Selasa, 20 Agustus 2013

CONTESTMANIA, KOMUNITAS PENGGEMAR KONTES






Contestmania adalah komunitas yang unik, terbentuk karena satu hobi yaitu penggemar kontes baik online maupun offline, seperti kontes menulis, kontes blog, kontes foto, kontes menciptakan resep dan banyak lagi. Awalnya anggota Contestmania berkenalan dalam sebuah event lomba menulis kisah inspiratif “Mari Bicara” yang disponsori Teh Sariwangi. Grup ini dibentuk oleh Murtiyarini, seorang blogger dan penulis lepas. Anggota lain ada Nunung dan Susan dari Bekasi, Murti dari Depok, Eka dan Rina dari Bogor, Sukimah dan Vivien dari Malang, dan Wiwien dari Yogya. Kami menjadikan grup ini sebagai ajang berbagi informasi dan berbagi tips-tips seputar lomba-lomba.


Telah banyak kiprah Contestmania dalam dunia kontes. Misalnya saja, Murtiyarini, telah memenangkan berbagai lomba blog, lomba testimoni, lomba karya tulis jurnalistik dan beberapa kali lomba foto. Sedangkan Nunung pernah pergi ke Paris dan Eropa selama 8 hari berkat hadiah lomba menulis, begitupun Susan Sriyani dan Vivien, pernah ke Thailand karena menang lomba cerita. Susan bahkan pernah menjadi bintang iklan serta memenangkan uang 50 juta. Rina selain contributor sebuah majalah nasional, juga gemar menulis untuk blog, pernah menjadi juara 1 lomba blog VOA. Sukimah jago meresensi buku dan beberapa kali memenangkan lomba resensi, Wiwien jago menulis untuk berbagai kuis dan sayembara, sedangkan Eka spesialisasi di lomba-lomba foto. Dalam beberapa perlombaan yang diikuti, beberapa anggota Contestmania memenangkan bersama-sama. Senang rasanya dari 5 pemenang, 3 diantaranya adalah Contestmania.


Aktivitas kami paling banyak melalui BBM (Blackberry Mesenger) karena anggota tersebar diberbagai kota. Pada 2013 ini, beberapa kali Contestmania melakukan pertemuan kopi darat yaitu :

22 Desember 2012 Contestmania mengikuti Smart Mommy Gathering di Hotel Ritz Carlton. Pada lomba menulis cerita 3 dari pemenang adalah dari contesmania
9 Februari 2013, Contestmania menghadiri blogger gathering dan pengumuman lomba menulis Anmum Bunda Inspiratif di Jakarta. Murtiyarini tampil sebagai pemenang pertama.
20 April 2013 Contestmania Jabodetabek berkumpul di Bogor, tepatnya di Taman koleksi IPB. Kami sedang membahas rencana untuk mengikuti sebuah even lomba yang melibatkan komunitas.
27 April 2013 Murtiyarini berkunjung ke Malang bertemu dengan Sukimah dan Vivien dalam situasi santai.
9 Juni 2013 Contestmania mengikuti Cooking Class Modena Community di Jakarta
29 Juni 2013 Contestmania menghadiri Fruit Summit 2013 di Jakarta. Contestmania menjadi pemenang pertama Most voted story.


Saat ini Contestmania mulai dikenal oleh dunia perlombaan di dunia maya. Sudah banyak permintaan menjadi anggota, namun untuk saat ini sifat keanggotaan terbatas. Contestmania sedang menggodok rencana untuk pengembangan komunitas dengan meningkatkan prestasi baik anggota maupun grup. Mengingat BBM hanya terbatas , kemungkinan terbaik adalah membuka fanpage Facebook agar aktivitas Contesmania bisa menginspirasi masyarakat secara lebih luas.


Berbeda karakter namun kami saling menyemangati. Contestmania saling berbagi informasi tanpa merasa kuatir mendapatkan saingan, karena jiwa Contestmania adalah berlomba menjadi yang terbaik. Kepuasan Contestmania adalah jika memenangkan sebuah lomba dengan usaha maksimal yang diikuti oleh banyak peserta. Contestmania bersaing sehat dan saling mendukung. “Being Smart and Happy with Contest” itulah motto kami.

3 komentar:

  1. mbak arin, kalo udah ada fanpagenya invite lizaaa yaaa. mau gabung jugaaa. pingin jadi kontesmania sejati

    BalasHapus