Rabu, 29 Januari 2014

My Blog : Membangun Budaya Berprestasi



Hobi menulis yang saya geluti hingga saat ini berkembang sejak 2006. Saat itu saya menulis untuk media, terutama tentang parenting. Kemudian 2007 saya mulai mengikuti lomba-lomba menulis, prioritasnya tentang perempuan dan keluarga. Masa itu, lomba-lomba masih menggunakan pos atau email. Saya ketagihan merasakan sensasi berkompetisi, tidak peduli menang ataupun kalah.

Jadi ketika saya mengenal blog tahun 2008, saya menemukan media untuk mendokumentasikan prestasi. Baik tulisan media maupun lomba. Beberapa tahun terakhir ini lomba mulai melirik media blog. Tren ini bersambut dengan kesukaan saya mengikuti lomba.Maka lomba-lomba blog satu persatu saya ikuti.


Awalnya blog juga saya isi dengan foto dan cerita seputar keluarga. Lalu saya menyadari kalau tidak semua cerita dan foto keluarga pantas untuk dipasang di blog. Sekarang saya memilih memisahkan antara tulisan umum dengan semi-pribadi.

Pada blog www.asacinta.blogspot.com pembaca akan melihat deretan cerita, opini, artikel yang saya tulis untuk media cetak dan online, serta untuk lomba. Tak heran jika kemudian blog asacinta sebagian memuat kampanye dan pesan sponsor. Sejauh itu bermuatan positif mengapa tidak?

Blogger telah diperhitungkan sebagai jurnalis warga. Taraf kepercayaan pembaca terhadap blogger meningkat. Blogger menjadi perpanjangan kampanye dan promosi dalam bentuk review, reportase dan lomba blog. Bagi saya lomba blog juga menjadi media untuk menyampaikan opini dan harapan pada suatu instansi. Saya bangga telah berpartisipasi. Pada situasi biasa, tidak selalu mudah melakukan hal itu.

Melalui blog saya membangun budaya berprestasi. Blog buat saya sebagai sarana menyimpan jejak karya dan berbagi inspirasi. Saya bangga nge-blog untuk lomba. Bukan sekedar soal mengejar hadiah, lebih dari itu,lomba mampu menyebarkan semangat positif. Karena mereka yang berani berkompetisi artinya telah mengalahkan rasa minder. Lomba membangun percaya diri, semangat, sportivitas, dan kemauan belajar. Manfaat baik dalam sebuah lomba adalah pendewasaan diri, bagaimana kita mampu bersahabat dengan pesaing, belajar menerima kekalahan dan meredam kesombongan saat menang.

Hobi mengikuti lomba ini merupakan hobi unik yang mampu memberdayakan perempuan. Buktinya, dengan membawa bendera komunitas penggemar lomba, saya menjadi 15 finalis national women community 2013 yang diadakan surat kabar Jawa Pos. Ini adalah bentuk pengakuan positif bagi kami para penggemar lomba.

Blog saya yang lain, namun jarang saya sebarkan adalah www.rumahasacinta.blogspot.com. Pada blog ini pembaca akan menemukan sisi saya sebagai ibu dua anak. Tulisan lebih simpel dan spontan. Sebagian besar tentang pengasuhan anak. Hanya sesekali ikut lomba yang bertema khusus tentang parenting.

Tahun ini adalah tahun kedua saya bergabung dengan Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB). Manfaatnya sangat baik, saya jadi mengenal indahnya persahabatan sesama blogger. Saling berbagi ilmu, berbagi info, menambah jaringan dan jadi tahu pentingnya blogwalking. Pengunjung blog pun meningkat drastis, jika tahun lalu sekitar 60-100 per hari, tahun ini rata-rata adalah 150-200 pengunjung per hari. Fokus blogging saya masih pada konten tulisan, perlahan saya belajar design.

Sebagai pegawai negeri sipil di Institut Pertanian Bogor, saya otomatis memiliki blog yang terkoneksi dengan situs IPB. Blog www.murtiyarini.staff.ipb.ac.id lebih bersifat formal. Blog tersebut saya isi dengan tips-tips menulis, cerita seputar kampus dan hal-hal umum juga.

Ini adalah tahun kedua saya mengikuti Srikandi Blogger. Saya terpanggil mengikuti Srikandi Blogger 2014 karena ini juga sebuah bentuk kompetisi. Harapan lain, saya bisa berpartisipasi dalam niat baik ajang Srikandi blogger, yaitu mewadahi berbagai blogger dengan karakter, pekerjaan, hobi dan pandangan yang berbeda, namun tetap dalam semangat persahabatan dan saling menghargai.



(Tulisan ini dibuat sebagai resume seleksi tahap I Srikandi Blogger 2014, dan mengantarkan saya pada Finalis 50 Besar Srikandi Blogger 2014)


Suka ikut Lomba Blog??? Pede aja lagi.... :)

15 komentar:

  1. Mak Arin ini .. sepertinya dalam darahnya ada "gen kampiun" .. soalnya sering banget menang lomba ... moga2 lolos 10 besar ya mak :)

    BalasHapus
  2. tertulari semangat lombanya mak arin, tapi kemenagannya belum menular nihc ;(

    BalasHapus
  3. Mak Arin emang kereeen! Resumenya super!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyesuaikan dg isi blog mak Alaika, banyak ttg lomba dan tulisan di media hehehe

      Hapus
  4. Gak di ragukan lagi Mak Arin...

    Selalu cakep tulisanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiih, jadi tersandung..eh tersanjung ^_^ terimakasih yaaa

      Hapus
  5. Mak Arin hebat. Pengen bisa sering menang seperti mak Arin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau menang harus berani berkompetisi dan siap kalah

      Hapus
  6. Saya juga lagi ikut lomba blog ni untuk yang pertama kalinya, tujuanya bukan hanya untuk menang juga tapi mengasah tulisan tulisan yang awalnya biasanya berantakan hehehe salam kenal

    BalasHapus