Kamis, 31 Maret 2016

Daycare dan TK Agriananda, Sekolah Berlingkungan Baik di Bogor

Tak lama setelah IPB menerapkan green transportation, TPA-PG-TK Agriananda melaksanakan open house pada tanggal 5 Maret 2016.  Open house ini bertujuan memperkenalkan TPA-PG-TK Agriananda kepada masyarakat umum.

Agak kurang kondusif memang bagi pengunjung open house, di saat green transportation mulai diterapkan, sepeda motor dilarang beredar di dalam kampus sementara armada green transportation jumlahnya belum memadai. Mobil pengunjung masih diperbolehkan beredar. Terpaksa pengunjung harus menitipkan motornya di spot-spot parkir, kemudian naik sepeda, bis damri atau mobil listrik yang telah disediakan oleh IPB untuk menuju fakultas masing-masing yang terpencar di IPB. Jarak antar fakultas tidak dekat. Dan TPA-PG-TK Agriananda terletak di kawasan perumahan dosen di dalam kampus, yang artinya untuk mencapai ke lokasi harus menggunakan green transportasion.

Daycare - Playgroup - Taman kanak-kanak
Lingkungan hijau.
Sisi positifnya, TPA-PG-TK Agriananda berada di lingkungan hijau nan luas.  Jauh dari keramaian jalan raya. Tentunya ini sangat aman bagi anak-anak. Dan mereka akan banyak menghirup udara segar selama di sekolah. Di sini kita masih bisa melihat tupai berlarian di atas pohon, suara burung bersahut-sahutan dan kupu-kupu beterbangan.

Wawasan Pertanian.
Di IPB terdapat kandang kuda dan sapi milik Fakultas Peternakan, ada aneka binatang peliharaan di Rumah Sakit Hewan, Fakultas Kedokteran Hewan, dan ada Museum Serangga di Departemen Proteksi Tanaman. Fasilitas-fasilitas itu bisa dikunjungi oleh siswa TPA-PG-TK Agriananda.  Study tour yang dekat, murah dan gratis, serta tak biasa.  Ada juga kebun percobaan IPB yang juga bisa dikunjungi oleh siswa TPA-PG-TK Agriananda. Kesemuanya itu meningkatan wawasan pertanian pada anak.

 
 
Cara menjangkau lokasi.
Saat ini kebanyakan siswa berasal dari daerah Dramaga dan sekitarnya. Jika orangtua adalah masyarakat umum, lokasi rumahnya tidak jauh dari kampus IPB. Ada beberapa siswa yang rumahnya jauh, yang rela begitu tak lain karena orangtua adalah karyawan IPB, seperti kasus saya ini. Jarak tempuh 1 jam kalau dari Bogor kota.

Dari sisi akademis, tenaga pendidik merupakan lulusan PGTK D1 dan D2 yang sedang melanjutkan studi S1 PAUD di Universitas Terbuka. Ada juga guru yang telah S1 dan S1 PAUD yang telah mengikuti oelathan dan seminar pendidikan karakter dan tumbuh kembang anak. Sedangkan dari sisi non akademis, yang saya rasakan mereka adalah guru-guru yang menyayangi anak-anak didiknya. Guru favorit Asa adalah Bu Ucha, beliau sudah menjadi "ibu kedua" bagi Asa karena telah mengasuh sejak Asa usia 1 tahun di Daycare.
 
Kegiatan siswa ada yang rutin ada yang tahunan. Kegiatan rutin antara lain English learning, Sholat Dhuha, hafalan surat pendek, mengenal huruf hijjaiyah, angklung, fieldtrip, memasak, pemeriksaan kesehatan oleh Dokter IPB, minum susu sapi murni, dan farming.

Kegiatan tahunan misalnya manasik haji, peringatan hari nasional dan liburan bersama.


Kemeriahan open house
Open house tahun ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah. Berkat kerjasama solid ibu-ibu komite dan guru. Saya tidak aktif di komite, hanya penggembira saja. (sudah 10 tahun jadi pelanggan Agriananda, masa masih harus jadi komite lagi, pelanggan aja deh hihihi).*ngeles*

Acara dihadiri oleh lebih dari 500 pengunjung. Mereka adalah anak-anak TK dan Balita yang ingin kenal lebih dekat dengan yayasan Agriananda. Dalam kesempatan ini mereka bisa mengunjungi kandang sapi dan kuda naik bis IPB, mengikuti lomba menggambar, mencoba masuk kelas serta menyaksikan hiburan badut. 



Penasaran dengan sekolahnya Asa? 
Ingin tahu biaya sekolahnya?
Silakan kontak langsung ke TK Agriananda, Jalan Palem Kampus IPB Dramaga Bogor, No telp 0251-8621533.

9 komentar:

  1. suka sama sekolah yg hijau hijau ky begini..

    BalasHapus
  2. ooh ini ya sekolah Asa dari kecil. Enak banget suasananya, apalagi ada kuda dan sapi, bisa interaksi lgsg.. andaikan sekolahnya deket Selma kayanya mau nih sekolah di sini.

    BalasHapus
  3. Teduh sekali ya mba, dengan rindangnya pepohonan , dan udara yang bersih.
    Jadi contoh buat lembaga pendidikan lain nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di setiap kelurahan disediakan lahan hijau untuk lingkungan sekolah

      Hapus
  4. Wah sejuknya Mbak sekolah berdekatan dengan alam :)

    BalasHapus
  5. ya ampun suasananya bagus banget mbak, saya aja yang dittiipin disini mau kok :)

    BalasHapus