Minggu, 31 Mei 2015

Ngeblog Seru dan Sehat

Ngeblog bukan lagi sekedar hobi, melainkan juga profesi. Kalau sudah ada hubungannya dengan profesi, mulai deh ada tuntutan jadwal terbit alias deadline. Deadline inilah yang biasanya dikejar-kejar para blogger. 

Banyak sebab seorang blogger sampai harus mengejar deadline. Di antaranya karena kebanyakan antrian tulisan. Namun tidak sedikit yang karena alasan menunda-nunda pekerjaan. Padahal kerjaan tidak banyak tapi baru menulis menjelang deadline dengan dalih "the power of kepepet" mendatangkan ide cemerlang. *tunjuk diri sendiri*

Saya pun tahu rasanya mengejar deadline. Demi menuruti skedul menulis yang banyak, walaupun satu persatu sudah diurutkan dari awal, tetap saja baru sanggup dikerjakan mepet deadline. Akibatnya, bela-belain begadang semalam suntuk, lupa makan-minum sampai lupa mandi. Parah! 

Untungnya saya tidak sering seperti itu, sih.  Ngeblog itu asyik, ngeblog itu seru. Tapi jangan lupakan kesehatan. Jadi ini rambu-rambu ngeblog sehat yang saya coba terapkan:
  1. Buat skedul. Sesulit apapun menepatinya, saya tetap menyusun jadwal antrian tulisan yang harus digarap. Dengan menulis jadwal setidaknya pikiran lebih siap dan mengurangi sebagian beban stress. Sebisa mungkin tidak menunda pekerjaan agar nggak perlu begadang mengejar deadline 
  2. Tidur cukup. Saya membatasi ngeblog maksimal jam 23.59. Jika lewat itu saya sulit tidur dan akan melek sampai jam 2 pagi. Sementara jam 5 pagi harus bangun untuk persiapan ke kantor. Kurang tidur nggak hanya kantuk yang akan mengganggu aktivitas seharian, tapi juga badan "masuk angin", mual, pening dan keluhan lainnya. Kalau sudah parah begini, obatpun tak mempan.  Satu-satunya penyembuhan adalah membayar hutang tidur. Gawatnya, membayar tidur biasanya lebih panjang dari waktu hutang tidur.
  3. Beri jeda waktu untuk makan dan minum. Ingat, ngeblog butuh energi. Perut akan menunjukkan alarm lapar tanda tubuh butuh asupan energi dan gizi. Saya tidak berani menunda makan. Saya pernah melewatkan satu kali waktu makan. Minum juga seingatnya. Akibatnya, badan meriang. Tapi sebaliknya, juga harus dihindari kebanyakan ngemil gara-gara dikejar deadline. Badan bisa melar.  Mendingan ngemil sehat buah-buahan ya kalau mulut pengen mengunyah terus menerus.
  4. Olahraga sejenak di sela menulis agar sirkulasi darah lancar. Misalnya jalan sebentar di dalam rumah, senam kecil atau sholat :)
  5. Batasi minum kopi maksimal 2 cangkir per hari. Jujur, kalau lagi ngeblog enaknya memang sambil ditemani kopi panas dan cemilan. Tapi kalau ngeblognya banyak dan seharian, masa iya mau minum kopi terus? Jadi saya membatasi maksimal 2 cangkir per hari. 
  6. Jangan lupa mandi. Hayo siapa yang sering keasyikan ngeblog sampai lupa mandi? Saya pernah sih sesekali pas lagi malas. Nyatanya nggak enak sama sekali. Orang yang sedang berpikir keringatnya keluar lebih banyak dan itu menyebabkan bakteri lebih banyak berkembang di tubuh. Selain bau badan yang bisa membuat pusing diri sendiri, malas mandi menyebabkan sumber penyakit kulit, hingga infeksi dalam. Jadi, rumus mandi masih 2 x sehari ya...jangan dibalik 2 hari sekali. 
  7. Be Happy. Apa bisa lagi stress dipaksa happy? Sulit memang, tapi jika kita berusaha, nggak perlu rasanya memaksa tubuh melampaui kemampuannya. Apapun hasilnya, saya mencoba menerima.
Itu tadi kebiasaan saya menjaga kesehatan yang seringkali terlupakan saat kita keasyikan ngeblog. Sekali lagi, ngeblog itu seru, dan tetap (ingat) sehat dong.

Tulisan ini untuk lomba Nutrifood #Healthagent dan menjadi juara 1

41 komentar:

  1. Wah bener juga tips jitunya bwt para blogger nih mak, ijin menyimak ingin menerapkannya supaya tidak dianggap dateliner hehehe...TFS ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deadliner kadang gak disengaja juga..karena kerjaan overload. Mau ngurangi kerjaan serba salah. Gak enak menolak.

