Minggu, 13 November 2016

Ilmuwan dan Media Sosial


2013. Tim Asesor AUN (Asean University Network) melakukan peninjauan pada departemen-departemen dan fakultas yang mendaftarkan diri untuk sertifikasi international perguruan tinggi tingkat Asean. Salah satunya adalah Departemen Proteksi Tanaman (PTN), tempat saya bekerja.

Salah satu indikator yang dilihat saat itu adalah adanya website dan media sosial yang interaktif dengan masyarakat. Web saat itu sudah ada. Tetapi bagimana dengan media sosial ?

Dengan takut-takut saya sodorkan kepada pimpinan saya 2 link fanpage facebook dan twitter yang baru saya buat sekitar sebulan sebelumnya. "Maaf Bu, sebelumnya saya telah lancang membuat fanpage dan akun twitter Departemen kita. Tapi baru sedikit followernya," jelas saya. Ini terbilang nekat, karena akun baru tersebut memang bukan resmi dibuat oleh Departemen PTN. Saya membuatnya atas inisiatif sendiri sebagai orang yang suka bermain di media sosial.

Tanpa banyak bertanya, Ketua Departemen PTN menyampaikan link tersebut kepada Tim Asesor. Dan salah satu indikator terkreditasi yaitu adanya akun media sosial akhirnya terpenuhi. Yess!! Selamat, Departemen kami lolos dan terakreditasi.