Langsung ke konten utama

Memotret Jejak Langit 2016

Capture the sky, and save your story with it.


Memotret langit adalah hobi sederhana yang saya lakukan hampir setiap hari. Sejenak setelah kaki menapak keluar rumah, langit adalah lukisan alam yang saya perhatikan. "Apa kabar langit hari ini?"

Langit adalah seni mahakarya yang Kuasa. Lukisan langit selalu berubah pada setiap detik berjalan dan pada setiap jengkal tanah yang kita lewati. Memotret langit secara sengaja atau tidak, akan merekam cerita hari itu. Bahkan seringkali, saya baru menyadari sesudahnya. Setelah saya lihat-lihat ulang hasil foto-foto langit. Ada kenangan cerita di balik jejak langit yang saya capture.

Suasana langit bisa mempengaruhi suasana batin saya. Ketika langit mendung, hati perlahan ikut mendung. Kuatir akan banyak hal. Bukan sekedar ingat jemuran di rumah, tetapi juga takut kehujanan dalam perjalanan pulang pergi kantor, takut dokumen basah, takut anak ikut kehujanan dan sakit. Karena itu, memandang langit sebelum keluar rumah dapat membuat saya lebih siap membawa payung atau mantel. Sebaliknya, ketika langit cerah, ringan kaki melangkah. Hati cerah ceria. Konon ini ada hubungannya dengan cahaya matahari. 5 menit terpapar matahari pagi, tubuh mengeluarkan hormon yang mampu memperbaiki mood. Masuk akal juga, sih. Nah, saat cuaca sebenarnya tengah mendung, melihat kembali koleksi foto-foto langit saat cerah dan indah bisa membuat saya bersemangat. 

Look at the sky. We are not alone. The whole universe is friendly to us and conspires only to give the best to those who dream and work.
(A.P.J.Abdul Kalam)

Langit Madiun, saat mudik.
Langit saat pembangunan jalan layang Bogor.
Langit saat saya ke Singapore untuk undangan blogger.
Langit tol Jagorawi di hari biasa
Langit tol Jagorawi saat terkena limpahan asap dari Jambi dan Riau 
Awan putih, perpaduan keanggunan dan keagungan. Pertanda hujan badai sudah dekat di Bogor.
Langit minggu yang cerah, secerah hatiku hari itu
Langit Gunung Salak suatu sore

Kulihat pelangi menyembul sedikit
Langit sore saat dinner dengan keluarga
Jejak langit hari-hari kemaren menjadi pengingat pencapaian saya. Sebentar lagi, tahun baru, adalah momentum melangitkan cita-cita saya tahun depan. Saya ingin merekamnya dalam jejak langit 2016.

Saya memotret langit paling sering dengan kamera smartphone. Tapi tidak selalu capture-caption-upload, saya lebih suka menyimpannya dalam folder untuk dilihat kembali sewaktu-waktu. 

Kendala memotret langit yang saya alami adalah lambatnya start up kamera pada smartphone. Mungkin karena smartphone lama saya sudah terlalu penuh kapasitas memorinya. Mungkin juga karena kurang RAM masih rendah, dan kinerjanya sudah menurun. Maklum, smartphone saya sekarang ini belum ganti sejak 2 tahun lalu. 

Tahu kan apa jadinya kalau kamera terlambat siap? Misalnya saat saya lagi dalam kendaraan, posisi pengambilan gambar keburu berubah. Yang tadinya di jalan yang lapang, langit terlihat jelas, 10 detik kemudian keburu masuk ke perumahan padat langit tertutup tiang listrik. Itu salah satu contoh kendala memotret langit. Contoh lain pas jalan-jalan lalu kebetulan melihat sunset yang cantik. Tahu kan rasanya kalau sampai matahari keburu nyungsep di cakrawala sementara kamera smartphone baru on? Nyesek...deh!

Kendala lain, gagal memotret langit karena memori penuh. Foto-foto sebelumnya lupa belum dipindahkan ke PC. Konyol kan? Atau, saat pelangi muncul, buru-buru mengambil smartphone, eh, ternyata lowbatt. Eaaaa....! Terlewatkan sebuah momen cantik langit berpelangi.


Selamat Tahun Baru 2016.
Saya simpan banyak harapan dan rencana pada jejak langit mendatang. Ijinkan saya bercita-cita setinggi langit, memotret langit Eropa, langit Arab, langit Jepang, langit Australia yang selama ini baru saya lihat dari foto orang lain. Aamiin. 

