Selasa, 16 April 2013

SRIKANDI BLOGGER 2013 : BLOGGING AS WOMEN'S POWER


"Laksana Srikandi, kan kulepaskan anak panah ke angkasa. 
Anak panah yang mengobarkan semangat, 
pertanda saatnya pergerakan dimulai. 
Srikandi itu bernama blogger, dan anak panahnya berupa blog "




Sinergisme Perempuan dan Blog


Siapalah saya, seorang perempuan biasa, terbawa rutinitas sebagai ibu, istri dan karyawan. Orang dekat mengenal saya sebagai sosok pendiam. Namun dalam diam saya berpikir, berangan dan bercerita. Ada banyak ide, opini dan kisah yang tertuliskan.


September 2008 saya mulai mengenal blog. Saya membangun sebuah rumah maya www.asacinta.blogspot.com secara autodidak. Sejak itu pula, telah terjadi perubahan besar bagi kegiatan online saya. Blogging membuat aktivitas online lebih dari sekedar kirim-kiriman email. Perlahan namun pasti, blog membangun eksistensi saya di dunia digital. Saya bergerak di dunia maya, namun karya saya aktual.  Blog juga membangun pertemanan dengan teman-teman di dunia maya, namun interaksi yang kita bangun adalah nyata.


Ada metamorfosa karakter  kiriman (post) dalam blog saya. Awalnya blog menjadi sarana berbagi pengalaman seputar pengasuhan anak. Kini  fungsi blog menjadi ganda. Selain untuk berbagi tulisan, saya juga mencatatkan portofolio karya-karya yang telah dimuat di media cetak, media online maupun lomba.


Kian kesini kian banyak pengunjung blog. Saya pun terpacu untuk menyajikan tulisan dan tampilan terbaik. Dari kata kunci pencarian saya tahu tema apa yang dicari pembaca dari blog saya.  Dari semua tulisan yang saya buat, rasanya hampir tidak ada yang tanpa tujuan berbagi informasi, semangat dan inspirasi. Pada akhirnya saya merasa, blogging memberikan kekuatan baru. Blogging membuat saya menjadi lebih percaya diri, lebih kreatif, lebih produktif, dan lebih berdaya.


Saya tidak sendiri. Jutaan perempuan di Indonesia,  siapapun dia, baik ibu rumah tangga, anak sekolah, mahasiswa, karyawan, pebisnis, politikus, seniman, penulis ataupun aktivis, juga telah memilih blog sebagai media aktualisasi diri.


Saya melihat sinergisme antara manfaat blog dengan potensi perempuan. Blog mempunyai manfaat sangat besar bagi peradaban manusia era sekarang dan akan datang. Telah banyak diketahui blog bermanfaat untuk berbagi pengalaman, berbagi informasi, promosi produk, personal branding, sebagai catatan portofolio, sumber penghasilan, media berkreasi, media bersosialisasi, dan menyampaikan opini. Di sisi lain, potensi perempuan sangat besar. Daya pikir, ide dan kreatifitasnya tidak kalah dari pria. Perempuan punya kekuatan dalam kelembutannya, manajemen waktu, ketekunan dan kesabaran yang lebih baik dari pria, serta mempunyai kepekaan tinggi akan apa yang dilihat, didengar dan dirasakan. Maka sudah sangat tepat apabila perempuan memilih blog sebagai sarana juangnya di era digital ini.


Trend akhir-akhir ini blogger menjadi perpanjangan tangan kampanye dan promosi. Di sinilah peran blogger sebagai mass influencer memiliki kekuatan besar untuk menyampaikan suatu pesan.  Bayangkan, jika jutaan perempuan bisa menyampaikan suatu pesan yang baik, memperjuangkan haknya, menyuarakan idenya, membangun pendidikan non formal dari tulisannya , memerangi narkoba, memerangi korupsi dan banyak hal lain melalui blog. Ini akan menjadi kekuatan besar yang dilakukan oleh kaum perempuan.



Blogging Itu Mudah, Siapa Saja Bisa.

Terhitung pada tahun 2011, jumlah blogger Indonesia sebanyak 5.270.658 (i)
dan dari jumlah itu hanya sepertiganya blogger perempuan (ii).

Beberapa kendala penyebab perempuan lebih sedikit melakukan blogging daripada pria antara lain karena merasa gagap teknologi, menganggap konten blog harus sesuatu yang bernilai 'berat', merasa bukan penulis sehingga tidak pantas menulis blog, koneksi internet yang buruk dan kesibukannya dalam berbagai multiperan perempuan.  Banyak ibu-ibu yang baru bisa membuka laptop pada tengah malam, saat buah hatinya nyenyak.


Berita baiknya, sebanyak 33% dari total blogger perempuan telah dikaruniai anak (iii).  Ini artinya, walaupun repot dengan urusan keluarga, perempuan tetap menyempatkan diri untuk blogging, dengan kata lain, mereka merasakan manfaat blog sehingga masih berusaha blogging.


Seorang kawan pernah datang kepada saya minta diajari membuat blog. Dia mengakui geraknya untuk mengikuti berbagi lomba menulis terhambat karena menulis di blog sebagai persyaratannya. Padahal saya tahu kualitas tulisannya bagus. Menurut pengakuan kawan saya tersebut, dia enggan berurusan dengan template, gadget, link, banner, html dan perangkat blog lainnya.

Lain lagi cerita kawan saya yang mempunyai blog, namun vakum mengisinya. Permasalahannya adalah krisis percaya diri. Menurutnya, tulisannya tidak bagus. Dia juga merasa untuk apa berbagi pengalamannya yang biasa-biasa saja. 

Dari pandangan dua kawan saya tersebut mengenai blog, saya menuliskan status di facebook seperti yang terlihat pada print screen berikut:



Saya ingin meyakinkan bahwa tidak perlu menjadi penulis atau fotografer untuk bisa menjadi blogger.  Seperti yang kita temui dalam dunia maya, ada banyak genre blog, sesuai bidang keahlian masing-masing blogger.  Ada blog fashion, kerajinan tangan, cooking, menjahit, toko online, pertanian, pendidikan, fotografi, motivasi, teknik dan lain sebagainya.  Seorang blogger tidak perlu terhambat oleh ejaan yang disempurnakan, kalimat bahasa baku atau desain yang cantik, juga tidak diwajibkan menayangkan foto dari kamera DSLR.  Blogging adalah bentuk aktualisasi dunia digital yang paling merakyat. Pengalaman biasa kita, bisa jadi menjadi berharga bagi orang lain yang membacanya. 

Terlepas dari desain blog saya yang pas-pasan, juga kemampuan teknis yang bisa dibilang masih jauh dari sebutan 'jagoan ngeblog' saya beranikan diri untuk menyemangati teman-teman disekitar saya (teman kantor) untuk membuat blog.  Apalagi institusi telah menyediakan blog untuk staff yang berinduk pada blog institusi. Kenapa tidak fasilitas ini digunakan? 

"Blogging itu mudah, blogging itu boleh untuk siapa saja. Nggak percaya? Sini deh kuajari. Sebentar saja pasti bisa." kata saya pada mereka yang datang "berguru"



KEB dan Srikandi  Blogger

Awal tahun 2012 saya menemukan komunitas blogger dimana saya merasa sangat nyaman tergabung di dalamnya, yaitu  Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB). Pertemanan dalam grup tidak hanya masalah blogging, namun menjadi pertemanan nyata yang menyenangkan. Dalam grup ini saya merasa leluasa untuk berbagi blog, karena cakupan perempuan sangat sesuai dengan ranah tulisan saya.   Di sini saya menulis dari pemikiran perempuan, untuk dibaca oleh para perempuan.  Walaupun tidak menutup kemungkinan tulisan bisa dibaca oleh kalangan manapun, namun setidaknya pembaca tahu kapasitas saya .

Pada tahun 2013 ini KEB menyelenggarakan ajang pemilihan Srikandi Blogger 2013.  Yang langsung terbayang dibenak saya sosok Srikandi, seorang perempuan tokoh pewayangan yang dikenal sebagai pejuang tangguh, cerdas, dan cermat membidikkan anak panah.   Jadi, Srikandi Blogger menurut saya adalah seorang blogger perempuan yang mempunyai semangat juang, berkarakter kuat,  cerdas dan berpengetahuan luas.  Srikandi blogger juga harus mampu menjadikan blognya sebagai anak panah yang dilepaskan dari kejauhan dan tepat mengenai sasaran.  Inilah yang membedakan Srikandi Blogger dengan blogger lainnya. Pemilihan Srikandi sebagai penggambaran sosok blogger perempuan menurut saya sangat tepat.



http://kreavi.com/data/user-kreavi/3918-zv53qsjt-srikandi.jpg


Saya, sebagai Srikandi Blogger 2013


Blogging, bagi saya berarti menyimpan jejak karya dan berbagi inspirasi.  Blogging adalah bentuk aktualisasi saya di era digital ini.  Keberhasilan saya terukur oleh seberapa luas dan banyak menjangkau pembaca, seberapa kuat bisa menularkan semangat menulis dan blogging, serta seberapa kuat bisa mengajak pembaca dalam pesan yang saya sampaikan.


Melihat apa yang saya lakukan dalam 5 tahun terakhir di dunia blogging, melihat kemajuan yang pesat baik frekuensi maupun konten tulisan terutama dalam 2 tahun terakhir ini, serta melihat respon pembaca yang antusias, maka saya memberanikan diri untuk mengikuti ajang pemilihan Srikandi Blogger 2013. 

Saya telah melalui seleksi tahap pertama dan menjadi nominee 50 besar Srikandi Blogger 2013. Ini merupakan lonjakan pesat dalam ‘karir’ blogging yang saya tekuni.  Awalnya tujuan saya tidak muluk-muluk, pertama karena terpanggil semangat kompetisi, kedua ingin mengenal lebih dekat kegiatan KEB baik online maupun offline.  Kemudian para nominee memasuki masa karantina online untuk memilih 10 besar.  Dalam perjalanan waktu, saya semakin menyadari bahwa peran Srikandi Blogger haruslah lebih bermanfaat dan berdampak luas. 


Dalam lingkup kecil, saya telah dan akan terus menyampaikan pesan Blogging as Women’s Power.  Saya jadikan blog sebagai contoh wujud kekayaan pemikiran perempuan. Jika saya terpilih sebagai Srikandi Blogger 2013, tentu jangkauan pesan tersebut akan lebih luas. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, ada dua pesan utama yang akan saya usung. Pertama, mengkampanyekan bahwa blogging itu mudah.  Kedua, mengkampanyekan siapa saja boleh ‘ngeblog'.  Harapannya, akan semakin banyak perempuan Indonesia yang percaya diri untuk berekspresi melalui blogging. Ini adalah langkah pembuka untuk tahun-tahun selanjutnya guna menggerakkan kekuatan perjuangan yang lebih besar dalam berbagai bidang terkait perempuan. Kolaborasi Srikandi Blogger 2013 bersama Kumpulan Emak-emak Blogger akan membantu terwujudnya blogging as women's power.

Ini dia "busur dan panahku" ^_^

Sumber data :


*)     salingsilang.com Juli 2011 dalam http://giewahyudi.com/media-sosial-indonesia-dalam-statistik/ 
**)   http://asmarie.blogdetik.com/2011/11/07/3-1-perbandingan-blogger-wanita-dan-pria-di-bloggernusantara/
***) okezone.com dalam  http://sumber-informasikita.blogspot.com/2009/09/jumlah-blogger-wanita.html)

KEB

Tulisan ini diikutkan dalam seleksi tahap 2 Srikandi Blogger 2013. 
Tulisan tahap 1 bisa dilihat di sini.

63 komentar:

  1. uhuiiii, keren Mak Arin...Melaju terus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih? Keren ya mak ety? Hehehe....semoga kita bisa lanjut ke babak berikutnya ya

      Hapus
  2. busur dan panahmu itu lho,...yahud..amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...kalo itu emang iya, dunia mengakuinya

      Hapus
  3. Gambar Cinta co cuit banget deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena kusuruh bikin, abisnya gerah lihat ilustrasi mak Dina dan mak-mak yang lain oke punya

      Hapus
  4. Ih... tulisannya bagus. Dan gambar Srikandi karya Cinta-nya juga keren. Mbak Arin memang Srikandi Blogger sejati. Sukses, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnn...terimakasih mba Nia Haryanto. Pengennya bisa terus konsisten ngeblog ya

      Hapus
  5. Balasan
    1. Terimakasih mak Haya, ntar disampein deh biar Cinta tambah rajin gambar :)

      Hapus
  6. Blogging as women's power...keren :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ..karena kekuatan perempuan dilakukan dengan kelembutannya..

      Hapus
  7. Gambar Cinta bagus
    Sukses ya Mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mak Esti , Cinta ikut euforia srikandi blogger :)

      Hapus
  8. Keren habis...Selamat berjuang menjadi Srikandi 2013.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doakan aku ya mba Ina. Thanks supportnya

      Hapus
  9. kereeen mbak Arin...sukses selalu ya mbak...semoga masuk 10 besar Aamiin...btw, jempol buat kak Cinta, keren gambarnya...:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dag-dig-dug mba Nunung, soalnya 49 lainnya keren-keren juga. Yang penting semangat semua, seneng dapat teman baru

      Hapus
  10. Halo Mak :)
    saya juga adalah blogger wanita, tapi belum menikah, saya baru ketemu ma komunitas emak blogger, saya senang bisa ketemu dengan Emak Emak blogger yang mau berbagi cerita dan informasi yang berguna, saya udah mulai menjinakkan diri membaca blogger emak, untuk menambah pengetahuan, toh sosok ibu mempunyai banyak ilmu yang perlu dipelajari.
    dan iya menjadi seorang blogger membuat saya lebih kreatif.
    sukses trus ya Mak :)

    Susan

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga cepat jadi emak ya, biar tambah seru ngeblognya hahaha...
      sepakat mak susan, gabung di KEB bikin semangat. Suasana hangat.

      Hapus
  11. mba arin moga masuk 10 besar dan menjadi srikandinya yah, btw gamabar cinta bagus banget...wujud dukungan untuk mamahnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, terimakasih. Cinta memang terbiasa lihat emaknya kompetisi, selalu nanya, hadiahnya apa ma? buatku ya , gitu katanya hahaha..

      Hapus
  12. Balasan
    1. yuuukk...bawa pom-pom yaa Retno yang selalu ceria ^_^

      Hapus
  13. Balasan
    1. Mak hana juga selalu kerennn....
      mana postinganmu Mak, kutunggu nih

      Hapus
  14. Awwww, mau dong busur dan anak panahnya :P.

    Btw, eike dulu awal ngeblog pun tujuannya agak beda. Untuk ajang narsis hehehehe. Maklumlah, ngeblog dari zaman gadis, tahun 2005 :D. Terus sadar kalau blog itu bisa jadi konsumsi publik, jadi kuhapuslah itu 100 lebih postingan narsis nan galaunya masa jomblo *tsaahhh* dari hadapan publik :D. Setuju banget, menulis itu (mungkin) lebih baik sesuatu yang mencerahkan atau menginspirasi. Bukan sekadar tulisan, "Gue bete" dengan foto manyun ala ababil segede gaban. Ahahahahhahahha. Good luck ya Mak, wish U all the best ;).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakin kalo sekarang udah gak narsis jeng Jihan? :D
      Wh, itu busur dan anak panah kalo di europ gak mewah kalee..beli pake koin bisa

      Hapus
  15. Mak Arin emang Woow deh, jagoan esh Srikandi Blogger beeneran...tulisannya selalu keren :) pantes menangan :D

    BalasHapus
  16. membaca tulisan ini jadi lebih bersemangat ngeblog dan menulis ... jempol deh, moga anakku yang perempuan ntar juga bisa ngikuti emak-emaknya ini jadi blogger yang menebar manfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dikenalkan sejak dini, anak-anak bisa mulai menempel lukisannya pada blog :)

      Hapus
  17. Bangga punya teman srikandi blogger. sukses ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum bu, masih nominee. Tapi tetap semangat

      Hapus
  18. dah mampir...busur n panah nya keren ... pengen juga *sambil kedip2 - kapan yaaa*

    BalasHapus
  19. Aih keren tulisannya... Suka juga dengan gambarnya cinta.. Aku dukung mak airin jtk maju ke 10 besar... Dan aku naksir busur n anak panahmu..keren banget juara deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sssttt..cinta lagi baca komentar2 yang memuji gambarnya, senyum2 dia :)
      Busur panahku hasil lomba ngeblog juga, keren kan manfaat ngeblog salah satunya bisa buka toko gadget *ups...
      Terimakasih supportnya ^_^

      Hapus
  20. bener banget maaak, kalau ditanya , penulis bukan? masih mikir, tapi kalo ditanya blogger ya? iyaaa dong, .
    Semoga melaju ke 10 besar. tulisannya keren, sangat pantas nih jadi wakil perempuan blogger :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan ya mak kita jadi penulis betulan? Selama ini enakan ngetik drpd nulis *pletak!!

      Hapus
  21. widih...ganotenya dipajang bikin ngiri dech...betul siapa saja bisa ngeblog, banyak ibu yang mundur duluan karena merasa ngeblog susah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul, ingat dulu ngeblog modal kompi pentium 3, jatuh bangun utak atik fitur tanpa tutor. Eh kepencet default balik ke settingan awal wkwkwk...tp seneng, bisa narsis mejengin foto

      Hapus
  22. Waaah...blog mbak Arin keren.Isinya sangat menginsipirasi.Semoga menjadi salah satu srikandi blogger.Sukses mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba nunung, ayi bikin blog, dijamin gerakmu bakal leluasa melibas lomba-lomba

      Hapus
  23. Terhitung pada tahun 2011, jumlah blogger Indonesia sebanyak 5.270.658 (i)dan dari jumlah itu hanya sepertiganya blogger perempuan (ii).
    _________________

    Perempuan memang makhluk ciptaan Tuhan yang super dan luar biasa, multitasking.

    Good luck mbak Arin, mudah2an masuk ke 10 besar amiiinnn....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mba Ellys. Bersyukur banget jadi perempuan dg segala anugerahnya.
      Contoj simpelnya seorang ibu multi tasking : bisa dengerin dua balitanya bicara minta perhatian, dua2nya bisa dijawab oleh sang ibu :)

      Hapus
  24. Top buat Cinta, Top juga emaknya. Daaannnn...ga kuat ama busur dan pahnya juga ha ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bulik Wiwit...*ehm, muda dong..
      hahaha..

      Hapus
  25. Sukses ya, Mak. Semoga terus melaju ke babak berikutnya. Idenya keren! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyou mak Alaika, sukses buatmu juga, moga bisa masuk final ya dan kopdaran kita :)

      Hapus
  26. Namun dalam diam saya berpikir, berangan dan bercerita. Ada banyak ide, opini dan kisah yang tertuliskan.

    sesungguhnya banyak ide keluar itu dari orang" yang pendiam lho mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gitu ya mak Wina? terusterang, sepanjang gini tulisanku kalo ketemu cuma jadi 2-3 kalimat wkwkwk..

      Hapus
  27. Kreatip yang ini, maju terus maaak...saya nyusul tahun depan.qiqqiqiq *tutup muka

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayooo...tahun depan udah masuk 2 tahun ya umur blognya? masih ada kesempatan menghias blog dengan tulisan dan gambar yang cetar..

      Hapus
  28. Mak Arin = Srikandi Blogger 2013
    Semangat ya Mak
    Semoga sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mak Farih...sukses juga buatmu

      Hapus
  29. aiiihhh tulisannya keren maaak, keknya ciri khas mak Arin nih, selalu didukung dg data2 ilmiah :)

    BalasHapus
  30. Terimakasih mak Maya....gak selalu, data skunder alias pinjam data orang lain. Untung mendukung opini pribadi mak heheh..maklum, gak meneliti sendiri

    BalasHapus
  31. seperti biasanya, tulisannya lengkap dan keren banget ... cinta, pesen dong tante juga dibuatin srikandi heuheu pake baju pink ya :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wani piro tante hahaha...eh kalo yg ini emaknya yg matre

      Hapus
  32. dan semakin banyak'a blogger wanita, seharusnya semakin menambah semarak dunia blogging indonesia,

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, perempuan terutama ibu rumah tangga lebih punya banyak kesempatan untuk blogging

      Hapus
  33. Busur dan panahnya bagus Bu... :)
    Kunjungan perdana, salam kenal, ijinkan saya menjelajah di sini. :)

    Salam,
    Puspita

    BalasHapus