Kamis, 31 Desember 2015

Donor Dana ke PMI, Semulia Donor Darah.

Seandainya saya tahu, siapa pendonor 2 kantong darah yang telah menyelamatkan nyawa anak saya 8 tahun silam. Saya ingin menyampaikan terimakasih. Ketika tetes demi tetes darah memasuki tubuh mungil anak saya, teriring terimakasih dalam hati pada sang pendonor. Siapapun itu.

Darah itu diperoleh dari bank darah PMI, di salah satu rumah sakit besar di Jakarta. Kami beruntung stock darah tersedia dan anak saya segera tertolong.

PMI peduli membantu sesama. Saya telah merasakan bantuannya. Sejauh saya tahu, PMI identik dengan donor darah. Padahal, ketika saya kunjungi website Penangulangan kehidupan di Jakarta, kontribusi PMI pada kegiatan sosial kemanusiaan sangat besar. Tugas PMI antara lain mengorganisir donor darah dan bertindak dalam penanggulangan bencana. 

Di balik kegiatan donor darah, diperlukan serangkaian test, penyimpanan dan distribusi darah yang memerlukan sarana dan prasarana yang tidak sedikit dan tidak murah. Pendistribusian darah dilakukan untuk 41 Rumah Sakit yang memiliki Bank Darah dan 403 RS/klinik lain yang belum memiliki Bank Darah. UTDD PMI DKI didistribusikan ke Bank Darah dan RS ada 35 RS yang mempunyai bank darah.

Sedangkan untuk penanggulangan bencana PMI membuka posko dan penggalangan bantuan, tindakan pertolongan, dan pembukaan dapur umum. Usai bencana, masih perlu pertolongan perawatan kesehatan pasca bencana misalnya karena ada wabah penyakit.

PMI butuh pendonor darah.
PMI membutuhkan tenaga relawan agar membantu kegiatan sosial PMI.
PMi butuh dukungan dana yang tidak sedikit untuk biaya operasional kegiatan sosial kemanusiaan di atas.
Inilah kesempatan kita berkontribusi.

Bulan Dana PMI
PMI yang dibentuk oleh dari masyarakat dan untuk masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Karena itu masyarakat merupakan sumber dana yang utama.  Di Bulan Dana PMI, diharapkan lebih banyak masyarakat yang tahu dan peduli akan pentingnya kontribusi mereka untuk PMI. Besarnya sumbangan tentunya berbeda pada setiap lapisan ekonomi. Bulan Dana PMI ini sebenarnya berlangsung setiap bulan atas kerja keras panitia di wilayah kabupaten/kodya.

Jika belum mampu membantu dengan tenaga dan donor darah, kita bisa membantu dana. Bantuan tenaga, darah dan dana sama-sama mulianya.

Ayo peduli bantu sesama. Mari sisihkan sebagian uang untuk menolong sesama dan rasakan nikmatnya bisa berbagi manfaat dengan orang lain.

Untuk pengumpulan dana bisa transfer langsung ke rekening:
  • Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin Nomo Rekening : 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya Nomor Rekening : 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda Nomor Rekening : 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
Palang Merah Indonesia bekerja atas nama pemerintah, dengan landasan hukum Keppres No. 25 tahun 1950 dan Keppres 246/1963 tentang PMI. Jadi PMI itu lembaga resmi lho, jangan ragu berkontribusi!

Saya pernah merasa ditolong oleh PMI. Saya pun ingin bisa menolong sesama bersama PMI.



15 komentar:

  1. Pernah donor sekali langsung lemes hehe. Pengen donor lagi tapi belum sempat terus mendatangi posko-posko padahal suami rajin donor sayang nggak pernah ngajak-ngajak :D

    BalasHapus
  2. dari setetes darah yang begitu berarti untuk kesembuhan sesama ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..saya tahu rasanya berharap pada darah donor

      Hapus
  3. Ini cara lain berkontribusi utk PMI bagi yg takut diambil darah kayak aku. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bumil jangan donor darah dulu...donor uang aja

      Hapus
  4. bener banget mbak..krn ada org yang sering ga eligible waktu mau donor darah..kayak saya hehe. jd tetep bisa berbagi dengan dana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesempatan kita berkontribusi. Tapi bukan berarti enakan donor dana trus kecenderungan malas donor darah :) Yang fisiknya mampu donor darah sangat mulia!

      Hapus
  5. pengen banget bisa mendonorkan darah untuk orang lain, apa daya aku takut jarum suntik

    BalasHapus
  6. Kalo saya bb krg kalo buat donor, drh rendah pula

    BalasHapus
  7. Kadang pengen donor, mbak; tapi mengingat pernah kena TOXO, jadi kok rada takut ya, takut nularin ke orang.

    BalasHapus
  8. Pengen ikut donor darah. Tapi selalu ditolak karena kendala tekanan darah saya rendah. Jadi, sepertinya ikutan ngumpulin dana aja ya ke PMI :)

    BalasHapus
  9. Saya masih harus nunggu 10 bulan lagi untuk bisa donor, soalnya 2 bulan yg lalu habis operasi, tapi kadang juga enggak bisa karena Hb rendah dan lain hal.
    Trims infonya Mba.. :)

    BalasHapus
  10. aku dulu pernah mba...dan pengen lagi nantinya jika ada kesempatan. Tapi pasca kemo apakah boleh donor darah ya? hmmm

    BalasHapus