Rabu, 02 Desember 2015

Bermain Kreatif dengan Morinaga Chil-Go!


Welcome December !


Bulannya para mama merayakan motherhood. Perayaan saya sederhana, melihat kembali apa yang sudah dilakukan dan mana yang masih kurang. Dan pencapaian yang diperoleh anak-anak sudah cukup menjadi hadiah terindah buat saya.

Nggak terasa, desember ini Asaku sudah waktunya pendaftaran masuk SD. Asa siap menjelang tahun ke 6 nya. Waaaa, udah gede anak mama! Semoga masih mau ya dicium-cium terus…

Ingat waktu dia masih baby imut menyusu ASI sampai 2 tahun. Trus mulai mandiri dan menyapih diri, perlahan berganti ke susu pertumbuhan. Perasaan saya antara lega karena sudah berhasil lulus ASI 2 tahun, tapi juga kangen breastfeeding moment. Sudah deh ya, nggak boleh mellow lama-lama.


Sekarang Asa sudah besar. Susu cair pertumbuhannya adalah Morinaga Chil-Go! Awalnya kenal Morinaga Chil-Go! pas lagi bingung mencari botol susu (dodot) yang menarik buat Asa sebagai pengantar weaning (sapih). Kebetulan saya melihat botol susu Morinaga Chil-Go! Asyik juga ya kalau di rumah disediakan susu cair pertumbuhan, pikir saya. Kan Asa sukanya minum air dingin dari kulkas. Jadi kalau disediakan Morinaga Chil-Go! di kulkas, dia bisa 'swalayan’ ambil sendiri, kapan saja dia mau. Nggak pake repot, hehehe… ini mamanya kok males banget sih??


Ke sininya, semakin terasa manfaat memilih Morinaga Chil-Go! , yaitu:

  • Morinaga Chil-Go! adalah susu cair pertumbuhan anak 1-12 tahun yang diformulasikan dengan nutrisi untuk otak (Kolin, Inositol, Vitamin B Kompleks, Zat Besi dan Yodium) dan nutrisi untuk daya tahan tubuh ( Prebiotik Inulin, Zinc, Kalsium, Vitamin A, C dan E) yang sesuai untuk pertumbuhan anak pada periode emasnya.  Jangan salah ya, Morinaga Chil-Go! bukan susu kental manis atau susu cair biasa. 
  • Dengan bentuk cair dan kemasan botol, Morinaga Chil-Go! mudah disajikan dan diminum anak secara mandiri. Anak bisa mengambil sendiri, suka minum lagi dan lagi.
  • Morinaga Chil-Go! mudah dibawa bepergian kemanapun. Kesempatan untuk minum susu jadi lebih banyak. Mama tidak perlu lagi repot membawa termos air, susu bubuk dan botol susu kemana-mana. Cukup bawa beberapa Morinaga Chil-Go! , pulang sudah habis. Gampang kan..ringan…jadi mama bisa bawa barang belanjaan yang lain #eh
  • Morinaga Chil-Go! rasanya enak. Ini Asa yang bilang lho.. dan setelah saya cicip memang iya Morinaga Chil-Go! rasanya enak. Anak kecil mana bisa dibohongi soal rasa. Saya juga jadi lega kalau Asa suka Morinaga Chil-Go! jadi nggak tergoda jajan susu cair yang nggak jelas kadar dan kualitas susunya.
  • Buat anak yang lengket banget sama dodot-nya, Morinaga Chil-Go! bisa mengalihkan perhatian dari dodot. Morinaga Chil-Go! bisa dengan disedot langsung atau dituang ke gelas. Jadi membantu banget proses penyapihan, baik menyapih dari ASI maupun dari dodot.

Dear Mama (Dear My self), minum susu itu nggak sekedar minum susu lho…

Minum susu itu lebih dari sekedar kenyang dan sehat. Mama, anak dan susu bagaikan segitiga yang setiap hari urusannya melibatkan ketiganya. Iya nggak? Jadi kenapa tidak dimanfaatkan sehingga bisa meningkatkan bounding, kreatifitas dan kecerdasan buat anak, juga buat mama.


