Senin, 29 April 2013

Decorative Jotun Indonesia, Inspirasi Warna Impian Rumahku

Rumahku Istanaku

Sudah hampir 2 tahun ini saya menempati rumah sendiri, setelah mengontrak selama kurang lebih 8 tahun. Ternyata benar, sekecil apapun, sesederhana apapun, kalau sudah menempati rumah sendiri itu rasanya enaaaaak...banget.  Walaupun setiap bulan masih harus membayar cicilan KPR, tapi rasanya ikhlas banget deh, membayar untuk rumah sendiri.


Benar juga kata para pendahulu, kalau sudah memiliki rumah sendiri pasti inginnya berbenah dan menghias rumah. Baik interior maupun eksterior, mulai dari perabot kecil hingga besar, hiasan dinding, aksesoris ruangan, dan yang paling berperan penting dalam menentukan karakter nuansa rumah kita adalah warna dinding.



Sampai saat ini saya belum pernah ganti cat rumah, masih asli dari developer.  Saya dan keluarga sudah mulai gelisah, ingin ganti suasana.  Kalau membeli perabot tentunya butuh biaya mahal, lagipula mau dikemanakan perabot yang lama.  Jadi, cara paling mudah adalah dengan mengganti cat eksterior dan interior.


Tidak mau salah pilih, saya berkeliling ke beberapa perumahan untuk mencari inspirasi.  Setiap  kali ada rumah yang kelihatan cantik saya memotretnya (semoga yang punya rumah nggak keberatan, bangga dong rumahnya difoto karena tampak cantik).  Hunting inpirasi warna rumah ini cukup menyita waktu.  Begitu dapat contoh, nggak mudah juga padu padan warnanya, selain itu tidak mudah juga menentukan warna yang benar-benar persis seperti pada rumah inspiratif itu.  Nggak mungkin kan nanya ke pemilik rumah tentang merk dan nomor seri catnya :D


Perdebatan pun mewarnai proses pemilihan warna rumah.  Saya menyukai warna ceria seperti orange, kuning menyala atau biru cerah. Sementara suami menyukai warna natural, dengan dominasi coklat.   Lain lagi selera gadis kecil saya yang menyukai warna pink dan ungu (girly banget deh!).  Untungnya, putra saya masih kecil, belum punya preferensi warna tertentu, jadi tidak menambah panjang perdebatan hahaha..


Rumah orang yang saya foto dan mau dicontek padu padan warnanya :)
Mobile Application Decorative JI

Bagai mendapatkan durian runtuh, saya mendapatkan info bahwa ada aplikasi mobile baru dari Jotun Indonesia yang bisa membantu kita mendekorasi warna-warna rumah.  Wih..langsung saya unduh dan menjadi aplikasi favorit di smartphone saya.



Aplikasi  mobile tersebut bernama Decorative JI (Jotun Indonesia).  

Jotun, merek cat dan pelapis bangunan yang telah lama kita kenal. Merek Jotun berasal dari Norwegia yang juga telah dikembangkan di Indonesia. Saat ini Jotun telah menghadirkan aplikasi mobile pertama di Indonesia untuk industri cat. Tujuannya untuk memudahkan pengguna untuk memilih produk cat, warna dan kebutuhannya. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dari Blackberry App World, Apple App Store maupun Google Play Store.

Pada Decorative JI kita dapat menjumpai 12 menu utama yaitu :
  1. Photo Colour, berupa aplikasi foto dengan permainan warna.
  2. Warnapedia, berisi informasi karakter dan efek warna-warna
  3. Jotun Geomancy, berisi informasi fengshui warna-warna
  4. Q and A, adalah ruang untuk tanya jawab yang dirangkum dari situs www.warnaimpian.com
  5. Colour Pop, yaitu game tentang warna
  6. Let's colour, berupa cara dan rekomendasi pilihan warna
  7. Product Info, berisi informasi porduk, ketersediaan dan rekomendasi
  8. Store Locator, cara mudah mencari lokasi distributor produk jotun, terintegrasi dengan google maps dan GPS.
  9. Articles,  berisi artikel terbaru dari situs www.warnaimpian.com
  10. Even and promo, berisi updare info acaea dan pri.osi dari Jotun.
  11. Social network, terintegeasi ke akun Twitter Jotun.
  12. Social network, terintegeasi ke akun Facebook Jotun.
Intinya, dari aplikasi Decorative JI saya bisa mendapatkan inspirasi warna, informasi cat dan bahan pelapis, informasi kebutuhan cat, informasi lokasi penjualan, dan tanya jawab pakar.



Inspirasi Desain dan Warna

Saya kemudian mengeksplorasi menu-menu dalam Decorative JI.  Salah satu menu yang paling menarik adalah Let's Colour.  Di situ kita bisa berimajinasi menganti cat rumah.  Tinggal dipilih saja jenis ruangan, misalnya ruang tamu, ruang tidur atau dapur.  Kemudian kita memilih warna yang kita inginkan, dengan sekali klik, taraaa...tembok ruangan berganti warna.


