Minggu, 31 Agustus 2014

[Jurnal Mommylicious] Inspirasi Makan Malam Modena

Sebelum saya sempat menuliskan cerita dibalik penerbitan buku Mommylicious, berbagai acara mengantri, dan tentu saja sayang dilewatkan. Bahkan ada yang terpaksa saya tolak karena kebanyakan acara di Jakarta. Sedangkan dengan kapasitas saya yang terbatas, ke Jakarta satu hari hanya sanggup satu lokasi. Kabarnya, teman-teman blogger ada yang pengen mengkloning diri , haha..

Seperti acara kemaren, 30 Agustus 2014. Akhirnya saya memilih datang ke acara Modena Cooking Clinic di Rumah Inspirasi Living Martha Stewart, Gandaria City Mall.
Kira-kira dua minggu sebelumnya, pihak Modena menelepon saya dan intinya ingin mengundang saya dan komunitasnya untuk hadir dalam acara Modena Cooking Clinic.

Wah, ditanya komunitas saya bingung. Komunitas apa nih? Contestmania? Penulis? Blogger? Atau Agrianita (Darmawanita kantor) ? Karena Modena mengundang melalui saya, maka saya tidak mau membeda-bedakan teman, dan saya minta ke Modena undangan terbuka untuk teman-teman saya. Undanganpun saya informasikan terbuka melalui wall facebook. Dan dalam 2 hari kuota 25 peseta terpenuhi. Yang akan hadirpun bervariasi. Tapi yang pasti, semuanya teman saya :)

Tema Modena Cooking Clinic kali ini tentang Menu Makan Malam yang Sehat dan Praktis bersama chef Yuda Bustara.

Selain Modena cooking clinic sebagai agenda utama siang itu, saya diberi kesempatan oleh Modena untuk menceritakan sedikit ulasan tentang buku Mommylicious.

Yup, Mommylicious, jadi mama itu delicious. Kebetulan sekali, tema Modena Cooking  Clinic kali ini pas banget dengan kesulitan saya sehari-hari yaitu sulit menyiapkan makan malam. Tentang sulitnya makan malam ini juga saya tuliskan dalam buku saya.

Nah, pada sub judul Makan Malam yang Tertunda, saya menceritakan kesulitan saya untuk memasak makan malam. Terusterang, pulang kantor, capek, memikirkan makan malam itu hal yang berat. Dengan bahan masakan seadanya dan waktu yang tidak banyak, saya seringkali menyerah memasak untuk makan malam. Jadi ujung-ujungnya saya putar saja menu sup sayur-bayam-capcay-sup-bayam-capcay...itu-itu saja. Lauknya juga berputar dari perkedel, tempe, telur.

Karenanya, dalam acara Modena Cooking Clinic ini saya ingi  mencari inspirasi memasak untuk makan malam. Yang praktis tentunya, karena keterbatasan waktu dan tenaga. Dan yang sehat, karena menyajikan makanan sehat itu adalah kewajiban, target, keinginan kuat, cita-cita, harapan...pokoknya wajib diusahakan ya agar selalu bisa dilakukan sehari-hari. 



Menu yang akan dimasak adalah Chicken Cordoun Bleu (lauk) dan Peach Cobler (cemilan). Keduanya belum pernah saya memasaknya, bahkan belum pernah mencicipinya :)

Hadirin dipersilakan bergabung bersama Chef Yuda Bustara. Terlihat beberapa maju ke depan dan memasak bareng Chef Yuda. Sebagian lagi aktif memotret. Kami boleh bertanya apa saja tentang makanan dan masakan, akan dijawab oleh chef Yuda. 







Sambil menunggu masakan matang, ada kuis dari Modena dan Mommylicious. Disini saya membagikan 2 godiebag berisi mug cantik bertuliskan "Mommylicious jadi mama itu delicious",  dan buku Mommylicious bertanda tangan penulisnya *ehm*. Sedangkan dari Modena ada hadiah untuk 2 orang beruntung mendapatkan bigkisan yang cukup besar. Apa ya kira-kira isinya? 



Setelah matang, kami mencicipi kedua menu tadi. Hmmm...yummmy...
Enak lho, jadi terasa kurang banyak, hehehe... maunya nambah lagi. Pengen bawa pulang juga *dasar ibu-ibu*

Di sela waktu mencicipi makanan, kami gunakan kesempatan untuk chit-chat dan foto-foto. Mumpung kopdar gitu. Juga mumpung lokasinya keren, Rumah Inspirasi Martha Stewart ini adalah display room dari Majalah Living Indonesia, yaitu majalah interior. Tak heran interiornya ditata apik. 