Asa sebenarnya gampang minum susu, tapi saya pikir seru juga kalau ritual minum susu diselingi dengan bermain kreatif. Selain nutrisi, anak juga butuh stimulasi. Caranya adalah bermain, bermain dan bermain. Karena bermain adalah dunia yang disukai anak, maka di situlah kita ikut nyebur ke dunianya. 



Akhir-akhir ini saya dan Asa suka bermain kreatif bersama Morinaga Chil-Go! Siapa tahu ide ini bisa dipraktekkan juga oleh para mama.


KidActivity #1 Bermain angka bersama Morinaga Chil-Go!

Caranya dengan menempel angka di atas botol Morinaga Chil-Go! Saya minta Asa mengurutkan dari 0-9 dan sebaliknya. Selain mengurut bisa juga dimodifikasi dengan latihan menjumlah, memilih angka lebih besar dan lebih kecil, disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak. 


Anak TK umumnya sudah mulai mengenal hari dan bulan. Bermain angka bisa dihubungkan dengan urutan hari dan bulan. Mengurutkan angka sambil mengurutkan nama hari dan bulan.





Manfaat bermain angka: 

  • Mengasah kemampuan anak untuk berhitung dan mengenalkam satuan hitung sebagai pondasi belajar berhitung di sekolah. 
  • Anak belajar nilai yang lebih besar dan lebih kecil. Pada anak yang agak besar dapat dilanjutkan dengan belajar penjumlahan dan pengurangan.
  • Belajar mengurutkan angka membuat anak latihan memperkirakan apa yang terjadi berikutnya dalam kehidupan sehari-hari. Misal kelas diurut dari 1-6 SD, usia urut dari 1, 2, 3 dst, hari urut minggu-sabtu dan banyak contoh lain.
Bosan main angka? Bisa kok selingi dengan main huruf di botol Morinaga Chil-Go!


Kid Activity #2 Cari Morinaga Chil-Go! Favoritmu.

"3 beruang coklat, merah muda dan putih menyembunyikan Morinaga Chil Go! yang lezat. Bisakah kamu temukan rasa favoritmu ada pada beruang yang mana?"


Dalam 3 mug beruang saya simpan 3 Morinaga Chil Go! dalam posisi acak, warna botol tidak sesuai dengan warna mug.




Kemudian Asa mengendap-endap mengintip ciri-ciri Morinaga Chil-Go! favoritnya. Dia paling suka rasa coklat. Diintipnya mulut beruang, terlihat botol  Morinaga Chil-Go! menyembul sedikit. Tapi Asa tidak boleh membuka tutupnya sampai pencariannya benar. 


Kalau belum puas, ulang permainan dengan mengacak kembali isi mug beruang dengan warna isi berbeda.


Manfaat permainan ini:

  • Anak belajar mendeteksi, mengenali seluruh benda hanya dengan melihat bagian kecilnya. 
  • Anak belajar teliti bahwa tidak selalu warna bungkus sama dengan warna isi.
Pastinya permainan ini seruuuu! 



Kid Activity #3 Bed time story with Morinaga Chil-Go!

Nah, ini sebenarnya aktivitas paling gampang untuk rutin dilakukan. Asa biasanya yang nagih minta diceritakan hampir setiap malam. Sambil cerita, sambil minum Morinaga Chil-Go! Kalau belum mengantuk biasanya cerita sambil mengobrol. 


Asa itu anaknya suka banget  bicara. Jadi kalau lagi baca buku cerita gini, bukan saya yang cerita, tapi malah dia yang bercerita,hihihi.. Walaupun belum bisa membaca dengan lancar, Asa cerita berdasarkan gambar yang dilihatnya. mengarang sendiri, gitu. Ujug-ujungnya sering melawak. Asaaaa, kamu lucu banget sih Nak! Kalau dekat Asa pasti mau tertawa saja lihat dia ceriwis bercerita. 


Manfaat Cerita: 
  • Bonding time. Membacakan dongeng untuk anak dapat mempererat ikatan antara Mama dan anak. Di sela membaca cerita, kesempatan saya memancing anak menceritakan tentang dirinya, perasaannya, dan kesukaannya. 
  • Mengenal bahasa. Membaca cerita mengenalkan anak pada kosakata yang lebih banyak.
  • Mengenal moral. Pada sebuah cerita dapat kita temukan banyak nilai moral yang bisa dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari.
  • Meningkatkan imajinasi. Dari cerita anak bisa membayangkan kejadian dan hal yang belum pernah dilihatnya langsung. Anak bisa berimajinasi. Cerita yang diserapnya bisa menstimulasi anak untuk menciptakan  imajinasinya sendiri dan menuangkan dalam bentuk cerita verbal atau menggambar.

