Sabtu, 17 Maret 2012

TATA KRAMA MENULISKAN PENGALAMAN / KISAH NYATA (Diskusi Ibu ibu Doyan Nulis IIDN)

Jumat yang padat… senang berada disini ^____^

Karena kita perempuan, karena kita lebih mudah bercerita tentang kisah pribadi, sebaiknya kita renungkan lagi hal-hal berikut :

(1) Ibu paling suka menulis tentang anak. Apalagi si anak sedang lucu-lucunya. Kadang-kadang karena terlalu antusias menulis, menulis dan menulis, kita terlalu detil bercerita dan menyentuh hal-hal yang memalukan/ menyedihkan dengan dalih INSPIRATIF untuk orang lain. Bayangkan, jika si anak sudah mengerti (kalau tidak sekarang beberapa tahun kemudian), kira-kira apa reaksinya?

(2) Sementara kalau ibu menceritakan hal yang membanggakan, tetaplah mengontrol tulisan, ingatlah juga reaksi pembaca. Mungkin saja ada yang merasa “ihh, lebay, kayak anaknya sendiri aja yang hebat” nah lho..hehehe…

(3) Senada kasusnya dengan anak, ketika kita menceritakan suami, mertua, ibu, dan keluarga besar, harus benar-benar anda pikirkan reaksi mereka dan dampak sesudahnya ketika melihat kisah mereka beredar di masyarakat. Cerita tentang romantisme dengan suami, ijin dulu sama suami, siapa tahu suami hanya ingin berbagi romantismenya dengan anda.

(4) Untuk memenuhi target jumlah halaman yang cukup banyak, seringkali kita mengisinya dengan hal-hal yang terlalu detil. Ingat, pembaca tidak selalu ingin mengetahui detil riwayat hidup penulis. Jadi, kita menulis seperti bercerita pada orang asing yang baru kenal, ceritakan cukup poin-poin penting yang mengarah pada inti cerita. Lebih menarik jika kita memperdalam pemikiran atau filosofi dari tiap poin itu.

(5) Pikirkan sebelum menyebut merk sebuah produk atau nama sebuah instansi dalam tulisan, terlebih jika bernada negatif. Kita boleh berani menyampaikan kebenaran, tapi apakah sudah siap dengan urusan hukum yang mungkin muncul sesudahnya?

(6) Kisah inspiratif dan menyentuh bukan selalu harus melankolis dan mengharukan. Pembaca ada yang suka kisah sedih, tapi ada juga yang justru tidak tersentuh ketika sebuah tulisan terlalu mengiba, minta belas kasihan. Saya pribadi lebih suka cerita orang-orang yang kuat.

Semoga bermanfaat, selamat menulis kisah inspiratif…

Maria Catur Setyaningsih dan 69 orang lainnya menyukai ini.

NaNa Andriana setujuuu

Arin- Murtiyarini Mba Nana sukanya nulis apa ?

NaNa Andriana
Salam kenal Mbak Arin- Murtiyarini. Saya penulis amatir. Beginner blogger menulis tentang seputar parenting dan motherhood. Dan gemar memposting cerita anak di indonesiabercerita.org. contohnya http://indonesiabercerita.org/cerita-anak/beringin-kesepian-2/

Rina Susanti
Lagi menulis kisah inspiratif nich...terinspirasi dari film emak2 hollywood gaya cerita jujur tp gak vulgar I don't know how she does judulnya

NaNa Andriana
mbak Rina Susanti aku juga suka banget film I DOnt Know How She Does It. Ide cerita yg bagus. Apalagi mengisahkan betapa ribetnya jd working mom di jakarta ya. Lebih menggigit lagi pasti. Semoga berhasil

Arin- Murtiyarini
Mbak Nana, blognya kereenn... Terima tulisan dari luar nggak ?
Mba Rina, CD nya ada di gramedia/botani gak ? Mau ah...
Mungkin kultur kita juga ya, suka rumpi hehehe...

