Langsung ke konten utama

Pengalaman Mobil Ringsek (Naudzubillah)

Hari naas itu 15 September 2014. Dalam ketenangan pagi, ketika mobil kami berjalan lambat memasuki area parkir di kantor saya.


Brakkk!!

Sebuah hantaman keras mengenai pintu kanan depan mobil secara tiba-tiba. Rupanya, seorang penumpang di mobil yang tengah parkir membuka pintu mobilnya sekeras-kerasnya dan selebar-lebarnya. Daun pintu mobilnya menancap mantap di badan Toyota Avanza biru saya.



Kami terperangah. Yang langsung saya ingat adalah betapa banyak biaya perbaikan untuk kerusakan sedemikian parah. Si pelaku panik, saya tahu dia mahasiswa yang belum berpenghasilan. Bagaimana mungkin dia mau mengganti biaya perbaikan? 

Saya marah sekali atas kecerobohannya. Bagian pintu kanan ringsek. Bahkan suami saya yang duduk di kursi supir tidak bisa membuka pintu. Terpaksa dia keluar dari pintu kiri. Parah!

Lalu saya menelepon sales yang membantu menguruskan layanan purna jual. "Tenang bu, kita dicover Asuransu Astra Garda Oto" jelasnya. "Saya akan bantu mengurus klaimnya. Ibu hanya perlu ikut untuk mendampingi."

Maka kami ke kantor Garda Oto di jalan Pajajaran Bogor. Untungnya mobil masih bisa berjalan. Urusan klaim hanya memakan waktu 1 jam. Mobil akhirnya masuk ke "dokter" Garda Oto selama 2 minggu ke depan untuk diperbaiki dengan suku cadang baru. Dan berapa biaya yang saya keluarkan? Hanya sekitar Rp. 300.000 saja untuk biaya administrasi. Wow... Alhamdulillah. Seketika hati saya tenang.


Garda oto adalah layanan asuransi mobil dari Asuransi Astra. Saya menjadi klien Asuransi Astra secara otomatis karena saya membeli mobil mencicil melalui leasing ACC (Astra Credit Companies). Asuransi Astra sudah ada sejak 12 September 1956. 


Beragam keuntungan dan kemudahan saya dapatkan dari Garda Oto. Saya sadar, ketika membeli mobil, sudah satu paket dengan resiko berkendara di jalan raya. Banyak kemungkinan bisa terjadi. Karena itu saya membutuhkan perlindungan untuk mobil secara khusus dan kenyamanan serta ketenangan perjalanan secara umum. 

Garda Oto melayani 2 jenis perlindungan mobil, yaitu perlindungan comprehensive dan perlindungan total lost only.  Perlindungan comprehensive menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan sebagian (Partial Loss) maupun keseluruhan (Total Loss), dari semua risiko sepanjang tidak dikecualikan dalam polis. Sedangkan Total Loss Only (TLO) menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan keseluruhan, hanya jika biaya perbaikannya diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan . Perlindungan TLO juga menjamin kerugian apabila kendaraan hilang dicuri.


Baru-baru ini saya mengunduh aplikasi Garda Mobile Otocare. Saya lebih sering menyebutnya Otocare. Setelah diunduh, saya masukkan nomor rangka kendaraan. Secara otomatis data mobil saya muncul dalam aplikasi.

Otocare membantu saya memantau kondisi mobil agar senantiasa prima. Ada fitur yang bisa mencatat pengeluaran bensin dan servis untuk mengetahui total biaya operasional per bulan dari kendaraan kita. 


Otocare dilengkapi beberapa fitur pengingat, antara lain kapan harus memperbarui SIM, STNK, melakukan servis berkala, serta saat polis kendaraan akan berakhir. Ini penting banget karena biasanya kita sering lupa memperbarui kelengkapan berkendara. Padahal jika kelengkapan berkendara semua ada, perjalanan lebih tenang kan?



