Langsung ke konten utama

Night Treatment for All Day Fitness and Beauty


Bagaimana hari-harimu? Ini hari-hariku :

Pagi hari  menjadi saat paling sibuk karena semua urusan persiapan sekolah dan kantor harus siap sebelum pukul 06.00.  Ditambah pekerjaan rumah seperti mencuci baju dan menyapu. Dalam perjalanan ke kantor, saya harus menikmati macet dan polusi.
Siang hari di kantor, saya lebih banyak berada di ruangan ber AC.  Saat istirahat, saya harus  berpanas ria mencari makan di luar.
Sore hari, kembali menemui kemacetan dan polusi di jalan.  Sesampainya di rumah, saya masih disambut dengan tugas-tugas rumah tangga, memasak dan mencuci piring.

Kalau dipikir-pikir, dari semua kegiatan tersebut, kulit lah yang paling banyak mendapatkan dampak buruknya.  Polusi dan debu yang mengotori pori-pori, panas yang membakar, sabun dan AC yang bikin kulit kering mengelupas. Saat kita beraktivitas siang hari, enzim-enzim di dalam tubuh menjadi aktif, kulit pun bisa mengalami stres karena cuaca dan lingkungan.  Hal ini  yang bisa menyebabkan kulit mengalami penuaan.

Patung di kantor saya ini  kian memudar warnanya karena terpaan cahaya matahari.
Sementara, kulit saya kian menghitam dengan sebab yang sama.


Padahal, kulit adalah bagian tubuh yang sangat penting.

Kulit berguna menutupi dan melindungi organ-organ tubuh di dalamnya.  Kebayang kan seremnya manusia tanpa kulit.? Hiiii… 

Pada sel-sel kulit terdapat ribuan syaraf yang berfungsi memberikan informasi ke otak saat bersentuhan dengan suatu benda, sehingga kulit disebut sebagai indera peraba. Kulit juga mempunyai fungsi mengeluarkan sisa metabolisme tubuh dalam bentuk keringat dan sebagai sistem pengatur suhu tubuh sehingga dapat menyesuaikan dengan perubahan suku lingkungan. Selain itu, kulit menjadi tempat menyimpan kelebihan lemak.

Saya bisa merasakan saat-saat kulit sedang kurang sehat. Saat suhu ekstrim dingin dan kering, kulit terasa keriput dan mulai mengelupas. Sebaliknya, saat cuaca panas, kulit banyak berkeringat dan pada bagian lipatan biasanya jadi gatal-gatal karena ada infeksi jamur.  Itu tandanya saya harus memberi tambahan nutrisi. Kulit juga perlu nutrisi untuk bisa tahan terhadap berbagai gangguan. Kulit yang sehat dan cantik ditentukan oleh nutrisi yang kita konsumsi. Kulit membutuhkan air, selenium, antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam lemak esensial dan minyak sehat.  Nutrisi kulit bisa diberikan dari dalam dan dari luar.  Nutrisi dari dalam artinya nutrisi yang berasal dari makanan yang kita makan, misalnya sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan.  Sedangkan nutrisi dari luar adalah produk perawatan kulit yang kita oleskan langsung pada kulit, biasanya berupa minyak, krim atau losion.

Pentingnya perawatan kulit tubuh malam hari

Merawat tubuh itu wajib hukumnya, begitu juga merawat kulit.  Sementara, dengan kesibukan sehari-hari, rasa-rasanya tidak mungkin bisa melakukan perawatan selama berjam-jam setiap hari.  Solusinya, saya memilih perawatan praktis baik pagi maupun malam.

Karena kesibukan di pagi hari, perawatan kulit di pagi hari biasanya saya lakukan sangat singkat, yaitu mandi dan mengoleskan body lotion.  Baru pada malam hari saya berkesempatan kesempatan untuk memberi perhatian lebih pada kulit.

Ternyata, bukan hanya masalah ada tidaknya kesempatan, perawatan kulit tubuh malam hari mempunyai manfaat yang penting.  Malam hari,  tepatnya dari tengah malam hingga jam enam pagi, kulit pembentukan sel-sel baru dan perbaikan kolagen yang sangat penting untuk peremajaan kulit.  Proses ini terjadi melalui pembelahan sel-sel lapisan kulit.  Saat sel-sel kulit membelah inilah saat yang tepat untuk memberikan losion karena kandungan nutrisinya mudah diserap oleh kulit.

