Senin, 24 Februari 2014

[Srikandi Blogger 2014] Mewujudkan Satu dalam Karya, Satu dalam Cinta



Terhitung pada tahun 2011, jumlah blogger Indonesia sebanyak 5.270.658 (i)
dan dari jumlah itu hanya sepertiganya blogger perempuan (ii).

Umumnya, perempuan merasa gagap teknologi, menganggap menulis konten harus sesuatu yang “berat”, dan kurangnya kesempatannya untuk menggunakan gadget karena berbagai kesibukan. 

Kabar baiknya, 33% dari total blogger perempuan telah dikaruniai anak (iii). 

Tuh kan, walaupun repot dengan urusan keluarga, ternyata emak-emak tetap gigih untuk bisa nge-blog. Hebat kan? 

Saya melihat sinergisme antara manfaat blog dengan potensi perempuan. Blog bermanfaat sangat besar bagi peradaban manusia era sekarang dan mendatang. Di sisi lain, potensi perempuan sangat besar. Daya pikir, ide dan kreatifitasnya tidak kalah dari pria. Perempuan punya kekuatan dalam kelembutannya, manajemen waktu, ketekunan dan ekstra kesabaran, serta mempunyai kepekaan tinggi akan apa yang dilihat, didengar dan dirasakan. Maka sudah sangat tepat apabila perempuan memilih blog sebagai sarana juangnya di era digital ini.


Melalui tulisan ini, saya ingin menyemangati para perempuan untuk lebih “percaya diri” ngeblog.

“Malas ah berurusan dengan template, gadget/widget, link, banner, html dan perangkat blog lainnya.” Cukup sering saya mendengar keluhan yang intinya kira-kira seperti itu.

Sssst, jangan dikira blog saya ini serumit yang dikira. Saya pake template simple dan background yang disediakan blogspot. Tinggal tambah foto header, pasang gadget sesuai keinginan di side bar kanan, perbanyak posting. Dan taraaa! Jadilah blog saya yang cukup cantik ini. 

Terlepas dari kemampuan teknis dan desain blog yang pas-pasan, saya beranikan diri untuk menyemangati teman-teman disekitar saya untuk membuat blog. 

Tenang saja, soal tutorial blog sudah banyak beredar di google.com . Tinggal ketik di kotak pencarian tentang kesulitan yang ditemui, hampir selalu ada jawabanya kok. Menurut saya kendala pertama adalah keengganan untuk memulai dan mencari tahu. Nah, ini biasanya menjadi virus pada semua kegiatan ya, malas memulai. Padahal, percaya deh, sekalinya kita mencoba membuat satu postingan, seterusnya akan ketagihan.



Nah, setelah bisa nge-blog, jangan lupa share (berbagi) link.


Ah, tapi kan kamu jago lomba dan sering dimuat di media, tulisanmu bagus, blognya bagus buat di-share.” Banyak yang bilang begitu. 

Hm, terimakasih pujiannya. :)
Soal lomba dan tulisan di media itu hanya soal keunikan blog saja. Kebetulan memang saya membuat blog tujuannya untuk rekam jejak karya. Tetapi, bukan berarti semua blog harus seperti blog saya. Sejujurnya, di balik pujian, juga ada celaan. Semua berperan dalam proses pendewasaan. Tapi saya tetap melangkah dan berkarya seperti inilah jati diri saya.

Sekali lagi, hanya soal karakteristik blog. Percaya diri adalah kuncinya. Tulisan kita, resep kita, foto kita, curhat kita, catatan tutorial kita, adalah rekam karya kita. Minimal bermanfaat untuk diri sendiri, dan bonusnya, tanpa kita selalu tahu, blog kita bisa jadi sangat bermanfaat untuk orang lain. 

Kenapa harus minder, kalau kita bisa saling menghargai. 
Kenapa harus takut, kalau kita bisa saling membantu, belajar bersama-sama.

Dulu saya membuat blog untuk dibaca-baca sendiri. Sampai saya kenal Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) pada tahun 2012. Dalam KEB saya merasa leluasa untuk berbagi blog, karena semua anggotanya perempuan, sangat sesuai dengan ranah tulisan saya. 


