Sabtu, 10 Maret 2012

MEMILIH TEMA PART II : MENULIS BERDASAR TREN MEDIA (Diskusi Ibu ibu Doyan Nulis IIDN)

MEMILIH TEMA PART II : MENULIS BERDASAR TREN MEDIA (DISKUSI 9 MARET 2012)

Setelah minggu lalu kita diskusi menulis berdasar ide di kepala, pada level yang lebih lanjut kita mencoba mengikuti apa maunya media. Tentu saja tetap harus memahami kebutuhan media, karakter dan timing yang tepat. Naik level nih, artinya, walaupun temanya bukan ide yang ada dikepala kita, yang bukan kita pahami betul, nggak punya latar belakang pendidikan dan pengalaman, tapi kita mencoba menggali info dan menulisnya menjadi artikel cantik. Pada level lanjut kita seperti jurnalis, menulis dengan tema berdasar jadwal yang ditentukan


Jika artikel sudah oke, tentukan sasaran kapan artikel sebaiknya dimuat. Kita bisa menyasar waktu pemuatan dengan mengirimkan PALING LAMBAT 2-3 edisi sebelumnya. Saya perkirakan rapat redaksi dilakukan pada saat itu. Untuk media harian, sebaiknya 2-3 hari sebelumnya, tergantung artikelnya mudah basi nggak (kadaluarsa beritanya). Media mingguan 2-3 minggu sebelumnya, media bulanan 2-3 bulan sebelumnya. Memperkirakan waktu tayang ini penting kalau anda ingin tulisan dimuat lebih cepat dan efektif.

Dengan mengirimkan artikel sesuai tema yang akan datang, kemungkinan dimuat lebih besar dan nggak perlu menunggu terlalu lama.


Setiap media punya tren tema yang hampir selalu berulang setiap tahunnya, tentu dengan perkembangan sesuai tren terbaru yang ada di masyarakat. Hari-hari penting bisa anda tandai untuk menentukan tema, misalnya januari-tentang hujan, banjir, penyakit, april – perempuan, juni – seputar pendidikan dan liburan, juli-agustus : nasionalisme, dll. (silakan ibu-ibu saling berbagi info masalah waktu dan tema di komentar di bawah ya…)


Tulisan dalam link berikut sengaja saya buat untuk hari ibu (bulan desember), saya kirim dua edisi sebelum desember dan langsung dimuat. http://asacinta.blogspot.com/2010/11/blog-post.html .

Nuri Novita dan 24 orang lainnya menyukai ini.
Arin- Murtiyarini Alhamdulillah, sepi..lagi pada capek kali ya..saya juga.
Kalo ada komentar silakan, unlimited time, sambil aku browsing info, ngejar beberapa deadline lomba. Hehe..

Anna Farida aku hadir mbaaaak

Arin- Murtiyarini
Halo mbak Anna, lagi lunch ya ? Hehe..sibuk apa nih?
Anna Farida nggk mbak, lagi nungguin anak2 yg cowok pulang jumatan, trus kunci pintu & tidurrr :-)) Aku pingin bisa jadi kontributor kolom apaaaa gitu... gimana caranya tuh mbak?
Arin- Murtiyarini
Hehe...Mbak Anna lebih pengalaman kali :)

Rani Iriani Safari
Berita yg lg in kyknya ya...seperti berita ttg 'Syaeful Bahri' sang polosi ganteng dr Bandung

Arin- Murtiyarini
Hihihi, bisa ditulis jadi opini mbak Rani :)

Anna Farida
yahhhh... seriusaaaaan... saya baru sekali nulis di Mom & Kiddie.. abis itu belom pernah lagi :-D

Rani Iriani Safari
Aaaach ms.Anna Farida mah pura-pura dalam perahu,kura-kura nga tahu...eeeh terbalik yo??

Arin- Murtiyarini
Itu karena mba Anna terlalu sibuk nulis buku :) bagi-bagi dong jobnya heeee...

Rani Iriani Safari

Ukhti Arin- Murtiyarini sepertinya kalau kita kirim yang lagi in tuh..pasti di mana-mana banyak ya. Biar menarik dan berbeda dengan yg lain bagaimana tuh??

Anna Farida
Heuuuu... kalau di kelas EYD aku fasilitatornya. Kelas media kan aku murid dooong :-))

Indah Novita Dewi

mbk arin, aku sdh bc linkx...trharuuu...smpi speechless ga bs komen. Singkat kata, sama mbk aku jg sependapat bhw "pengorbanan" ibu kadang sering diungkap brlebihan. Kalau yg dmaksud pengorbnn itu adl melahirkan, menyusui dan membesarkan, memang itu tgs seorang ibu yg dilakukan dg senang dan ikhlas. Eh, sy mlh ngomongin link-x pdhl itu di luar tema ya...hehe, maaf

Arin- Murtiyarini

Jurnalis menulis berita, nah..kita bikin opini menanggapi berita itu. Cari opini yg belum pernah dimuat sebelumnya. Kategori menarik itu relatif ya. Walau tidak selalu, tapi biasanya opini yang berbeda itu menarik.

