Sabtu, 31 Oktober 2015

Cerita Sukses Penyelenggaraan Lomba Blog #PiknikItuPenting (Penjurian)



Ini bagian yang ditunggu-tunggu kan? setelah sebelumnya saya menulis tentang mendapatkan sponsor, bagaimana mempromosikan info lomba dan demografi peserta.

Sukses lomba ini saya ukur dari jumlah banyaknya peserta. Sedangkan penjurian sifatnya sangat relatif. Bagi anda yang terbiasa dengan lomba, pasti maklum akan hal ini. Selera juri itu relatif. Tapi bukan berarti suka-suka.

Rabu, 28 Oktober 2015

Cerita Sukses Penyelenggaraan Lomba Blog #PiknikItuPenting (bagian 2)


Pada tulisan sebelumnya telah saya bahas tentang perencanaan lomba dan pencarian sponsorship. Baca lengkapnya di sini.

Tahap selanjutnya adalah menyebarkan info lomba.
Ada yang bertanya, kok bisa saya mendapatkan 220 peserta padahal sepertinya promo yang saya lakukan tidak gencar? Kebetulan yang bertanya adalah seseorang yanh berteman dengan saya di facebook. Yup, di wall facebook hanya 1 kali saya bagikan info lomba. Untungnya cukup tersundul oleh komentar dan like yang banyak. Saya atur saja waktu untuk membalas komentar teman-teman pada jam-jam dimana orang suka facebook-an. Misalnya pada jam makan siang atau malam sehabis maghrib. Masing-masing sekali juga saya bagikan info lomba di grup-grup blogger. Selebihnya saya banyak main di twitter. 

Selasa, 27 Oktober 2015

Cerita Sukses Penyelenggaraan Lomba Blog #PiknikItuPenting (Bagian 1)


Rasanya sayang untuk tidak dituliskan "kesuksesan" yang satu ini.  Maafkan hati ini yang meletup-letup ingin pamer sukses. Semoga jadi catatan baik buat penyelenggaraan selanjutnya.

Tujuan penyelenggaraan.
Setiap tahunnya saya memang menyelenggarakan lomba blog di blog yang menginduk ke situs IPB, yaitu www.murtiyarini.staff.ipb.ac.id . Blog saya itu memang tidak seaktif blog ini. Karena menginduk ke IPB jadi saya selektif dalam menulis.