Minggu, 25 Mei 2014

Boneka Horta, Produk Unik Anak Negeri

Bingung memilih kado ulang tahun?
Mau mencari hadiah wisuda?
Bingung memilih souvenir pernikahan?
Mau ganti hiasan untuk di rumah? 

BONEKA HORTA saja !!





Setiap hari saya melewati kios Boneka Horta di Jln Raya Darmaga. Koleksinya bagus-bagus dan unik-unik. Selain di kiosnya, Boneka Horta juga dijual di koperasi mahasiswa IPB, gift shop, pasar kaget, bazaar dan pada event-event wisuda. Boneka Horta yang dikemas dengan kotak mika tampak unik dan cantik digunakan sebagai ucapan selamat wisuda.


Saya sudah lama tahu tentang Boneka Horta ini. Sejak 2003 saya berkantor di Kampus IPB Darmaga. Dan mulai 2004 Boneka Horta ini dikreasi oleh mahasiswa-mahasiswa Jurusan Agronomi-Hortikultura, Fakultas Pertanian IPB.

Pada awal produksi, para mahasiswa itu menjajakan Boneka Horta dari door to door di lingkungan kampus IPB. Dari tahun ke tahun, Boneka Horta kian diminati. Bentuknya semakin bervariasi. Saya bangga, IPB bangga, kita semua bangga akan buah karya anak-anak negri. Boneka Horta adalah bentuk produk kreatif Indonesia .

Boneka Horta telah dijual ke berbagai daerah di dalam negeri dan sudah menembus ekspor. Profil produk Indonesia ini juga telah banyak diliput televisi dan media cetak. Team Boneka Horta juga telah mendapatkan Rekor MURI sebagai penggagas Boneka Horta sebagai wahana pendidikan mencintai lingkungan.

Selain untuk memproduksi boneka, ada juga pelatihan pembuatannya. Sasarannya adalah anak-anak Sekolah Dasar. Tujuannya untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak pada tanaman, memancing rasa ingin tahu dan kreativitas.

Boneka Horta terbuat dari media tanam yang dipadatkan menjadi bentuk boneka-boneka lucu. Pada bagian kepala berwarna lebih gelap karena mengandung bibit rumput. Jika dikasih air akan tumbuh rumput.

Bagi anak-anak Boneka Horta lebih dari sekedar pajangan. Boneka Horta bisa digunakan sebagai latihan agar anak-anak merawat tanaman. Anak merendam kepala boneka di air kemudian mengamati pertumbuhan rumput dibagian kepala boneka dari hari ke hari. Kalau rumput telah memenuhi kepala boneka dan panjang, dapat dipotong sesuai bentuk yang diinginkan. Seru kan? Setelah 2-3 bulan rumput akan berhenti tumbuh, dan menguning seolah rambut pirang. Walau kering, boneka tetap bisa dipajang.

Varian Boneka Horta banyak sekali. Ada yang berbentuk binatang, profesi dan mainan. Selain boneka Horta ada juga varian Boneka Potty, yaitu boneka yang di bagian punggungnya ada cekungan berfungsi sebagai pot kecil.

Harga produk dalam negeri ini relatif murah dan terjangkau. Untuk pembelian 1 buah harga mulai Rp. 15.000 hingga Rp. 30.000. Untuk para reseller harga tersebut berkurang secara bertahap tergantung jumlah pembelian. Diskon dari 5% hingga 30%. Harga jual pada konsumen akhir boleh ditentukan sendiri oleh reseller dengan mempertimbangkan lokasi dan segmen pasar. Harga untuk luar jawa bisa jauh lebih tinggi, mencapai Rp. 50.000,- per buah. Tentunya harus dengan penjelasan cara perawatan dan kondisil ingkungan yang diperlukan agar rambut Boneka Horta dapat tumbuh sesuai harapan.



Nah, buat yang masih penasaran dan ingin lihat koleksi Boneka Horta silakan kunjungi www.bonekahorta.net . Anda bisa juga berkunjung langsung ke outletnya di Jalan Darmaga Raya no. 37, Darmaga-Bogor, Jawa Barat (500 meter sebelum kampus IPB, Darmaga). Kiosnya buka dari Senin-Sabtu, pukul 08.00-16.00 WIB

Berikut video cara pembuatannya :



Boneka Horta adalah contoh produk kreatif Indonesia.
Ngomong-ngomong soal produk kreatif Indonesia, ada banyak produk dipamerkan dalam Pameran Produksi Indonesia (PPI) , 22-25 Mei 2014, berlokasi di Harris Hotel  and Convention Festival CTlink, Bandung.

PPI dilaksanakan untuk menunjukkan dan mengedukasi masyarakat tentang perkembangan dan kemampuan industri nasional dalam menghasilkan produk-produk unggulan baik untuk pasar domestik maupun ekspor. Dengan adanya PPI ini kita akan dibuat takjub dan bangga dengan produk dalam negeri. Dan lambat laun akan berpaling dari barang impor ke produk lokal.

PPI tahun ini diselenggarakan di atas lahan seluas 3.800 meter persegi dan diikuti oleh sekitar 130 perusahaan. Bersama PPI produk Indonesia semakin dicintai.


6 komentar:

  1. aku pernah lihat boneka horta ini mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli mba Lidya, murah meriah..hehe..*bantupromo*

      Hapus
  2. Makin senang kalau melihat anak bangsa kreatif san melakukan inovasi produk ya, Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, bangga sekaligus iri sama yg muda dan berkarya. Seperti Idah juga...

      Hapus
  3. pernah beli buat azka , umurnya ga panjang, bonekanya malah diguyur tiap hari lalu direndam air..:(

    BalasHapus
  4. Baca postingan ini, jadi pengin beli boneka horta lagi. Dulu pernah beli, tapi sama anakku dicabutin terus rambutnya (rumputnya). Mungkin gemes. :))))

    BalasHapus