Dan di sinilah sekarang saya berada, menjadi satu dari 10 Finalis Srikandi Blogger 2014. 

Seperti kita tahu, Srikandi adalah seorang perempuan tokoh pewayangan yang dikenal sebagai pejuang tangguh, cerdas, dan cermat membidikkan anak panah. Jadi, Srikandi Blogger menurut saya adalah seorang blogger perempuan yang mempunyai semangat juang, cerdas, berkarakter kuat, dan berpengetahuan luas. Srikandi blogger juga harus mampu menjadikan blognya sebagai anak panah yang dilepaskan dari kejauhan dan tepat mengenai sasaran. Itu adalah perumpamaan, bahwa keberhasilan pesan yang saya tulis terukur oleh seberapa luas menjangkau pembaca dan seberapa kuat bisa menularkan semangat nge-blog.

Saya mengikuti tahapan demi tahapan seleksi Srikandi Blogger 2014 DENGAN KESADARAN, tanpa paksaan, tanpa keraguan. 


Seandainya saya terpilih menjadi Srikandi Blogger, beberapa hal yang akan saya lakukan terkait gelar ini adalah :
  1. Menjalankan peran sebagai Srikandi Blogger 2014 dengan mendukung aktif visi, misi dan kegiatan KEB baik on line maupun off line, dengan tetap menyelaraskan pada kegiatan saya dalam keluarga dan institusi tempat bekerja saat ini.
  2. Bersama KEB, menyebarkan semangat dan memotivasi lebih banyak orang (perempuan) agar aktif ngeblog karena “Nge-blog itu mudah, siapapun boleh nge-blog.”
  3. Mengkampanyekan tagline Srikandi Blogger: satu dalam karya, satu dalam cinta. Berkarya lewat blog sesuai kemampuan dan keinginan masing-masing, meningkatkan percaya diri dan menghargai satu sama lain dalam keragaman karya.
  4. Konsisten menulis konten positif, karena sadar sebagai Srikandi Blogger akan menjadi sorotan, inspirasi dan (mungkin) panutan bagi blogger lain. Saya tetap bisa aktif berpendapat dengan tetap menghargai pilihan orang. Kita tidak bisa memaksa orang lain melakukan seperti yang kita lakukan, cara terbaik adalah dengan melakukannya sendiri. Bukan maksud jaim (jaga image) loh, melainkan sebuah usaha menjadi diri yang lebih baik.
  5. Tetap aktif nge-blog dan berkarya sesuai minat saat ini (menulis untuk media dan lomba), dan mengembangkan potensi sesuai perkembangan minat saya berikutnya. Terbukti, dengan mengusung blog seperti apa adanya diri saya, menonjolkan keunikan dan kelebihan blog, akhirnya mengantarkan saya pada tahap ini sekarang. 
Dalam pelaksanaannya, saya membutuhkan dukungan dari KEB. Karena saya juga tidak luput dari keterbatasan. 

Saya menyadari kelebihan dan kekurangan blog saya. Kedepannya akan saya perbaiki. Kadang kala datang kritik, dan komentar yang tak urung membuat hati ini ciut. Di balik itu, saya mendapatkan banyak dukungan. Ketika ada yang menyampaikan “tulisanmu inspiratif”, “thanks for sharing”, “ijin share ya” atau “ijin dimuat untuk bulletin”, maka saya pun kembali bersemangat. 

Ah, mungkin terkesan sedemikian semangat. Atau emosional?

Tetap dengan segala kerendahan hati, saya adalah emak blogger yang membaur bersama sekian ribu emak-emak blogger yang lain. Siapapun yang nantinya akan mendapatkan mahkota Srikandi Blogger, saya akan mendukung sepenuhnya. Saya terbiasa berkompetisi dengan semangat, dan tak perlu menunggu lama untuk bisa legowo menerima hasil akhirnya. 

Spirit Srikandi Blogger akan tetap dihati.