Yang terlihat dari gambar di atas kami sedang membaca cerita peternakan. Ada peternakan sapi, ayam, domba, dan kuda. Dari cerita ini Asa jadi tahu darimana susu Morinaga Chil-Go! berasal.


Kid Activity #4 Tebak dan Ingat bersama Morinaga Chil-Go!
Saya buat 16 kartu (atau angka genap lainnya) yang dibaliknya diberi tulisan dan gambar, masing-masing 2 rangkap setiap tulisan/gambar. Saya susun kartu secara acak di lantai membentuk persegi. Kemudian saya minta Asa membuka 2 kartu sekaligus yang dia pilih secara acak. Jika keduanya bergambar sama, kartu boleh terus dibuka, jika berbeda kartu harus ditutup kembali. Demikian seterusnya hingga seluruh kartu terbuka.



Tulisan/karakter dibalik kartu disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak.




Setelah Asa berhasil menyelesaikan tantangan, baru deh minum Morinaga Chil-Go! tapi kalaupun belum berhasil ya nggak apa-apa juga minum Morinaga Chil-Go! biar tambah semangat. Yang penting kan serunya;)

Manfaat permainan ini:

  • Melatih daya ingat anak.
  • Mengenalkan bentuk bagi anak usia batita, menenalkan huruf dan angka bagi prasekolah. 
Kid Activity #5. Simple cooking with Morinaga Chil-Go!

Salah satu cara agar anak tidak bosan dengan susu adalah menyajikan dan mencampurnya dalam menu yang berbeda. Beruntunglah anda para mama yang jago memasak. Sedangkan saya tidak pandai memasak...hehehe

Tapi nggak kekurangan akal, saya pilih menu-menu simpel saja, dengan bahan-bahan yang gampang diperoleh plus Morinaga Chil-Go! Lebih seru lagi kalau anak diajak ikut memasak. 

Minggu lalu saya dan Asa mencoba bikin "Vla Chil-Go! Oreo". Bahannya gampang, 3 sendok tepung maizena dicampur dengan 3 botol Morinaga Chil-Go! rasa vanila lalu direbus sekitar 3 menit. Setelah itu giliran Asa meletakkan oreo di dalam cetakan, lalu tuang vla  Morinaga Chil-Go! dan taburi bagian atasnya dengan oreo yang telah ditumbuk. Simpan dalam lemari es sebelum dinikmati. Gampang banget kan.

Kalau mau yang mudah dan sehat saya memasak kacang ijo atau sereal plus Morinaga Chil-Go! Bubur kacang ijo dengan gula merah saya buat dalam jumlah agak banyak dan disimpan di kulkas. Sengaja saya tidak menggunakan santan. Pas mau dimakan, minta Asa menuangkan 1 botol Morinaga Chil-Go! dalam mangkok bubur Kacang Ijo. Tadaaa...jadilah Bubur Kacang Ijo Morinaga Chil-Go!


Mau yang praktis buat sarapan? Sereal gandum rasa coklat plus Morinaga Chil-Go! rasa vanilla atau strawbery. Dijamin enak! Kalau serealnya rasa jagung dan putih, gunakan campuran Morinaga Chil-Go! rasa coklat. Gampang dan praktis. 




Manfaat Memasak bagi anak:
  • Mengenal bahan-bahan makanan dan sedikit demi sedikit dikenalkan gizi dan manfaatnya.
  • Mengenal manfaat susu untuk tubuh
  • Mengenal rasa makanan lebih bervariasi
  • Belajar mengukur komposisi
  • Mempererat bonding mama dan anak :)
  • Anak lebih semangat makan.
Kid Activity #6 Go to The Zoo with Morinaga Chil-Go!
Tidak semua orang dewasa sayang binatang. Karena itu perlu dikenalkan sejak dini agar anak mengenal binatang, sayang dan melestarikan. Jalan-jalan ke kebun binatang atau peternakan adalah cara mengenalkan pada anak tentang berbagai jenis kehidupan binatang.  Seperti pengalaman Asa bukan September lalu, jalan-jalan ke Batu Secret Zoo di Jawa Timur. Keren tempatnya. Saya rasa Secret Zoo ini cocok disebut sebagai kebun binatang moderen dan edukaif. Selain menampilkan koleksi binatang, di sana juga banyak papan tebak-tebakan pengetahuan tentang binatang.


