Minggu, 02 November 2014

Best Friend Forever Barbie, Sahabat Berimajinasi.

Menjelang 3 tahun, Cinta kecil suka menari-nari berputar, kakinya jinjit seperti balet. Dia sedang berimajinasi sehabis menonton VCD Barbie Dancing Princesses, film Barbie yang ditontonnya pertama kali. Kisah Barbie 12 Dancing Princesses sangat berkesan bagi Cinta. 


Tak lama berselang, Cinta mempunyai VCD kedua, Barbie as The Island Princess. Imajinasinya berganti menjadi petualangan hutan bak Rosella. Dia bermonolog menirukan apa yang Barbie ucapkan di film. Dan Rosella adalah boneka Barbie pertama yang saya belikan untuknya. Dia senang banget ! Bersama Rosella dia bermain sehari-hari. Cinta membuat tenda, lalu tidur berdua Rosella di dalamnya. Kalau Cinta bersepeda, Rosella ikut bersamanya. Pernah juga Rosella jadi murid dari Bu Guru Cinta. Senyum-senyum saya melihatnya.

Boneka Barbie berikutnya milik Cinta adalah Xylie, mermaid cantik sahabat Merliah. Cinta mengenalnya dari film dan buku Barbie Mermaid Tale. Imajinasi Cinta tentang Mermaid lebih seru lagi. Dia membayangkan bisa menyelam ke dasar laut seperti mermaid. Tidak selalu berendam atau berenang sih, imajinasi Cinta terlihat dari lukisan-lukisan yang dia buat. Bicaranya pun seputar benda-benda dasar laut. Berperan jadi Mermaid juga sering, dia ambil kain gendong, dibebat dari pinggang sampai kaki, lalu selonjoran :)


Yang ketiga saya belikan boneka Barbie Rapunzel saat usianya 5 tahun. Rambut Rapunzel yang panjang memancing pertanyaan yang unik. Misalnya, bagaimana ya cara Rapunzel keramas dan menyisir rambutnya? Terinspirasi Rapunzel, Cinta kecil meminta jarik gendong yang panjang diikatkan dikepalanya. Lalu dia berjalan kemana-mana dengan "rambut" terseret. Hahaha..

Sekarang Cinta tidak mau lagi memperagakan yang lucu-lucu. Gadis saya ini sudah besar dan tahu malu. Tetapi main Barbienya tetap lho! Barbie jadi teman mengobrol, teman belajar dan sesekali masuk ke dalam tas sekolahnya. Apalagi begitu sudah bisa membaca, buku-buku Barbie koleksinya makin banyak. 


Barbie, si cantik nan baik hati ini memang memikat hati banyak orang. Dari kecil hingga sekarang, Barbie menjadi mainan favorit Cinta. Barbie mengambil porsi besar dalam perkembangan imajinasi Cinta. Ketakutan soal obsesi dan turunnya rasa percaya diri karena tidak secantik Barbie nyatanya tidak terjadi pada Cinta. Sejak mengenal Barbie, bukan sisi kecantikannya yang menonjol, tapi lebih banyak mengenal kebaikan, kelembutan, charming dan smart .


Barbie menstimulasi imajinasi melalui bermain peran dan bercerita. Anak jadi terasah kemampuan berpikir dan kecerdasan verbalnya. Yang paling terasa manfaatnya adalah tutur kata Cinta yang lembut dan sopan seperti Barbie. Bisa jadi karena pengaruh Barbie.

Berikut foto-foto Cinta dan Barbie. Masih dalam balutan seragam sekolah, Cinta langsung main Barbie. Tiga boneka Barbie-nya:  Rossela, Xyllie dan Rapunzel diajak mengobrol layaknya teman. Best Friend Forever-lah pokoknya!

Xyllie berkata, "Ro, jalan-jalan yuk ke toko buku"
"Rambutmu kusut, kusisir dulu ya"
"Wah iya, aku juga mau sisiran ah"
Xyllie sisiran agar tambah cantik

4 komentar:

  1. Waah koleksi buku Barbie Cinta banyak.Besok tante pinjam ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus2 ceritanya. Anak laki2ku aja suka lho..

      Hapus
  2. Mau dong pesta sama Barbie :D

    BalasHapus