Rabu, 05 September 2012

Restoran Lumbung Padi (Leisure, Republika)

Bulan Juni 2012 lalu saya menjamu kakak dari Trenggalek dan keluarganya di Restoran De Leuit. Saya tahu, De Leuit salah satu resto besar dan laris di Bogor. Pasti ada alasannya mengapa laris, yaitu rasa dan harga.



Buitenzorg adalah nama kuno kota Bogor, yang berarti "tanpa kecemasan" atau "aman tenteram". Buitenzorg terletak 54 km dari ibu kota. Jumlah penduduknya lebih banyak di malam hari daripada di siang hari. Sebagian mereka adalah para komuter yang bekerja di Batavia dan berumah tinggal di Buitenzorg. Sesuai namanya, Buitenzorg menjadi kota beristirahat. Dikaruniai alam yang sejuk dan banyak pepohonan, Buitenzorg menjadi tujuan wisata terdekat dari Batavia.

Etnis asli Buitenzorg adalah Sunda. Dalam perkembangan modern, kini Bogor telah dihuni berbagai etnis, diantaranya Jawa dan China. Padanan berbagai etnis ini memperkaya jenis kuliner yang ada di kota Bogor. Perpaduan rasa dari berbagai etnis kuliner dapat ditemukan di restoran “De Leuit”. Restoran ini terletak tak jauh dari pintu tol jagorawi, gerbang kota Bogor.

De leuit berarti Lumbung padi. Leuit ada dua macam, yaitu leuit ageung (besar) dan leuit alit (kecil). Di leuit ageung disimpan padi milik masyarakat satu dusun, sedangkan di leuit alit disimpan padi milik keluarga. Konsep leuit sudah menjadi tradisi adat Sunda secara turun menurun. Dilihat dari kacamata modern, leuit lebih mendekati pada koperasi tradisional, semua incu buyut menyimpan padi di leuit.

Menu yang tersedia resto De leuit sangat bervariasi dari masakan Sunda, China dan Eropa. Dengan rasa yang sangat memanjakan lidah dan harga yang cukup rasional menjadikan resto ini selalu ramai pengujung mulai dari tingkat menengah. Meskipun ramai, daya tampung resto sangat besar. Pengunjung dapat memilih lokasi duduk yang sesuai untuk berbagai keperluan, yaitu duduk lesehan atau duduk di kursi. Resto ini dilengkapi taman bermain dan tempat parkir yang luas.

Menu yang khas dari lumbung padi ini adalah Nasi Jambal, berupa nasi putih yang dikukus dengan bumbu, petai dan ikan jambal. Dalam sepiring menu nasi jambal terdapat lauk-pauk seperti bakwan jagung, tahu yang lembut, krecek oncom, lalap sambel dan pilihan lauk berupa ayam, daging atau ikan balita.

Ikan Balita adalah istilah untuk ikan mas yang dipanen saat masih berusia 30 -45 hari. Normalnya, ikan mas dewasa dipanen pada usia 90 hari atau 3 bulan . Ikan balita yang digoreng garing dan renyah dapat disantap sebagai lauk pauk atau camilan. Di resto ini, ikan balita disajikan bersama nasi, lalapan dan sambal. Sensasi segar khas menu Sunda pun muncul dengan tambahan semangkuk sayur asem .

Resto De leuit memiliki daftar menu yang beragam. Selain nasi jambal, menu andalan lain adalah nasi timbel kasohor, dan nasi rames kahoyong. Jika anda tidak menyukai ikan asin, anda dapat mencoba menu chinese food dan seafood. Anda dapat mencoba ayam saus mentega, ayam saus padang, sapi lada hitam dengan irisan paprika yang menggoda, tumisan baby kalian yang segar dan aneka masakan sapo tahu. Menu ikan tersedia dalam masakan gurame special De leuit, gurame saus Karimata, gurame saus Thailand, atau gurame asam manis yang lezat.

Sepiring udang mayonaise menjadi favorit terutama bagi pengunjung anak-anak karena rasanya yang renyah, empuk , gurih dan manis. Bagi anda pecinta soto, tersedia soto kikil Bogor yang khas. Bumbu soto yang pas dan daging kikil yang bersih dan lembut sangat memanjakan lidah.

Sebagai penutup, anda dapat memilih berbagai minuman unik. Kenapa tidak mencoba es bir kocok? Minuman ini halal karena bebas alkohol, terbuat dari Jahe dan Gula Merah ditambah dengan kayu manis sebagai pewanginya. Atau mencoba es pala yang segar. Konon, minuman es pala ini sudah dinikmati sejak zaman VOC. Bahan dasarnya adalah pala, gula, garam, es batu dan air. Buah pala dipercaya mempunyai khasiat menyegarkan dan menyehatkan badan. Tersedia juga aneka milkshake, juice, dan aneka es seperti es kelapa dan es cendol. Semuanya tersaji dalam komposisi rasa yang pas.

De leuit
(baca : de leyit)
Slogan : Sensasi Nasi Jambal De'Leuit
Jl. Pakuan No.3. Bogor, Jawa Barat 16143
Telp: 0251 - 8390011 Fax: 00251-8390022
Email: de_leuit@yahoo.com

Restoran ini menyajikan menu Sunda, Jawa, Chinese food dan Seafood. Buka pada hari Senin – Minggu, jam 09:30 - 21:30. Kisaran harga untuk makanan Rp 10.000 - Rp 70.000 dan minuman Rp. 2.000 – Rp. 20.000. Kapasitas pengunjung hingga 500 orang. Tersedia dalam 2 lantai dengan model lesehan dan kursi. Fasilitas umum berupa arena bermain, meeting room, mushola, parkir, reservasi, saung lesehan, taman dan Wi-Fi

5 komentar:

  1. wah sampe masuk republika ya mbak ceritanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lumayan uang jajan bisa lagi..hehe

      Hapus
    2. maksudnya uang jajan bisa balik lagi :)

      Hapus
  2. wahhh keren ulasannya .. detail banget ...
    sekarang de' leuit ada websitenya loh

    www.deleuit.co.id

    thanks mba Murtiyarini buat info nya .... maju terus tetap semangat

    BalasHapus
  3. pengen banget bisa bikin tulisan kayak gini..
    salam kenal ya mbak Arin..

    BalasHapus