Jumat, 16 Oktober 2015

Grand New Veloz dan Gaya Hidup Urban


Sudah 19 tahun saya tinggal di Bogor, kota di mana pada malam hari jumlah penduduknya meningkat. Mereka adalah para pekerja ibu kota yang pada malam hari memilih pulang dan istirahat Bogor. Baru pada akhir pekan bisa kumpul keluarga dan bersenang-senang.  Itulah salah satu karakteristik masyarakat urban di sekitaran Jakarta.  Dan suami saya salah satu pelakonnya. 

Bagi kami, mobil adalah kebutuhan penting, nyaris wajib.  Tahun lalu kami membeli mobil All New Avanza warna biru dengan cara mencicil. Faktor kegunaanlah yang membuat kami menjatuhkan pilihan pada Avanza. Dengan budget yang sedang-sedang saja, kami tidak ingin bertaruh ratusan juta untuk mobil yang belum teruji secara massal. Maka pilihan mobil "sejuta umat" Avanza kami rasa sangat tepat. Ini bukan soal beli baju yang kalau nggak cocok bisa dikasihkan orang dan beli lagi. Ini beli mobil, lho! Cari yang paling banyak dipakai orang. Soal gaya kriteria nomor dua. Namun nyatanya Avanza sudah sangat merepresentasikan citycar yang stylish kok. Kalau nggak keren, mana bisa memikat hati banyak orang. Iya kan?

Satu bulan yang lalu adalah jadwal rĂ¹tin cek mobil di Auto 2000. Sambil menunggu Avanza diservice, saya mampir ke showroom. Eh, ternyata ada yang baru. Toyota meluncurkan Grand New Avanza dan Grand New Veloz.  Yang sangat menarik perhatian saya adalah Grand New Veloz warna merah. Wuuih, warna merahnya segar dan elegan. Eksterior dan interiornya juga sangat stylish. Grand New Veloz memang mobil dengan exterior dan interior stylish dan trendy lifestyle


Menyesal kadung beli Avanza yang lama? Enggak dong, karena Avanza  terbukti tangguh dan irit. Dan kalaupun nanti ingin ganti Grand New Veloz, Avanza kami pasti masih laku dengan harga tinggi. Lagipula, kalau masih ada space garasi, kenapa tidak punya 2 mobil?

Arti mobil bagi Masyarakat Urban.

Mungkin kami mewakili sebagian masyarakat urban. Bermobil bagi keseharian kami adalah untuk antar jemput sekolah, ke kantor, belanja dan keliling kota di akhir pekan. Setahun sekali mudik dengan banyak barang bawaan. Karena itu kriteria mobil keluarga harus mengakomodir hal-hal berikut:
  • Bagi keluarga yang sering kemana-mana bersama-sama seperti kami, mobil menjadi kebutuhan semi wajib agar semua bisa terangkut. Keluarga muda rata-rata beranggotakan 4-5 orang. Kadang-kadang bertambah personel kalau ada saudara atau teman yang ikut serta. Jadi idealnya, pilih mobil berkapasitas 7-8 orang.
  • Mobil sebagai kendaraan yang cepat dan aman. Motor memang cepat, tapi apakah aman? Sementara kendaraan umum masih suka ngetem, dan untuk trayek tertentu terpaksa harus berganti-ganti kendaraan umum. Kalau kendaraan umum itu jenis roda empat sama saja akan ikut dalam antrian kemacetan jalan raya.
  • Bagi yang "hidupnya di jalan", misalnya sering berkunjung dari satu kantor ke kantor lain atau menginap diluar kota, serta akrab dengan kemacetan, mobil akan menjadi rumah kedua. Kenyamanan kursi menjadi faktor penting, baik untuk pengemudi maupun penumpang.  Barang-barang kebutuhan pribadi penting untuk selalu tersedia di mobil. Dari baju, alat ibadah, obat-obatan, hingga makanan. Kalau perlu, sediakan selalu koper di bagasi untuk keperluan pribadi. Itu artinya space bagasi harus cukup luas.  
  • Bagi pengguna mobil secara intensif, sehari bisa puluhan hingga ratusan kilometer, angka penggunaan bahan bakar minyak (BBM) sangat diperhitungkan. Karena kalau diakumulasi selama sebulan, biaya pembelian bensin bisa menakjubkan. Selain faktor ekonomi, hemat BBM juga membantu upaya menjaga lingkungan.
  • Pada lingkungan kota yang padat, city car ideal adalah yang tidak terlalu besar, namun masih nyaman bagi penumpangnya. Mau parkir gampang. Mau nyelip-nyelip di jalan juga gampang bermanuver. 
  • Karakter sebagian urban kelas menengah perpaduan antara ndeso tapi sok kota (seperti saya ini,  hahaha) ingin segala sesuatunya dibeli dengan harga murah tapi gaya. Sekali waktu ingin bisa nongkrong di cafe lalu upload di media sosial, tapi kenyataannya hanya sanggup sebulan sekali dengan penghematan di pos lain. Kalau datang ke kondangan pernikahan ingin mobil kinclong, gaya dan mewah. Pengen beli mobil keren tapi nggak mau yang second. Tapi ya harus kembali sadar pada pendapatan. Jangan sampai dapur berhenti mengepul demi beli mobil mahal.  Lagian sebagai pasangan Swasta - PNS sudah bisa ditebak kok dilevel mana penghasilan kami. Jadi pilihlah mobil harga sesuai pendapatan, cicilan mudah, performa bagus, servis gampang, dan tetap stylish.
---> Dengan berbagai kriteria tersebut, Grand New Veloz tampaknya adalah jodoh yang tepat.  


