Senin, 01 Juli 2013

Fruit Summit 2013 : Kumpul Seru Pecinta Buah - buahan



Aaarrrgh, keren , mantap, mewah, fun, berkesan. Kata-kata itu semoga mampu mewakili kesan saya pada event Fruit summit 2013.


Even ini saya tahu dari Kumpulan Emak Blogger, namun entah kenapa dalam perjalanan waktu, tidak banyak anggota KEB yang berpartisipasi.  Saya mengirimkan cerita atas nama sendiri, dan atas nama 2 komunitas berbeda, yaitu Contestmania dan Agrianita.  Ternyata semua peserta yang telah mengirimkan cerita mendapatkan undangan dari Sunpride. Dengan alasan ingin datang ke Fruit Summit 2013, suamiku pun ikut mendaftar. (Sungguh, dia tidak bermaksud menjadi kompetitor istrinya dalam dunia kontes).


Fruit Summit 2013 disponsori oleh Sunpride, salah satu produsen buah-buahan ternama. Buah-buahan Sunpride sebagian besar ditanam di Indonesia, jadi Sunpride adalah buah lokal. Tujuan acara ini pertama adalah untuk memperingati Hari Buah Internasional 1 Juli,  kedua untuk mendekatkan dan sharing info antara produsen dan konsumen buah, ketiga untuk menggalakan masyarakat agar semakin banyak yang menyukai buah-buahan. Sekedar info, saat ini konsumsi buah masyarakat Indonesia tergolong rendah.


Hari yang dinanti pun tiba. 29 Juni 2013 Fruit Summit diadakan di Rumah Maroko, kawasan elit Menteng, Jakarta. Sejak pintu masuk, suasana segar telah terasa. Ada 3 tandan pisang dipajang menyambut tamu yang hadir. Seluruh panitia berkaos merah-orange segar. Di beberapa sudut terdapat kolam yang ditaburi kelopak-kelopak mawar merah. Pada pintu masuk digelar karpet merah. Aduuuh...spesial banget.



Kami memasuki ruangan besar. Langit-langit berbentuk kubah dengan desain Maroko.  Sebagian hadirin duduk di kursi yang tersedia di tepi kanan dan kiri. Sebagian lagi duduk lesehan di bagian tengah, dengan hidangan buahan-buahan yang melimpah di atas meja. 



Asyik dengerin talkshow sambil ngemil buah 



Buah-buah bertebaran, boleh diangkut pulang

Kiwi-kiwi ini manis loh

Marketing manajer Sunpride memperkenalkan pepaya California yang sekarang re-branded menjadi pepaya Calina. Buah pepaya Calina ternyata ditemukan oleh Dr. Sriani Sujiprihati (almarhumah), seorang dosen sekaligus ahli pemuliaan tanaman IPB. Jadi pepaya asli Indonesia loh..

Pepaya Calina yang dimake up


Semua hadirin mengenakan atribut buah-buahan. Ada yang berkostum buah, mahkota buah, dan topi buah. Panitia telah menyediakan kacamata dan bando buah-buahan bagi mereka yang ingin memakainya. Barang-barang tersebut dibagikan gratis, tis, mau berapapun ambilnya (asal dipake semua ya hehehe). Cinta sudah menyiapkan topi buah sejak beberapa hari sebelumnya. 



Dari pagi sampai tengah hari acara diisi game seru. Setiap yang berhasil menjawab pertanyaan MC mendapatkan kupon yang nantinya bisa ditukar dengan buah-buahan. Menjelang pukul 12 kami dipersilakan menuju halaman belakang Rumah Maroko untuk makan siang. Dan waaaaah....pesta kebun yang aduhai. Tersaji makan siang prasmanan seperti pada umumnya, yang bedaa adalah buah-buahan disana sini yang bisa kita comot sekenyangnya. Ada beberapa tandan pisang Sunpride, ada kulkas berisi buah potong segar seperti melon, pepaya, semangka, ada beberapa meja tempat jus buah, dan meja yang khusus buah-buahan utuh. Ada satu jua yang saya penasaran komposisinya, yang pasti bahan utamanya pisang, plus rasa asam manis sepat. Heran, pisang di jus tapi bisa enak loh..

