitektur, (3) pasar barang seni dan antik, (4) kerajinan, (5) desain, (6) fashion, (7) film dan video, (8) software permainan interaktif, (9) musik, (10) seni pertunjukkan, (11) penerbitan dan percetakan, (12) piranti lunak dan layanan komputer, serta (13) televisi dan radio.  Sedangkan Kementerian Perdagangan Indonesia  selain ke 13 sektor tersebut menambahkan satu sektor ke 14 yaitu Riset dan Pengembangan.

Menilik deskripsi industri kreatif, banyak sekali hasil dari penciptaan industri kreatif yang ada di sekitar kita.  Dan ternyata saya pun menjadi salah satu pelaku industri kreatif, yaitu sebagai blogger. Saya katakan demikian karena blog yang saya bangun sekitar 7 tahun terakhir telah berkembang dari statusnya sebagai produk kreatif dari hobi menjadi bernilai ekonomi.

Selasa, 10 Februari 2015

Jadi Emak Gadget


Awal-awal benda bernama handphone diciptakan, saya jealous habis-habisan padanya. Pasalnya, suami saya (dulu masih status pacar) mendadak jadi handphone mania. Hobinya oprek HP dan bergabung ke komunitas-komunitas pecinta HP.  Dan hobinya yang suka oprek HP itu berlanjut hingga saat ini.