Rani Iriani Safari
Ukhti Arin- Murtiyarini saya suka dengan kisah inspiratif, ya memang kaidah-kaidah yang di paparkan di atas harus diperhatikan. Hikmah dan pelajaran apa yang bisa diambil dari kisah itu sehingga pembaca tertarik untuk membacanya..

NaNa Andriana
Alhamdulillaah Mbak Arin- Murtiyarini. Ah malu saya cuma blog curhat doang kok Mbak, masa ada yg mau posting tulisan hehehe

Dheavannea Dhea

jaga privacy keluarga, kredibilitas merk/branded, kredibilitas diri sendiri. Kecuali misalnya untuk surat pembaca, kalo emang komplain merk, di situ tempatnya. Tapi ya sifatnya minta konfirmasi, klarifikasi. Tetap dengan bahasa santun, ya bunda. Keren. Makasih untuk diingatkan lagi.

Arin- Murtiyarini

Iya Mba Rani, akhir-akhir ini banyak tema-tema inspiratif dan menggugah, biasanya didalamnya kisah melow. Aku jadi kurang percaya lagi dengan cover buku yg dilabeli inspiratif.

Dheavannea Dhea
Pengen nge blog juga. Tapi saya suka gak ada waktu bikin blog. Ini fb kadang lewat hp.

Anggraini Nh
kadang klo mo nulis yg kyk gtu, sebagian sy fiksikan, jd biar tumpang tindih antara fiksi dan fakta, shg agak sulit membedakan mana yg fakta dan fiksi.....gy permainan menulis sj sih..... :)

Arin- Murtiyarini
Betul mba Dhea,intinya stay cool yaa..hehe...
Kalau yang hobi nulis fiksi, media curhatnya bisa luas..curhat apa aja nggak ketahuan :)

NaNa Andriana
Salam Mbak Dheavannea Dhea. Sharing pengalaman ngeblog, tdk perlu pikirkan yg susah2. Seperti kegiatan yg lain, kalau sdh niat mulai saja langsung. Indahnya blog, kita bebas menulis apa saja dengan berbagai emosi yg dirasa saat itu. Jd mulai menulis hal simple seperti menulis kegiatan harian, diary milestone anak, dll. Berguna bgt terutama buat ibu2 yg suka lupaan, blog jadi tempat menyimpan memory yg tahan lama :) Selamat mencoba

Arin- Murtiyarini
Kalo mau curhat yang sedih banget bisa di Oh Mama Oh Papa (Kartini), identitas penulis dan tokoh disembunyikan. Itu mah murni curhat ya, bukan niat nulis utk mejengin nama kita, hehe..

Anggraini Nh
betul, mbak Arin- Murtiyarini, soalnya prnh tho ak nulis ttg tmnku, pdhl ya tdk prnh digembar-gemborin, eeeee, ketauan, anaknya nesu (marah, ngambek) sama sy. trus atas saran dr teman sy (pencinta bk Pramoedya AT), dia suruh sy utk nulis dg teknik tsb.....soalnya gy bercerita-nya Pram spt itu, mbak...semi fakta, semi fiksi....

Arin- Murtiyarini
Mba Dhea, aku biasa ngeblog dari hp, pake opera mini.

Rani Iriani Safari
Dalam menulis kisah inspiratif apakah berupa narasi saja?? atau bisa ada dialognya??..

Arin- Murtiyarini
Bebas mba Rani..tergantung penulisnya. Kalo aku minim dialog, karena gak ahli bikin dialog.

Rani Iriani Safari

Apakah kisah inspiratif kalau dikembangkan lebih luas bisa jadi biografi?? apakah ada perbedaannya??

Arin- Murtiyarini
Biografi, walaupun pasti kisah nyata, bisa inspiratif, bisa juga tidak. Tergantung persepsi orang terhadap tokoh yg diceritakan.
Kisah inspiratif bisa bersumber dari kisah nyata atau fiksi, cerpen atau cerpen anak juga bisa inspiratif.

