Sabtu, 31 Januari 2015

Mengenalkan Dunia Medis dengan Aplikasi Dokter Kecil


Ini adalah lanjutan dari cerita pengalaman Cinta (putriku, 9 tahun) mengikuti program Doctor For A Day, di Mount Elizabeth Hospital, Singapore. (cerita event Doctor for A Day)

Rupanya sehari jadi dokter cilik membawa kesan mendalam bagi Cinta. Dia merasakan memasuki bangsal-bangsal rumah sakit betulan (yang direkondisi untuk anak-anak) dan merasakan sensasi melakukan berbagai tindakan medis pada pasien. Sudah 4 bulan berlalu, pengalaman seru itu masih terbayang-bayang. Cinta pengen jadi dokter cilik lagi, dan saya pengen jalan-jalan ke Singapore lagi. *maunyaaa*


Acara Doctor for A Day pada September 2014 sekaligus peluncuran Aplikasi dengan nama yang sama.  Cinta mencoba langsung pada komputer rumah sakit. Tapi saat itu aplikasi tersebut hanya bisa diunduh menggunakan provider Singapore. Sedangkan saya tetap menggunakan provider Indonesia, jadi tidak bisa mengunduh di ponsel pribadi. Huhuhu..agak nyesel juga jadinya.


Senangnya, pada akhir Januari 2015, Parkway Hospitals Singapore melalui Mount Elizabeth Novena Hospital meluncurkan aplikasi ‘Dokter Kecil’.  Aplikasi ini adalah versi Indonesia dari aplikasi Doctor For A Day.  Dengan aplikasi Dokter Kecil ini, anak-anak bisa bermain dan berperan sebagai seorang dokter sekaligus belajar, berpikir dan terstimulasi dalam permainan seru.

Nah, saya sudah download aplikasi ini di ponsel anak-anak (Cinta dan Asa). Mereka menamai profilnya dengan nama masing-masing untuk selanjutnya beradu score.

Kepada anak-anak digital native lebih mudah mengajarkan materi melalui game digital ketimbang membaca buku.  Karena itu aplikasi Dokter Kecil dihadirkan untuk mengenalkan anak-anak mengenal dunia kesehatan agar anak sejak dini.

Dr Kelvin Loh, CEO Mount Elizabeth Hospitals menyampaikan, “Melalui aplikasi ini, kami bertujuan untuk mendidik anak-anak sedari dini tentang industri medis, dan melakukannya dengan cara yang menyenangkan dengan kegiatan interaktif. Mount Elizabeth berharap aplikasi ini akan menginspirasi anak-anak Indonesia untuk menjadi tenaga profesional medis di masa depan”.

Nggak hanya seru, aplikasi ini bermanfaat. Anak mengenal prinsip-prinsip dasar tindakan medis secara sederhana,  yaitu :
  1. Belajar prosedur medis dalam bentuk game mini.
  2. Belajar teknik kebersihan dan cuci tangan
  3. Belajar berbagai teknik yang digunakan di ruang operasi seperti sayatan, injeksi dan jahitan.
  4. Belajar istilah medis dan fungsi anatomi tubuh.

Dalam aplikasi Dokter Kecil terdapat fitur-fitur :

Ruang Operasi.

Ada beberapa pilihan operasi : operasi tumor, operasi katarak dan operasi tulang selangka.  Anak akan mengenal tahapan-tahapan dalam operasi dan melakukannya sendiri. Serasa jadi Dokter Bedah, nih ! Fitur ini dapat melatih keterampilan motorik halus dan belajar mengenai prosedur ruang operasi.

Hai, saya pun baru punya gambaran tahapan-tahapan operasi dari aplikasi ini. Emaknya telat tau :)



Memori Anatomi. 

Anak bisa mengingat dan mencari pasangan bagian tubuh yang sama pada kotak teka-teki sambil menyebutkan nama bagian tubuh teraebut. Fitur ini akan menstimulasi pikiran anak-anak, melatih memori visual dan belajar banyak mengenai berbagai jenis bagian tubuh.

Dokter Kecilku.
Pak dan Bu Dokter Kecil bisa mengubah karakter profilnya sesuai keinginan. Anak bisa berkreasi dan berdandan sebagai dokter. Seru loh memadu padan aksesoris baju Dokter.



Aplikasi ini dapat diunduh gratis. Tidak hanya itu, bagi mereka yang memiliki poin tinggi dalam aplikasi ini, Anak dapat menukarkan poin tersebut dengan mainan dokter-dokteran yang lucu!

Aplikasi ini tersedia bagi pengguna Android maupun iPad. Untuk dapat mendownload aplikasi ini cukup mengunjungi links berikut:
http://www.parkwayhospitals.com/id/doctorforadayapp/

Saya melihat keunggulan Aplikasi Dokter Kecil ini dibandingkan game dokter-dokteran yang lain. Aplikasi yang dikeluarkan oleh pusat medis berkualitas ini mampu mengarahkan pola belajar medis pada usia anak-anak secara lebih tepat, mendasar, berilmu dan terarah. Artinya, proses desain aplikasi ini telah mempertimbangkan riset dan didasari ilmu bidang kesehatan secara lebih terpercaya.  Telah dikenal Mount Elizabeth Hospital merupakan rumah sakit baru dari Parkway Pantai Group Singapura. Mount Elizabeth mengadopsi standar praktek global terbaik untuk pelayanan pasien serta hasil klinis yang berkualitas.

Pada saat saya mencoba aplikasi ini, baru 5 dari 8 fitur pada Peta Bangsal yang bisa terbuka. Saya belum tahu apakah dikarenakan score belum cukup untuk mencapai level itu, ataukah karena aplikasi ini masih dalam proses pengembangan. Nanti saya update lagi ya reviewnya.

Daripada main game yang nggak jelas, mending main dokter-dokteran dengan Aplikasi Dokter Kecil.

14 komentar:

  1. ini aplikasinya selain menghibur juga mendidik banget, ya. Beruntungnya Cinta, punya pengalaman berharga di sana :)

    BalasHapus
  2. Menarik. Langsung pengen coba :-)

    BalasHapus
  3. Menarik. Langsung pengen coba :-)

    BalasHapus
  4. wah bagus mbak ,aku mau coba download ya

    BalasHapus
  5. Keren ya .... terobosan medis yang sungguh cerdas.
    Jadi berpikir, kenapa bukan Indonesia yang memulai terobosan seperti ini dan mengundang blogger2 sekeren Mak Arin ya?

    Eh tapi kan jadi bisa jalan2 ke S'pore ya? hehehe

    BalasHapus
  6. Keren mak. Dan langsung mau coba download aplikasinya. Makasi sharingnya ya mak. Salam kenal :-)

    BalasHapus
  7. Lucune aplikasinya ya mba....keren
    Sicinta pengen jadi dokter? Moga terkabul yaa
    Doa mamanya juga

    BalasHapus
  8. Bagus ya aplikasinya... Bisa mulai dikenalkan untuk anak usia berapa mak?

    BalasHapus
  9. Ada langkah cuci tangan ya, bagus itu... grafisnya bagus aplikasinya...

    BalasHapus
  10. Ayoo, pada download untuk anaknya atau adiknya :)

    BalasHapus
  11. menarik nih, mau coba download ah :)

    BalasHapus