Luas sekali kawasan Batu Secret Zoo. Kami sampai kelelahan jalan kaki. Sambil lihat-lihat binatang, Asa minum Morinaga Chil-Go! beberapa kali agar tidak kehausan dan menambah energi.





Nah seru kan bermain kreatif bareng Morinaga Chil-Go! Yang saya ceritakan disini hanya sebagian kecil dari ide bermain kreatif dan seru yang bisa diciptakan oleh mama dan anak. Minum susu semakin seru, anak yang tadinya nggak suka susu jadi suka. Yang sudah suka jadi tambah pintar.
Secara umum manfaat bermain bagi anak :

1. Meningkatkan koordinasi mata dan tangan
sehingga anak-anak akan lebih bagus dan presisi dalam melakukan gerakan.
2. Meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dalam perencanaan maupun strategi untuk mendapatkan hasil akhir yang diinginkan. 
3. Mengajarkan kerja sama tim
4. Mengajarkan ketekunan
5. Memperbaiki mood
7. Mengajarkan ilmu akademis
8. Menyatukan anggota keluarga


Morinaga Chil-Go! adalah produk inovasi unggulan dari Kalbe Nutritional, yang berkomitmen memproduksi produk-produk nutrisi berkualitas terbaik. Kalbe bekerjasama dengan Morinaga Jepang untuk memproduksi susu pertumbuhan anak, salah satunya Morinaga Chil-Go! Misi Kalbe Nutritionals adalah We Provide wellness to millions- menyediakan produk dan layanan kesehatan bagi masyarakat. 

Bermain dapat menstimulasi kecerdasan anak, sedangkan Morinaga Chil-Go! mendukung fisik dan otak anak agar mampu beraktivitas dan menyerap infomasi dengan baik. Kandungan Kolin dan Inositol berperan dalam menyimpan memori, berpikir, berbicara dan gerakan sadar. Vitamin B Kompleks, Zat Besi dan Yodium merupakan vitamin dan mineral yang berperan penting pada sistem saraf dan konsentrasi anak.

Untuk menjaga daya tahan tubuh anak, Morinaga Chil-Go! dilengkapi Prebiotik Inulin 1000 mg yang merupakan prebiotik (makanan bagi bakteri baik) dan serat pangan untuk kesehatan saluran cerna, Zinc untuk sistem imunitas tubuh, Kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi, serta vitamin A, C dan E untuk melindungi sel tubuh.

Banyak ide permainan dan stimulasi tumbuh kembang anak yang bisa dilihat di  Facebook :(www.facebook.com/morinagaplatinum). Sedangkan info produk lebih lanjut bisa dilihat di www.morinagaplatinum.com .


Pastinya sebagai mama saya ingin Asaku menjadi generasi platinum yang multi talenta. Karena itu di masa emasnya ini harus dioptimalkan perkembangannya.

Kasih sayang Mama + Stimulasi + Morinaga Chil-Go! mendukung generasi platinum yang sehat, cerdas dan multi talenta.

Desember, tak lupa saya ucapkan "Selamat Hari Ibu/Mama", selamat mendampingi anak-anak tumbuh menjadi generasi platinum yang bertakwa dan bermanfaat untuk sesama. 

42 komentar:

  1. Asa pipinya bikin gregetan....kreatif nih mamanya bikin permainan sm botol chil go

    BalasHapus
    Balasan
    1. Botolnya sayang kalau nggak dimanfaatkan.