Pada malam hari, saat kita tidur, tubuh bekerja “mereparasi” bagian tubuh yang rusak.  Hal ini membutuhkan energi yang besar sehingga tubuh mengeluarkan keringat.  Akibatnya, kulit mengalami kehilangan  kandungan air sekitar 25 persen. Karena itu,  kulit memerlukan cairan pelembab tambahan untuk mempertahankan keutuhan sel-sel kulit sehingga kulit tidak cepat keriput.

Dengan berbagai alasan di atas, maka malam hari adalah saat yang paling tepat untuk merawat kulit. Kita mengenalnya dengan istilah Night Treatment.

Faktanya, dari 800 perempuan Indonesia yang disurve, sebanyak 80 persen tidak memahami proses yang terjadi pada kulit saat malam hari, sehingga perawatan kulit tidak berlangsung secara tepat dan tidak memberikan hasil yang diharapkan. (Sumber : adv. Kompas Mingggu 7 Oktober 2012)

Hubungan perawatan kulit tubuh malam hari dan tidur berkualitas

Setiap makhluk di bumi perlu istirahat.  Ada makhluk yang tercipta aktif pada siang hari dan beristirahat malam, ada yang sebaliknya. Kebanyakan makhluk bumi beristirahat pada malam hari.  Seiring terbenamnya matahari, menurun juga jumlah energi bumi di malam hari, berganti dengan situasi yang dingin dan tenang.

Sudah menjadi ritme biologis manusia untuk aktif disiang hari dan tidur di malam hari.  Melawan ritme biologis ini tentu akan membutuhkan kompensasi. Saya pernah terpaksa begadang tidak tidur sampai jam 3 pagi karena sedang menyelesaikan desain blog, eh, esok paginya saya merasa "masuk angin". Sudah dibayar tidur dalam jumlah jam yang lebih, tetap saja badan tidak fit dan mata sayu. Ujung-ujungnya, saya merasakan gejala flu karena tubuh mengalami lelah dan penurunan imunitas. Nggak berani begadang lagi deh, kapok.   

Karena itulah, tidur di malam hari adalah hal penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Tidur yang baik dan berkualitas dapat meningkatkan kewaspadaan. Cukup tidur juga akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan produktif.  

Hal tersebut sesuai dengan QS. Al-Furqaan ayat 47:
“Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha.”

Manajemen tidur yang baik tidak hanya fokus pada lamanya waktu tidur, melainkan pada kualitas tidur. Tidur yang berkualitas membantu proses detoksifikasi toksin (peluruhan racun) yang mengotori tubuh sehingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Kualitas tidur yang kurang optimal menyebabkan sistem tidur menjadi tidak seimbang sehingga tubuh kehilangan energi lebih besar. Berdasarkan studi yang dilakukan University of California, diketahui bahwa orang yang tidur selama delapan jam atau lebih memiliki tingkat mortalitas (kematian) 50% lebih tinggi. Hal ini menunjukkan kuantitas lamanya tidur tidak memberikan pengaruh positif pada seseorang.  Menurut Dr Ray Meddis, profesor di Department of Human Sciences, England University of Technology, bahwa manusia sebenarnya hanya perlu tidur malam selama tiga jam. Oleh karena itu, pengaturan waktu tidur yang baik haruslah sesuai kadar yang dibutuhkan dan dilakukan secara optimal.

Rasulullah juga mencontohkan untuk tidur di awal malam dan bangun di awal sepertiga malam terakhir. 
"Matikanlah lampu-lampu diwaktu malam jika kalian hendak tidur, dan tutuplah pintu-pintu, bejana serta makanan dan minuman kalian.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tidur dan perawatan kulit tubuh malam hari sangat berkaitan erat.  Bagi kulit, tidur berkualitas membantu berlangsungnya proses regenerasi secara lebih sempurna.  Karena itu, tidur merupakan salah satu bentuk perawatan kulit tubuh malam hari.  Sebaliknya, perawatan kulit tubuh malam hari yang dilakukan sebelum tidur akan membantu mengkondisikan tidur yang berkualitas.

Bayi mudah mendapatkan tidur berkualitas
karena jarang mengalami stress. 

Ritual sebelum tidur

Karena hubungan yang erat antara perawatan kulit tubuh malam hari dan kualitas tidur, maka saya melakukan beberapa ritual  sebelum tidur.