Disana sini tampak badut buah-buahan berjalan kian kemari. Waiters pun keliling mengedarkan kiwi potong atau kelapa kopyor. Seger, seger, segerrrr...





Anggur-anggur yang menggoda


Petik sepuasnya

Saya pilih nanas honi




Kelapa kopyor, Nanas honi dan Melon


Pojok jus dan es buah
Mr. Banana: do you like me?
Snack yang juga didominasi buah


Kembaranku, Murti Yuliastuti
Duo Murti

Di seberang kolam terdapat Photobooth khusus Fruit Summit, kita bisa berfoto dengan gambar aneka buah. Hasil foto langsung di print dan dibagikan gratis. Boleh foto berapa kalipun (asal gak malu) dan nyatanya, saya tidak malu untuk foto dengan keluarga dan teman-teman hahaha..


Hasil print out di Photobooth

Ini lho, bapaknya Asa dan Cinta

Usai makan siang, acara talkshow dimulai. Pak Sobir, Kepala Pusat Kajian Hortikultura Tropika-IPB menjelaskan tentang manfaat buah-buahan dan bagaimana cara mengkonsumsi buah-buahan yang baik. Saya jadi tahu bahwa konsumsi buah terbaik itu adalah buah segar. Sedangkan jus buah, rujak ataupun es buah adalah alternatif. Disini saya juga tahu manfaat lain dari pisang. Kolin dalam pisang mampu mencegah keinginan untuk makan garam atau sesuatu yang gurih, jadi bagus untuk cemilan anak-anak agar tidak meminta jajanan mengandung MSG.

Adalah mitos bahwa makan buah sebelum makan besar (nasi) akan menyebabkan sakit perut. Justru konsumsi buah sebelum makan mengoptimalkan penyerapan mineral dan vitamin dalam buah. Dan ternyata, vitamin C yang tinggi tidak identik dengan buah yang asam. Pepaya dan jambu kelutuk (jambu cristal) mengadung vitamin C tertinggi.

Sesi kedua dibawakan oleh Dokter Ryan Thamrin, tentang manfaat buah-buahan untuk anti aging (penuaan). Dan sesi ketiga dibawakan oleh Psikolog Sex yaitu Zoya Amirin. Zoya adalah psikolog sex sekaligus dosen di UI, membawakan materi manfaat buah-buahan untuk kesehatan sexual. Zoya berpenampilan sangat anggun, blouse putih, celana putih, sepatu putih sampai casing ponsel nya pun putih keperakan. Cantik.

MC, Dokter Ryan Thamrin dan Prof. Sobirin
Zoya Amirin
Tips Sehat Ryan Thamrin


Pukul 4 sore. Peserta mulai gelisah menunggu pengumuman pemenang My Fruity Story. Memang, ini adalah acara terlama yang pernah saya ikuti. Biasanya 2-3 jam, Fruit Summit berlangsung sekitar 7 jam. Biarpun lama, peserta tetap enjoy sampai akhir.


Agrianita, Contestmania dan Habiba sedang diplonco MC

Pemenang Fruitaholic of the Year mendapatkan buah seberat berat badannya. Langsung ditimbang di tempat. 


Ada 4 pemenang kategori perorangan, dan 2 pemenang kategori komunitas.  Saya maupun suami tidak memenangkan kategori perorangan. Satu orang yang saya kenal menang di kategori perorangan adalah Vincencia Naibaho. Senang bisa bertemu dengan sist Vincen, yang telah lama saya kenal sebagai winner di berbagai perlombaan menulis dan foto.






Walaupun nggak menang di kategori perorangan, saya seneng banget karena dua komunitas yang saya usung (Contestmania dan Agrianita PTN) bisa menang di lomba ini. Yuhuuuu....