Dheavannea Dhea
bikin blognya yang ga sempet2, bunda, heu heu. Ya, dengan fiksi, bisa bikin cerita yang diilhami dari kisah nyata.

Rani Iriani Safari

Ternyata arti dari kisah inspiratif itu luas ya..seperti dongeng2 tradisional juga ya',si kancil' karena pintarnya,'Bawang Merah Bawang Putih' yang baik yang akan dapat hadiah..syukron ukhti Arin- Murtiyarini

Arin- Murtiyarini

Mba Anggraini, paling aman menjadikan kisah nyata ke dalam cerpen/fiksi, tapi seringnya kisah nyata yang dicari pasar ya, ada nilai plus. Banyak buku best seller dari kisah nyata, biografi atau memoar. Namanya hidup tidak ada yang bagus terus. Yang dicari pembaca justru konflik & solusi. Mungkin tinggal bagaimana kita bercerita agar tidak berlebihan.

Lentera Dian Winanda
betul mba arin... setujuuuuuuuuu

Rina Susanti
Ibu ibu yang suka ngeblog juga tukerin link yuk...saya baru punya link mba Arin aja di sini
Oh ya ngeblog via hp lebih mudah pake wordpress karena bisa di download ke hp , jd klo posting tinggal tulis di sana...


NaNa Andriana
*tunjuk jari* blog saya http://keluargapakhussain.blogspot.com/. Aku minta blogmu juga mbak Rina Susanti, mau kutambahkan ke blogrollku. Tips mobile blog untuk blogspot, ada menu di Setting, Mobile dan email. Ada pilihan posting using email. Nanti dikasih alamat imel untuk memposting. Jadi nanti postingannya bisa diimelkan langsung published
Keluarga Pak Hussain

Marisa Agustina

Makasih sharing ilmunya, mbak Arin- Murtiyarini. Sangat berguna buat sy yg masih taraf senang bereksperimen macam2 tulisan ;)

Arin- Murtiyarini

Wah, baru tau bisa posting blogspot dari email. Tengkiyu ilmunya Mba Nana...

NaNa Andriana

Salam kenal juga Mbak Lentera Dian Winanda dan terimakasih sharing ilmunya mbak Arin- Murtiyarini. Semangaat

Arin- Murtiyarini

Sama Mba Marisa Agustina, aku juga suka coba-coba nulis macam-macam. Apalagi kalo ada iming-imingnya, hehe..

Rina Susanti

Oh ya buat full day mom ada film yang tidak kalah mnginspirasi...maaf ya mba arin, jadi ngomongin film, tp ini benar2 film yang menginspirasi n cocok, karena ceritanya tntang ibu rt yang bermimpi jd penulis pemainnya si cantik uma thurman judul filmnya motherhood film thn 2009.

Arin- Murtiyarini
Kapan nih kita nobar, di rumah siapa gitu..yuk..yuk..
Btw, buku paling inspiratif menurut ibu-ibu apa nih ?

Dheavannea Dhea
Terima kasih semua ilmunya. Ibu2 disini pinter dan keren semua ya. Hebat!
mbak Arin pernah baca Totto chan? Gadis cilik di jendela? Aku baca itu wkt kuliah. Sejak saat itu, aku bertekad kl pnya anak akan mendidik anak spt guru di cerita itu. Tetralogi laskar pelangi. Novel2 sci fi.

Diandra Nasution
Suka bukunya Habibie & Ainun, kisah cinta sejati.

Marisa Agustina
tapi kalau iming-imingnya bablas terus kadang juga jadi gimanaa gitu, mbak Arin- Murtiyarini (eh kok jadi curcol ;p). btw, ibu-ibu main ya ke blog saya, saya butuh banyak kritik-solusi, risablogedia.blogspot.com. Kalau soal buku saya senangnya baca novel, sejauh ini novel yg menginspirasi yang pernah saya baca adalah karya andrea hirata dan a fuadi ^_^

Anggraini Nh

Diandra Nasution: betul, mbak....sy jg suka bk itu....

