Jumat, 10 Juli 2015

Menjadi Tamu di Kantor Blibli.com

Bagian yang menarik dari sebuah event atau perlombaan adalah ketika saya berkesempatan mengunjungi si empunya acara. Jadi sedikit punya gambaran seperti apa sih kantornya dan bagaimana mereka bekerja.
Seperti buah dari kemenangan lomba blog Blibli.com (tulisan yang menang di link ini),  Mas Ryandy (Digital Content Editor) mengundang  saya untuk berkunjung ke kantor Blibli.com di kawasan Slipi, Jakarta Barat.
Kesempatan ini saya manfaatkan untuk "study tour" bagi anak-anak. Saya membawa mereka berdua bertamu ke kantor Blibli.com

Blibli.com tahun ini memasuki usia ke 4 sebagai online shop di Indonesia.  Tahun ini pula, Blibli.com mendapatkan penghargaan bergengsi Indonesia Net Promoter Score & Net Emotional Value 2015, artinya Blibli.com memperoleh tingkat rekomendasi konsumen yang baik versi Majalah Bisnis terkemuka SWA.


Kantor Blibli.com adalah sebuah kawasan tersendiri, terdiri dari gedung utama 4 lantai, gudang penyimpanan barang, halaman parkir yang luas dan ada masjid. Ini diluar dugaan saya. Maaf, sebelumnya saya tidak menyangka kantornya mandiri dan solid seperti yang saya lihat sekarang. Saya tiba pukul 10.00 menemui mas Ryandy. Saya juga disambut oleh Mba Dewi Siregar, bagian Public Relation.  Agenda hari ini adalah jalan-jalan ke bagian-bagian kantor Blibli.com.  


Di dalah satu dinding lobi depan terlihat tertempel foto-foto anak-anak sekolah yang merupakan bagian dari program Sharing for Caring para karyawan Blibli.com . Di setiap foto anak terdapat keterangan nama benda yang diinginkannya. Nah, masing-masing karyawan Blibli bisa memilih keinginan dari satu anak atau lebih yang akan dipenuhi, dengan menuliskan nama si Karyawan pada foto yang tertempel itu. Barang-barang yang akan diberikan tentunya dibeli dari Blibli.com. Kreatif idenya!


Moto "Shopping Everytime Everywhere" seperti yang tertulis di salah satu dinding sebenarnya adalah moto lama. Moto itu tahun ini diperbarui menjadi "Big Choice, Big Deals" karena Blibli.com merasa sudah saatnya memperbarui diri sesuai dengan semakin banyaknya pilihan dan promo yang ditawarkan setiap hari.

Naik ke lantai 2 adalah ruang customer care. Waaah,  di sana ada banyak karyawan yang siap menjawab konsumen baik by phone ataupun chat online. Hihihi..kirain yang menerima telepon saya hanya 1-2 orang, ternyata puluhan orang yang siap melayani konsumen.

Tim customer care
Sepanjang keliling kantor saya, mba Dewi dan mas Ryandy mengobrol. Termasuk tentang online shop competitor yang tengah dilanda kasus pesanan hp diganti sabun.  Menurut PR, kasus itu tak hanya berdampak turunnya kepercayaan pada online shop yang bersangkutan, juga berimbas pada keseluruhan online shop di Indonesia, justru di saat kepercayaan konsumen baru beranjak naik.

Saya bertanya tentang kenapa harga di online shop lain untuk satu jenis dan tipe barang yang sama tapi harganya berbeda. Mba Dewi menjelaskan, perbedaan harga dikarenakan perbedaan suplier/penjual.  Jadi konsumen harus cerdas membaca spesifikasi barang.  Kalau di Blibli.com, semua barang dijamin baru.  Sedangkan di online shop lain, ada beberapa gadget refurbished (bekas, kemas ulang) yang dijual.


Di lantai 3 adalah tim kreatif digital marketing. Ini dia otaknya blibli.com. Bagaimana promo dikemas, baik untuk web, promo sosial media, hingga ke promo televisi.



Tim digital creative
Dari tadi saya hanya melihat yang muda-muda di kantor Blibli.com ini. Betul, karena sebagian besar karyawan Blibli.com terdiri atas anak-anak muda dengan usia yang tidak terlalu jauh berbeda. Mereka adalah orang-orang kreatif yang tergabung dalam tim yang solid. Yup, dua hal yang wajib diperlukan untuk sebuah tim digital marketing. Dari merekalah berbagai kampanye sekaligus program inovatif dilahirkan. Blibli.com merupakan situs belanja online yang pertama kali menjalankan program cicilan 0%. Selain itu, Blibli.com juga menjadi pionir untuk program Midnight Delivery, yakni program pengiriman langsung meskipun pemesanan pada tengah malam sekalipun.