Gangguan saat berkendara bukan hanya karena kecelakaan dan kerusakan kendaraan lho. Sering terjadi mobil mogok karena kehabisan bensin. Bisa juga kejadian sang pengemudi pusing di tengah jalan dan memerlukan obat. Atau penumpang lapar dan ingin membeli makanan di supermarket. Mencari-cari lokasi untuk SPBU, Rumah sakit, Swalayan cukup menyita waktu. Apalagi kalau di daerah yang belum dikenal. Misalnya dalam perjalanan ke luar kota. Nah, aplikasi Otocare mampu menampilkan daftar kantor cabang Asuransi Astra, Garda Center, Rumah Sakit, SPBU, Supermarket, dan Apotek yang diurutkan berdasarkan tempat yang paling dekat dengan lokasi kita. Syaratnya, cukup aktifkan GPS pada smartphone, dan lokasi-lokasi terdekat akan ditampilkan.


Dalam kejadian naas yang menimpa saya tahun lalu, saya panik dan menghubungi sales untuk klaim service. Dengan mengunduh aplikasi Otocare, ada 2 layanan mudah agar kita terhubung dengan Garda Oto. pertama dengan panggilan telepon. Kedua dengan mengisi form pengajuan klaim di aplikasi Otocare.

Saya pernah mencoba melakukan pengajuan klaim. Bukan karena ada kerusakan, sekedar ingin tahu seberapa cepat direspon. Setelah saya mengisi klaim malam hari esok paginya petugas Garda oto menelpon saya. Dugaan saya, kalau saya mengajukan klaim siang hari, respon akan lebih cepat karena jam kantor.  

Seiring waktu saya mulai mempelajari seluk beluk mobil. Tidak perlu terlalu teknis, setidaknya saya tahu cara merawat kendaraan.  Aplikasi Otocare menyediakan banyak tips perawatan mobil dan bagaimana berkendara yang baik. Aneka artikel terkait hal itu bisa dilihat di fitur Knowledge.

Sekarang berkendara jadi lebih tenang. Setidaknya saya tahu apa yang harus saya lakukan dan kepada siapa minta tolong di saat darurat.

*Sekedar berbagi* Semoga tidak terulang lagi.

Komentar

  1. Seringkali kita berhati-hati eh...org lain yg ceroboh ya mak, untungnya di tanggung asuransi, allhamdulillah :)

    BalasHapus
  2. kalau nggak diasuransiin gitu pas kenapa-kenapa berat ya mbak..emang kudu asuransi biar kantong g jebol..ngehindari kenapa2 :") untung ada otocare ya

    BalasHapus
  3. omg, itu ce lg ngamuk berat pas buka pintu, sampe2 hasilnya bisa sepenyok itu mba??? udh kyk tabrakan hasilnya, bukan sekedar terlalu keras buka pntu :O

    tp emg bner, asuransi mobil itu ptg bgt...aku jg pake utk mobilku...walopun alhamdulillah stelah 3 thn, baru 1x doang dipake...ga ngarep jg kenapa2 sih :D

    BalasHapus
  4. Punya mobil di JKT rasanya gak tenang klo ga pake asuransi. Mulai yg kecil2 kyk diserempet motor smp musibah ttt yg gak terduga. Lumayan berat klo ga ada asuransi. Membantu bgt memang. Sukses ngontestnya mak. Btw sy barusan follow mak. Monggo folbek jika berkenan. Makasyii

    BalasHapus
  5. jadi tidak dibohongi juga ya mbak kalau ada aplikasi ini

    BalasHapus
  6. Sekarang segala macem ada aplikasinya. Memudahkan buat kita ya, Mak. Apalagi Garda Oto ini. Berguna banget tuh...

    BalasHapus
  7. Alhamdulillaah bisa dicover ya, Mbak. Beruntung ada asuransi.

    Itu ada fitur near me juga, ya. Membantu banget.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah ya mba
    untungnya di tanggung asuransi :)

    BalasHapus
  9. ya ampuunn itu kenceng amat buka pintunya sampe bikin mobil orang lain penyok. Untung ada asuransi, ya

    BalasHapus

Posting Komentar