      Hapus
  2. Iyaaaa benerrrr....kudu ngejar ditlennnn...
    tapi aku setuju untuk selalu happy ^^ apapun kalo dibawa hepi bawaannya enakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirimu sih kelihatan selalu happy Cha..

      Hapus
  3. bener Mbak, segala sesuatu harus tetep sesuai takaran...ngebog itu memang asyik...kalau ngawur n gak jaga kesehatan jadi gak asyik juga kan Mbak :)

    BalasHapus
  4. Kalo aku justru tidur sebelum jam sebelas, karena ngelonin bocah pasti ikut ketiduran hihi. Biasanya dini hari aku bangun lagi nyelesin kerjaan seblum bocah pada bangun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh, sukanikut tertidur pas keloni anak dan seringnya kalau aku bablas tidur sampai pagi hahaha

      Hapus
  5. Makan, ngeblog, dan olahraga teratur memang bermanfaat untuk menyehatkan jiwa raga. Apalgi jika ditambah doa akan semakin joss
    Semoga berjaya dalam GA
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doa untuk nutrisi batin ya Pak De.. bikin tenang dan obat stres

      Hapus
  6. Sudah lama nggak menulis yang kejar DL, karna masih ada pekerjaan lain, padahal rindu banget untuk ikut lomba atau review. Tapi apapun yang kita kerjakan point point di atas tetap harus diterapkan yaa... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berlaku untuk deadline2 kerjaan juga mbak :)

      Hapus
  7. kalau ngg mendekati DL ngg seru ya :)..aku lagi puasa ikutan lomba akhir-akhir ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...kata deadliner gitu memang... serunya pas dekat deadline

      Hapus
  8. Kayaknya aku yang nunda pekerjaan. Hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu.. kalau aku yg sok sibuk hehehe..

      Hapus
  9. keren tipsnya mbak.. ada point yg kadang lewat di tunaikan ni..wal hsil asyik di depan lepi, badan jd tumbang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Radiasi lepi juga kuat, makanya mata dan badan cepat lelah. Sesekali dialihkan fokusnya mbak. Jangan ke monitor terus

      Hapus
  10. Hapy yg paling penting mak, kalo nggak hapy ngerjainnya. Mlh jd susah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak..kalau heppy kerjaan cepet beres.

      Hapus
  11. Dekat deadline malah ide bermunculan..
    Hehe
    Tengkiukiu tipsnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...kita tidak sendiri, komunitas mepet deadline :)

      Hapus
  12. Waah healthy blogging nih...klo bs on schedule gt...hasilnya juga maksimal ya mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang godaan dari diri sendiri yang berat, skedul dilanggar :p

      Hapus
  13. Setuju, aku juga membatasi jam ngeblog nggak boleh lewat tengah malam supaya kegiatan lainnya tidak terganggu, kehidupan seimbang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos mak Lusi..nurut nasehat bang Rhoma Irama

      Hapus
  14. Kenapa ya pas dikejar deadline, ide untuk menulisnya jadi lancar jaya biarpun harus pake acara begadang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh, kenapa ya? Masih jadi pertanyaan saya juga hahaha

      Hapus
  15. Ih, ak banget mak. The power of kepepet. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gitu bikin deadline sendiri maju dari deadline sebenarnya, bisa?

      Hapus
  16. aduh mbaaak ini postingan berbau kopi2 begini hihihihi, kalo bubuknya diatas jam 12 dan sulit lg unt tidur. Org Jawa bilangnya "kancilen" mbak, bakalan mosting trus sampe pagi kalo udah begini mah, jangan deh hihihi :)
    Krn tidur itu penting bangeeeet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu yang kutakutkan, kalau kancilen badan masuk angin 2 hari ke depan..berabe kan?

      Hapus
  17. aku masih bandel mbak, suka gak menepati jadwal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak gampang..tapi ayo diusahakan terus

      Hapus
  18. Ibu Asa hebat! Bisa begadang ngeblog sampe larut banget ih!

    Kalau lagi ngejar DL, habis berapa cangkir kopi, Mbak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..kalau dituruti bisa bercangkir-cangkir. Tapi kubatasi maksimal 2

      Hapus
  19. padahal punya pekerjaan tetap yg menjanjikan di kantor tapi masih punya waktu buat ngeblog ya sist. sukses buat blog nya dan semangat terus buat menghasilkan tulisan-tulisan yg bermanfaat bagi pembaca.

    Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inggih pak, maturnuwun. Sukses ya bisnis propertinya

      Hapus
  20. Dulu awal-awal ngeblog, belum bikin skedul. jadi sering ngerjainnya mepet DL. Alhasil begadang dan tidur larut malam. Sekarang udah mulai bikin skedul. Tapi tetap aja sesekali begadang. Hehehe XD.
    Kalau saya istirahat ngeblognya bukan olahraga, tapi nonton drama. hihihihi XD

    BalasHapus