Rabu, 06 November 2013

Acer Slim Aspire E1, Smart Notebook untuk Kerja dan Keluarga

Bagi penulis atau seniman yang bekerja terkait ide-ide, tentu tahu rasanya "jerawatan" karena ide terpendam tak tersalurkan. 

Seperti yang sering saya alami, ingin menuangkan ide yang menari-nari di pelupuk mata, tapi kesempatan sangat sempit, akhirnya uring-uringan dan jadi jerawat karena memendam rasa. Memang kenyataannya kalau sudah dihadapkan pada berbagai urusan keluarga, urusan menulis mau tak mau menjadi nomor dua. 

Jangan sampai terulang situasi begini :
Pernah, saya dikejar deadline menulis dan terobsesi banget menyelesaikannya. Konsekuensinya, masak kilat seadanya, anak-anak dimandikan oleh ayahnya, dan saya sendiri lupa apakah sudah mandi atau belum. Sepanjang hari tatapan mata saya terfokus pada leptop. Tak lama si kecil masuk ke pangkuan saya dan menjadi penghalang antara saya dan leptop, yang terjadi selanjutnya adalah saya marah dan anak merengek. 
Buyar ! Kerjaan nggak beres, keluarga kecewa. 

Daripada rebutan laptop sama anak, mending dipuaskan sekalian keinginan anak. Ajak main game kesukaannya, belajar menggambar atau belajar mengenal huruf dan angka di laptop. Memang sih, kesempatan menulis semakin sempit, tapi bisa disiasati kok. 


Cara saya: menulis sedikit demi sedikit tapi sering, dimanapun dan kapanpun !







Jadi ibu itu harus smart.  


Berbagai situasi mengasah seorang ibu menjadi lebih pintar.  
Kunci utamanya adalah OTAK. 
Kemampuan otak yang baik, membuat seseorang ibu menjadi smart, bisa tanggap menerima informasi, cepat memberi respon, dan membuat rencana strategis sehingga memungkinkan melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan atau disebut multitasking 

Percaya deh kalau ibu-ibu pasti sudah terbiasa dengan multitasking ini. Bisa memecah konsentrasi ke dua hal atau lebih dengan sangat baik. Kedua tangan bahkan bisa memegang dua benda sekaligus dengan fungsi berbeda. 

Apa sih yang tidak bisa dilakukan? 
Mau memasak sambil mencuci piring, bisa!
Menyapu sambil baca buku, bisa ! 
Mengetik sambil mengantar keluarga berenang, tentu bisa ! (Asal suami yang menemani anak-anak berenang, hihihi).
Ngelap kaca sambil ngepel ? Hm, luar biasa kalau ada bisa melakukan itu :)




Untuk bisa menulis sekaligus menunaikan tugas dalam keluarga, saya lakukan langkah ini : 

  1. Letakkan leptop di sekitar tempat beraktivitas untuk keluarga. Misalnya, bawa leptop ke dapur. Sambil nunggu rebusan daging matang, sesekali tengok kerjaan di leptop. 
  2. Sambil bekerja, saya pikirkan rencana pekerjaaan selanjutnya. Pekerjaan yang terencana akan lebih mudah diselesaikan karena secara mental saya siap melakukannya. Sementara, memikirkan rencana itu sendiri membutuhkan waktu. Jadi bekerja sambil memikirkan rencana dapat menghemat waktu dan memuluskan langkah.
  3. Berpikir praktis dan strategis. Misalnya, membujuk anak berhenti mesin game lebih baik daripada memarahinya. Membujuk butuh waktu lama, tetapi memarahinya akan membuat anak menangis dan butuh waktu lebih lama untuk tenang.
  4. Saya siapkan beberapa software game untuk anak. Sewaktu-waktu anak datang menghampiri, bisa langsung main game tanpa mengganggu file yang sedang saya kerjakan. Saat dia pergi, saya lanjut kerja lagi. 
  5. Harus ekstra sabar dan  mengelola emosi agar lompatan dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain tidak membuyarkan mood dan konsentrasi.
  6. Gunakan alat yang mendukung. Sudah pasti alat yang lebih canggih sangat menolong pekerjaan ibu. Dan menggunakan laptop yang lebih canggih akan membuat pekerjaan desain dan tulis menulis lebih cepat.