Mau mencoba warna lain? Tinggal klik saja warna lain dan membandingkannya dengan warna sebelumnya. 




Aplikasi Decorative JI sangat mudah digunakan dan menarik. Kita bisa puas berandai-andai gonta-ganti warna cat rumah dan menemukan warna impian. Saya, suami dan anak bergantian mencoba memilih padu-padan warna sesuai selera masing-masing.


Berikut contoh pilihan warna yang kami lakukan pada satu ruangan yang sama, yaitu ruang tamu.  Sebelah kiri adalah pilihan suami saya, tengah adalah pilihan saya, dan sebelah kanan pilihan gadis kecil saya. Kalau anda pilih yang mana?




Lantas saya mencoba membandingkan beberapa warna berbeda pada beberapa ruang berbeda.  Namanya juga berandai-andai, saya lebih berani bereksprerimen dengan aplikasi mobile ini.  Saya memilih warna pink untuk ruang tamu, warna biru untuk kamar anak dan warna hijau untuk kamar utama.  Begini kira-kira pilihan warna saya:



Untuk eksterior rumah minimalis saya mencoba membandingkan beberapa warna yang sangat berbeda, yaitu warna Sinopia (coklat kemerahan), Beach Honey (krem seperti pasir pantai) dan Lena (hijau daun muda)



Saya juga membandingkan warna dengan satu nuansa warna yaitu hijau, hanya beda-beda tipis antara warna Green smoke, Groove dan Secret garden.


Oya, dalam aplikasi ini kita juga bisa menemukan inspirasi dari bangunan-bangunan ikon dunia loh. Nggak hanya mendatangkan inspirasi, tapi juga mendatangkan decak kagum, sambil berandai-andai, kapan ya bisa melihatnya langsung.


Warnapedia, makna dibalik warna

Di balik warna-warna yang indah itu ternyata menyimpan makna. Warna sebagai simbol dan memberikan efek tertentu bagi yang melihatnya. Misalnya warna biru melambangkan air, es, langit, anak laki-laki, dingin, tenang, dan konservatif. Jika kita melihat warna biru kita akan merasakan efek tenang, rileks dan sejenak mampu melepaskan penat. 


Makna warna dan efek yang ditimbulkan dari berbagai warna bisa dilihat pada menu Warnapedia. 


Hmm, dari sini saya bisa membaca karakter suami saya pecinta warna natural dan karakter anak saya pecinta pink dan ungu. 






Mengenal aneka produk cat dan pelapis


Dulu saya kira cat untuk tembok itu sama dengan cat untuk kayu dan besi. Begitu juga cat untuk tembok luar dan tembok dalam, saya pikir sama saja. Ternyata saya salah besar!


Untuk mendapatkan hasil maksimal, dalam artian cat menempel sempurna, warna keluar seperti yang diharapkan, dan cat mampu melindungi hingga waktu lebih lama, maka kita harus tahu apa yang akan kita cat dan bahan apa yang digunakan untuk mengecat.


Membaca produk info dari Decorative JI membuat pengetahuan saya tentang cat bertambah banyak. Cat untuk interior berbeda dengan eksterior. Cat eksterior harus tahan terpaan hujan dan panas. Sedangkan cat interior perlu yang tahan jamur karena dalam ruangan biasanya lembab sehingga mudah tumbuh jamur. Begitupun cat untuk tembok berbeda dengan cat untuk besi dan kayu.


Produk-produk Jotun yang bisa kita baca spesifikasinya pada aplikasi Decorative JI adalah :

  1. Produk untuk Interior :  Strox Matt, Jotaplast, Majestic Ecohealth
  2. Produk untuk Exterior : Jotaroof, Jotatough, Pioneer 200, Jotashield Extreme, Jotashield Flex dab Jotashield Antifade. 
  3. Produk untuk Kayu dan Metal : Gardex Premium semi gloss dan gloss. 



Sedangkan untuk melihat pilihan warna dari masing-masing produk bisa dilihat pada Colour Card.





Kebutuhan Bahan


Setelah puas memilih warna, jangan buru-buru pergi ke toko bahan bangunan tanpa tahu jumlah barang yang kita butuhkan. 


Saya pernah melakukan kebodohan itu, ingin membeli cat eksterior. Saat ditanya oleh pelayan toko berapa banyak yang akan dibeli, saya kebingungan menjawabnya.  Saya sebut saja ukuran rumah saya, tipe 45. Dan saya disarankan membeli satu cat besar ukuran 25 kg.  Akhirnya, setelah seluruh rumah di cat, hanya sepertiga kaleng yang digunakan  Selebihnya cat tidak terpakai, rusak seiring waktu. Sayang banget kan?



Pada aplikasi Decorative JI ada submenu Colour Consumption bagian dari menu Let's Colour.  Saya tinggal memasukkan luasan ruangan dan jenis bahan yang akan di cat selanjutnya akan keluar jumlah kebutuhan bahan.  Jumlah kebutuhan berbeda pada setiap jenis produk.







Kemana harus membeli ?