Yang saya lakukan cukup praktis, yaitu :

Mandi (termasuk di dalamnya sikat gigi dan mencuci muka).  Mandi di sore atau malam hari adalah hal wajib bagi saya.  Saya tidak akan bisa tidur nyenyak jika tidak mandi.  Jika suhu dingin, saya menggunakan air hangat.  Dengan mandi, kulit bersih dari debu dan minyak, pori-pori pun akan terbuka dan berkurang bebannya.  Mandi membuat kulit terasa dingin dan segar.  Badanpun lebih rileks, bebas gatal-gatal dan saya bisa tidur dengan nyenyak.
Minum air putih. Tubuh akan mengeluarkan banyak cairan keringat saat tidur. Karena itu saya biasakan minum segelas air putih sebelum tidur.  Saya juga membawa segelas air untuk cadangan saat terbangun malam hari.  Jika kita tidur dalam keadaan haus, kualitas tidur menurun.  Karena itu minum air putih baik untuk kulit dan kualitas tidur.
Mengoleskan body lotion.  Setelah kulit bersih, saya oleskan body lotion khusus malam hari dengan tujuan memberikan nutrisi dan menambah kelembaban kulit.  Harapannya, saat tidur kulit dapat meregenarasi dengan sempurna. Olesan body lotion yang sejuk dan harum juga menambah kualitas tidur malam saya.

Itu saja ritual utama menjelang tidur yang saya lakukan pada hari-hari biasa.  Pada hari libur, saya bisa sempat menambahkan kegiatan perawatan kulit tubuh malam hari, misalnya dengan menggunakan peeling untuk menghilangkan sel kulit yang mati, dan menggunakan masker untuk memperkecil pori-pori kulit.  Usai kegiatan itu, saya melakukan sejenak me time, misalnya memposting sebuah tulisan di blog, atau membaca novel ringan untuk pengantar tidur.

Faktanya,  
9 dari 10 perempuan Indonesia yang mengaku menggunakan body lotion,
dan hanya 4 dari 9  yang menggunakannya pada malam hari
(Sumber: adv. Kompas Mingggu 7 Oktober 2012)

Saya memilih produk perawatan yang berbahan alami

Sebenarnya, tujuan saya memakai body lotion bukan untuk ‘memutihkan’ kulit. Saya hanya ingin mengembalikan kulit saya yang terbakar pada warna aslinya, yaitu kuning langsat khas Indonesia.  Karena itu saya justru tidak mempercayai produk-produk pemutih kulit instan karena kuatir dengan efek samping yang ditimbulkannya.

Bahan alami itu lebih baik karena tidak mengandung bahan kimia yang membahayakan kulit.  Jaman sekarang, konsumen harus cerdas memilih kosmetik berkualitas dengan bahan alami. Jika salah memilih, kulit bukannya sehat, malah bisa rusak.  Tidak mau kan?  Karena itu saya memilih produk yang mereknya sudah terpercaya. Tapi catat ya, merek terpercaya bukan berarti mahal loh. Selain merek, saya melihat komposisinya, terbuat dari bahan apa saja produk yang kita pakai. Jika belum yakin, cari dulu informasi sebanyak-banyaknya dari internet sampai yakin.

Perempuan di berbagai negara di dunia ternyata memilih bahan alami untuk kecantikan kulitnya. Perempuan Aborigin, Australia menggunakan akar bunga yarrow untuk menghilangkan dan mencegah stretch mark pada kulit. Perempuan Chili rajin makan anggur yang kaya antioksidan sebagai rahasia kecantikannya. Rahasia kecantikan Ratu Cleopatra dari Mesir adalah mandi susu saat mandi. Di Perancis, para perempuannya menggunakan campuran buah cherry dan delima untuk merawat kecantikan.  Perempuan Israel suka menggunakan bubuk rumput laut, minyak zaitun dan minyak lavender untuk kulitnya Rahasia kulit halus wanita jepang adalah rumput laut dan ikan.  Sedangkan perempuan Swedia menggunakan teh hijaucampuran minyak daun ekaliptus dan minyak zaitun (sumber informasi dari sini )

Produk berbahan alami lebih aman untuk kulit

Perempuan Indonesia juga memiliki rahasia kecantikan dari bahan alami.  Alam Indonesia telah menyediakan keragaman hayati yang bisa dimanfaatkan, misalnya bengkoang untuk membuat kulit lebih cerah, kentang untuk menghaluskan kulit, ketimun untuk menyegarkan kulit, jeruk nipis untuk mengecilkan pori-pori, tepung beras untuk bedak dingin, rempah-rempah untuk lulur dan banyak lagi.