Ibu smart butuh notebook smart.

Saya sudah terbiasa multitasking, bisa menulis sambil momong anak. Tapi kendalanya, kalau dengan laptop yang sekarang, saya tidak bisa membuka banyak program sekaligus, karena bisa lemot atau hang. Apalagi kalau anak minta main game atau nonton video. Sudah deh..


Masih menjadi dambaan saya memiiki notebook 
Acer Aspire E1-432 untuk menggantikan laptop saya yang sekarang. Saya bukan sekedar ingin  tampil keren dengan notebook slim yang paling tipis di kelasnya . Lebih dari itu, saya butuh notebook yang smart.





Seperti seorang ibu yang smart, keunggulan utama sebuah notebook dilihat dari otaknya, yang disebut prosesor.  
Acer Aspire E1-432, adalah notebook smart yang menggunakan prosesor Intel® Dual Core Celeron® Processor 2955U. Prosesor Dual Core artinya memiliki dua buah inti dan berjalan pada kecepatan 1.40 GHz. Intel Celeron 2955U ini sudah terintegrasi dengan Intel HD graphics terbaru, sehingga menghasilkan performa prima untuk game dan video.


Prosesor ini adalah Intel 4th Gen terbaru, dikenal dengan nama Haswell. Artinya, prosesor menggunakan arsitektur Haswell (22nm) yang dapat bekerja sangat efisien dengan TDP (Thermal Design Power) hanya 15 Watt saja. 
TDP dibuat agar sistem komputer
 tahu berapa banyak panas yang harus dikeluarkan. Prosesor dengan TDP 15 Watt artinya komputer harus menetralisir panas sebesar 15 Watt saja. Dipadukan dengan baterai 4-cell (2500mAh) sehingga daya tahan baterai lebih maksimal. 


Keunggulan berikutnya, 
Acer Aspire E1-432 menggunakan RAM DDR3 sebesar 2GB yang dapat ditingkatkan hingga 8GB untuk keperluan multitasking yang lebih baik. Artinya bisa membuka beberapa program sekaligus dalam waktu bersamaan. Acer Aspire E1-432 didukung media penyimpanan 500 GB harddisk SATA sangat memadai untuk menyimpan berbagai file, multimedia, maupun game .  


Kalau menggunakan  Acer Aspire E1-432 yang didukung performa Intel® Processor di dalamnya , saya bisa membuka beberapa program sekaligus. Biasanya sebelum membuat sebuah postingan di blog, saya membuat konsepnya pada Microsoft Word, sambil melihat literature dari Google Chrome. Saat menulis, sewaktu-waktu ide membuat ilustrasi datang, saya sela dengan Adobe Photoshop. Capek mengedit, saya mendatangi beranda facebook untuk tahu kabar para sahabat. Kalau ada yang share link, bisa saya buka langsung tanpa tersendat. Sembari melakukan semua aktivitas itu, suara lantunan musik terdengar pelan dari Winamp Media Player. Sempurna !

Biasanya, anak saya tidak bisa melihat mama-nya asyik sendiri berlama-lama. Dia suka duduk dipangkuan dan ikut utak-atik keyboard. Dengan 
Acer Aspire E1-432 yang didukung performa Intel® Processor di dalamnya saya bisa membuka file pekerjaan ke aplikasi favorit anak secara bergantian dengan cepat.


Jikapun suami ikut menghampiri, dan kami sekeluarga ingin melihat video nostalgia, saya merasa ini momen mewah !  Kehadiran keluarga menyela kerja tidak membuat saya panik. Malah saya merasa segar kembali. Ide-ide pun berdatangan sesudahnya. 


