Langsung ke konten utama

Sehat dan Segar dengan Sarapan Bernutrisi

Saya pernah mengalami ini : pagi merasa malas sarapan karena perut belum siap dan terburu-buru hendak beraktifitas, ketika sekitar pukul 9 – 10 pagi saya merasa sangat lapar saya langsung memakan sepiring nasi rames komplit dengan porsi cukup banyak, dan kira-kira setengah jam kemudian saya mengantuk luar biasa. Lalu saya berpikir “
Nggak sarapan loyo, tapi kalau sarapan malah ngantuk?” Ternyata saat itu saya masih salah dalam dalam memilih waktu dan menu sarapan.

Sekarang saya mengganti pola sarapan. Setelah berpuasa selama sekitar 8 jam di malam hari, kadar gula darah menurun, tubuh memerlukan nutrisi dan energi untuk dapat bermetabolisme secara optimal. Segera saya berbuka dengan segelas air putih di pagi hari untuk mengganti cairan tubuh, kemudian sebelum pukul 7 pagi saya sudah menyantap sarapan. Namun mengingat waktu sarapan yang singkat dan perut belum sepenuhnya siap, maka sarapan tidak perlu banyak kuantitiasnya, cukup 300 – 400 kalori. Justru apabila terlalu kenyang, tubuh akan bekerja berat sehingga mengantuk. Kebutuhan energi dan nutrisi tersebut dapat kita penuhi dengan memilih sarapan yang sehat bernutrisi.

Dua lembar roti dengan olesan margarin adalah salah satu contoh pilihan sarapan yang mudah dan tepat. Roti termasuk karbohidrat simple yang mudah dicerna untuk mengembalikan kadar gula darah, juga mengandung protein dan serat yang penting untuk tubuh. Sedangkan margarin mengandung vitamin A, B1, B2, B3, D, E lemak dan protein. Saat saya menginginkan rasa manis, saya tambahkan butiran meises atau selai, dengan potongan pisang atau selembar keju di dalamnya. Dilain waktu saya menginginkan rasa gurih-pedas, maka saya tambahkan tomat, sayuran , dan protein hewani (selembar daging tanpa lemak , fillet ikan, sosis, atau telur ceplok) dan sedikit saus cabai. Kemudian sarapan saya tutup dengan segelas coklat panas, susu atau jus.

Dengan pemilihan menu sarapan yang tepat, nafsu makan dapat terkontrol dengan baik, meningkatkan mood dan semangat bekerja


  
(Juara I Kontes Note 'DoublePower' Blueband-Sariroti)

Komentar