      Hapus
  2. Asaaa kamu nii ceriwis bangett.
    Daan... mamanya kreatip, keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa...dia emang suka ngobrol sama orang

      Hapus
  3. Hadeeh, kalau levelnya ratu kontes emang beda ya. Sudut pandangnya itu lho, selalu beda. Ajaran aku cik gu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yam..yam..yam...sudut pandang dari manapun Asa emang gemesin kan? hihihi

      Hapus
  4. Waah Asa pinterrr bangeet ya. Mamanya juga kreatif...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih tante Nunung...cocok nih kalau ngobrol sama Asa

      Hapus
  5. Motherhood selalu bikin aku 'meleleh', apalagi pas di foto yg bacain cerita. Itu gerak2 model slideshow ya..Inspiring. Selamat hari mama, semoga kita bisa jadi mama terbaik tuk anak kita, anak generasi platinum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Generasi platinum yang bertakwa tentunya..

      Hapus
  6. Asa... Kangen euy. Mbak Arin emang super kreatif. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kangen juga sama mas Saka...kapan main ke Bogor?

      Hapus
  7. kreatif....selamat hari ibu Mama Arin!

    BalasHapus
  8. wahh kreatif banget bikin game untuk Asa..
    btw, saya gagal fokus nih ama mug dan sendoknya, mauuuuuuuuu.... hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belinya di toko aksesoris. Emang suka pilih2 yang lucu gitu biar seru

      Hapus
  9. Mbaaaak, itu GIF-nya luccuuu. Nggak kreatif gimana, lha wong bisa bikin permainan dari botol susu, macem2 lagi. Ish, gemeeeessss sama pipinya Asa. *gagalpokus*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau intip youtube morinaga banyak banget contoh permainan seru dan gampang

      Hapus
  10. keren bangeeet, asa main pintar ya, udah besar sekarang. Mainan bersama chil go pasti menyenangkan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Morinaga Chil-Go! teman main yg seruuuu

      Hapus
  11. mbak Arin kok jadi terharu sendiri membaca paragraf2 awal, hiks dasar emak cengeng aku :)

    BalasHapus
  12. Asa kamu lucu amat siiiihhh :D
    Mainan angka2nya mau nyobain aaaah buat anakku yang lagi seneng nyanyi wan tu ti for sepanjang hari :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tante Pungky...jangan dibuang botol susunya..buat game seru deh

      Hapus
  13. Asa keren banget main sambil minum susu chil-go! tambah pinter ya nak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi..padahal mamanya yang harus ekstra usaha demi minum susu seru

      Hapus
  14. Emaknya kreatip banget bikin permainan seru dari botol morinaga

    BalasHapus
  15. mama kreatif pastinya anaknya ikut pintar :-)
    Asa dodotnya mau dong hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak kenal dodooot...kenalnya Morinaga Chil-Go! :)))

      Hapus
  16. Kreatif bgt ni main sambil minum chil go, nutrisi dan stimulasi dapet semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yang melupakan stimulasi padahal nutrisi dan stimulasi sama penting

      Hapus
  17. Aduh cakeeepppp banget postingan iniiiiih ....juara juara juaraa

    BalasHapus
  18. Aaah Asa, kebayang ceriwisnya dia. Tapi pantes kok dia banyak bicara, tanda-tanda anak kreatif.
    asa kreatif karena bundanya juga kreatif membuatkan mainan untuknya.
    Mba Arin, sukses yaa

    BalasHapus
  19. Wah... Mak Arin sudah bener-bener meluruskan niat awal ngeblognya. Kereeeeen. Chil Go memang disukai anak-anak. Gudlak, Mak Arin :)

    BalasHapus
  20. Halo ASA, suka sama yang rasa cokelat ya, Alfi suka banget sama rasa cokelat, bolak balik dia minum itu terus, salam buat pipi tembemnya ASA

    BalasHapus
  21. Ikutan permainan kreatifnya Asa aaahh... sepantaran ya ternyata sama Faris. Pasti bakalan seneng nih Faris bermain kreatif seperti Asa :)

    BalasHapus
  22. Idenya bagus, pengen nyoba ah, keren ah inspiratiff banget

    BalasHapus
  23. Seruuu sekali bermain angka kayak gitu ya. Apalagi melibatkan susu kesukaan anak. Kreatiiip ih mamanya

    BalasHapus
  24. Mbaa....foto foto itu jepretan kamera apa? mupeng nih...#kreatif bener

    BalasHapus
  25. Ini mbaaa maksudnya yang di status itu? Aku langsung kepo. Gile keren amat. Itu pake apa mba supaya bisa keluar slide show foto2? Hehehe

    BalasHapus