Tuh, benar kan, Acer Slim Aspire E1 handal buat kerja dan asyik untuk bermain bersama keluarga. Kolaborasi ibu smart dan notebook smart membuat kerjaan beres dan keluarga hepi.






“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba “30 Hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% Lebih Tipis” yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia."

66 komentar:

  1. ehemmm cantik euy ibu smartnya , tulisannya juga okee

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehm...selalu tersandung, eh tersanjung oleh rayuanmu mak Hana ^_^

      Hapus
  2. smart mommy layak dapat acer...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, semua smart mommy di KEB layak dapat ACER... #lirik mak jur

      Hapus
  3. Yes, mak Arin yang smart memang butuh Aspire E1 :)

    BalasHapus
  4. beuh,juara nih ulasannya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasiiiih....semua emak blogger juara dooong..

      Hapus
  5. penggambaran yang cerdas, notebook cerdas ibu cerdas = happily ever after, sukses mak :)
    air dibelakang bikin pengen renang :) hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu di the jungle Bogor, main mak kesini

      Hapus
  6. Balasan
    1. Sekarang tampilan notebook keren-keren mak..apalagi yg silver tipis itu hehehe

      Hapus
  7. Ajarin aku jadi ibu smart dong maak... biar tercapai good family & goodwork bersama acer ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persering interaksi dengan keluarga, dengan sendirinya akan bisa menjadi ibu smart. Karena setiap keluarga itu unik :)

      Hapus
  8. Setuju banget sama ilustrasinya yg paling bawah mak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup... semua butuh proses belajar...saya juga masih belajar..masih jauuuh perjalanan

      Hapus
  9. Mak Arin mah emang smart dari sononya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, kita sebagai emak-emak dikaruniai kepintaran..

      Hapus
  10. Senyum2 baca tulisannya mak Arin, teringat pengalaman sendiri, keseringan gosong, ninggalin gorengan ke leptop ... Yang parah kalau bikin kolak, sampai airnya abis kelupaan ga ditoleh lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetep harus ada rambu-rambunya, begitu kecium bau gosong..cepat2 angkat gorengan hahaha

      Hapus
  11. tipsnya kuereeen mak. ta praktekin iyahh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buruan buka praktek kalo gitu, hihihi

      Hapus
  12. Kreatif nih mak, gambar yg paling bawah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tau nih, ide spontan aja semalam. Ingat emak bloger ingat emak smart

      Hapus
  13. moga gak jerawatan lagi mak...tulisan yang keren...btw barusan ayamku gosong gara-gara asyik FB-an di PC...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh...jangan dong mak....makanya deketin dapur lappynya

      Hapus
  14. Wah kalau aku gak sanggup deh bawa laptopku kemana-mana mbak...
    Kalau lagi di dapur aku gak mungkin bisa mengalihkan perhatian pada laptop, begitu juga sebaliknya.... hehehe. Jadi kalau aku bisanya kerjakan satu per satu... gak bisa nyambi2... soalnya bisa berantakan semuanya hahaha. Gak bisa kalo harus membagi perhatian kalau aku mbak... :)
    Ibu yang smart emang butuh notebook yang smart juga :D
    Goodluck ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lama-lama bisa multitasking, asalkan dilatih. ibu-ibu biasanya bisa dengan sendirinya karena banyak yg harus diurusin

      Hapus
  15. Fotonya makin kece nih, bentar lagi jadi model naga2nya..hehehe emak2 yang drs seperti eike juga sempit waktu nulis, kerjaan rumah gak adahabisnya euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling bosen sama cuci piring dan sterikaan, kalao aku...tp semangat kalau giliran kejar deadline hahaha

      Hapus
  16. Setujuuuu, notebook smart+ibu smart, semuanya jadi hepi....sukses ya Mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teorinya begitu mak...faktor penting adalah kebersamaan dan komunikasi..#prikitiw

      Hapus
  17. mak Arin kan memang smart...:-) btw, sukaaa banget dengan nuansa foto2nya mak, pingin nyebur...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niat banget untuk KEB spesial foto2 biar keren

      Hapus
  18. keren mbak..
    ibu smart bikin keluarga happy ya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin...amiiin...semoga semua happy ya..

