Kamis, 07 Januari 2016

Fun Blogging 8, Kereeeeeeen !

Selembar kertas post-it kuning tertempel di meja. "Tuliskan 2 keinginan berupa materi yang ingin kamu dapatkan dari ngeblog", kata Haya Aliya Zaki. Lalu saya tuliskan ini :



Mencari materi dari blog sebenarnya itu bukan "niat awal" saya untuk nge-blog. Hehehe, apa perlu bicara niat di sini? 

Beda tipis mungkin, niat awal saya nge-blog adalah mendokumentasikan karya tulis dan foto (yang sebagian besar memang menghasilkan materi). Lihat bedanya? Kalau sekarang, blog-nya langsung yang diharapkan bisa menghasilkan materi. Niat saya terus berkembang. Kalau lebih baik, kenapa harus kembali?

Kertas itu adalah oleh-oleh yang saya bawa dari Fun Blogging 8. Kertasnya entah kemana, tetapi yang saya tuliskan di situ terekat terus di pelupuk mata. Bahkan saat mata saya terpejam sekalipun. 

Fun Blogging 8, sebuah workshop sehari bertemakan "Dari Hobi menjadi Profesi". Acara ini diadakan di Gratia Center Pondok Pinang, Jakarta Selatan pada 19 Desember 2015. Ada 3 pemateri Fun Blogging yaitu Haya Aliya Zaki, Shinta Ries dan Ani Berta. Sudah sejak Fun Blogging 5 saya mendaftar, tapi selalu kehabisan kuota dan tidak cocok waktunya. Akhirnya saya berkesempatan juga di Fun Blogging 8. Duh, tahu kan rasanya berjerawat karena penasaran menunggu. Soalnya saya sudah banyak baca dari tulisan peserta sebelumnya tentang manfaat belajar di Fun Blogging.

Walaupun tema utama Fun Blogging ke arah monetizing blog, materi-materi yang disampaikan berfokus pada peningkatan kualitas konten, desain blog, networking dan branding blogger. Artinya, monetizing blog yang didasarkan pada kualitas blog dan blogger, tidak hanya sekedar demi rangking mesin pencarian
Haya Aliya Zaki

Haya mengawali kelas dengan menularkan motivasi nge-blog. Bermula dari keinginan yang ditulisnya pada selembar kertas, lalu ditempelkan di meja kerjanya, Haya ingin bisa ke luar negeri dari blog. Dan keinginannya terwujud di tahun 2015. Selanjutnya Haya berhasil pada pencapaiannya saat ini, sebagai fulltime blogger yang profesional.

Materi dari Haya tentang bagaimana menulis konten yang keren. Titik beratnya adalah pada tulisan yang bertenaga dan rapi sesuai EYD. Karena blog ditulis untuk dibaca orang lain, maka penting untuk menulis dengan kalimat dan ejaan yang benar agar tidak menimbulkan salah persepsi. Sangat dianjurkan menggunakan kalimat santai dan luwes, asalkan bukan kata-kata alay.

Shinta Ries. Foto dari IWITA
Materi berikutnya bertema "Advance Your Blog Platform" yang dibawakan oleh Shinta Ries. Menurut Shinta, desain template blog yang sederhana dan nyaman dilihat bisa membuat pembaca betah. Shinta memperkenalkan pentingnya memasang Google Analytic pada blog untuk melihat parameter-parameter blog seperti pageviews, unique visitor, bounce rate, dan karakteristik pembaca. Shinta juga menyampaikan pentingnya nilai Klout untuk melihat seberapa eksis kita di sosial media. Karena itu jangan lupa untuk menghubungkan akun-akun media sosial yang kita miliki ke akun Klout kita. Materi dari Shinta ini sangat banyak dan padat. Percaya deh, yang saya sampaikan ini tidak sampai 5 persennya! Hahaha.

Pada tengah hari, kelas jeda sejenak untuk makan siang dengan menu spesial, Nasi Bali.