Arin- Murtiyarini

Toto Chan belum baca. Bagus ya ? Beli ah...

Anggraini Nh

Arin- Murtiyarini: jdl film yg ttg ibu2 rt itu apa, mbak??? sy mo nyari...

Rina Susanti

Film motherhood sama I don't know how she does mba anggraini.

Anggraini Nh
Rina Susanti: oke mbak, thx infonya....

Dewi Ika
Mbak Arin, thanks ya mengingatkan...Aku juga takut kebablasan. Beruntung aku punya editor pribadi dirumah (positifnya dikritisi suami) ...commentnya asik "ngak usahlah itu!...lebay!...kasih yang normal2 aja deh!..ok yang ini,..eh critanya kok atas bawah ngak nyambung!...Kasih balancingnya dong, cerita "wah" ditambah cerita "kekurangan".... (ke anak aku juga izin...upload anakku ke fb aja dia ngomel2, ya sejak itu respek privaci dia yang ogah datanya masuk fb/bb, yang boleh cuma add aja, heheh...padahal pengeeeeen bener fotonya minimal masuk bbku...Soale setiap temen tanya, anakmu sudah besar ya,mau buka bb isinya kucingku semua...hehehe

Faizatin Ni'mah

Buku Inspiratif yang kupunya, Totto Chan, Extraordinary Wives, Kick Andy Kumpulan Kisah Inspiratif. Ibu2, silahkan berkunjung be blogku, http://ibundaaghif.blogspot.com/
ibundaaghifblog


Yosi Suzitra

senang ikut kelas mba arin, sy jg dah ngaduk~ngaduk blognya lho. toto chan bagus mba,kayanya bukunya ada dua deh.
ibu~ibu, silahkan mampir ya dituangan jari saya (halah), www.2wangisinya.wordpress.com.mohon masukannya ya. thanks

Vida Robi'ah Al-Adawiyah
apakabar mbak Ariiiiiin.... miss you so much. mbak ada inpo2 lomba gak hihihi lagi butuh dopping biar semanagat nulis lagi.secara, akhir2 ini sibuk nguleni kue

Rina Susanti
Setuju toto chan penginspirasi n ada dua buku. Selain laskar pelangi buku yg mnginpirasi sejak sy duduk di sekolah dasar adalah buku seri laura inggels wilder atau serial rumah kecil di padang rumput, sampai sekarang menginspirasi selain buku PAT n petualangan imajinasi winnetau karya karl may

Arin- Murtiyarini
Maaf..internet drop. Jadi baru bisa komentar. Asyik ya Mba Dewi Ika, editornya kereeennn...
Halo mba Vidaa...kangeeen banget aku. Kuintip sibuk nguleni kue, jadi gak berani gangguin, hehe... Belum ada lomba bikin kue mbak, setauku :)
Blog-blognya udah bisa dijadiin buku:) cantik2
Oya, mba Rina ini ada blog bagus www.penaperempuan.blogspot.com

Naqiyyah Syam Full

makasih mbak
itu blognya mbak Vida Robi'ah Al-Adawiyah loh mbak Arin- Murtiyarini.

Arin- Murtiyarini
Betuuulll, seratus buat mba Naqiyyah Syam Full, itu salah satu blog yg kuhapal alamatnya :)

Lentera Dian Winanda
Toto chan menginspirasi bgt...


Anindhita Silfanie
wah,bener juga ya mbak.kadang kalo udah nulis,nggak kepikir sama hal2 yg disebutin di atas. Thanks ilmunyaa..

