Jumat, 10 Oktober 2014

Stripes For Love, Ulurkan Cinta dan Harapan untuk Pasien Cilik

Bermula dari suatu hari yang kurang menyenangkan. Mobil yang dikendarai suami terpaksa masuk bengkel dan saya membayangkan kerepotan seminggu ke depan tanpa mobil. Sembari menunggu proses klaim, saya ke ke restoran Mc Donald di jalan Pajajaran Bogor, bersama Asa dan Cinta. Tujuannya untuk mengilangkan kekesalan.

Saya memesan paket Happy Meal langganan anak-anak dan teh panas untuk saya sendiri. Di meja Kasir terlihat dua sampel kaos yang menarik mata. Selain desainnya yang unik, ada tulisan yang langsung mengena di hati saya, Hope dan Love.




Hope and Love.
Asa dan Cinta, nama anak-anakku.
Asacinta.blogspot.com, nama blogku.
Hope and Love for future, tagline blogku.

Sebuah daya yang menggerakkan saya membeli dua kaos itu. Dan saya berhasil melupakan kejadian naas hari itu.

***

Sebenarnya ada 4 jenis kaos, bertuliskan Hope, Love, Joy dan Smile, yang tersedia dalam dua warna putih dan merah. Di dalam kemasan kaos saya mendapati sebuah brosur. Barulah saya tahu apa maksud Mc Donald menjual kaos tersebut.


Kaos yang saya beli itu adalah bagian kecil dari program besar yang dilakukan Ronald Mc Donald House Charities (RMHC), organisasi nirlaba yang bergerak untuk membuat anak-anak dunia lebih sehat, bahagia dan sejahtera. RMHC ini sudah ada sejak 2011 di Indonesia, dan telah tersebar di 58 negara di Dunia. Motif garis-garis itu digambar oleh pasien anak dan menyimbolkan garis kehidupan mereka.

Fokus RMHC adalah membantu anak-anak yang sedang sakit melalui pendekatan beberapa aspek yang mereka butuhkan. Bantuan medis sudah pasti, begitupun bantuan materi. Lebih dari itu, RMHC ingin melengkapi bagian hidup anak-anak yang hilang karena sakit. Apa itu? Yaitu cinta dan harapan yang akan membuat mereka tersenyum dan bahagia. 

Karena dengan cinta, anak-anak yang sakit itu mendapatkan perawatan dan sentuhan yang menyembuhkan. Dan dengan harapan, jiwa mereka akan lebih kuat lebih kuat melawan penyakitnya.

Realisasi program RMHC di Indonesia antara lain adalah Care Mobile, Family Room dan Rumah Singgah. Saya ulas sedikit ya satu persatu :

Care mobile, atau mobil klinik dibuat untuk menolong anak-anak di daerah, terutama yang jauh dari Puskesmas ataupun Rumah Sakit. Sampai September 2014 ini, RMHC care mobile telah memeriksa lebih dari 9.000 dan mengimunisasi lebih dari 55.000 bayi dan anak.
Foto dari www.rmhc.or.id
Family room, adalah ruang tunggu keluarga untuk pasien anak dan keluarganya selama menjalani pengobatan di rumah sakit. Suasana rumah sakit umumnya "seram" dengan aroma obat-obatan yang menyengat. Nah, dengan adanya family room yang nyaman, pasien anak-anak akan lebih cepat sembuh karena merasa di rumah sendiri dikelilingi orang-orang tercinta. Saat ini RMHC family room telah ada di Departemen Radioterapi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Semoga segera menyusul pembuatan family room di rumah sakit - rumah sakit lainnya.
Foto dari www.rmhc.or.id
Rumah Singgah (Ronald Mc Donald House) yang saat ini sedang dibangun rencananya diperuntukkan bagi pasien anak dan keluarganya yang akan berobat di RS Fatmawati Jakarta. Lokasi rumah singgah ini di Jl. Kana Lestari, Lebak Bulus, Jakarta.  Di rumah singgah ini anak-anak akan merasa lebih nyaman didampingi keluarga mereka.

Kita bisa berpartisipasi lho!
Caranya bisa dengan berdonasi langsung  di dropbox RMHC di outlet Mc Donalds. Bisa juga dengan membeli kaos seperti yang saya lakukan. Terus terang, saya tadinya tidak niat menyumbang, niatnya beli kaos keren itu. Eh, ternyata dari hasil penjualan kaos akan didonasikan ke yayasan RMHC. Alhamdulillah, jadi bisa berdonasi untuk anak-anak sakit melalui RMHC.

Merasa kurang banyak donasinya? Boleh banget kok menyumbangkan lebih. Bisa melalui transfer uang ke Rekening Yayasan RMHC di BCA (no rek. 0353.163.300) atau OCBC NISP (no rek. 0548.0000.9445).

Bagi yang punya waktu dan tenaga lebih banyak, bisa juga lho menjadi relawan. Caranya dengan mendaftar melalui email bunga.sari@id.mcd.com atau rini.wardhani@id.mcd.com

Selain bentuk partisipasi di atas, masih ada cara partisipasi yang paling mudah dan hemat. Tulis kata-kata motivasi melalui www.stripesforlove.com atau melalui facebook RMHC Indonesia dan Twitter @rmhc_id dengan hastag #stripesforlove .
Mudah kan? Kita bisa berkreasi kata-kata yang positif yang nantinya akan disampaikan kepada pasien anak-anak. 

Saya dan anak-anak sudah membuat pesan motivasi. Kita mungkin tidak tahu, dari tulisan sederhana ini bisa membawa manfaat bagi para pasien cilik. Mereka merasa diperhatikan. Mereka akan tahu, bahwa banyak yang ingin berteman dan menyayangi mereka.




Mengunjungi situs www.rmhc.or.id membuat saya seolah menjenguk para pasien cilik. Kembali teringat kejadian naas tentang mobil penyok yang menimpa saya. Apa yang kami alami tidak seberapa dibandingkan derita para pasien cilik tersebut. Kecil-kecil mereka berjuang melawan penyakit berat, diantaranya kanker. Dan muncul malu pada diri sendiri saat membandingkan  diri ini dengam kesabaran dan ketegaran mereka. Saya bisa apa? 

Wah, apa yang dilakukan RMHC ini menularkan semangat dan menggugah rasa sosial kita. Program ini tak hanya menyentuh para dewasa, tapi juga menyentuh empati anak-anak. Mereka adalah benih dimana rasa empati mudah bertumbuh. Anak-anak itu mengingat sesamanya. Sebayanya. Mereka membayangkan kondisi sesamanya yang sedang sakit. Dan dari situlah tumbuh empati. 

Untuk sembuh, anak-anak itu membutuhkan lebih dari pengobatan. Kita bisa membantu mereka dengan berbagi cinta, harapan, kebahagiaan dan senyum.


Kesehatan adalah nikmat tiada tara. 

*****

Tulisan ini menjadi Juara 3 dalam Lomba Blog RMHC-IIDN Semarang.

27 komentar:

  1. Keren! Tadi malem aku baru lihat kaus ini di McD, nih, Mak. Program mulia, layak didukung. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli kaosnya mak Haya, trus kita pake barengan pas kopdar

      Hapus
  2. wah bagus ya mak kerennn :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, pas lihat pertama langsung suka motifnya

      Hapus
  3. Setiap kita membutuhkan hope, love, joy and smile ya mak... dan keempat hal tsb tetap milik kita ketika kita berbagi.

    BalasHapus
  4. aku kalo mau ke McD harus ke kediri dulu Mbak....hehe
    di Tulungagung belum ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Trenggalek juga belum ada, jadi kalau aku mau MCD harus ke Bogor dulu

      Hapus
  5. Keren...ajakin kaka Senja san Sean ke McD deh mak...hope,love...nicely 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. hope..love... sudah ada. Joy and smile belum punya. Mau nambah lagi nih keknya..

      Hapus
  6. Wah program yg keren banget. Pas bgt udah lama ga ke Mc.D ntar ajakin nadia kesana ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempat fav anak2 mana lagi kalau bukan MCD

      Hapus
  7. Kereen mak.kita memang harus peduli dan berbagi. Cup cup buat Cinta danbsenyum manisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. senyum dengan gigi baru itu mbak ida :))

      Hapus
  8. Tulisan yang menginspirasi mak.. Terima kasih sudah berbagi ^^

    *Salam kenal yah ^o^

    BalasHapus
  9. wah keren... kaosnya jg bagus... main2 ke mcd ah...

    BalasHapus
  10. cocok banget ya mba... asa cinta, hope and love :)
    Program yg patut didukung. Saya pun sudah meluncur ke web nya, dan sedikit memberi kata2 motivasi :)

    BalasHapus
  11. wah aku baru tau ada kaos ini mbak, udah lama gak ke mcd

    BalasHapus
  12. keren yaa desain kaos nya .. simpel tapi menurut saya bagus ;') mau deh yang tulisan love ..hihi

    BalasHapus
  13. Waaa kece bangt desain kaosnya. Dan kok bisa cocok banget sama asa dan cinta yah mak Arin? Hihihi...

    BalasHapus