Usai ishoma (istirahat, makan, sholat) peserta tak sempat mengantuk karena tiba waktunya materi pamungkas yang ditunggu-tunggu, yaitu How To Monetize Your Blog. Di sini Ani Berta banyak berbagi pengalamannya bagaimana mencari dan menjaga networking dengan klien. Pada akhir presentasi, Ani menunjukkam bukti transfer DP proyek blognya. 8 digit, Bo! Blink-blink !


Ani Berta, foto dari IWITA

Pada sesi akhir saya bertanya tentang bagaimana menyikapi undangan blogger gathering  yang diadakan di Jakarta, sedangkan saya tinggal di Bogor, tentunya ongkos transport untuk bisa hadir. Apakah etis jika saya menanyakan transport dan hak lain yang akan diberikan? Ani memaklumi untuk kondisi keterbatasan waktu dan jarak yang jauh, uang transport wajar ditanyakan. Cukup tanyakan apakah ada, tapi jangan tanyakan jumlahnya. Hehehe, jika dirasa tidak seimbang dengan waktu dan tenaga ya disampaikan saja tidak bisa hadir. Secara umum sebaiknya kita menghargai undangan walaupun besaran transport atau godiebag undangan belum diketahui. Hal ini untuk menjaga hubungan baik dan networking, karena rejeki bisa datang dari pintu silaturahmi. Begitu intinya.



Suasana kelas. Foto dari IWITA
Suasana kelas. Foto dari IWITA

Acara Fun Blogging 8 ini didukung oleh Nutrisi untuk Bangsa dan IWITA.  Nutrisi untuk bangsa adalah layanan web dari PT. Sari Husada yang bergerak di bidang edukasi gizi bagi bangsa Indonesia. Nutrisi bangsa bukan website produk, jadi murni untuk berbagai ilmu seputar nutrisi.  Sedangkan IWITA (Indonesian Women IT Awarness) adalah sebuah lembaga yang penduli pada penggunaan internet oleh perempuan. 


Acara Fun Blogging 8 selesai sekitar jam 16.00. Molor sedikit karena kami nggak puas-puas bagi-bagi godiebag yang seabreg dan berfoto.

Akhirnya lega, saya sudah menyerap ilmu nge-blog ala 3 guru blogger ini. Plus satu ilmu yang sebenarnya saya diam-diam pelajari dari mereka. Dan hal inilah yang sebenarnya niat saya paling besar ingin datang ke Fun Blogging 8. Ssst, saya pengen mempelajari teknik bicara di depan kelas. :)

Manfaat lainnya, saya berkenalan dengan sebagian dari 45 peserta. Kemudian kenalan dilanjutkan di grup Fun Blogging di Facebook. Di grup inilah kami bergabung dengan peserta terdahulu. Seru, banyak diskusi, dan banyak job. #eh.

Salut buat Trio Fun Bogging yang sudah bisa menyelenggarakan hingga sesi 8. Kalian kereeeeeeen!  (Boleh ya banyak huruf "e"?) 
Sukses terus ya buat Fun Blogging.


47 komentar:

  1. Mbaak Arin kemarin belum sempat ngobrol, padahal duduknya pas di depanku :D
    Keep inspiring, Mbaak :)

    BalasHapus
  2. Hallo mba Murti, salam kenal. Im your new follower hihihii. Seneng ya bisa bergabung di Fun Blogging juga mba, makin semangat nulisnya. Ayo semangat juga belajar bicara di depan kelas, kayaknya keren juga itu jadi materi tulisan ya mba hhihihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting belajar public speaking buat yang grogian kayak aku.

      Hapus
  3. Fun Blogging memang kereeeeeen! (e-nya banyak juga :D)

    BalasHapus
  4. Belum kesampaian juga pengen ikutan fun blogging... waktunya blm pas trus. Seru ya mak... sarat ilmu dan silaturahmi sepertinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mba Irma sih udah mahir monetizing sejak sebelum ikutan funblogging.

