Minggu, 29 Januari 2017

Terapi Ganguan Pernapasan Mandiri dengan Nebulizer

Nebulizer Murtiyarini

Detik terasa lambat berdetak, waktu pun terasa lama untuk satu hembusan napas si kecil. Duh, Nak! Padahal kamu cuma batuk pilek biasa, tidak disertai demam. Tapi produksi lendir yang banyak menyumbat hidung dan dadamu. Napasmu pun berat. Sesekali terdengar bunyi "ngiiik" karena penyempitan pada saluran napasnya.

Segera saya bawa ke dokter. Intuisi saya mengatakan, obat batuk minum tak akan bisa menolong. Anakku butuh pertolongan cepat. "Minta diuap ya Dok," saya memohon ke dokter. 


Kemudian terdengar deru mesin nebulizer di ruangan dokter. Anakku meronta dan menangis, sebelum akhirnya terbiasa dengan bunyi berisik itu. Sabar ya, Nak, sebentar lagi napasmu lega. 


****

Sabtu, 28 Januari 2017

Doodling Is Fun


Dulu, duluuuu sekali, 20 tahun lalu saya pernah menjadi ilustrator buku anak bergambar yang diterbitkan oleh penerbit mayor negeri ini. Tapi saya sendiri hampir-hampir tidak mempercayainya lagi. Masa sih saya dulu bisa menggambar? Kok sekarang nggak ada bekas-bekasnya sedikitpun.

Hihihi, iya, sekarang tangan semakin kaku. Tidak pernah lagi memegang pensil warna ataupun kuas. Tidak pernah lagi menggambar atau melukis. Saya suka menggambar wajah dengan pensil. Temanya black n white seperti pas foto gitu. Aliran naturalis gitu deh. Tapi bakat itu semakin terpendam dan terpendam. Terakhir saya ingat adalah saya menggambar wajah mantan. Eaaaa.... hahaha.. #Hoax

Selasa, 03 Januari 2017

Hal - Hal yang Tak Kusesali

Dalam perjalanan waktu sebagai ibu, ada hal-hal yang saya sesali, pun ada yang tidak. Bicara soal penyesalan, pasti ujung-ujungnya perasaan jadi melow, yak? Sesal, masa lampau, kenangan, hal-hal yang berhubungan dengan perjalanan waktu, tentunya semakin ke sini semakin banyak daftarnya. 

Saya yakin para ibu-ibu sepakat dengan perasaan saya ini, seandainya waktu bisa diputar kembali, saya ingin momen pada masa anak-anak kecil. Perang batin antara ingin anak-anak cepat besar atau anak-anak awet lucu? Saya ingin bisa merasakan keduanya. Waktu yang berlalu cepat dan kenangan masa kecil adalah hal yang mendatangkan sesal.



Tapi ada hal-hal yang tidak saya sesali, walaupun hal tersebut membuat diri saya tidak seperti dulu. Seperti halnya ketika saya ditanya apakah menyesal jika tubuh melar setelah melahirkan? Jelas saya tidak menyesalinya. Dua buah hati saya telah membuat saya melupakan penyesalan karena kehamilan. Saya tidak menyesal payudara kendur karena menyusui, bukti saya telah memberikan ASI pada mereka. Dan stretch marks di beberapa bagian kulit yang pernah melebar karena hamil, tak akan menjadikan saya menyesal mendapatkannya. Semua itu tanda pengingat hadirnya dua malaikat dari rahim saya.