Jumat, 15 Juli 2016

1001 Manfaat Kamera Ponsel Sehari-hari


"Saya terima nikahnya, Murtiyarini binti Mukasir dengan mas kawin sebuah kamera dibayar tunai." Ehm, itu memori 12 tahun lalu. 

Istri macam apa ini, kok minta mas kawinnya kamera? Untungnya suami saya nggak berpikir kalau saya matre. Beliau tahu hobi saya foto-foto segala rupa. Dulu foto-foto yang saya ambil kebanyakan adalah momen kumpul-kumpul teman-teman atau saat rekreasi ke suatu tempat. Nunggu ada acara khusus baru foto-foto. Maklum, kamera segede gaban bikin malas nenteng kemana-mana. Apalagi cuma bisa maksimal 36 kali jepret dan film akan habis. Eaaa..

Jika dulu dikatakan bahwa pencatat sejarah adalah tulisan, menurut saya foto mampu bercerita lebih dari tulisan. Foto bisa merekam gambar, peristiwa, ekspresi, gesture, latar belakang, apapun yang tertangkap dalam gambar, termasuk mampu mereka tulisan juga. Sekali dayung, ribuan pulau terlampaui.

Staycation di Hotel Arya Duta Medan


Lebaran 2015, kami ingin suasana yang berbeda. Biasanya mudik ke Medan dan tinggal di rumah kakek terus menerus, anak-anak nggak betah berlama-lama. Maklum, jauh dari kota dan susah internet. Jadi mati gaya.

Nah, kali itu kami ingin mengajak anak-anak dan kakek-nenek untuk staycation di Hotel Arya Duta Medan. Saya sudah memesan jauh hari sebelumnya dari aplikasi Traveloka. Maklum, kan musim lebaran biasanya hotel fullbook. Saya memilih Hotel Arya Duta berdasar foto yang ada di aplikasi, yaitu hotel yang kelihatan baru.

Kamis, 14 Juli 2016

Masjid Raya Al Mashun Medan

Masjid Raya Al Mashun Medan, kesan keindahan dan keprihatinan hadir sekaligus saat mengujunginya.

masjid raya al mashun medan

Ini kali kedua saya ke sana. Pertama tahun 2004, setahun setelah pernikahan. Kondisinya saat itu sudah cukup memprihatinkan. Sebagai sebuah masjid yang menjadi ikon kota terbesar ke  3 ini, Masjid Raya Medan kurang terurus.  Daya tarik yang masih tersisa adalah ornamen-ornamen asli yang khas. Untungnya saat foto-foto di sana, ketidakrapian itu tidak terlihat. 

Rabu, 13 Juli 2016

Wisata Kota Medan, Ke Mana Saja ?


Sudah 11 tahun suami tidak berlebaran bersama orangtuanya. Banyak hal menjadi pertimbangan. Sudah dua tahun ini, kami ingin telah melalui lebaran dengan suasana berbeda, lebaran di Medan.


Kendala biaya memang menjadi pertimbangan buat kami yang ditakdirkan berjodoh dengan pasangan yang berasal dari dua pulau berbeda. Saya dari Jawa Timur, sedangkan suami dari Medan, Sumatera Utara. Kemudian kami menetap di Bogor. Sejak menikah, kami ke Medan justru bukan saat lebaran. Sebagaimana kita tahu, tiket kendaraan baik darat, laut apalagi udara harganya melambung di saat liburan menjelang dan sesudah hari raya. Dengan dua anak saat ini, biaya mudik ke Medan di hari raya tidak sedikit. Dengan pertimbangan itu, kami memilih mudik Medan justru di luar hari raya, di saat harga tiket pesawat sedang normal. Itupun bukan berarti benar-benar murah. Tetap saja butuh biaya besar untuk satu kali mudik.

Selasa, 12 Juli 2016

My Eid Experiences with I.K.Y.K.


Idul Fitri 1437 H ini genap 1 tahun saya berhijab. Masih sangat baru, masih harus banyak belajar. Dan kepribadian pun masih "saya" yang dulu, kalem, tapi agak keras kepala gitu. Dalam berbusana, saya suka jenis busana yang casual dan aktif. Karena nggak mau baju yang pasaran, jadi seringkali saya mendesain sendiri model yang aneh, sedikit norak. Saya juga sering lupa umur dalam memilih baju bergaya anak muda. Walaupun masih jauh dari modis, Alhamdulillah- nggak sampai krisis percaya diri.

Setelah berhijab, terus terang, saya masih mencari-cari busana muslimah yang sesuai dengan karakter saya. Saya sih lebih suka padu padan atasan dan bawahan. Sejauh ini saya belum berminat pakai gamis terusan. Hm, gimana ya, bukan apa-apa, hanya belum sreg saja. Merasa karakter saya belum bisa mengenakan gamis. Selain itu saya kerja kantoran dan sering naik angkutan umum, paling nyaman mengenakan atasan dan celana panjang atau kulot lebar. Tentunya, saya tetap berusaha mendekati "syar'i" atau minimal lebih "sopan" dari baju-baju saya sebelum berhijab.