Warna dan bahan cat sudah ditentukan, jumlah kebutuhan juga sudah diketahui, sekarang tinggal pergi berbelanja.


Pada menu Store Locator dapat ditemukan 3 opsi untuk menemukan lokasi toko penjual Jotun, yaitu menghubungi call center yang bebas biaya, dengan bantuan GPS dan dengan membaca daftar toko pada berbagai daerah.  Produk Jotun telah banyak tersedia di toko-toko bangunan yang tersebar di banyak kota di 29 propinsi di Indonesia.




Saya tinggal di Bogor. Wow, ternyata ada banyak toko bangunan di Bogor yang menyediakan Jotun.  Ada toko swalayan seperti Mitra 10, atau toko bangunan biasa baik besar maupun kecil.


Konsultasi produk
Salah satu menu Decorative JI yang dapat menambah wawasan saya tentang rumah dan bahan bangungan adalah menu Q&A (Question and Answer) dan menu Articles.  Dari kedua menu tersebut saya bisa tahu info baru dari sang ahli, misalnya tentang solusi mudah desain eksterior, bagaimana membuat rumah yang baik untuk anak-anak, bagaimana meningkatkan potensi pribadi dan bisnis melalu penerapan warna rumah, serta banyak artikel lain yang menarik. 


Saya beruntung sekali telah mengunduh aplikasi mobile Decorative Jotun Indonesia. Saya menyimpannya pada halaman aplikasi favorit pada smartphone.  Manfaatnya sangat besar bagi saya dan keluarga dalam membangun rumah impian.  Rumah tempat saya berkumpul dengan orang-orang tercinta. Rumah menjadi tempat anak-anak bertumbuh kembang. Walaupun sederhana, kami ingin kehangatan selalu hadir dalam rumah kami.  
Dengan padu padan warna serasi inspirasi dari warna impian Decorative Jotun Indonesia menambah kehangatan pada rumah kami. 

Ini dia rumahku istanaku. 

17 komentar:

  1. bagus mba arin..keren deh..smg menang mba :)

    BalasHapus
  2. Terimakasih. Udah unduh aplikasinya blm? Coba deh.. seru

    BalasHapus
  3. Kreeeeeen euy...mantabsss. Good Job. Komplit...plit ! Jotunnya juga canggih. Jadi ngiler liat warna-warna rumah yg soft and elegant gitu. Selera ku banget. Sukses ya mb Arin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren ya catnya. Ngecat rumah kalo salah pilih bisa fatal juga. Jadi harus dimantapkan dulu pilihannya baru beli.

      Hapus
  4. Enaknya hidup di era digital ya, Mbak? Semua serasa jauh lebih mudah, seperti dlm pemilihan warna cat rumah, bisa melalui simulasi terlebih dahulu sehingga jauh lebih praktis dan tidak menguras tenaga. Keren deh Jotun ini!
    Btw, akhirnya memilih warna apa nih Mbak? :)

    BalasHapus
  5. Weekend ini mau belanja cat, soal warna ngikut suami karena dia yg bayar wkwkwk..

    BalasHapus
  6. aiiihh...jadi kayak nge-Game ya bisa langsung klik nganti warna-warnanya...nanti aku ikutan downloud deh hehehe....

    BalasHapus
  7. Urusan cat mengecat ini termasuk yang paling seru. Suami & saya bisa diskusi panjang untuk hal yang satu ini. Kalo kami, warna cat untuk kamar pakai tema sesuai pemilik ruangan. Area lainnya saya pakai warna-warna netral.
    Selamat menikmati cat barunya mak !

    BalasHapus
  8. wihhh serasa dapet durian runtuh baca blognya mba
    hatur thankyouuuu banget
    jadi lebih semangat buat ngecet rumah.asyiknya lagi aku juga sdh terbiasa ngecet rumah berdua bareng misua.irit plus jadi lebih akrab.di tambah kalau pasukan bodrek ikutan ,wihh jd tambah seru.thanks infonya ya mbaaaaa
    [ ivo susilawati , bekasi ]

    BalasHapus
  9. wah..wah... jadi lebih tambah ilmu nih... aku jadi suka bangett...

    terima kasih ya....

    BalasHapus
  10. Halo Admin / Blogger :)

    Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan hosting yang lain dengan tujuan promosi ? :)
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    Terima kasih.

    BalasHapus
  11. wah tahun ini ga ada buget cat rumah ... tapi informasinya kerenlah suatu saat pasti bermanfaat.

    BalasHapus
  12. waahhhh untung aku baca ini..aku jg udh rencana mw ganti cat rumah mba..tp masih bingung mw wrna apa..tkutnya ga sesuai...aku unduh jg ah aplikasinya ;)

    BalasHapus
  13. thanks lahh membantu nih buat saya yang sedang merencanakannya.. heheheh

    BalasHapus
  14. Waduh aq gk bs unduh ni di hp q pk Microsoft 😔

    BalasHapus
  15. Jaman sekarang apa2 sudah pakai teknologi canggih ya.. cat juga sampek ikut2an tapi seneng banget semakin dipermudah

    BalasHapus