Sabtu, 13 September 2014

Kebersamaan KEB 2014 di Jabodetabek

Satu lagi pelengkap daftar kesibukan saya bulan Agustus-September ini adalah tertunjuknya saya sebagai PJ (Penanggung Jawab) acara Halal Bil Halal KEB (Kumpulan Emak Blogger) di wilayah Jabodetabek. Sedianya saya menginginkan acara di Bogor, agar mudah buat saya mengkoordinir segala sesuatunya.

FYI. Saya biasa meng-organize acara dari pelatihan, seminar nasional -international, temu alumni dan gathering lainnya di Bogor. Banyak yang sudah biasa membantu, jadi saya tinggal telepon dan pesan sambil tetap kerja di kantor senin-jumat.

Kemudian mengingat cakupan domisili para emak sejabodetabek, maka dilakukan pungutan suara menentukan lokasi. Terpilihlah Depok sebagai lokasi Halal Bil Halal KEB 2014.

Trus, gimana dong koordinasinya? Mana sempat cek lokasi, booking dan sebagainya? Ya iyalah, pastinya tidak sempat. Senin-jumat kerja masa sabtu-minggu masih sibuk lagi ? Bahkan untuk koordinasi online via messenger facebook pun saya seringkali telat update. Deadline lainnya terpaksa mundur dulu ya, demi KEB tercinta.




Asli, saya deg-degan acara 7 September bakal sukses. Siapa yang bisa membantu? Sementara sifat saya yang mungkin tidak banyak orang tahu adalah : "Tidak mau membebani orang lain". Apalagi kalau sudah menolak, ya sudah, dimaklumi karena saya yakin semua emak-emak punya kesibukan tak kalah banyak dari saya.

Maka senang sekali ketika beberapa emak menawarkan diri, Alhamdulillaaah....lega.
Mak Fadlun bersedia menjadi koordinator acara di Depok. Dan mak Dyah Woro Susanti yang sedianya siap menjadi koordinator acara kalau lokasi di TMII, akhirnya saya minta menjadi panitia yang mendata donasi hadiah. Selanjutnya ada mak Mia Fauzia (tapi kemudian berhalangan hadir pada hari H), mak Dyah Pitaloka menjadi bendahara, dan mak Ranii Novariany sebagai penyemangat. Sip deh...

Baiklah, Hari H tiba.
Saya naik kereta dari Bogor bersama mak Winny dan mak Ratna. Turun Pondok Cina saya bertemu mak Sumarti Saelan. Kami semua menuju Resto Mang Kabayan di jalan Margonda, tempat acara berlangsung.

Mulai pukul 10.00 satu persatu Emak dengan dresscode Blossom Flower hadir. Satu, satu, satu...eh ternyata akhirnya bisa hadir 32 Emak-emak dan masih ditambah anak-anaknya.



Saya juga sangat tertolong oleh kesediaan Mak Aulia Gurdi dan Mak Wylvera sebagai MC. Tadinya saya meminta mak Echa untuk jadi MC, agar mak Aulia tidak menjadi life time MC for KEB. Tapi ternyata menjelang hari H mak Echa sakit dan batal hadir. So, life time MC menjadi takdir mak Aulia, heehehe...terimakasih ya.



Acara diawali dengan sapa hangat Mak Sary Melati sebagai Mak Board KEB, mak Fadlun Arifin sebagai Mak Depok dan saya sebagai Perwakilan Srikandi Blogger.

Saya menyampaikan program terbaru KEB Agent of Change yang digagas Srikandi Blogger 2014 Pungky Prayitno. Program ini bertujuan menjembatani informasi di internet dan menyampaikan kepada mereka siapapun, terutama yang belum terjangkau internet. Ada banyak perasoalan yang kita temui, namun untuk pertama kalinya tim Srikandi Blogger memilih tema "Mencegah Kekerasan Sexual pada Anak, Lawan dengan Pengetahuan". Di grup dan web KEB telah tersedia ebook yang bisa diunduh-dibaca-dan disebarluaskan.

Lanjut pada Halal Bil Halal.
Memasuki acara games para emak dibagi 4 kelompok secara acak. Mereka mendapatkan 2 tantangan lomba, yaitu lomba makan kacang dengan sumpit, dan lomba makan mie dengan satu sumpit. Pemenangnya mendapat hadiah berjamaah. Games berikutnya adalah lomba menyusun tulisan KEB dari korek api. Dan masih ada beberapa games lagi. Semuanya seru, heboh dan penuh tawa. Yang pasti semua dapat hadiah. Bahkan ada yang dobel-dobel hadiahnya karena saking banyaknya donasi hadiah dari para emak baik yang hadir maupun yang tidak hadir.



Pukul 12 siang makanan yang sudah dipesan datang. Ada masakan  gurame, cumi, karedok, tumis kangkung, sayur asem dll. Menu khas Sunda. 

Mesin waktu bekerja. Tahu-tahu sudah pukul 14.00 saja. Maunya lain waktu kopdar 3 hari ya? Acara ditutup dan foto bersama. Dari beberapa emak saya mendengar komentar "Sukses acaranya Mak, seru dan hangat. Ada juga yang komentar " Wah, banyak wajah-wajah baru yang sebelumnya belum pernah kopdar."

Senaaang banget saya dengan komentar-komentar tadi. Ketidak sempurnaan saya menjadi PJ, sangat terbantu oleh para panitia dan semua emak yang hadir. Dan wajah-wajah baru...nah ini yang lebih membahagiakan. Dalam Kebersamaan KEB 2014 ini tak ada istilah wajah baru, atau wajah lama (saya sih lebih suka dibilang wajah imut hehehe).  Kita sudah saling sapa via online. Baru, hanya karena belum ada kesempatan kopdar kali ya mak-mak. Yang penting pertemanan tetap hangat. 

Kopdar berikutnya dimana dan kapan? Really, can't wait.


13 komentar:

  1. wah,32..banyak juga ya mak..meriah bangettt..seru^^

    BalasHapus
  2. Waaah seru banget. Ngiri. Semoga bisa kopdar dan mengambil ilmu dari emak-emak hebat ini.

    www.sierrasavanna.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Semoga kapan2 ada acara aku bisa ikutan kumpul ya. Pengeen bangeet...

    BalasHapus
  4. sukses ya mbak Arin acaranya

    BalasHapus
  5. Ditunggu moment selanjutnya ya Maak...sukses deh! keliatan kekeluargaan sekali...:)

    BalasHapus
  6. Terimakasih ya, Mak Arin dan panitia yang lain..
    Acaranya rame bangeeett dan sy senang krn ini kopdar pertama.

    BalasHapus
  7. Huhuhu...sayang aku ga bisa dateng...

    BalasHapus
  8. Mak Arin, jabodetabek paling banyak personilnya, ya. Banyak emak2 blogger yang aktif.


    Selamat ya, Mak. Udah sukses acaranya.

    BalasHapus
  9. 5 Hari lagi kesempatan untuk ikut lomba blog "Why Macau".
    Mau Jalan-jalan ke Macau dan iPhone 5c GRATIS?
    Yuk ikutan lomba blog "Why Macau" di sini http://bit.ly/WhyMacau
    Caranya mudah, tuliskan keinginanmu untuk pergi ke Macau. Topik nya bisa tentang kuliner, objek wisata, kebudayaan, dan tempat populer di Macau. Sertakan foto atau video agar tulisanmu lebih menarik.

    Lihat info selengkapnya di sini http://bit.ly/WhyMacau

    BalasHapus
  10. Aku turut merasakan euforia kegembiraan sahabat2 saat menghadiri acara kopdar KEB.. Walau secara fisik tdk bisa hadir, namun semangat KEB telah memotivasi diriku utk terus berkarya melalui blog..

    BalasHapus