Langsung ke konten utama

ANDAI AKU JADI KETUA KPK

ANDAI AKU JADI KETUA KPK, inilah yang akan saya sampaikan pada publik:

Assalamu'alaikum, Salam sejahtera !

Saudara-saudaraku, saya selaku ketua KPK telah membuat garis besar langkah yang akan ditempuh oleh KPK:

1. Dalam amanat pemberantasan korupsi, KPK tidak akan pernah menjauh dari rakyat. Saya akan menggalang dukungan rakyat untuk KPK. Saya sadar sesadar-sadarnya, amanat ini penuh tantangan dan aral dari banyak pihak. Apalagi KPK sering berhadapan dengan lembaga negara dimana posisi dan kedudukannya bisa lebih tinggi atau sama tinggi dengan KPK. Dukungan rakyat adalah kekuatan bagi KPK. Saya boleh mati, tapi tidak dengan KPK, rakyat akan menjaganya.

2. KPK akan meninjau kembali file lama yang terbengkalai dan segera menyelesaikannya. KPK juga akan melakukan pemberantasan korupsi dimulai dari lembaga negara tertinggi dan tinggi, kemudian meluas secara vertikal dan horisontal, agar pemerintahan negara ini benar-benar bersih dari korupsi.

3. KPK akan membersihkan lembaga-lembaga hukum dari korupsi agar hukum di Indonesia berjalan bersih dan adil. Ini adalah tantangan berat. Sejarah menunjukkan bahwa kepolisian dan kejaksaan adalah dua lembaga negara yang pernah berbenturan dengan KPK. Prosedur penyidikan disesuaikan dengan UU yang memayungi KPK dan rekonsiliasi dengan lembaga hukum agar bersinergi dengan optimal. Di atas itu semua, rakyat akan mendukung KPK.

4.KPK akan memberikan perlindungan bagi saksi, sehingga siapapun dapat melapor ke KPK tentang tindakan korupsi sekecil apapun yang diketahui di sekitarnya, agar lebih banyak kasus korupsi yang terungkap dan diselesaikan.

5. Guna memahami arti korupsi batasan, dan pencegahan, KPK akan menggalakkan pendidikan dan kampanye anti korupsi ke seluruh lapisan masyarakat.

Wassalam.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog KPK.

Komentar