Kamis, 31 Desember 2015

Donor Dana ke PMI, Semulia Donor Darah.

Seandainya saya tahu, siapa pendonor 2 kantong darah yang telah menyelamatkan nyawa anak saya 8 tahun silam. Saya ingin menyampaikan terimakasih. Ketika tetes demi tetes darah memasuki tubuh mungil anak saya, teriring terimakasih dalam hati pada sang pendonor. Siapapun itu.

Darah itu diperoleh dari bank darah PMI, di salah satu rumah sakit besar di Jakarta. Kami beruntung stock darah tersedia dan anak saya segera tertolong.

PMI peduli membantu sesama. Saya telah merasakan bantuannya. Sejauh saya tahu, PMI identik dengan donor darah. Padahal, ketika saya kunjungi website Penangulangan kehidupan di Jakarta, kontribusi PMI pada kegiatan sosial kemanusiaan sangat besar. Tugas PMI antara lain mengorganisir donor darah dan bertindak dalam penanggulangan bencana. 

Di balik kegiatan donor darah, diperlukan serangkaian test, penyimpanan dan distribusi darah yang memerlukan sarana dan prasarana yang tidak sedikit dan tidak murah. Pendistribusian darah dilakukan untuk 41 Rumah Sakit yang memiliki Bank Darah dan 403 RS/klinik lain yang belum memiliki Bank Darah. UTDD PMI DKI didistribusikan ke Bank Darah dan RS ada 35 RS yang mempunyai bank darah.

Sedangkan untuk penanggulangan bencana PMI membuka posko dan penggalangan bantuan, tindakan pertolongan, dan pembukaan dapur umum. Usai bencana, masih perlu pertolongan perawatan kesehatan pasca bencana misalnya karena ada wabah penyakit.

Kamis, 17 Desember 2015

Internet Aman untuk Perempuan dan Anak [Sebuah Diskusi KPPPA dan Blogger]

Coba search di youtube dengan kata kunci "Predator Online" , "Predator Social Media" maka akan terlihat banyak video bagaimana predator anak beraksi melalui media internet. Syereeem.



PR bagi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) adalah upaya melindungi perempuan dan anak dari dampak dampak negatif internet. Sebagaimana banyak diberitakan bahwa akhir- akhir ini kejahatan terhadap perempuan dan anak melalui media internet meningkat. Penyebab utamanya adalah karena rendahnya pengetahuan dan ketrampilan di bidang TIK.

Rabu, 02 Desember 2015

Bermain Kreatif dengan Morinaga Chil-Go!


Welcome December !


Bulannya para mama merayakan motherhood. Perayaan saya sederhana, melihat kembali apa yang sudah dilakukan dan mana yang masih kurang. Dan pencapaian yang diperoleh anak-anak sudah cukup menjadi hadiah terindah buat saya.

Nggak terasa, desember ini Asaku sudah waktunya pendaftaran masuk SD. Asa siap menjelang tahun ke 6 nya. Waaaa, udah gede anak mama! Semoga masih mau ya dicium-cium terus…

Ingat waktu dia masih baby imut menyusu ASI sampai 2 tahun. Trus mulai mandiri dan menyapih diri, perlahan berganti ke susu pertumbuhan. Perasaan saya antara lega karena sudah berhasil lulus ASI 2 tahun, tapi juga kangen breastfeeding moment. Sudah deh ya, nggak boleh mellow lama-lama.