Bapak saya ternyata juga punya rahasia untuk kecantikan kulit, yaitu penggunaan daun cabe sebagai bahan alami yang dapat menyamarkan noda.  Saya sudah membuktikan keampuhannya pada kulit saya. Flek bekas sakit cacar berangsur hilang setelah menggunakan resep warisan Bapak. Caranya, daun cabe diremas-remas sambil dioleskan pada bekas luka cacar. Sayangnya, belum banyak yang tahu '"rahasia kecantikan" ini.
  

Saya punya pengalaman yang lain tentang penggunaan bahan alami. Saya ingat, dulu menjelang menikah diberi lulur, masker dan bedak halus dari salon yang katanya diramu sendiri  oleh pemilik salon. Untung hanya terjadi saat itu saja. Kebayang kan, betapa repotnya kalau sekarang saya harus meramu bahan-bahan alami sendiri untuk perawatan kulit.

Untungnya sekarang kemajuan teknologi berhasil mengemas bahan alami tersebut menjadi produk siap pakai yang mudah digunakan kapan saja.  Citra adalah salah satu perusahaan kosmetik Indonesia yang telah menggunakan teknologi modern untuk mengekstrak dan menformulasikan bahan-bahan alami tersebut antara lain campuran beras Jepang dan minyak bunga camellia untuk kulit tampak putih alami dan menyamarkan noda, madu dan goji berry Himalaya untuk kulit tampak muda, kencang dan berseri,  mangir Jawa dan minyak zaitun untuk kulit terasa lembut dan bercahaya, teh hijau Jepang untuk membuat kulit sehat, segar dan berseri.

Citra Night Whitening mengandung minyak biji anggur dan ekstrak mulberry, merupakan formulasi khusus untuk perawatan kulit tubuh malam hari.

Manfaat Minyak Biji Anggur dan Ekstrak Mulberry 
Gambar biji anggur. Diambil dari sini

Tanaman anggur diketahui banyak sekali membawa manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh manusia. Buah anggur banyak mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan imunitas dan menyembuhkan penyakit radang dan flu.  Sedangkan, biji anggur yang diekstrak minyaknya mengandung linoleic acid yang merupakan minyak esensial untuk membantu proses regenerasi kulit.  Selain itu, minyak biji anggur mengandung antioksidan dapat menangkal radikal bebas, memperbaiki produksi kolagen di kulit, bisa membuat kulit tampak bersinar, mengatasi jerawat dan merawat elastisitas kulit (sumber informasi dari sini) 

Hm, bicara masalah minyak biji anggur ini jadi inget kalau saya suka makan anggur tapi bijinya suka saya tiup keluar. Coba kalau bisa dikumpulin, kan dapat banyak hehehe... Yang pasti, pengambilan minyak dari biji anggur tentu menggunakan teknologi tinggi yang higienis ya.

Gambar Mulberry. Diambil dari sini







Sedangkan tanaman mulberry atau yang kita kenal dengan tanaman murbei, termasuk dalam keluarga berry yang memang bagus untuk kulit. Mulberry mengandung antioksidan dan membantu kerja enzim tyrosinase yang mengatur kadar melanin kulit sehingga mengurangi bintik-bintik hitam dan mencerahkan kulit. Formulasi kedua herbal inilah yang  mengembalikan kelembaban dan kecerahan kulit sehingga terlihat cantik dan sehat.   (Sumber : Adv. Kompas, Minggu 7 Oktober 2012)

Itulah cerita tentang bagaimana melakukan perawatan kulit tubuh malam hari ala saya dan bagaimana saya memilih produk tepat.  Saya merasa lebih bugar dan cantik saat bangun pagi.  Aura positif itu terbawa sepanjang hari, sehingga saya menjalani hari-hari dengan lebih mudah.  Sesibuk apapun siang hari, saya sisakan sedikit waktu untuk perawatan kulit tubuh malam hari karena  sangat menentukan kecantikan dan kebugarannya esok hari.

Komentar