Special thanks to mba Nunung Yuni Aggraeni, partner dari contestmania yang sangat membantu dalam meraih kemenangan ini.

Inilah kali pertama Contestmania go publik. Contestmania sebenarnya hanyalah grup BBM (blackberry mesenger) beranggotakan 9 orang penggemar kontes nulis, blog dan foto. Sejak ceritanya diuplod di Sunpride.co.id, beberapa teman penasaran dan ingin bergabung. Hm, saya masih merasa belum siap untuk membesarkan grup, tapi kalau sekedar berbagi info lomba sih bisa via facebook dan twitter ya (@arin_murti , kesempatan cari follower, hihihi)

Sedangkan Agrianita adalah kumpulan ibu-ibu pegawai IPB. Agrianita PTN lingkupnya lebih kecil, khusus di Departemen Proteksi Tanaman, unit tempat saya bekerja.


Contestmania meraih juara pertama, mendapatkan pesta buah senilai satu juta, suplai buah 3 bulan dan kamera Nikon Coolpix P510 senilai 3 juta. Sedangkan Agrianita PTN sebagai juara kedua mendapatkan pesta buah senilai satu juta, suplai buah 2 bulan dan kamera Canon powershot SX500 senilai 2,6 juta. Panen..panen..Alhamdulillah.


Kenapa anak ini selalu ikut foto ya?

Kemenangan selalu membawa perasaan membuncah bagi Contestmania seperti saya ini. Namun bagi peserta lain yang nggak menang, ternyata tidak ada kekecewaan. Datang ke acara ini saja sudah sangat menyenangkan. Sejak awal datang, tengah hingga akhir acara tamu merasa diistimewakan. Selain aneka fasilitas yang diberikan, juga banyak ilmu yang bermanfaat.

Ssst, siapa sih yang nggak seneng pulang membawa tas berisi buah-buahan yang dan segar, plus merchandise boneka dan tempelan kulkas yang lucu. Dan senengnya lagi, setiap peserta mendapatkan printout ukuran poster cerita yang pernah dikirimkan ke Sunpride, plus medali. Keren banget kan? Sunpride dan segenap panitia sukses memanjakan hadirin.






Cerita masih berlanjut. Masih ada fruit party di dua tempat berbeda. Insya Allah setelah lebaran. Nantikan liputannya. 


11 komentar:

  1. huwaaa...selamat ya mbak...seruuu...mupeng mbak....ngiler liat buahnya...btw, saya juga pecinta jajanan buah mbak...oh ya daku juga dah lama follow dirimu loh...:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mba Nunung Nurlaela. Eh, udah follow ya? makasih lagiiii...^_^

      Hapus
  2. Yuhuuu...Contestmania jaya (eh Agrianita juga), emang terbukti pengusungnya hebat. Senangnya aku jadi kembaran mbak Arin, bentar lagi pasti ketularan keren, xixi yang pasti bakal happy-happy di Fruit Party nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuuu...cant wait for next fruity party

      Hapus
  3. Waaww...bener banget mb Arin. Dtg ke acaranya Sunpride seneng banget. Aku seringnya dtg ke pesta kebun tp ini pesta buah. Kyk syurga kecil ya. Full fruits...bedewey foto ku ga ada ? Hadeeeh...aku ini kan sahabatnya semangka soalnya sama beratnya. kwkwkwk

    BalasHapus
  4. Wahhhh...emang kereen banget acara ya mb...Aku blm pernah dtg ke pesta buah sebelumnya loh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku beberapa kali mba ety, pas kondangan :D

      Hapus
  5. aku sering mba Ety kalo pesta buah, pas kondangan hehehe

    BalasHapus
  6. asyik bener dikelilingi buah2an mbak

    BalasHapus
  7. Maaf butuh informasi untuk penjual buah ceri dimana ya? soalnya mau buat obat... nyarinya agak susah ... terima kasih

    BalasHapus