Selasa, 16 Juni 2015

Yuk, Main ke Police Station KidZania, Seru!

Kidzania Adventure.

Ketika saya dan Asa sedang asyik berjalan-jalan menikmati senja, tiba-tiba terjadi peristiwa penangkapan oleh beberapa polisi terhadap seorang penjahat berbaju garis-garis. Eh, tapi..kok...polisinya kecil-kecil?

Saya sempat mengambil video peristiwa tadi. Lihat deh, video berikut ini.




Yup! Keseruan tadi adalah di KidZania, Pasific Place Mall, Jakarta. Pada 3 Juni 2015 lalu saya "escape" dari rutinitas demi memberikan kado di ultah Asa yang ke 5. Kadonya adalah jalan-jalan ke Kidzania Jakarta, kota-nya anak-anak.

Hari itu bertepatan dengan opening ceremony Police Station.

"Malam" yang Meriah.
Walaupun hari sebenarnya masih siang, di dalam KidZania selalu terlihat suasana malam. Langit cerah berbintang dan lampu gemerlap. Acara opening ceremony  Police Station diadakan di Main Square KidZania. 
Main Square nan cantik
Opening Ceremony di Metropolitan Theater


Saya dan Asa di depan Police Station
Apa yang menarik dari Police Station KidZania?
Jawabannya adalah banyak !
Sejak mula establisment ini dibuka, anak-anak mengantri menunggu giliran untuk bermain. Police Station menjadi tujuan favorit anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan.

Mereka akan mengikuti simulasi menjadi polisi selama kurang lebih 20 menit. Mereka mengenakan seragam dan atribut selayaknya polisi,  lho ! Kelihatan dari raut mukanya mereka bangga dengan seragam yang dikenakan.

Ruang Training
Ruang Pengadilan
Penjahat di Penjara
Ruang Monitor CCTV
Di ruang training, para polisi cilik akan diberi edukasi mengenai bagaimana menjadi polisi yang baik.  Kemudian situasi menjadi tegang ketika seorang penjahat mencuri formula  dan berhasil melarikan diri.  Alarm tanda darurat berbunyi dari Polici Station. Nguing..nguing..nguing...!

Para polisi pun beraksi. Mereka terbagi dalam dua kelompok. Ada yang memantau ruang monitor CCTV untuk melihat keberadaan si penjahat. Kelompok lainnya keluar ke jalan dan menyusuri kota. Duh, dimana ya si penjahat itu sembunyi?  Berkat koordinasi yang baik, para polisi cilik yang sudah terlatih ini berhasil menemukan si penjahat.  Eh tapi enggak langsung mudah ditangkap, adegan kejar-kejaran pun terjadi. Fffiuh, akhirnya penjahat yang mencuri formula tertangkap juga. 


Selanjutnya penjahat disidang di ruang pengadilan. Awalnya si penjahat masih tidak mau mengakui perbuatannya. Di sinilah bukti-bukti diperlukan. Para polisi cilik ini belajar adanya proses pengadilan sebelum seseorang dimasukkan ke dalam penjara. 


Manfaat bermain di Police Station adalah anak belajar mengembangkan logika berpikir dengan mengumpulkan clue (bukti/petunjuk), menganalisa dan menyimpulkan kira-kira di mana penjahat berada.  Berperan menjadi polisi menumbuhkan naluri anak untuk memerangi kejahatan dan peduli pada lingkungan sekitarnya. Menjadi polisi itu keren!


Di akhir permainan, para polisi cilik ini akan mendapatkan gaji berupa uang 5 kidzos, celengan dan minuman. 


Mau ke KidZania lagi ! 


Begitu kata Asa. Sungguh hari yang seru dan menyenangkan buat saya dan Asa. Dari pagi mengikuti acara opening ceremony Police Station, dilanjutkan dengan bermain sepuasnya di KidZania. Asa mencoba berbagai establishment lainnya. Dan semuanya dilakukan oleh anak-anak bersama petugas di masing-masing establishment. Orangtua tidak boleh ikut masuk. Saya hanya bisa melihat dari luar kaca atau dari monitor. Asa jadi belajar mandiri dan berani. 


