Minggu, 22 November 2015

BNI Debit Online, Sahabat Mama Berbelanja


Sudah rahasia umum, jadi mama itu sibuknya minta ampun. Urusannya banyak dan semuanya penting. Dari urusan keluarga hingga urusan kantor. Dari urusan sekolah hingga urusan rumah. Begitulah hari-hari saya sebagai mama. Jadi kalau ada yang bisa membantu mempermudah urusan, pastinya saya senang sekali. 

Dua hal yang saya syukuri adalah kehadiran internet dan telepon selular. Dalam banyak aktivitas keduanya membantu saya. Misalnya hal yang paling sering adalah untuk membaca informasi dan berbelanja online. Urusan mama tak jauh dari urusan dapur dan rumah tangga. Berbelanja adalah hal yang paling sering dilakukan karena sifatnya penting. 
Dulu, urusan belanja ini menyita waktu. Sekarang dengan bantuan internet, toko-toko online bertebaran dan belanja pun bisa dilakukan dari rumah. Tinggal pilih-pilih barang, bayar, barang akan diantar ke rumah. 

Dulu saya belanja online hanya untuk kebutuhan fashion, sekarang merembet ke makanan, susu, bibit tanaman, peralatan rumah tangga hingga furniture. Hampir semua barang bisa dibeli secara online.

Namun belanja online bukan tanpa resiko dan menyulitkan. Kendala saya saat belanja online adalah:

  • Ketika memilih pembayaran COD (Cost on Delivery), barang diantar saat saya tidak di rumah. Repot kan kalau saya harus berdiam  diri di rumah seharian. Sementara kalau COD kan uang harus dibayar langsung, mau titip ke satpam kuatir merepotkan. Karena tidak gampang menyimpan uang milik orang lain. 
  • Ketika memilih pembayaran transfer, saya harus terkoneksi internet saat melakukan i banking. Atau harus ke ATM untuk melakukan transfer. Jalannya lumayan. Seringkali saya tidak ada waktu lagi, bahkan sampai expired tenggang waktu transfernya dan saya masih tidak sempat tranfer. Terpaksa deh, mengulang proses dari awal.
Seluk beluk dan resiko belanja online pernah saya tulis di blog ini.

Baru-baru ini saya mengenal cara baru bertransaksi, yaitu BNI debit online. Awalnya agak bingung apa bedanya dengan BNI Credit Card dan BNI Debit yang saya miliki. Setelah baca sana sini jadi tahu bedanya.

BNI Credit Card menggunakan nomor kartu dan Nomor keamanan yang ada pada kartu. Sifat nomornya tetap. melekat pada kartu sepanjang masa berlakunya. Dalam penggunaanya saya harus berhati-hati dan selektif memilih merchan. Nomor pengaman harus dijaga kerahasiaanya. Kartu BNI Credit Card saya berlogo Visa.

BNI Debit bisa digunakan untuk bertransaksi langsung pada merchan berlogo BNI dan Mastercard. Biasanya menggunakan PIN. Sedangkan 
BNI Debit Online adalah cara transaksi menyerupai BNI Credit Card namun menggunakan nomor virtual. Cara mendapatkannya adalah registrasi sms banking terlebih dahulu di Bank BNI. Setelah itu setiap kali transaksi harus SMS banking untuk request VCN. 

Kelebihan BNI Debit Online :
  • Proses mudah, cukup dengan sms banking.
  • Aman, karena virtual number hanya berlaku 2 jam dan bisa digunakan sekali saja.
  • Bukan kredit atau hutang karena diambil dari tabungan BNI.
  • Nominal yang sesuai dengan nilai belanja. Tidak perlu kuatir saldo terkuras.
Saran pengembangan:
  • Diperbanyak kerjasama dengan toko online agar semakin banyak yang bisa belanja menggunakam BNi Debit Online. Termasuk bisa untuk bayar cicilan, PDAM, listrik dan lain-lain. 
  • Ada beberapa merchan kerjasama yang menurut promo webnya bisa, namun setelah dicoba lakukan transaksi ternyata gagal. Semoga bisa diperbaiki.  (Silakan japri jika ingin tahu merchannya apa)
Tidak semua toko online sudah bisa menerima BNI Debit Online. Tapi sudah lumayan banyak. Biasanya yang bisa menerima BNI Credit Card  juga menerima BNI Debit Online. 

Untungnya salah satu marketplace langganan saya sudah bisa belanja dengan BNI Debit Online, yaitu Blibli.com dan Traveloka.com.  Terakhir kali saya belanja di Blibli.com minggu lalu, untuk membeli kaos Big Hero 6 permintaan anak saya, Asa. 

Step by stepnya begini:

  1. Setelah terdaftar sms banking, bisa kirim sms atau dengan aplikasi BNI sms banking menu free syntax. Ketik: Req VCN Nominal belanja . Tunggu beberapa saat untuk menuliskan 2 digit PIN sms banking sesuai yang diminta.

2. Setelah menerima SMS balasan, masukkan VCN, CVC2, Valid thru (masa berlaku) ke kolom entry pembelian dengan BNI Debit Online. Semua akan berubah-ubah angkanya setiap kali transaksi. 
3. Jika nomor yang dimasukkan benar dan proses berhasil akan ada notifikasi di web onlie shop, juga akan masuk sms notifikasi bahwa saldo berkurang sejumlah nilai pembelian. Jika nominal yang diminta lebih besar, jumlah yang diambil dari rekening mengikuti jumlah real belanja kok. Tidak perlu kuatir.

Mudah kan? Jadi ketagihan belanja kebutuhan keluarga dengan BNI Debit Online.  Dengan kemudahan dan kemanaan BNI Debit Online, sebagai Mama yang sering berbelanja akan sangat terbantu.

11 komentar:

  1. acikkk jadi lebih mudah ya mbak pakai ini...aku pernah nyoba sekali..habis itu jadi sistem transfer... soalnya takut kelebihan wakau dikreditin lagi seh ke tabungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada plus minusnya sih transfer dan debit online.

      Hapus
  2. Oh..baru ngerti ini, BNI debit online pakai virtual number, lebih aman

    BalasHapus
  3. komplit mba ...BNI peduli sama kenyamanan dan keamanan customernya ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin komplit layanan BNI. Pelanggan bisa memilih yg paling sesuai

      Hapus
  4. BNI online bikin belanja online makin mudah ya, Mbak.

    Aku belum pernah belanja furniture. Pingin nyoba tapi pasti ongkir mihil. :D

    BalasHapus
  5. ga kepikiran bisa pake BNI debit online *tepokjidat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru juga diperkenalkan kok *ikuttepokjidatmbakworo*

      Hapus
  6. harapannya, semoga makin banyak market palace yang terdaftar

    BalasHapus