Kamis, 20 Desember 2012

Dies Natalis ke 30 FMIPA IPB

Prolog :
Suatu siang, dalam langkah menuju kantin Sapta di Fateta, aku melirik sebuah pengumuman menarik di majalah dinding.  Lomba Esai MIPA ! Dan ada untuk kategori tenaga kependidikan. Dan hadiahnya setara dengan gaji satu bulan ! Yeaaay...gak bakalan yang tahan melewatkan even begini!

Apalagi ini internal IPB, ada dua magnet; pertama saingan tentu tidak sebanyak kompetisi di luar sana, kedua...jika aku menang tentu akan tambah eksis di dalam institusi. Kan selama ini merasa hanya eksis di luar aja. (masa siiih??? hehehe ;p)

Singkat cerita, diam-diam aku mengikuti kompetisi tersebut. Dan kira-kira satu bulan kemudian aku mendapatkan telepon dan undangan spesial untuk hadir dalam acara Dies Natalis F MIPA. Acara di IPB Convention Center, di bagian atas Botani Square. Aku datang sendiri, tidak ada yang kukenal dari FMIPA. Memasuki gedung dengan jamuan mewah, perasaan ini campur aduk antara grogi, haru, syahdu....





























Selamat dan Sukses, Dies Natalis 30 Tahun FMIPA IPB!
sumber: http://asaefuddin.com/dies30fmipa.php


Sabtu, 4 Agustus 2012 10:24 WIB

Fakultas Sains dan Matematika dibentuk pada tahun 1980 melalui Surat Keputusan Rektor IPB No. 078 Tahun 1980. Selanjutnya, pada tahun 1982 fakultas ini berubah nama menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan secara legal formal disahkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0546/O/1983. Pada tahun 2005, melalui Surat Keputusan Rektor IPB No. 112/K13/OT/2005, FMIPA IPB telah berkembang dari enam departemen menjadi delapan departemen, yaitu: Departemen Statistika, Departemen Geofisika dan Meteorologi, Departemen Biologi, Departemen Kimia, Departemen Matematika, Departemen Ilmu Komputer, Departemen Fisika, dan Departemen Biokimia.

Tahun 2012 ini Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor (FMIPA-IPB) menginjak usia 30 tahun. Walaupun usia itu belum terlalu lama untuk perjalanan sebuah institusi, tetapi sudah tentu banyak pengalaman berupa kesuksesan dan tantangan yang dapat dipetik sebagai pelajaran untuk meneruskan prestasi-prestasi FMIPA IPB ke depan. Semua itu menjadikan FMIPA IPB akan semakin matang dalam membangun SDM Indonesia berkekuatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di dalam tradisi akademik kegiatan tahunan (Dies) dan Lustrum (5 tahunan) selalu diadakan untuk menelaah sejarah dan merefleksikan nilai-nilai positif institusi untuk perbaikan ke depan. Dengan demikian, institusi pendidikan tetap segar dan dapat menjadi tempat suburnya sebuah peradaban yang akan terus memperkuat pembangunan nasional melalui sains dan teknologi.

Sebagai perguruan tinggi berbasis pertanian di Indonesia, IPB tentunya memerlukan ilmu-ilmu dasar dan matematika yang kokoh. Untuk itu, sejak masa fakultas di bawah Universitas Indonesia awal tahun 1950, ilmu-ilmu dasar telah disiapkan sebagai landasan untuk pengembangan pertanian masa depan. Dengan modal kekuatan ilmu-ilmu dasar ini, kurikulum pendidikan sarjana di IPB pada tahap persiapan dibekali dengan mata kuliah matematika, fisika, kimia, dan biologi, selain ilmu-ilmu sosial. Sehingga bagi IPB bukan suatu hal yang sulit ketika tahun 1979 mendirikan Fakultas Sains dan Matematika yang lalu disahkan menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tahun 1982. Peranan ini terus dirasakan juga secara nasional. Namun demikian, upaya perbaikan yang terus menerus akan tetap dijalankan agar FMIPA dapat memberikan kontribusi terbaiknya bagi masa depan bangsa dan negara Indonesia yang sedang menyiapkan ekonomi berbasis pengetahuan atau knowledge based economy (K-economy).  Dies natalis dan lustrum ini dapat menjadi ajang introspesksi diri secara berkala, tahunan (dies) dan lima tahunan (lustrum).

Dies natalis juga dapat menjadi ajang silaturahim civitas akademika terutama pada alumni yang sudah meninggalkan kampus. Mereka dapat berkumpul bersama, bernostalgia, bertukar pikiran, memberikan input untuk perbaikan kegiatan tridarma universitas, dan bahkan melakukan kerjasama yang berkaitan dengan kompetensi alumni. Dalam usianya yang ke 30, FMIPA-IPB sudah menghasilkan banyak produk, konsep, prototipe, dan sarjana (d3, s1, s2, dan s3) yang sudah sepatutnya dipamerkan ke khalayakan publik. Hasil karya dosen dan mahasiswa yang berkaitan dengan tridarama pendidikan tinggi, sangat menarik untuk disampaikan kepada civitas akademika sendiri, termasuk masyarakat luas.

Tahun 2012 ini dijadikan sebagai tahun ke 30 atau Lustrum VI FMIPA IPB dengan rentetan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan, kekeluargaan, penelusuran sejarah, dan ekspose FMIPA-IPB atau kegiatan tridharma yang diperluas.


EVENT

Rangkaian Kegiatan DIES NATALIS Ke-30 FMIPA IPB

20 April-30 November 2012

Pembuatan Buku Sejarah 30 Tahun FMIPA IPB

29 April 2012

Sarasehan Penulisan Sejarah FMIPA IPB

20 Juni-30 November 2012

Pembuatan Film Sejarah 30 Tahun FMIPA IPB

5 September 2012

Pembukaan Dies

7 September-1 November 2012

Penelusuran Makalah Ilmiah MIPA Terbaik

8 September 2012

Jalan Pagi Sehat dan Lomba Kreativitas Civitas Akademika

11 September 2012

Seminar Nasional Biomaterial

17-20 September 2012

One Week International Workshop on Spatial Statistics/Econometrics

21 September 2012

Studium Generale on Spatial Statistics

6 Oktober 2012

Temu Bisnis Alumni dan Stakeholder

13 Oktober 2012

Sehari Menjadi Mahasiswa FMIPA IPB

9-11 November 2012

Pesta Sains Nasional 2012

10 November 2012

Seminar Nasional Sains V

30 November 2012

FMIPA IPB Award
Penutupan Dies






3 komentar:

  1. Selamat mbak Arin. Salam kenal dan sukses selalu. Ijin blogrol ya mbak :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke mba Nilam, sukses juga buatmu. Terimakasih yaaa..:)

      Hapus
  2. wow mantab banget heheh
    salam
    hobi komputer

    BalasHapus