Perubahan Avanza/Veloz menjadi Grand New Avanza/Veloz bukan sekedar ganti nama. Perubahan eksterior adalah pada kap mesin, bemper depan, headlamp dan panel body depan. Bentuk lampu depan Grand New Avanza/Veloz juga lebih pipih. Pada bagian belakang perubahan adalah pada bentuk lampu. 

Grand New Veloz adalah varian tertinggi dari Avanza. Perbedaan desain Veloz dengan Avanza adalah pada arah bentuk grill trapesium pada bemper. Grand New Veloz grill trapesium bagian bawah melebar, kebalikan dari Avanza. Bentuk grill ini membuat Grand New Veloz berkesan kokoh dan sporty.  Nggak salah kalau dikatakan sebagai mobil untuk keluarga stylish.

Bagian interior Grand New Veloz didominasi warna hitam sehingga berkesan gagah dan elegan. Audio Systemnya telah dilengkapi LCD 6,1 inchi, touchscreen CD, DVD, AM/FM, USB, AUX, Bluetooth dan Ipod. Kontrol audio bisa dilakukan dari stir. Pada bangku baris ketiga  sudah terbelah baik pada masing-masing sandaran maupun dudukan sehingga lebih mudah diatur sesuai kebutuhan space.

Grand New Veloz  mengadopsi mesin berteknologi Dual VVT-i dengan kekuatan 1300cc dan 1500cc untuk performa lebih baik. Teknologi dual VVTi mampu bekerja efisien dengan menggabungkan antara intake dan exhaust sehingga pengisian ruang bakar maksimal dan hemat bahan bakar. Ini menjawab kebutuhan masyarakat urban akan mobil hemat energi dan ramah lingkungan. Pada dashboard telah dilengkapi Ecolamp Indicator, yaitu lampu indikator yang terintegrasi pada panel speedometer untuk menunjukkan tingkat efisiensi berkendara. 

Dengan mobil yang irit bahan bakar, sebaiknya menggunakan BBM non subsidi dan berkualitas. Pilih BBM dengan kadar oktan lebih tinggi  sehingga menghasilkan pembakaran optimal. Jenis BBM yang bersih juga membuat mesin kendaraan mudah awet.  

Mobil stylish harus didukung perilaku tertib lalu lintas. Mobil keren bukan untuk sombong dan ugal-ugalan, malu ah sama mobil :) Patuhi kecepatan maksimal di jalan. Jaga keselamatan diri, keluarga dan pengguna jalan lain. Sadar nggak sih, kalau main serobot dan nggak sabar antrian membuat jalan semakin macet? Dengan tertib lalu lintas, kemacetan akan berkurang.


Grand New Veloz meningkatkan kualitas berkendara masyarakat urban dengan memahami gaya hidupnya.



Tulisan ini menjadi finalis lomba blog Toyota Avanza-Veloz 2015.

otomotif


4 komentar:

  1. Waah sudah pakai Avanza.Tinggal upgrade ke New Grand Veloz mbak..

    BalasHapus
  2. Selamat mak Arin, have fun jalan2nya:)

    BalasHapus
  3. Veloz marun, sungguh bikin manyun!

    BalasHapus