      Hapus
  5. Fun Blogging emang fenomenal ya Mbak. Saya sendiri belon pernah ikut :)
    Asyik banget dapet banyak ilmu dan khususnya makan nasi Jinggo ya yg khas Bali.
    Saya doakan semoga dua impian Mbak Arin segera terlaksana berkah eh berkat ngeblog...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogger cowok masih sedikit yang bergabung. Tapi ada kok.. yuk ikutan

      Hapus
  6. wow kelasnya rame banget!
    fun blogging emang kerennn

    BalasHapus
  7. Kayane, besok giliran aku ni, yang ngikut. Nabung, dulu ah...

    BalasHapus
  8. belum pernah ikutan aku mbak arin..

    BalasHapus
  9. Saya masih setia menanti fun blogging. Kalau domisili solo dpt undangan ke jakarta, ada transportasi dan akomodasi gak ya??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. fun blogging 9 merapat ke jawa tengah

      Hapus
  10. Fun blogging yg kebrp ya di makassar?

    BalasHapus
  11. keren euy seruuu...

    kangen banget ama Trio Kece mastihnya Fun Blogging...

    Happy Blogging mbak Arin :)

    BalasHapus
  12. Iya Fun Blogging emang kereeeen, pengen fkt2 terus tiga pendekar blogger cantik ini... biar bs banyak belajar dari mereka :)

    BalasHapus
  13. keren emang, dijamin ga nyesel ya hehehe ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak nyesel..apalagi dibawain klapertart sama mba ei

      Hapus
  14. Pengin bisa ikutan Fun Blogging ini, moga ada agenda di malang.

    BalasHapus
  15. Fun blogging emang bukan cuma nambah link dan pengetahuan ya mba, tapi juga meng-upgrade standard blogging kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya pengen lebih baik blognya sih..monetizing mengikuti.

      Hapus
  16. Hi Mba Arin Salam kenal, seneng ikut fun blogging 8 jadi nambah ilmu banyak soal per-blogger-an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemaren ikutan juga ya mba? sory belum kenalan

      Hapus
  17. semoga terwujud harapannya, aamiin. awas e nya kebanyakan nanti kena edit *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...iya kereeeeennya kagak nahan

      Hapus
  18. semoga bisa ikut sesi selanjutnya ahhh

    BalasHapus
  19. fun blogging memang banyak ilmu-ilmu yang menarik, termasuk teknik bicara di depan kelas dari para suhu ya mbak.. hehe... mantap mbak :)

    BalasHapus
  20. Mba Arin terima kasih banyak sudah sudi hadir di Fun Blogging 8, semoga bermanfaat dan gak kapok ya :)

    BalasHapus
  21. mba arin sukses bikin erna ngiler pengen ikutan juga.Semoga diwaktu yang tepat bisaikutan fun blogging. makasi sharenya mba arin.

    BalasHapus
  22. Kalau diizinkan ikut lagi, sejujurnya aku mau lho ikut kelas fun blogging lagi. Bilangin ya ke tiga perempuan super dan keren itu. ^_^

    BalasHapus
  23. Ngga etis tanya jumlah rupiah ya, Mbak. :)

    BalasHapus
  24. Senangnya ya Mba ikut fun blogging.. Bisa nambah ilmu sekalian silaturahmi dan kopi darat dengan sesama blogger.. Kapan ya acaranya dilasungkan di luar pulau Jawa? Kapan nih di Palembang acara yg kayak gini? Ditunggu ya para mento2 cantik..aku mau ikutan juga nih nimba ilmu..

    BalasHapus
  25. Wow, ternyata ada komunitas blog di luar sana ya...
    salam kenal... :)

    BalasHapus
  26. Di timelina FB saya banyak bgt bersliweran cerita ttng Fun Blogging, tapi sya blm pernah ikutt hiks. Semoga ada kesempatan yah bsk di Jogja gituuu...

    BalasHapus
  27. blogging is indeed super fun yaaa mba :). Makanya masih betaah sampai sekarang hehehe. Kalau sudah kembali ke tanah air musti ikutan yang satu ini :)

    BalasHapus