Srikandi Blogger

Sumberdata :

*) salingsilang.com Juli 2011 dalam http://giewahyudi.com/media-sosial-indonesia-dalam-statistik/ 

**) http://asmarie.blogdetik.com/2011/11/07/3-1-perbandingan-blogger-wanita-dan-pria-di-bloggernusantara/***) okezone.com dalam http://sumber-informasikita.blogspot.com/2009/09/jumlah-blogger-wanita.html)

75 komentar:

  1. Suka sama videonya mak arin... good luck ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan...kereeee...dibilang juga apa...*maksa.com hehehe

      Hapus
  2. Kereeen ide videonya,pk suara cintaa, unik deh mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, suara emaknya ngumpet dibalik suara Cinta :))

      Hapus
  3. saya kok malah terharu ya liat videonya.. soalnya ngebayangin seandainya itu saya dan anak saya.. hehe...
    semoga sukses mak Arin.... salam buat Cinta dan Asa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mba Diah... aku juga terharu pas lihat hasil akhirnya, video simpel ini jadi lucu dan menyentuh

      Hapus
  4. Balasan
    1. Alhamdulillah...terimakasih mak Ida :)

      Hapus
  5. JEMPOL...untuk mbak Arin. Videonya bikin aku jatuh Cinta...suara Cinta keren..^^
    meski masih gaptek, setelah baca tulisan mba, aku jadi tambah semangat menulis dan belajar segala rupa tentang gadget/widget, link, banner, html dan perangkat blog lainnya..
    keterbatasan bukan alasan untuk tidak menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enjoy blogging mak Dhiya, sering posting nanti bakal nemu cara ini-itu yg seru.

      Hapus
  6. Videonya..... ahhh, sukaaaaaaaaa. So sweet dng suara si kecil

    BalasHapus
  7. videonya cute mak arin....aku mau berguru padamu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...aku juga baru mau belajar bikin mak. Kemaren aku yg bikin konsepnya aja, detik per detik..yg ngerjain sih temanku

      Hapus
  8. selamat berjuang...video nya keren

    BalasHapus
  9. Benar-benar menginspirasi....Smoga menang tanteeee....^^

    BalasHapus
  10. suara cinta kereen. Videonya jadi baguus banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau suara mama nya gimana mba? butuh dubbing kayaknya hahaha

      Hapus
  11. Allhamdulillah bisa masuk ke sepertiganya :) good luck ya mbak Arin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, dihitung-hitung...kurang ya kalau cuma sepertiga, mesti kopdaran lagi mama Cal Vin

      Hapus
  12. sukaaaa...videonya keren, karena ada aku di situ hu hu hu....jadi kangen Cinta ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. betuuulll...kita bikin keren ya mba hehehe... Cinta juga selalu nanyain teman mama yg ke sariater :)

      Hapus
  13. Berkarya, berbagi, dan menginspirasi. Itu Mak Arin banget. Aku pun terinspirasi dirimu dalam ikuta2an lomba. Sukses, Maaaaak. :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap...banci kontes?? why not...?? asal sportive gak haram kok :))

      Hapus
  14. Huaaaa..keren banget euyyy, dengan ngeblog banyak prestasi diraih.

    BalasHapus
  15. keren, cakep, manis banget videonya. Sukses Mak ..

    BalasHapus
  16. Cintaaa... suaramu bikin tante gemes deh, jadi pengin bikin video macam ini juga ah sama Vivi gadis cilikku hehehe... loss focus :D

    Mak Arin mah postingan keren kagak diragukan lagi, semangat terus yo Mak, go goooo for SB2014.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar kita syuting2 ya mak, trus dibikin videonya hehehe...

      Hapus
  17. huaaaa, kereennnn mak videonya ^_^
    sukses ya makkk....

    BalasHapus
  18. good luck, mak. moga makin banyak perempuan yang tertarik gabung di KEB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya. Makin banyak anggota yang aktif

      Hapus
  19. Meleleh dengar suara Cinta. Aku juga ingin seperti mama Cinta, berkarya, berbagi & menginspirasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba Murti...you are my inspiration too...mom wow!!

      Hapus
  20. Keren mak Arin.
    Sukses dengan kontesnya, you deserve it !

