Rabu, 30 November 2016

Insiden Mobil Mogok, Tertolong Shop & Drive - Aki #GSAstraDelivery



Persoalan hidup banget, kalau saat mobil parkir beberapa saat, eh giliran mau pulang malah nggak bisa distarter. 
Berdesis pun tidak. 
100% mesin diam.

Itu tandanya aki mobil sudah mati alias habis. Seringkali tanpa tanda-tanda sebelumnya. Ujug-ujug berhenti. Rasanya tak berkutik mendapati aki mobil mati. Kalau mobil sedang di rumah posisinya, tentu tidak akan sepanik yang kami alami. Masalahnya, saat jauh dari jalan umum dan angkutan umum. Mau jalan kaki ke bengkel untuk beli aki? 

Dua kali kami mengalami mobil mogok karena aki mati. Kejadian pertama tahun 2009, suatu hari saat kami parkir mobil di halaman sebuah mal. Setelah lelah berbelanja, kami kembali ke mobil. Eh, ketika mau distarter, mobil tak bersuara sedikitpun. Berhubung pengalaman pertama, paniknya bukan main. Setelah menelepon teman yang mengerti masalah mobil, disarankan untuk ganti aki. Yang kemudian kami lakukan adalah mengangkat aki dan membawanya ke bengkel sebagai contoh saat membeli aki baru dengan jenis yang sama. Kebayang kan beratnya bawa-bawa aki ke bengkel dengan menggunakan angkutan umum. Terkesan konyol kan? Untung masih bisa naik angkutan umum. 

Ya, ya, ya –tetap saja untung ditengah musibah.

Sabtu, 26 November 2016

Semua Tentang Jejalah Gizi Minahasa


Pertengahan Oktober 2016 Nutrisi Bangsa (web edukasi gizi dari PT Sari Husada) mengadakan lomba berhadiah Jelajah Gizi ke Minahasa (Sulawesi Utara) untuk 10 blogger. Pada pertengahan November lomba diumukan dan berangkatkan 30 orang ke Sulawasi Utara. Mereka terdiri 10 blogger pemenang lomba, salah satunya saya, narasumber, 10 wartawan media dan 10 panitia dari detik.com dan Sari Husada.

Minggu, 13 November 2016

Ilmuwan dan Media Sosial


2013. Tim Asesor AUN (Asean University Network) melakukan peninjauan pada departemen-departemen dan fakultas yang mendaftarkan diri untuk sertifikasi international perguruan tinggi tingkat Asean. Salah satunya adalah Departemen Proteksi Tanaman (PTN), tempat saya bekerja.

Salah satu indikator yang dilihat saat itu adalah adanya website dan media sosial yang interaktif dengan masyarakat. Web saat itu sudah ada. Tetapi bagimana dengan media sosial ?

Dengan takut-takut saya sodorkan kepada pimpinan saya 2 link fanpage facebook dan twitter yang baru saya buat sekitar sebulan sebelumnya. "Maaf Bu, sebelumnya saya telah lancang membuat fanpage dan akun twitter Departemen kita. Tapi baru sedikit followernya," jelas saya. Ini terbilang nekat, karena akun baru tersebut memang bukan resmi dibuat oleh Departemen PTN. Saya membuatnya atas inisiatif sendiri sebagai orang yang suka bermain di media sosial.

Tanpa banyak bertanya, Ketua Departemen PTN menyampaikan link tersebut kepada Tim Asesor. Dan salah satu indikator terkreditasi yaitu adanya akun media sosial akhirnya terpenuhi. Yess!! Selamat, Departemen kami lolos dan terakreditasi.

Sabtu, 12 November 2016

Suatu Kesempatan

Ketika helaian rambut putih mulai tampak, 
Ketika orang lebih sering memanggilku “Bu”, ketimbang “Mbak”.
Ketika gadis kecilku tau-tau udah menyamai tinggiku,
Dan senyumku membentuk kerut di sudut mata,
Kusadari suatu kesempatan telah tiba.
Kesempatan memasuki Usia Cantik.

usia cantik murtiyarini

It’s mean you’re getting old, Arin!

Lalu kenapa? Menua itu sesuatu yang pasti. Bahkan saya pun tidak mau melawan waktu dan menjadi muda terus menerus. 

Minggu, 06 November 2016

Kreasi Masakan Ikan ala Ibu Bekerja



Sebagai ibu bekerja, waktu saya untuk memasak tidak terlalu banyak. Pada pagi hari saya biasanya memasak makanan praktis untuk sarapan. Siang hari saya, suami dan anak-anak mendapatkan catering dari kantor dan sekolah. Kemudian saya baru memasak kembali pada malam hari.

Walau dengan waktu yang terbatas, saya tetap berusaha menyajikan variasi makanan yang berimbang. Nutrisi untuk keluarga harus terpenuhi. Kebetulan sekali, keluarga saya suka masakan ikan, terutama ikan laut. Dalam satu minggu, setidaknya ada 4 hari saya memasak ikan. Kebetulan suami dari Medan dan saya dari Trenggalek, pesisir pantai selatan Jawa Timur. Jadi kami memang terbiasa dengan masakan ikan.