Ruang kerja yang menyenangkan.

Saya pernah melihat kantor yang nyaman  adalah di kantor Google Indonesia.  Sekarang saya menemuinya lagi di kantor Blibli.com. Ruang-ruang diskusi didesain dengan bentunk-bentuk unik dan nyaman untuk ngobrol santai. Bagi karyawa, Blibli menyediakan makan siang di kantin yang bersih, luas dan nyaman. Jadi karyawan tidak perlu capek-capek mencari makanan ke luar kantor. Dan bagi karyawan perempuan yang menyusui, Blibli menyediakan ruang laktasi yang nyaman dan bersih. Karyawan menyusui boleh meminta jeda waktu untuk ke ruang laktasi. Blibli juga memberi keleluasaan untuk karyawan yang masih mempunyai bayi untuk ijin saat anak sakit atau perlu ke dokter. 

Ruang makan
Ruang Telur untuk diskusi
Ruang laktasi
Ruang kaca
Wawancara. 
Selain jalan-jalan, agenda saya ke kantor Blibli.com adalah untuk wawancara sekaligus shooting. Ecieee.... :) Ada mas Kadek selaku kameramen dan mba Dewi sebagai pewawancara.  

Saya ditanya motivasi ikut Blibli Blog Competiion. Hm...motivasinya hampir sana dengan lomba-lomba lainnya, yaitu tertantang berkompetisi. Apalagi hadiahanya menggiurkan banget. Lomba blog Blibli ini sedikit berbeda dengan lomba lainnya karena diadakan 2 tahap. Dari ratusan peserta disaring menjadi 10 besar finalis untuk membuat tulisan baru. Kalau ketentuan lomba secara umum relatif mudah. Dan yang saya hargai betul, Blibli memegang janji, pengumuman tepat waktu. Ya, sebagai penyuka lomba blog yang sudah ikut lomba ratusan kali, cukup sering penyelenggara menunda pengumuman, bahkan ada yang kabur dan nggak jelas akhirnya gimana. Blibli enggak begitu dong, pengumuman tepat waktu. Saya pun merasa tersanjung nih sampai diundang ke kantor Blibli. 

Ada juga pertanyaan bagaimana tips menang lomba. Saya jawab seperti yang sudah beberapa kali saya tulis di blog ya. Silakan ubek-ubek sendiri bagi yang belum baca.  

Khusus untuk lomba Blibli ini saya menulis berdasar pengalaman berbelanja. Jadi saya benar-benar mencoba beli di blibli.com lalu mencatat setiap proses transaksi. Detil dan poin-poin menarik dari  transaksi itulah yang saya ceritakan.

Wawancara berjalan santai sekitar 30 menit. Di akhir wawancara ada sesi penyerahan hadiah secara simbolik. Kalau dananya sih ditransfer usai lebaran. Alhamdulillah... 

Nggak hanya itu, pulang dari kantor Blibli anak-anaku masing-masing dikasih godiebag isi kaos, topi, tas, blocknote dan voucer belanja. Inilah plusnya bawa anak-anak ikut serta. Mereka dapat ilmu dan pengalaman, juga hadiah. Sekali lagi, terimakasih Blibli.com





Merekam wawancara





Hasil wawancara ini juga dimuat di web blibli.com 

https://www.blibli.com/friends/blibli/inilah-pemenang-blibli-com-blog-competition/

8 komentar:

  1. Selamat mbak Arin. Outfit-nya keren deh :D

    BalasHapus
  2. Apiik yo mbak kantornyaa,hadiahnya banyak bingiits

    BalasHapus
  3. Wah, dapet banyak hadiah ya, mak. Hihi. :D Kalo ecommerce memang banyak tantangannya, butuh tangan anak2 muda yang kreatif buat bikin kemasan yang unik. :D

    BalasHapus
  4. Ruang telur itu, penasaran dalamnya gimana, mbak :)

    BalasHapus
  5. Keren ih kantornya. Colourfull dan memancing ide kreasi

    BalasHapus
  6. Gilakkk! Gak nyangka deh kantornya kece banget kayak gitu :D

    BalasHapus
  7. Selamat mak Arin..waw hadiahnyaa, mantap mak! :D Seru banget kantornya, keren..kapan kesana lagi mak, ikut yaa, hehehe

    BalasHapus
  8. aku suka bgt blnja online sbnrnya...tp slama ini nyoba olshop yg lain..BLIBLI biasanya fav suamiku :D... tp kyknya memang prlu dicoba jg blnja di sini sekedar tau mana yg lbh bgs dibanding olshop lain :)

    BalasHapus