    BalasHapus
  21. AIih itu suara CInta? Renyahnya ... cocok jadi pengisi suara iklan :)
    Videonya keren mak Arin.

    Trus postingannya juga ... gutlaak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia excited juga lihat hasil akhir video ini ^_^ terimakasih mak Niar

      Hapus
  22. Waaaah aku kok terharu banget ya sama narasi putrinya, polos & penuh bangga. Subhanallah ^.^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia juga bangga dirinya banyak ditulis di blog, guru2 di sekolahnya pada tau :))

      Hapus
  23. Aaakk...mamaaahh...tetaplah menginspirasi ^_^ Keren video feat Cinta-nya..
    Duh, sebagai tetangga, sayang aku ga bisa dateng di acara puncak sambil bawa pompom.
    Maju terus maak...aku mendukungmuuu *nari hula*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa gak datang, dimaklumi. Support mak Riana sudah sangat luar biasa (y)

      Hapus
  24. Mak Arin mah..weslah pokoke....kereeennn...suka Mak sama tulisanmu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mak Lies....muaaaach...pelukkk

      Hapus
  25. Cakepp and keren...semangat mak arin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuiih, udah cakep, keren lagi...terimakasih mak Irowati

      Hapus
  26. sukseees mak....memang inspiring banget...dan deretan hadiahnya itu mantaaap....sukses untuk SB 2014nya mbaaa....ganbatteee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berjajar dg dirimu bikin aku ketularan semangatnya mak Indah... terimakasih yaaa sukses buatmu juga

      Hapus
  27. Terus berkarya dan menginspirasi banyak orang ya Mak...
    Mantap untuk videonya dan semangat maju terus Mak Arin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih..mak/pak the other :)))
      Aamiiin..semoga kita selalu dikaruniai semangat ya

      Hapus
  28. Awww... keren, keren, keren :D. Tulisan bagus, video menunjang ^_^. Terus menginspirasi ya Mbak Arin hehehehe. Btw, kemaren menang apalagi tuh di IPB? hihihihi. Makan-makaaaaannn ^_^. Engga sabar liat emak satu ini pakai kebaya ama konde hahaha :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setidaknya...jadi belajar bikin video dalam even KEB ini. Toplah KEB !!!

      Btw...aku gak mau pake kondeeee

      Hapus
  29. akhirnya... setelah lama tak bisa buka lepi. akhirnya bisa mampir di mari, Mak. blog inspiratif yang tertulis di blogku...^_^

    btw, Cinta pinter banget ya, Mak. kagum dan salut. keren pisan. ikutan terharu juga...;-(
    sukses untukmu, Mak Arin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi sibuk sama baby pastinya mak Nunung ya? Terimakasih ya apresiasinya.... sukses buatmu juga mak Nunung...lahiran dan lahiran lagi (lahiran buku)

      Hapus
  30. Cintaaaaa, menurunkan bakat mamahnya ni, wah mak arin, saya terharu lho melihat videonya #suerrrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhh senangnya, jadi ikut terharu. Video sederhana ini mudah2an mudah dicerna.

      Hapus
  31. suara anaknya mak...cocok baut dubbing film nak,,kerennn mak arin,,kreatif, sukses yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Meti...dirimu kan udah pernah denger suaraku kaannn....tau kan alasannya aku pake suara Cinta hehehe mAKASIH YA UDAH MAMPIR...

      Hapus
  32. Saling menghargai, memberi dan menerima ya, Mama Arin.
    Dengar suara anak2 koq kayak lagi syuting iklan apa gitu, Mak. Hihihi

    Sukses, ya!.

    BalasHapus
  33. aaakk baru sempat mampir niiih... sukak deh sama ide video-nya. Pake suara anak. :)))

    BalasHapus
  34. Ya mak isti...lagi rempong ya? Thankyou yak..

    BalasHapus
  35. Aih suara Cinta merdu banget.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bu. Saya ingin melatih pede nya. Dia senang banyak yg suka video ini lhooo

      Hapus
  36. Goodluck, suka videonya :)

    BalasHapus
  37. Halo Mak Arin, MakJur visit nih, sukses yaaaa! :)

    BalasHapus