Ima Emaknya Alif
punteun telat, izin copy tulisan & diskusinya buat bahan bacaan di file yah. nuhun

Arin- Murtiyarini
Tetep nulis ya Mba Anindhita, hal-hal di atas sifatnya sangat relatif, tiap orang beda-beda.
Silakan mba Ima.

NaNa Andriana
Mbak Arin- Murtiyarini aku salut banget sama dirimu. guru yg sabar dan telaten menjawab murid2nya :)

Arin- Murtiyarini
Kok guru, sih? Hehe...
Beberapa kali diskusi 3 jam tetap aja ada yg telat, padahal kelas lain cuma dijatah sejam. Jadi sekarang gak pake ditutup, lanjutkan sampai pertanyaan habis.

Milda Ini
bermanfaat banget......moga bisa jadi rambu2 dlm menulis, ma kasih mbak Arin- Murtiyarini....salam ya bogornya dimana ya ^^

Agnes Bemoe
Setuju sama semua point, terutama no (2) dan (6)... hehehe... Makasih Mbak Arin- Murtiyarini^^

Arin- Murtiyarini
Mba Milda Ini, aku di rumah kedunghalang, kantor di Darmaga. Dirimu di Bogor juga mba ? Dimana ? Seminggu lalu ibu-ibu IIDN bogor ketemuan, cuma 4 org yg hadir. Berikutnya gabung ya..

Ida Fauziah
Baru baca, bermanfaat sekali. Makasih Mba Arin- Murtiyarini ♥

Arin- Murtiyarini
Kembali ke laptop, walau tidak selalu, tulisan menggambarkan karakter penulis, tapi bisa kok diasah untuk lebih sensitif terhadap psikologi pembaca. *jangan tanya dulu masalah psikologi pembaca yah, blm buka kamus hihi...
Yusnia Afrilia
mbak Arin salam kenal... :)
Kereeeeen sangaaad....

Skylashtar Maryam
waduh, selama ini saya sendiri selalu melabrak semua poin di atas :(

Arin- Murtiyarini
Makasiiihhh..mba Ida dan Mba Yusnia. Aku pernah diprotes suami gara-gara sharing pengalaman pas anakku sakit. Menurutku sih masih wajar, tapi suami kurang suka, mgk karena teringat sedihnya kali ya... Makanya rambu-rambu ini kuingat terus. Reaksi keluarga dekat bisa sangat beragam. Belum lagi perbedaan karakter mars & venus.
Gak masalah mba Maryam, selagi pembaca masih suka dan keluarga nggak protes.
Oya, kalo curhat tentang diri sendiri sih boleh senarsis-narsisnya, risk on your own :)

Ety Abdul
setuju..tulisan pengalaman pribadi selalu dibaca suami dl sebelum dikirim..kalo suami bilang oke..baru sy kirim

Deka Amalia
makasi mb Arin- Murtiyarini, aq baru baca trid ini bermanfaat banget, bagi ku sesuai dengan judulnya tentu kisah inspiratif minimal hrs bs menginspirasi pembacanya..bisa menyentuh & memberi pencerahan tentang sesuatu atau memberikan pemikiran tentang hal yg kita tulis/ungkapkan...berharap bgt ya...Amin..

Arin- Murtiyarini

Bener mba Deka.. Setuju. Nice comment..tengkiyuu

Trance Taranokanai
Wah, ini laksana sentilan untukku. Oke, tengkiu inputnya. Semoga bisa menjadi lebih baik lagi. Salam super...

Arin- Murtiyarini


Kesentil ya Bunda Trance ? Ups, gak sengaja lho, hehe..

4 komentar:

  1. setuju mb rin.. saya juga punya suami yang tidak suka kalau urusan kelaurga di buka keluar.. senang atau susahnya.

    nah ini termasuk cerita keluar juga ga yah? hihi

    BalasHapus
  2. Setuju banget bunda dengan ini.mantap dan nancap.makasih for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba Tatit, sharing tambah lengkap krn ada komentar2 dari ibu-ibu di komunitas IIDN

      Hapus