Jumat, 31 Oktober 2014

Rekomendasi Buku Anak untuk Majalah Parenting


Memilih buku anak gampang-gampang susah. Di saat semakin banyaknya buku anak terbit, ini sebenarnya kabar gembira. Tapi sebagai orangtua yang harus bijak (dan berhemat) memilih buku anak harus pintar. Dengan budget anda saat ini, anda harus memilih di antara puluhan bahkan ratusan buku anak yang baru.

Vania Rosa (Redaktur Parenting Indonesia) meminta saya sebagai koresponden edisi Oktober 2015. Tema bulan itu adalah tentang buku anak. Jadi saya diminta merekomendasikan 5 buku anak versi saya sendiri.

Pertanyaan apa judul buku favorit anak saya lemparkan di facebook. Respon cepat dari teman-teman saya. Kebanyakan para penulis buku anak. Dan mereka merekomendasikan bukunya sendiri :)

Berbekal rekomendasi, saya hunting buku ke toko buku. Pastinya buku yang masih bisa diperoleh di toko buku yang akan saya rekomendasikan. Eh, di toko malah bigung lagi. Pasalnya banyak judul lain yang tak kalah menarik. Tidak semua judul yang direkomendasikan teman-teman di facebook ada. Saya lihat banyak jenis buku anak yang tebal, banyak halaman, edukatif dan berlatar agama. Soal harga, ini yang membatasi pilihan saya. Buku yang harganya di atas Rp.50.000, membuat saya berpikir ulang untuk membelinya. Bukunya bagus sih, dan tebal. Ilustrasi dan kertas juga ekslusif.  Tapi kira-kira anak anak bakal suka nggak ya kalau bukunya berat? Cepat bosan  nggak ya kalau bukunya tebal?

Saya membawa pulang beberapa judul. Selebihnya akan saya lengkapi dari koleksi anak di rumah. Dan berikut buku anak yang saya rekomendasikan. Saya menambahkannya 2 dari 5 yang diminta.

(1.) Judul : Kisah Seru Hari Penting Sedunia
Penulis : Watiek Ideo & Fitri Kurniawan
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Kelebihan : Anak diajak mengenal hari-hari penting yang diperingati oleh penduduk dunia. Ada kisah berhikmah dan banyak pengetahuan umum yang melatari hari penting tersebut. Buku tebal 159 halaman  full colour dan ekslusif sehingga tidak mudah rusak. Ilustrasi menarik. Kalimat penyampaian mudah. Buku dwi bahasa Indonesia Inggris

(2). Judul : Hujan! Hujan! Hujaaaan!
Penulis : Agnes Bemoe
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Kelebihan : Anak suka air. Dari judul dan ilustrasi menarik minat anak untuk membaca dan belajar tentang air. Buku ini menyajikan 6 cerita dan dongeng yang berkaitan tentang hujan. Satu halaman hanya 1-2 kalimat, gambar ekspresif,  sehingga cocok untuk anak yang belum bisa membaca sekalipun. Buku 184 halaman full colour, kertas kualitas bagus dan ilustrasi menarik. Buku bahasa Indonesia.

(3) Judul : Fino Gatal Gatal
Penulis : Anies Listyowati
Penerbit : Erlangga for Kids

Kelebihan : Buku bercerita tentang sebab Fino gatal-gatal. Cerita ringan disajikan dengan kalimat pendek namun ekspresif. Ilustasinya juga ekspresif sehingga memudahkan orang tua membacakan untuk anaknya. Anakpun tahu ceritanya walau belum bisa membaca. Tebal  24 halaman full colour.

(4) Judul : Dinosaurus
Penulis : John Woodward
Penerbit : Erlangga for Kids

Kelebihan : Dinosaurus menarik perhatian siapapun, apalagi anak-anak. Buku dinosaurus sudah banyak, tapi yang ini bisa disaksikan dalam bentuk pop-up digital 3D ya g dapat bergerak. Arahkan bagian buku yang ada tanda khusus ke arah kamera laptop. Sesaat kemudian akan muncul animasi dinosaurus bergerak mirip hologram di layar laptop. Buku berisi 67 halaman full colour dengan ilustrasi sangat mirip foto, ukuran besar dan terkesan hidup.

(5) Belajar Memasak Bersama Bella
Penulis : Fita Chakra
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Kelebihan : Buku ini asyik dibaca oleh anak perempuan  kelas 2-6 SD. Minat anak untuk memasak dibangun melalui cerita Bella saat memasak di dapur.  Selain cerita ada resep dan panduan memasak 5 resep mudah: Mie Panjang Umur, Panekuk Persahabatan, Coklat Bella dan Bunda, Puding Stroberi untuk Tiana dan Donat Kentang. Ilustrasi menarik, tebal 124 halaman full colour. Buku dwi bahasa Indonesia Inggris.

(6) Judul : Peternakan, seri Ensiklopedia Favoritku
Penulis : Jacqques Beamount
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Kelebihan : Buku ini adalah ensiklopedoa ringan dan mudah untuk anak TK-SD. Gambar menarik dan materi yang diangkat juga ringan dan menarik. Menambah wawasan tentang peternakan di luar negeri. tebal 45 halaman.

(7) Judul : Rumah Ajaib
Penulis Keisya 7 tahun
Penerbit : Pastel book

Kelebihan : Buku yang ditulis oleh anak dengan sudut pandang anak. Menceritakan imajinasi Kayla menemukan rumah ajaib yang ditempati peri. Buku ini berisi 11 cerita pendek. Tebal 100 halaman, separuh gambar, separuh tulisan. Cocok menjadi novel pertama anak usia SD.

Rekomendasi tersebut di muat di majalah Parenting Indonesia bulan Oktober 2015. Yang bikin seneng, nama saya ditulis dengan predikat sebagai "penulis". 

Artinya?? ya..saya penulis. Yess!!! 
Butuh pengakuan :p

Itulah tadi 7 rekomendasi saya. Silakan rekomendasikan pilihan anda :)



Kirim keterangan dan cover buku ke surat.pembaca@parenting.co.id


2 komentar:

  1. Cie..cie.. Hehebe..
    Makasih infonya mama cinta dan asa.. Pingin coba juga blajar mereferensi buku ah :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk majalah parenting cukup keterangan singkat kok

      Hapus