Minggu, 16 November 2014

Naik Garuda Itu Istimewa !

Ngaku deh, saya takut ketinggian dan selalu nervous setiap kali mau naik pesawat. Jadinya niat ingin bersenang-senang bepergian harus diawali dengan rasa was-was naik pesawat.


Kurang lebih setahun sekali saya dan keluarga menggunakan pesawat Garuda Indonesia untuk mudik ke Medan. Selain mudik rutin, beberapa kali saya naik Garuda untuk urusan pekerjaan. Yang terakhir kali adalah akhir September lalu, saya dan Cinta (putri saya) naik Garuda ke Singapura dalam rangka meliput sebuah acara seputar kesehatan.
Foto selfie ini saya lakukan di kabin Garuda sesaat sebelum tinggal landas. Usai berfoto-foto, HP saya matikan sesuai aturan di pesawat. 



Ya, maskapai Indonesia yang membuat saya lebih tenang dalam perjalanan adalah Garuda Indonesia. Safety adalah hal terpenting dalam penerbangan. Memilih pesawat Garuda Indonesia adalah ikhtiar saya mencari penerbangan yang aman.

Soal harga bagaimana?


Tiket Pesawat Murah = Aman dan Tepat Waktu ? 

Justru jika ingin mencari tiket pesawat murah, Garuda Indonesia adalah pilihan yang tepat. Logika saya begini, keselamatan, kenyamanan terbang dan ketepatan waktu adalah hal-hal yang sangat berharga. Saya tidak ingin menggadaikan semuanya itu hanya karena sedikit selisih harga tiket dengan maskapai penerbangan lain. 

Sejauh saya ketahui, Garuda Indonesia dikenal sebagai maskapai terbaik Indonesia yang aman. Pada tahun 2008 Garuda Indonesia menerima sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA). Ini artinya Garuda Indonesia telah memenuhi standar keselamatan penerbangan Internasional. Kemudian pada 1 Juni 2010, Garuda Indonesia melakukan pembukaan kembali rute ke Amsterdam, dan mulai membuka rute ke Eropa. Masih di tahun yang sama, Garuda Indonesia mendapatkan penghargaan dari Skytrax sebagai " World's Most Improved Airline" sebagai penghargaan atas usahanya memperbaiki diri. Prestasi berikutnya tahun 2013, Garuda Indonesia mendapat penghargaan dari Skytrax sebagai "World Best Economy Class" dan "World Best Economy Class Seat". (Sumber : wikipedia.org)

Dari pengalaman-pengalaman saya naik pesawat Garuda, belum pernah ada penerbangan yang delay ataupun batal. Saya pernah kecewa pada salah satu maskapai dengan tiket sangat murah, tetapi delay selama 2 jam tanpa pemberitahuan, tanpa layanan tunggu, tanpa konsumsi dan tanpa uang ganti rugi. Jika waktu adalah uang, betapa banyak saya dirugikan karena jadwal terbang molor.

Penerbangan Garuda Indonesia hampir selalu tepat waktu. Paling lambat tiga puluh menit sebelum keberangkatan penumpang sudah boarding. Karena itu saya selalu menyediakan waktu lebih awal mencapai bandara agar tidak tertinggal.

Tiket Pesawat Murah = Penumpang Dihargai

Siapa sih yang tidak mau tiket pesawat murah? Walaupun tiket murah, tapi penumpang tetap ingin dihargai. 

Sebagai penumpang, saya merasa diistimewakan dengan pelayanan dari Kru Garuda Indonesia. Sejak memasuki ruang chek-in di bandara, boarding, selama di pesawat hingga turun dari pesawat, layanan kru Garuda Indonesia sangat terasa keramahan dan kehangatan.

Di ruang check-in Garuda Indonesia, biasanya antrian tidak sepanjang loket maskapai lain. Check in dan boarding berjalan dengan efisien. Counter loket chek-in banyak yang dibuka sehingga layanan cepat. Selain itu, Garuda membuka layanan chek in di counter-counter cabang di beberapa kota, juga bisa check in secara online (web check in). Jadi saat tiba di bandara kita sudah punya nomor kursi dan proses boarding lebih cepat.

Ssst, ini beda banget dengan cerita teman saya yang menggunakan maskapai penerbangan lain. Tiket awal memang sangat murah, tapi nomor kursi pesawat baru dibagikan di dalam pesawat seperti kalau kita naik bis. Oh my god? itu pesawat atau bis ya? 

Di Garuda Indonesia tidak seperti itu. Nomor kursi sudah bisa kita ketahui sejak sebelum boarding. Kalau ada penumpang yang terlambat dan belum hadir bisa diketahui nama nya.

Penumpang kembali merasa diistimewakan dengan servis kru kabin di dalam pesawat. Satu hal yang menjadi parameter utama layanan maskapai penerbangan adalah pramugari / pramugara. Pramugari Garuda Indonesia terlihat luwes dan profesional. Catat ya, servis pramugari tidak dilihat dari ke-sexy-annya, busana mini dan bersikap centil. Big No! Justru yang saya salut dari pramugari Garuda Indonesia adalah pakaian yang sopan, berkharakter Indonesia. Sikap pramugari ramah, tetapi tidak centil. Saya juga pernah menemui pramugari-pramugara yang "senior". Saya melihat mereka yang senior sangat baik dalam melayani. Dalam hal ini menunjukkan bahwa profesionalisme sangat dijunjung tinggi oleh manajemen Garuda.

Tiket Pesawat Murah = Servis Maksimal !

Kembali hitung-hitungan soal harga tiket pesawat murah, seluruh servis Garuda Indonesia sudah menjadi bagian dari harga tiket. Artinya, di bandara dan dalam pesawat kita tidak dikenakan lagi biaya-biaya tambahan.

Beda banget dengan maskapai lain yang konon murah harga tiketnya tapi untuk pesan kursi bayar lagi, menambah kuota bagasi bayar lagi, beli minuman dan makanan bayar lagi. Hadeeeuh, jatuhnya biaya perjalanan jadi lebih mahal.

Masih kurang murah apalagi kalau di kelas ekonomi pun penumpang Garuda Indonesia bisa mendapatkan servis maksimal ? Dalam perjalanan saya terbaru dengan Garuda Indonesia, rute Jakarta-Singapore, yang memerlukan waktu sekitar 50 menit, kami mendapatkan banyak layanan. 

Sepanjang perjalanan, penumpang bisa menikmati hiburan melalui layar monitor yang tersedia di masing-masing kursi. Tinggal pilih mau menonton film, main game atau mendengarkan lagu-lagu dengan banyak pilihan. 

Oiya, adanya monitor ini juga digunakan sebagai petunjuk keselamatan seluruh penumpang. Kalau dalam maskapai lain petunjuk keselamatan yang diperagakan Pramugari hanya terlihat pada penumpang di dereta kursi depan. Sedangkan di pesawat Garuda Indonesia, semua penumpang bisa melihat dengan jelas petunjuk keselamatan dari monitor di depannya. 

Keistimewaan lainnya adalah kursi penumpang yang lega dan ergonomis. Masing-masing kursi tersedia bantal kecil yang menambah kenyamanan saat duduk.


Setelah take off, Seorang Bapak Pramugara senior dengan ramah dan sopan menawarkan pilihan menu pada saya dan Cinta. Saya memilih nasi tuna, dan Cinta memilih pasta dan daging. Wiih, menu bisa memilih loh! Lalu satu paket makanan kami terima. Selain menu utama yang kami pesan, ternyata masih dilengkapi dengan buah, roti, butter, air mineral, dan tissu basah. Itupun masih ditambah minuman sesuai keinginan kita. saya memesan teh hangat, dan Cinta memesan jus tomat. Komplit deh! Dan semua itu tidak bayar lagi!


Bagi penumpang infant alias anak di bawah 2 tahun akan mendapatkan baby pack berisi popok sekali pakai, tissue basah, mainan bebek karet dan sebuah boneka. 3 tahun lalu saat terbang membawa bayi Asa, selain mendapatkan baby pack, kami juga diberi boneka Gorila yang lucu. Semuanya gratis, tis !


Turun dari pesawat kita menuju ruang pengambilan bagasi. Tidak lama menunggu, bagasi mengalir dalam roda eskalator tak lama setelah kami tiba di ruang pengambilan. Senangnya, bagasi kami terima dalam jumlah komplit dan kondisinya baik.


Privilege untuk pelanggan setia.

Suami saya lebih sering lagi bepergian dengan Garuda Indonesia untuk urusan pekerjaan. Dan dari kantornya selalu dipesankan tiket Garuda. Untuk pelanggan Garuda Indonesia ada fasilitas-fasilitas tambahan yang membuat kita merasa lebih diistimewakan. Caranya, daftarkan diri di www.garudamiles.com sebagai Garuda Frequent Flyer.  Setelah mendapatkan kartu dan nomor ID, gunakan ID ini setiap kali membeli tiket. Nanti secara otomatis akan tercatat jumlah kilometer penerbangan yang kita lakukan dengan Garuda. Nah, karena suami saya sangat sering terbang dengan Garuda, sekarang sudah memegang kartu Garuda Miles-Silver.

No Show Fee


Pernah suatu ketika suami terkena macet dalam perjalanan menuju bandara Soekarno Hatta karena ada insiden di jalan tol Tanjung Priok. Biasanya waktu tempuh ke Bandara 2 jam menjadi lebih dari 8 jam dan sudah dipastikan bakal tertinggal pesawat. Eh tapi rupanya suami saya segera menelepon pihak Garuda sejak sejak awal kemacetan, sekitar 1 jam sebelum jadwal terbang menjelaskan kejadian ini. Dan akhirnya, suami bisa mendapatkan tiket tunda pada penerbangan esok harinya, tanpa biaya tambahan. No Show Fee. Mantap! 


Fasilitas lain Garuda Miles yaitu tambahan quota bagasi 5 kg, check in di antrian khusus, fasilitas lounge di bandara-bandara tertentu. Lebih lanjut bisa dilihat https://garudamiles.com


Resolusiku : Keliling Indonesia !
Sekarang saya sudah lebih "berani" bepergian dengan memilih Maskapai Terbaik Indonesia. Sudah sejak lama saya ingin keliling Indonesia bersama keluarga. Ke Pulau Kalimantan dan Sulawesi yang belum pernah saya kunjungi. Jadi semacam resolusi saya tahun 2015 bisa mengunjungi wilayah-wilayah Indonesia di tengah dan timur.

Untuk menghubungkan dengan Indonesia kawasan tengah dan timur, Garuda Indonesia telah memilih Balikpapan sebagai kota transit. Balikpapan adalah kota ke 5 yang menjadi “hub” setelah Jakarta, Denpasar, Makassar dan Medan. Garuda Balikpapan secara resmi melayani rute penerbangan dari Balikpapan ke kota-kota di wilayah Indonesia tengah dan timur.

Sebagai ‘Kota Minyak’, Balikpapan menjadi kota dengan jumlah migran terbesar kedua setelah Jakarta. Bisa jadi suatu saat nanti Balikpapan menjadi kota paling metropolis di dunia. Wisata kota adalah bagian dari cita-cita saya. Seru, seru, seruuu! kalau bisa ke Balikpapan, Manado dan Pontianak pastinya bakal jadi cerita berseri di blog ini lagi :)


Saya sudah coba melihat-lihat harga penawaran spesial di situs Garuda. Tiket untuk Jakarta - Balikpapan hanya 700 ribu- an lho, dan bisa dipesan dari sekarang. Wiii...siap-siap ah ke Balikpapan dengan Garuda Indonesia.

Garuda Indonesia membuktikan bahwa dirinya pantas menjadi maskapai kebanggaan bangsa. Kualitas layanannya sudah diakui secara International. 
Yuk, lihat video yang saya ambil dari Youtube Garuda Indonesia ini. Dan sebagai penumpang saya sampaikan di sini, naik Garuda itu istimewa !



Referensi tulisan :


https://www.garuda-indonesia.com/sites/id/id/destination/our-destination/places/balikpapan.page

https://www.garuda-indonesia.com/id/id/news-and-events/news/garuda-indonesia-layani-tiga-rute-baru-dari-balikpapan-menuju-berau-banjarmasin-dan-manado.page

https://www.garuda-indonesia.com/id/id/special-offers/selected-best-fare.page

8 komentar:

  1. Semoga sukses ngontesnya mbak.
    Garuda memang layak jadi maskapai terbaik Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terimakasih mba Susindra. Maskapai kebanggaan Indonesia ya Garuda :)

      Hapus
  2. Waaah mbak Arin sering ya terbang dengan Garuda. Saya termasuk jarang , tapi saya puas dengan pelayanan Garuda. Terakhir naik GAruda Februari lalu saat bapak saya meninggal. Alhamdulilah nggak delay. Soalnya bapak dikubur nungguin kami datang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau beli tiket sendiri selalu cari Garuda. Kecuali kalau dibeliin panitia. Makanya pas ke surabaya bareng mba Nunung itu aku nervous berat...bukan pake Garuda soalnya

      Hapus
  3. saya terakhir naik pesawat tahun 2006 mak... hiks... itu juga pakai maskapai lain, belum tau pakai Garuda seperti apa. Tapi dari cerita orang, Garuda memang maskapai terbaik ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain deh mba Orin. Itungan akhir harga lehih murah dan puas

      Hapus
  4. wuiiiishh pengalamannya seru sekali mak, perbandingan Garuda dengan maskapai lain sangat jelas terlihat, moga terbang lagi ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dari pengalaman2 tadi akhirnya kualitas terbukti

      Hapus