Selasa, 03 Juli 2012

Liburan Seru Dalam Kota (Leisure, Republika)

Liburan sekolah Cinta berlangsung selama 3 minggu sejak pertengahan Juni hingga awal Juli 2012. Kami tidak berencana pergi kemana-mana, pasalnya saya dan suami bekerja.

Menjadi Asisten Mama

Liburan adalah kesempatan Cinta belajar tentang pekerjaan rumah, yaitu bagaimana membantu mama dan mengasuh adik. Untuk pekerjaan-pekerjaan mudah saya berikan kesempatan agar dikerjakan oleh Cinta . Selain melatihnya agar rajin membantu, berempati pada orang sekitar, bantuan Cinta juga cukup meringankan kesibukan saya, misalnya melepas diapers dan baju adik, mengambilkan dan membentang sesuatu untuk adik, merapikan mainan, dan yang menjadi favoritnya adalah menyisir rambut adik Asa yang hitam tebal.

Sortir, sortir, sortir

Di minggu kedua saya berencana mengajak Cinta untuk membereskan barang-barang di rumah seperti yang pernah kami lakukan sebelumnya. Keluarga kami pecinta buku dan majalah. Memang setiap 6 bulan, saya menyempatkan diri menyortir buku dan majalah, yang sudah tidak saya simpan saya berikan pada teman. Begitupun barang-barang Cinta, selain mainan, aksesoris rambut, buku dan majalah adalah koleksinya. Bedanya, saking sayangnya pada koleksinya, Cinta tetap mempertahankan barang-barang itu. Saya membiasakannya untuk rapi menempatkan barang sesuai jenisnya, jadi sewaktu-waktu dia perlukan tidak kesulitan mencari. Saya sediakan laci-laci plastik sebagai tempat penyimpanan. Laci-laci plastik ini cukup praktis, mudah dibersihkan dan mudah bagi Cinta untuk membuka tutupnya.

Baju-baju adalah barang kami yang juga perlu disortir . Apalagi baju Cinta dan Asa yang sedang pada masa pertumbuhan. Celana dan rok Cinta yang sudah menggantung saya pindahkan dari lemari Cinta ke tempat khusus baju yang akan disumbangkan. Lagipula, mumpung kondisinya masih bagus dan layak pakai.

Rekreasi dalam kota

Kesempatan rekreasi bagi keluarga bisa dilakukan pada hari sabtu dan minggu. Dengan keterbatasan waktu, rekreasi hanya bisa dilakukan di dalam kota. Lokasi tujuan yang paling sering adalah lapangan rumput atau kolam renang. Anak-anak suka bermain di luar ruangan. Di Bogor, banyak lokasi hijau yang bisa dikunjungi, misalnya kebun raya bogor, melihat rusa di halaman istana, ikut olahraga misalnya di lapangan, atau mengunjungi lapangan rumput di kampus IPB. Anak-anak bisa berlarian dan naik sepeda. Sementara anak-anak bermain, saya dan suami bisa menikmati asinan bogor atau tauge goreng.

Persiapan masuk sekolah

Pada minggu terakhir libur, saya harus cek kembali daftar tugas yang harus diselesaikan dan dibawa ketika Cinta sekolah kembali. Saya meminta Cinta menyiapkan buku-buku, PR, baju yang diperlukan dan perlengkapan sekolah lainnya. Sebagai hadiah kenaikan kelas saya belikan Cinta tas dan sepatu baru. Tiga minggu liburan akan berlalu tanpa terasa. Waktu memang terasa cepat ketika kita menjalaninya dengan gembira. Liburan sekolah tak harus bepergian jauh, kita bisa mengajak anak memanfaatkan waktu untuk kegiatan berguna. Sama serunya kok !

2 komentar: