Sabtu, 21 Maret 2015

Aplikasi Wisata Lokal, Referensi Wisata Dalam Negeri

"Friend, liburan mau kemana ?"
"Pengennya sih wisata ke luar negeri"
"Wow, mantap ! "
"Iya, tapi nggak tahu liburan tahun kapan. Belum punya duit dan nggak bisa cuti lama." 
 "Eaaalah"

Punya cerita serupa obrolan di atas? 
Saya pun gitu. Pengen ke luar negeri tapi entah kapan. Selain berat di ongkos, juga butuh lebih banyak waktu dan persiapan. Bagi karyawan, kesempatan libur panjang hanya setahun sekali saat hari raya. Jadi, acara liburan biasanya dilakukan sambil mudik ke kampung halaman. 


Mudik is my choice

Wisata Dalam Negeri saja, yuk !

Nah, kenapa tidak wisata dalam negeri saja. Pastinya hemat waktu dan hemat biaya. Ibaratnya sambil menyelam minum air. Liburan saat mudik juga menyenangkan. Tinggal sebut saja, dimana kampung halaman anda, di situ pasti ada tempat wisata. 
Bosan dengan wisata lokal di daerah anda? Yakin sudah mengeksplorasi semua? Jangan sampai bilang "Eh, ternyata di kota ku ada wisata danau yang cantik lho, baru tahu deh!" atau "Ssst, pas lewat jalan alternatif, kami belok ke sebuah kecamatan dan ternyata di sana ada wisata candi. Swear, baru tahu!" Nah, kan! Ternyata hanya kurang referensi tempat-tempat wisata lokal saja.

Destinasi liburan dalam negeri menarik untuk dieksplorasi dan banyak sekali pilihan. Jika punya waktu leluasa, kita bisa mencoba lokasi-lokasi favorit dan populer. Jika pun waktu terbatas, wisata bisa dilakukan sambil dinas, bisnis atau mudik seperti yang saya sebutkan tadi. Percaya deh, pasti banyak lokasi wisata lokal yang belum kita kunjungi. Ingat, Indonesia memiliki 34 propinsi, 13.466 pulau yang kaya akan tempat wisata dengan flora, fauna, dan kebudayaan yang sangat beragam dan indah. 


Untuk berbagai alasan sehingga kita bingung mau wisata kemana di dalam negeri, saya sarankan mengunduh aplikasi Wisata Lokal di ponsel anda.

Aplikasi Wisata Lokal dan Target Capaian Pariwisata Indonesia


Aplikasi Wisata Lokal adalah aplikasi ponsel yang menyediakan informasi mengenai wisata lokal yang lengkap. Aplikasi ini diharapkan akan memudahkan masyarakat untuk berwisata dalam negeri (lokal). Banyak sekali tempat menarik di negeri ini. Dengan slogan "Bhinneka itu Indah" aplikasi Wisata Lokal ingin menjadi referensi pilihan wisata dalam negeri.

Keuntungan memilih tujuan wisata lokal :
  • Hemat biaya. Tentu saja, karena kita tidak perlu mengurus paspor dan visa. Standar biaya hidup dalam negeri juga terjangkau. Selain itu, persiapan yang diperlukan tidak sebanyak jika kita ke luar negeri.
  • Hemat waktu. Wisata lokal bisa dimulai dari kota / desa tempat tinggal kita.  Tidak perlu menunggu masa liburan. Cukup menyempatkan waktu pada akhir pekan. Bahkan bisa dilakukan pada weekday di sore dan malam hari. 
  • Memajukan wisata dalam negeri. Semakin banyak orang yang membelanjakan uangnya untuk wisata dalam negeri, semakin banyak pemasukan untuk pemerintah daerah dan penduduk yang bekerja di kawasan wisata. Roda perekonomian akan bergerak dan memajukan wisata lokal.
  • Menambah wawasan dan kebanggaan wisata dalam negeri. Dengan semakin mengenal tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia, akan tumbuh kebangggan bahwa ternyata di Indonesia banyak tempat wisata menarik dan "baru" selain yang selama ini sudah dikenal.
Saya melihat keselarasan aplikasi Wisata Lokal dengan target capaian Kementerian Pariwisata RI. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan bahwa negara berkomitmen membangun pariwisata Indonesia. Pada 2014, capaian wisatawan mancanegara 9,3 juta, pada 2015 diharapkan mencapai 10 juta dan pada tahun 2019 mencapai 20 juta. Sedangkan untuk wisatawan dalam negeri ditargetkan 250 juta menjadi 275 juta. (sumber : Republika.co.id)
 
Salah satu strategi pariwisata yang akan dilakukan adalah memperkenalkan lebih banyak tujuan-tujuan wisata dengan mempertahankan orisinalitasnya. Dalam 5 tahun mendatang diharapkan akan populer destinasi-destinasi wisata baru yang diperkuat oleh sektor kuliner, fashion dan kerajinan tangan. Hadirnya Aplikasi Wisata Lokal akan sangat membantu percepatan target  capaian ini.


Eksplorasi Aplikasi Wisata Lokal

Ketika kita membuka aplikasi Wisata Lokal, pada deretan atas ada pilihan menu province, article, profile dan galeri.


Pada menu province kita akan menemukan laman depan berisi jendela-jendela 34 propinsi dengan jumlah destinasi wisata yang telah terdaftar di aplikasi Wisata Lokal. 
Jika diklik satu propinsi akan terjabarkan lagi dalam kabupaten/kota, kemudian akan ada lokasi-lokasi wisata.



Saat tertampil Kabupaten/kota, sebelah kanan atas ada ikon "tempat tidur" yang artinya hotel. Jika diklik akan diarahkan pada pilihan hotel-hotel atau penginapan yang ada di kabupaten tersebut serta reviewnya. Dari situ juga kita bisa sekaligus melakukan booking.


Dalam satu kabupaten / kota terdapat banyak Point of Interest (POI) yang menunjukkan tempat-tempat wisata menarik di wilayah tersebut. Informasi POI ditampilkan berupa galeri foto, peta, artikel dari berbagai sumber, review dari pengunjung.

Aplikasi Interaktif, Masyarakat Bisa Berkontribusi.

Ya, saya katakan demikian karena kita bisa terlibat langsung dalam memperkaya informasi dalam aplikasi Wisata Lokal ini.  Langkah pertama, adalah membuat akun sehingga akan muncul profil pengguna pada aplikasi Wisata Lokal. Setelah itu, kita bisa menambahkan destinasi wisata tersebut dalam wishlist rencana liburan berikutnya. Kita juga bisa mengunggah review dan foto apabila sudah pernah mengunjunginya. Di sinilah kita dilibatkan dalam memperkaya informasi dan mengumpulkannya dalam Aplikasi Wisata Lokal. 

Jika lokasi wisata yang anda ketahui belum terdaftar, kita bisa mengusulkan Point of Interest melalui email support@wisatalokal.netSaya berencana mengusulkan banyak obyek wisata dari kampung halaman saya, Trenggalek. Saya lihat masih sedikit POI yang terdaftar, padahal sebenarnya bisa lebih banyak dari itu. Ya, agar Trenggalek semakin dikenal sebagai kota yang tenang, anggun namun menyimpan banyak obyek wisata menarik. Apalagi wisata kulinernya. Nah, ini jika POI dari kota/kabupaten anda ada yang  belum muncul dalam daftar aplikasi Wisata Lokal, yuk banyak-banyak kirim usulan.

Untuk memperkaya informasi tentang lokasi yang sudah ada dalam daftar POI, caranya klik nama lokasi, lalu klik icon "plus" pada bagian kanan bawah untuk menambahkan foto maupun review. Saya sudah mencoba mengunggah beberapa foto tentang kota tempat tinggal saat ini, Bogor. Foto hasil unggahan kita ditandai dengan tampilnya foto profil.


Saran pengembangan aplikasi Wisata Lokal.

Sebagai aplikasi yang baru diluncurkan akhir 2014 Wisata Lokal perlu banyak pengembangan fitur. Melihat manfaatnya yang sangat baik untuk memajukan pariwisata Indonesia, serta peluang kontribusi masyarakat, saya yakin aplikasi ini akan cepat disempurnakan.
Berikut beberapa saran saya,
  1. Perlu ditambahkan fitur informasi tempat makan, alat transportasi dan fasilitas umum lainnya. Saya lihat memang belum ada secara terpisah.  Mungkin informasi tersebut termuat dalam artikel maupun review yang bisa dicari melalui kolom pencarian (search). Namun jika terdapat fitur tersendiri akan lebih mudah pengguna menemukannya, sekaligus berkontribusi menambahkan informasi.
  2. Jumlah angka POI yang saat ini ada di aplikasi Wisata Lokal masih sangat sedikit dibandingkan ribuan obyek wisata di Indonesia. Jelas perlu tim yang lebih solid untuk melakukan pengumpulan data yang tidak sedikit. Lebih baik lagi jika aplikasi ini dipromosikan secara gencar sehingga lebih banyak masyarakat yang tergerak untuk menambahkan informasi dalam bentuk review maupun foto. 
  3. Adanya aplikasi Wisata Lokal memacu kompetisi sehat setiap daerah untuk mengembangkan wisatanya.  Yang langsung bisa dinilai adalah seberapa banyak jumlah POI obyek wisata di wilayah masing-masing. Seperti yang terlihat saat ini, POI terbanyak dimiliki oleh propinsi Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur. Bukan berarti propinsi lain kalah, melainkan belum tercatat saja dalam data aplikasi Wisata Lokal. Lebih lanjut, Wisata Lokal bisa menggandeng Dinas Pariwisata untuk menentukan bentuk kegiatan yang lebih tepat.  Misalnya adalah pemberian penghargaan (awards) pada propinsi dengan POI terbanyak, terbersih, terbanyak dikunjungi, terenak kulinernya dan paramater-parameter lain. Penghargaan ini akan memotivasi pemerintah daerah dan masyarakat untuk memperbaiki wisata lokal di daerahnya.
Sekarang nggak bingung lagi "liburan mau kemana ya?". Tinggal intip aplikasi Wisata Lokal, dan cari referensi tempat liburan. Aplikasi Wisata Lokal membantu mencarikan ide-ide destinasi wisata.

"Friend, ada liburan panjang nih, jadi mau ke luar negeri ?" 
"Nggak Ah, liburan ini aku mau habiskan waktu di Jepara saja"
"Lho, bukannya baru terima bonus tahunan?"
"Bukan soal budget. Soalnya sudah kadung cinta sama wisata lokal, sih !"


*****
Info website dan link aplikasi :
  • Android Apps: http://bit.ly/wisatalokal
  • Windows Phone Apps: http://bit.ly/wisatalokalwp
  • Ios Apps: [sedang dikembangkan]
  • Website: http://www.wisatalokal.net

Referensi :
www.wisatalokal.net
www.blogs.wisatalokal.net
http://www.republika.co.id/berita/koran/bincang-bisnis/15/01/26/nirw55-arief-yahya-menteri-pariwisata-ri-kita-akan-siapkan-wisata-khas

33 komentar:

  1. Bisa untuk membantu pelajaran sekolah biar tahu nama-nama wisata lokal

    BalasHapus
  2. wah keren, ada aplikasi ky gini :)

    BalasHapus
  3. Wuih, keren reviewnya Mbak.

    BalasHapus
  4. wah...saya baru tau...segera explore..makasih Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi buat yg suka jalan-jalan dan travel blogger..buat cari ide mba

      Hapus
  5. Wah aplikasinya menarik. Kayaknya seru menggunakan ini ya... :)

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Keke Naima sih jalan-jalan terus ya hobinya

      Hapus
  7. Aku baru tau ada aplikasi ini, asik juga ya kita bisa dapat informasi tempat-tempat wisata di Indonesia. Sayangnya di IOS belum available ya mbak aplikasinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, untuk IOS belum ada. Semoga segera

      Hapus
  8. Tergantung kebutuhan sih, mau wisata lokal ataupun luar.
    asal tujuannya beneran wisata, bukan untuk ajang eksis ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajang eksis juga nggak apa-apa, yang penting memajukan wisata :)

      Hapus
  9. Ooo ada aplikasinya tho...
    Makasih banyak ya, Mbak, seneng sekali mengetahui hal ini, hehe... saya baru tahu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah..berarti sekarang sudah tahu ya.. Alhamdulillah...

      Hapus
  10. Iya ya .. setuju... banyak sekali yang bisa di kunjungi di Indonesia ....

    Satu harapan ku sih ... agar tempat2 wisata Indonesia bisa lebih dijaga dan dilestarikan (eg. Jangan buang sampah sembarangan =( ), dengan dukungan dari warga, turis, pemerintah dan tentunya kita kita semua ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebersihan harusnya jadi gerakan nasional yang diseriusin ya..seperti seriusnya berantas korupsi.

      Hapus
  11. Waaa baru tau ada aplikasi ini mba...lucu juga ya...install ah..
    Btw mba, aku mau wisata dalam atau luar negeri gaaaa nolak...apalagi gratis *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Habisin dulu yang wisata lokal, baru keluar negeri. Dijamin, gak habis-habis hehehe

      Hapus
  12. wah ini seru...paling gak bisa tahu daerah wisata terdekat dulu, baru deh menjelajah pulau-pulau lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimulai dari yang dekat dan terjangkau dulu dong... :)

      Hapus
  13. waahhh info menarik ini mbaa.. trimakasih sharingnya.. *_*

    BalasHapus
  14. Aplikasi wisata lokal memang mantap

    BalasHapus
  15. wah baru tahu ada aplikasi ini jadi ingin nyobain juga

    BalasHapus
  16. Baru tahu ada aplikasi seperti ini, searching browshing ketemu blognya Mak Arin :)

    BalasHapus