KidZania memang dunianya anak-anak,  lengkap berisi replika bangunan, pabrik, rumah sakit, pertokoan, kantor, kendaraan dan banyak lagi. Anak akan belajar berbagai peran, belajar arti bekerja, menghasilkan uang dan berbelanja.  Kami kagum suasana KidZania yang menyerupai kota sesungguhnya. Salut buat arsiteknya! Keren banget deh..


Ayo main ke KidZania!  Kamu bisa memilih yang kamu suka. Tempatnya luas kok, sekitar 7500 meter persegi.  Ada lebih dari 100 profesi bisa diperankan di sini. Menjadi polisi, dokter, pemadam kebakaran, chef dan banyak lagi.


KidZania, get ready for a better world.



Salah satu sudut kota Kidzania
Gemerlap malam di Kidzania
Asa mau ke KidZania lagi!

Video dan Foto : Murtiyarini

Pengisi suara : Cinta Ing Larasati (10 th)

38 komentar:

  1. seru banget ya kak asa main d kidzania.. Rafa jg mau ksana lg katanyaa... hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk...kapan ketemuan lagi di Kidzania..

      Hapus
  2. Seru banget maak... Aku cuma bisa ikeran liat ini karena di aceh engga ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru di Jakarta aja...aku juga baru ini ajak anak ke sana. Ayo pas libur panjang ke sini ajak anak-anak..

      Hapus
  3. wahh keren banget mak videonya...kakak ganteng jadi semakin ganteng ya jadi polisi yang baik...

    BalasHapus
  4. Wuaahh..salut....keren bgt dubbing n videonya...klop... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih amatiran nih mbak, tapi semangat bikin-bikin video :)

      Hapus
  5. Pengen kesana juga mak...
    Tapi, BTW, kenapa didesign-nya suasana malam ya mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau malam lampu-lampunya kelihatan bagus...

      Hapus
  6. Aku penasaran banget sama Kidzania udah lama hihiii... Kapan ya ada yg ngundang kesana tp anakku udah remaja semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang ada tiket untuk remaja juga. Buat hang out juga asyik.

      Hapus
  7. Jadi pengen deh ngajak Gibe ke kidzania. Nunggu pas diskon aja aahh...;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau juga dong kalau ada diskonan atau gratisan...ajak2 ya kalau ke Kidzania lagi

      Hapus
  8. Wah kumplit deh Mak Arin, suasananya seru, Videonya juga keren, ajarin dong mak Arin, kalo video masih gaptek nih mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Video amatiran kok, gabunginya pake aplikasi pembuat video.

      Hapus
  9. Semoga nanti bisa kesana lagi ya mak, dan jd polisi.

    Fotonya bagus2 mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mauu..mauuu... rencana mau bawa anak2 ngabuburit ke KidZania

      Hapus
  10. main ke kidzania bikin ketagihan...Azka juga pengen lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener...emak-emaknya pun ketagihan ya

      Hapus
  11. pengen ajak anakku ke sini deh, pasti suka tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastiiii...anak-anak senang di sini

      Hapus
  12. mau banget ke kidzania lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sering-sering ke FP Cap Kaki Tiga Anak, suka ada bagi2 tiket Kidzania lho

      Hapus
  13. huhuhu seru... coba kk rasyad ikutan ke kidzania kemarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ihhh...kenapa batal hadir?padahal seru banget...

      Hapus
  14. waah seru sekali yaa menjadi polisi cilik bisa menangkap penjahat. Kak Faris dan Devin juga ketagihan lho main ke kidzania. Sudah lima kali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebayang deh kalau Faris dan Devin main Polisi-polisian... aktif, dan seru

      Hapus
  15. kayanya seru nih main di sana, lain kali mau ajak ade ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kakak...ajak adek pasti senang.

      Hapus
  16. Haduuuh seru sekali kelihatannya ..... jadi kepingin ke sana Mak...eh pengen ikut acara seperti ini hihi.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua-duanya seru..ya acaranya ya KidZania nya..

      Hapus
  17. iiiih..asyik bangeettt ada persidangan juga, Mbak. :D
    Pasti Asa betah bgtt, ya.

    BalasHapus
  18. dulu pun di Kidzania udah ada kantor polisi. Tapi, belum pake sponsor kayaknya. Trus sejak pake sponsor, seragamnya kelihatannya ganti, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seragam lebih gagah dan skenario lebih seru

      Hapus
  19. seru banget ya mba acaranya :) keren juga tempatnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serasa di kota beneran...tapi mini

      Hapus