Arin- Murtiyarini

Tengkiyu mba Indah Novita Dewi, link itu juga sekaligus contoh opini yang berbeda. Dengan menajamkan indera, membaca sekecil apapun fakta, kita akan terbiasa mencari satu celah opini yang unik. Yang kumaksud unik tidak harus nyleneh dan keluar pakem. Tapi sesuatu yang baru yang terlewat dari pengamatan orang lain, dan pas kita sampaikan orang akan bilang "oiya,ya, bener juga"
(Ssstt...aku sudah ratusan kali baca tulisan itu, dan masih menangis)

Rani Iriani Safari

Yang berbeda itu dari segi apa??langsung dari nara sumber kah??atau ada uang lain??

Arin- Murtiyarini
Kalo opini yang berbeda sudut pandang mba Rani, misalnya bagaimana mba Rani menyikapi 'kehadiran' polisi ganteng Syaeful Bahri. Opini gak perlu narasumber. Narasumbernya mbak sendiri.

Rani Iriani Safari
Bkn uang tapi orang lain sbg nara sumber,pntn ralat.com. Oiya syukron ukhti Arin...

Ety Abdul huaa....lupa.....

Arin- Murtiyarini Unlimited mba Ety Abdul :)

Ety Abdul
hi..hi..hi..iya ya..sy jg ngalamin mba Arin- Murtiyarini..kirim artikel ndak liat moment, dpt balesan katanya mau dimuat tp beberapa edisimendatang jd disimpen dl..waduh..h2c deh..jd dimuat dak ya?

Arin- Murtiyarini

Direply aja mbak, kapan tepatnya mau dimuat.
Ini contoh-contoh lagi,
8 Maret = women day
Minggu ke 3 juni = father's day
Mei = hari bumi, hari buruh
des = hari aids, hari ibu, resolusi tahun baru
Apalagi ya ???? @_@

Aira Kimberly
makasih mbak Arin- Murtiyarini^__^

Indah Novita Dewi
mgk tgl2 dmana tjadi peristiwa yg sering diperingati tiap th mbk, spt bncana lumpur lapindo, tsunami aceh, dll. Jdlx mgk: apa kbr lumpur lapindo:jelang x tahun peringatan tragedi lumpur lapindo. Mgk mediax lbh tpat suratkabar...betul nggak mbk arin?

Arin- Murtiyarini
Seratus buat mba Indah :)

Indah Novita Dewi

makasih mbk...btw kita kan sebuku di antologi diary bunda. Bangga aku sebuku sm mbk :))

Arin- Murtiyarini
Hehe, iyaaaa...aku udah baca tulisan mba Indah, it must be hard.
Kapan nih sebuku lagi ?

Indah Novita Dewi
iya mbk, takdir anak sy memang hrs bgitu. dari tulisan mbk arin, sy belajar mengembangkan intuisi :). gairah menulis sy lg meluap2 mbk, aplg stlh gabung iidn. Senang banget bisa gabung di sini. Insya Allah kita sebuku lg ya suatu saat nanti...hehe

Arin- Murtiyarini

Ikut audisi, ikut lomba, juga termasuk memilih ide dengan merespon permintaan. Awalnya ide belum ada, tapi setelah terpancing dg tema yg disodorkan jadi terpacu untuk mencari-cari bahan tulisan.

Rani Iriani Safari
Ukhti Arin- Murtiyarini ya saya juga sekarang ini masih mengasah terus tulis menulis,salah satunya dengan ikut lomba2 tapi lomba yang PJ nya bisa dipertanggungjawabkan. Dari sana banyak ide yang bermunculan. Ide2 tersebut tidak hanya untuk lomba saja tetapi untuk 'sesuatu'yang lainnya,untuk jangka waktu yang akan datang. Syukron atas sharing dan ilmu2nya

Arin- Murtiyarini
Udah ikutan ini belum ? www.nutrisiuntukbangsa.org

Nanda Novalina
Just info ibu-ibu ...
1 april - Hari bank dunia
6 april - hari Nelayan Indonesia
7 april - hari Kesehatan Internasional
24 april Hari Angkutan Nasional
24 april-hari solidaritas asia afrika
27 april hari permasyarakatan Indonesia

Ima Emaknya Alif
Ima nyimpen tenggal2 penting tiap bulannya. Itu bisa jadi tema yang menarik untuk ditulis :) Banyak llink yang nyedian info tentang hari besar nasional dan dunia, sekalian melatih riset dan menulis. Teh@Arin- Murtiyarini, makasih udah berbagi tips mengirim tulisan ke media :)

Arin- Murtiyarini
Trimakasih mba Nanda dan Mba Ima.
Banyak tema menantang di bulan april nih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar