Sabtu, 11 Mei 2013

Srikandi Blogger Around You


Pada pertengahan April 2013 dunia blogger dihebohkan oleh ajang pemilihan Srikandi Blogger 2013 yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak-emak Blogger. Kegiatan ini menghadirkan suatu gebrakan, karena belum pernah ada ajang pemilihan blogger yang dikhususkan untuk perempuan. Di satu sisi, event yang diketuai oleh Wylvera Windayana  ini mempunyai pembeda dari ajang lain untuk perempuan, yaitu tidak berdasarkan kecantikan fisik. Ajang pemilihan Srikandi Blogger murni menilai bagaimana blogger perempuan bisa aktif blogging dan beraktivitas terkait blogging secara online maupun offline, bagaimana blognya bermanfaat dan menginspirasi banyak orang sehingga menjadi bentuk aktualisasi dirinya. Tak pandang dari latar belakang sang blogger, apakah dia penulis, pebisnis, ibu rumah tangga, wanita pekerja, seniman, koki dan banyak profesi lain.

Puncak acara Srikandi Blogger dilaksanakan pada tanggal 28 April 2013 di Gedung F Kemendiknas, Jl. Sudirman Jakarta.  Acara ini juga disponsori antara lain oleh Acer Indonesia, ditergen Rinso, kosmetik Wardah dan banyak lagi. Pada acara itu dinobatkan 5 predikat penghargaan, yaitu Acer Srikandi Blogger diraih oleh Alaika Abdullah, Acer Srikandi Persahabatan diraih oleh Myra Anastasia, Acer Srikandi Favorit diraih oleh Anazkia, Blogger inspiratif oleh Haya Aliya Zaki dan Blogger Life Time Achievement oleh Yati Rachmat. Blog masing-masing pemenang dan liputan lengkapnya bisa dilihat di link pada akhir tulisan ini (agar bacanya nggak putus-putus ya).

Saya pun sebenarnya mengikuti audisi ini. Namun terseleksi dan harus bertahan di 50 unggulan, bangga nggak sih? Bangga dong. Dan sekaligus saya bangga mengantarkan teman-teman yang bisa berlanjut
 ke babak final 10 besar. (Ini adalah bahasa yang halus pengganti kata : kalah, hehehe).

Jadi saya kalah? Enggak, saya tidak merasa demikian. Karena ketika masuk dalam 50 besar unggulan sudah terasa sekali keakraban sesama emak blogger, saling dukung dan siapapun yang menjadi pemenang bukan masalah. Saya dan emak-emak blogger yang lain tetaplah memegang spirit sebagai Srikandi Blogger.

Spirit itu terasa sampai sekarang. Pasca acara Srikandi Blogger 2013, saya jadi lebih sering mengamat-amati blog-blog perempuan  yang wara-wiri di dunia maya. Srikandi Blogger adalah sosok blogger perempuan yang inspiratif dan mampu mengaktualisasikan karyanya.  Saya yakin, diluar ajang itu, banyak Srikandi Blogger bertebaran. Kadang, karena keterbatasan waktu dan lingkup pergaulan menjadikan sang srikandi tidak terlihat oleh dunia blogger secara luas. Namun jika melihat hakekat Srikandi Blogger, tidak perlu diragukan lagi, ada banyak sosoknya di sekitar kita.

Saya akan sedikit bercerita tentang sosok Srikandi Blogger di lingkungan kerja kami, Institut Pertanian Bogor (IPB).  Para staf dan mahasiswa IPB telah difasilitasi blog yang menginduk pada situs IPB. Tentu, blogging bukan hal tabu yang perlu dihindari oleh staf. Blogging justru mendatangkan banyak manfaat dan meningkatkan kinerja. Bagi sebagian akademisi, blogging menjadi sarana berbagi informasi apa saja terkait proses belajar mengajar. Sebagai staf dan blogger (staff blogger) saya pun mengaktifkan akun staff blog di IPB. Kami bisa saling melihat staff blogger -staff blogger lain yang tengah aktif memperbarui blognya. Dari situ saya mengenal ibu Anita Handayani.



Anita Handayani, usia 53 tahun, adalah seorang pustakawan. Di sela waktunya bekerja, Anita mengisinya dengan update blog. Informasi-informasi dalam blognya sangat bermanfaat. Mulai dari masalah keluarga, tentang wanita dan anak-anak, kejadian sehari-hari, humor atau panduan-panduan ringan beberapa aplikasi komputer dan internet. Anita menulisnya dengan bahasa yang lugas, ringan dan mudah dipahami. Anita mengisi blognya hampir setiap hari, sesuai dengan tagline blognya "tempat saya beristirahat dan talking about with you". Anita ingin menjadikan blognya sebagai tempatnya berbicara kepada pembaca.

"Welcome, I hope you can enjoy with everything I’ve presented on this site about my hobbies (photography, computer, web design, adobe photoshop, winisis, cooking, coloring, midi music,  poem,  tibiame, otomotif, joke), archive, baby sitter, employment regulations, healthy and psychiatric. If you have any comments, suggestions, or opinion about this site, please express it just by signing my guestbook."

Demikian Anita menyapa pengunjung blognya. Kagum deh, melihat pos-pos blognya yang banyak dan bermanfaat banget.


Setiap tahunnya IPB memberikan penghargaan kepada blog teraktif berdasar webometric.  Dan sudah  3 tahun berturut-turut Anita memperoleh penghargaan tersebut (2010-2012). Anita mencapainya tanpa teknik SEO tertentu. Anita juga tidak berniat menjadikan blognya untuk lomba. Anita mendedikasiikan dirinya untuk menulis dan menulis di blog. Dari situ dapat saya simpulkan betapa bermanfaat blognya bagi para pembaca dunia maya, banyak yang membaca walaupun tanpa teknik khusus.

(Hayo, siapa tuh yang suka ngeblog untuk lomba? Hihihi, boleh kan? Kompetisi sehat berdampak positif kan mak?)

Anita mengenal blog sejak lama. Dulu bermula dari multiply dan sekarang akrab dengan paltform wordpress.

Setelah saya menuliskan sedikit ulasan tentang Srikandi Blogger 2013 di blog IPB, Anita membaca dan jadi tahu adanya Kumpulan Emak-emak Blogger
Anita langsung bergabung di grup facebook. Saat kami bertemu di bis jemputan pegawai, dengan antusias Anita bertanya banyak tentang Srikandi Blogger dan KEB.  Saya pun antusias menjelaskan tentang grup tercinta yang dibangun atas inisiatif makpon (emak founder) Mira Sahid dkk. Bersama KEB para perempuan blogger bisa belajar dan bersosial lebih banyak, sehingga semakin menambah aktualisasi diri melalui blog.

Dengan demikian, dua titik positif bertemu. Anita Handayani, Srikandi Blogger di lingkup IPB bertemu dengan KEB. Satu saja berdampak baik, apalagi jika semakin banyak Srikandi Blogger bergabung dengan KEB.

Who is Srikandi Blogger around you? Yuk, ajak gabung KEB. Semoga bisa bersinergi ya maaaak!
__________________________

Foto dari facebook Kumpulan Emak-emak Blogger dan Blog Anita Handayani


Tulisan ini memenangkan juara hiburan pada kompetisi blog Srikandi Blogger 2013

23 komentar:

  1. hebat! jadi makin iri nih sama emak2 blogger, hihi ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih...yuk blognya diisi biar rame :)

      Hapus
  2. keren nih, agak lain bahasannya... selalu inspiratif. sukses ya mbak...:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mba Nunung Nurlela. Mencoba mencari sesuatu yang berbeda dari euforia Srikandi Blogger. Btw, udah bikin blognya blm? Ntar aku tengok ya

      Hapus
    2. he2...saya gak ikutan mbak...dikejar DL buku. btw, selamat mbak...nyangkut juga kan? saya juga dah ngira, pasti menang, coz beda.:-)

      Hapus
  3. wah,mantap juga nih artikel buat lombanya. Semangat trus ya. semoga sukses :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih....yup, tetap semangat.

      Hapus
  4. semua perempuan bs jd Srikandi di bidang masing2. Dan gak ada yg kalah atau menang. Tapi semoga di kontes ini Mb Arin menang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg penting memenangkan diri sendiri, mengalahkan minder :)

      Hapus
  5. Terima kasih nama bunda ada dalam postingan ini, tapi terus terang lho, bunda cuman bacanya glance aja, rada-rada pusing matanya (lho koq yang pusing matanya ya?) liat tampilan blognya mbak Arin Murtiyarini ini. Mbak saran ya, mbok tampilannya diganti hehe.... Suka-suka lah ya mbak Arin. Cuma sekedar saran aja. Anyway makasih banget nama bunda ikut dalam postingan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di monitor bunda yati gimana tampilannya? Disini latar putih. Ada yg gak kebaca kah?

      Hapus
  6. Mak Arin juga salah satu Emak Inspiratif, dari ngeblog bisa menghasilkan karya yang mejeng di media cetak, keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mak Astin. Sebenarnya saya berawal dari media 2006, baru kemudian ngeblog 2009

      Hapus
  7. Wah IPB keren ya maak..andai BPK bisa seperti itu juga...*ngarep...
    Pengen tau dong awalnya bisa bentuk blog staf seperti itu bgm? sharing yuk mbak...
    siapa tau jadi ide bagi kami di BPK. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm...kalau alasan dibentuk blog staf saya nggak tahu mba Puteri, pejabat IPB yang tau. Mungkin karena dirasa perlu ya. Disini kalau mau lihat2 blog staf ipb www.staff.ipb.ac.id

      Hapus
  8. mab arin itu srikandi inspirasiku, tulisan2nya selalu berbobot, ngga meye2 kayak tulisanku xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. meye2 aja bisa boyong isi toko ke rumah :)

      Hapus
  9. Mak arin sudah menjadi srikandi hatiku. Blog nya suka aku curi2 pandang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak hana yang keren selalu, ternyata dikau malingnya ya, pantes..suka kedutan kalo lagi ngeblog :p

      Hapus
  10. sayang dulu pas masih kuliah diipb belum ada blog buat staffnya mba.... malah pas dah kerja ketemu pak alm sjafri pas gabung di blogor :")

    BalasHapus
  11. Hallo Mak. Jury visit. Nice posting. Semoga sukses ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduh, visit malam2. Gak nyiapin suguhan apa2 nih mak

      Hapus