Sekaligus di sini kami ingin mencoba peralatan memasak modena. Seperti yg kita ketahui modena adalah brand home appliance ternama dan selalu berinovasi memunculkan produk baru. Yang baru-baru ini saya baca ada Lemari es  VASTO, yang besar dan menyimpan banyak bahan makanan itu, telah dilengkapi teknologi Vita Ray yang dapat memancarkan sinar UV yang dapat menjaga kesegaran sayuran dan buah sekaligus menaikan kandungan vitaminnya. Kemudian  Oven listrik – PROFILO, yang memiliki 9 jenis fungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan jenis masakan. Dan pintunya 3 lapis tahan panas, jadi dari luar tidak panas. Aman terutama untuk ibu-ibu yg dirumah masih punya anak kecil.  Dan ada juga kompor listrik, CRISTA.Yang katanya nih, sirkulasi panas yang dihasilkan lebih efektif dan merata sehingga masakan cepat matang. Dengan waktu memasak yang lebih cepat, kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan tidak akan terbuang percuma selama proses memasak.

Dua jam berlalu cepat untuk kopi darat. Kami pulang membawa kenangan manis. Sampai ketemu lagi teman-teman. Terimakasih ya sudah bersedia hadir. Terimakasih Modena.





SIMAK TERUS JURNAL MOMMYLICIOUS DAN IKUTI EVENTNYA DI Twitter @Mommylicious_ID
Catatan :
RESEP CHICKEN CORDON BLEU
Bahan:
  • 1/2 cangkir tepung panko/tepung roti kasar
  • minyak zaitun
  • 1 sdm mustard/saus tomat/saus sambal
  • 8 dada ayam (sesuai kebutuhan saja, yang penting genap) ---> lupa tanya kenapa ?
  • 8 iris smoked beef
  • 4 slice keju
  • Garam & merica bubuk secukupnya
Salad:
  • Selada secukupnya, cuci bersih, iris
  • 3 sdm air lemon
  • 1 sdm mustard
  • Gula dan garam secukupnya.
Cara membuat:
  1. Nyalakan oven api atas 180 derajat. Dalam mangkuk kecil aduk tepung panko dengan 1 sendok teh minyak zaitun, sisihkan
  2. Pipihkan dada ayam, lalu lumuri dengan garam dan merica. Beri keju, lalu smoked beef, lalu keju lagi, kemudian tutup dengan dada ayam pipih lumuri minyak zaitun, garam dan merica lagi.
  3. Masukkan dalam oven selama 7 menit (sampai setengah matang), keluarkan
  4. Lumuri dengan mustard/saus lainnya, tutup dengan tepung panko, oven lagi sekitar 2-3 menit/sampai matang
  5. Buat dressing salad, campur semua bahan salad kecuali selada, aduk hingga menyatu.
  6. Keluarkan ayam dari oven, sajikan dengan salad


RESEP PEACH COBLER

Bahan :
  • 1/4 cangkir gula atau tergantung manisnya buah
  • 1 sdm tepung maizena
  • 500g peach, potong bagi 2 (atau 1 kaleng buah persik)
  • 1 sdm jus lemon
Topping biskuit :
  • 1 cangkir tepung terigu
  • 3 sdm gula
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/4 sdt garam
  • 45g mentega tawar, dinginkan, potong dadu (bisa diganti dengan margarin)
  • 23 cup susu atau yoghurt
Cara membuat :
  1. Panaskan oven sampai 180 derajat. Masukan buah persik kedalam pinggan tahan panas, tambahkan tepung maizena, jus lemon, gula, aduk rata, sisihkan.
  2. Dalam mangkuk besar atau food prosessor, masukan tepung terigu, gula, BP, BS, garam, dan mentega, proses/aduk hingga berbentuk pasir kasar, kemudian tambahkan susu/yoghurt, aduk kembali sampai berbentuk adonan, letakan diatas buah persik tadi dan taburi dengan sedikit gula
  3. Panggang sampai buah mendidih dan biskuit berwarna coklat keemasan, 35-45 menit. Biarkan dingin 15 menit, sajikan hangat dengan yoghurt, susu, cream atau ice cream.

11 komentar:

  1. wah,seru banget mak acaranya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udah kumpul ibu-ibu pasti rameee

      Hapus
  2. Hebat euy! buku yang membawa perjalanan semakin jauh....sukses ya Mak...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih, betul kami sedang menikmati "mengantar" buku yg baru lahir ini mencapai cita-citanya :)

      Hapus
  3. sekalian me time para mommy ya mba Arin....pokoknya mommylicious deh heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gak menyempatkan diri ikut acara gini, kapan lagi...

      Hapus
  4. Seru nih mbak, kumpul-kumpl, dapat ilmu, me time :)

    BalasHapus
  5. Penasaran sama resep cordon bluenya mak :)

    BalasHapus
  6. Acaranya seru banget ya. Masak masak lagi yuk.

    BalasHapus