Komentar

  1. oppo r7 emang pas nih bwt merekam jejak langit 2016 dikau nih mak arin, smoga dpet yak, amiiinn :D

    BalasHapus
  2. Kayaknya aku juga perlu smartphone baru buat berburu foto kupu2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kupu2 benda bergerak, wajib pake kamera yg flash focua kayak OPPO R7s

      Hapus
  3. Wah, keren tulisanya, pasti hasilnya nanti "sesuatu banget" he he he

    BalasHapus
  4. Semoga kesampaian ya bisa moto pakai Oppo

    BalasHapus
  5. wah..salah satu kompetitorku di lomba ini mba Arin. langsung berubah jadi miniatur..dan kabor..hahah

    BalasHapus
  6. Dan aku mau posting malah ilang semua tulisannya mbak. Hiks. Padahal udah pasang banner.

    BalasHapus
  7. mak Arin, selalu beda :) Oppo R7s memang memukau ya mbak :)

    BalasHapus
  8. Huwaaaa aq pecinta langiitt.. sukses mak syg

    BalasHapus
  9. Iya mbk sukA juga aku motoin langit, bikin hati adem, heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya langit bikin mood. Pas kabut asap hati suram ya mba.

      Hapus
  10. Aku juga suka langit mba arin. Duuh, makin ngerasa diriku ini cuma sekedar butiran debu di jagad kosmik ini deh..

    BalasHapus
  11. Temanya di luar dugaan. Saya juga ngiler dengan Oppo R7s :)

    BalasHapus
  12. Langit pun menjadi bagian dari inspirasi

    #Lagi kutemukan inspirasi darimu mak :)

    BalasHapus
  13. Sukaaaa dengan foto-foto langitnya da tulisan Mbak Arin. Semoga dapat ya Mbak kamera Oppo nya

    BalasHapus
  14. Langit itu luas dan enak memandangnya. Berasa hidup dan berwarna..

    Semoga menang reviewnya..

    BalasHapus
  15. Aku juga suka moto langit..aku suka awan putih itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langit eropa lebih dramatis. aku pengen motret aurora

      Hapus
  16. Pas kemaren itu sempat ada pemandangan indah langin senja kereennnn banget sayanganya aku gak punya kamera yg bisa menangkap moment itu..... Huhuhu andaaii andaiiii ada R7s yaaa heheheh

    BalasHapus
  17. Aku sering membahasakan langit dengan angkasa, hehehe. Langit punya banyak kisah ya mba, dan saat difoto, seperti sebuah labirin yang menyimpan banyak cerita.
    Tulisannya selalu unik, keren

    BalasHapus
  18. aku juga suka memandang langit.. tak terbatas kita sdg dimana.. keren tulisannya, keren fotonya :-)

    BalasHapus
  19. wah oppo januari roadshow ke jogja dan feb inshaAllah di solo, oppo memang makin premiun smartphonenya ya bu? btw itu nyobanya di galeri ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyobain di OPPO store cibinong city mall. Sudah kutulis di sana info lokasinya

      Hapus
  20. Agak beda gaya tulisannya tapi tetap keren. Semoga bisa memotret dengan Oppo tahun depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Terimakasih mba Ety. Kudu beda dong..biar menghibur pembaca hehe

      Hapus
  21. WOW .. calon juara nih.
    Keren Mak, sampe bela2in mengunjungi OPPO STORE-nya ... brilian \Semoga menang yah. Saya iklhas kalau dirimu jadi pemenangnya :)

    BalasHapus
  22. Kalau sampai kelewat capture moment yg kita suka, kadang bikin gregetan ya, Mbak.

    BalasHapus
  23. eaaaa smartphone inceran emak gadget nih kalo sudah di review, kameranya Oppo sudah sama ya ukurannya dengan smartphone yang harganya mendekati puluhan juta itu, RAMnya oke banget nih, kendala yang bikin saya agak rewel ya RAM itu soalnya kepingin cepet kalo buka palikasi atau ketiaks edang multitasking

    BalasHapus
  24. Keren2 bgt foto langitnya... apalagi klo pake oppo r7s ya, pasti makin kece

    BalasHapus
  25. Keren,keren, kereeennn!
    Keren langitnya, keren OPPO-nya
    Keren semuaaa

    BalasHapus
  26. Bener2 total mak arin cari datanya, idenya wah...pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sambil ngemall mbak..emang suka lihat2 hp baru sih

      Hapus
  27. memorinya gimana? oppo kan memorinya msh byk selalu trtulis full

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba konsultasi ke Oppo center terdekat. Jangan2 karena mas salah setting atau salah baca :)

      Hapus
  28. Semoga tercapai cita-cita mbak Arin untuk memotret langit jepang, eropa, juga arab. Aamiinn

    BalasHapus

Posting Komentar