      Hapus
  19. Cover notebookmu cerah banget.. cantik.. smart mommy sejati..

    BalasHapus
  20. wihihi..formulanya keren mak..notebook smart + ibu smart = happy family & good work
    suksess maak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyou.... sukses buatmu juga mak istiana

      Hapus
  21. yang bawah itu..ibu smart..narsise poll..wakakakak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tuntutan peran mak-e hahaha.. Kapan lagi narsis kalau gak di event KEB :D

      Hapus
  22. Bu Arin, aku selalu baca tulisan ibu dulu daripada peserta lain
    Tulisannya slalu ada aja yg unik sih
    Untung aku gak jadi peserta
    Kalo gak aku jadi gak semangat lagi nulisnya
    Btw, tips nya oke banget tuh ibu
    good luck ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiks..hik..kok malah jadi gak semangat siiih? Sedih..
      Ayoo, pede dengan diri sendiri, setiap tulisan unik

      Hapus
  23. tips yaa keren banget...sukses mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyou mak Harie...aku masih terus belajar nih. Moga bisa jadi emak smart ya

      Hapus
  24. Balasan
    1. Seru aja foto-fotoan, cari ide segaya mungkin. Gak mau kalah sama Emak Sejagat :p

      Hapus
  25. Keren, Maak...tipsnya oke :)
    Btw, itu berenangnya di mana?
    Semoga sukses yaa ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di the jungle Bogor. Yukkk, main sini..ketemuan sama akyuuu... ^_^

      Hapus
    2. Owh di Jungle ya,,, Ya ampun, udah 5 tahun ga ke Jungle, ga ngenalin.
      Yuk, Mak Arin, kapan2 kita ketemuan ^_^

      Hapus
  26. Udah smart, cantik, bisa multitasking pulaa.. Aduh mak, wanita idaman banget sih.. Tiap kali baca submitannya pasti merinding hahaha...

    Sukses selalu yaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syeeereeem amat sampai merinding hihihi
      Thankyou mak. Pujiannya semoga jadi doa

      Hapus
  27. Suka tips-tipsnya Mbak :D. Kalau dapat yang Acer, yang koneng itu dilelang gak? hihihihi *tetepUsaha* :D. Ide foto terakhir itu bener-bener keren ;).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg kuning mau dimus3umkan, saatnya ganti. Gitu2 dia benda bersejarah di dunia persilatan

      Hapus
  28. hm, betul yah mak, emak-emak itu kudu multitasking. kalau nggak begitu, bakalan susah bagi waktu. 24 jam terasa kurang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segitu juga belum bisa me time, kecuali melarikan diri ke pantai sendirian.

      Hapus
  29. Wah keren ini postingannya. Love it. Selamat dan semoga sukses ya, Mak. ;)

    BalasHapus
  30. Ini sih benar2 Ibu Smart. Kemana pun menjinjing notebook untuk mengisi waktu luang ya, Mba.
    Sukses ngontesnya. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maunya gitu...tapi kadang terkendala baterai dan colokan listrik

      Hapus
  31. Ihiiiik, udah punya netbook smart, kalau menang buat ku aja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru punya netbook, sekarang butuh notebook...ahaaay...

      Hapus
  32. Di Jungle, ya? Ih.... notebooknya keren. Warna favoritku waktu mahasiswa. Sukseeees :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jungle
      Kuning mania berarti mahasiswa UI :)

      Hapus
  33. Jury visit. Terima kasih sudah berpartisipasi.

    BalasHapus