Kamis, 03 Maret 2016

Pizza Cooking Class With Morinaga Chil-Go!



Semesta mendukung.
Satu hari yang cerah di musim penghujan, 19 Februari 2016.  Asa bangun lebih pagi dari biasanya. Setelah malam sebelumnya sibuk membungkus Morinaga Chil-Go! untuk teman-temannya. (Baca cerita sebelumnya: Persiapan Morinaga Sharing Project).  Sepertinya Asa terlalu bersemangat karena hari ini akan ada outing sekolah. Kegiatannya adalah "Pizza Cooking Class" di Domino Pizza. 

Yeaaay...PIZZA COOKING CLASS WITH MORINAGA CHIL-GO!



Terlihat wajah-wajah ceria penuh semangat. Pukul 08.00 pagi Asa dan teman-temannya sudah tiba di Domino Pizza. Nggak boleh telat ya! Dijadwalkan pagi mumpung resto belum dibuka pengunjung umum pukul 10.00, jadi diharapkan dalam 2 jam acara sudah selesai. Jumlah peserta ada 38 anak, seluruh kursi pengunjung di Domino Pizza resto terisi penuh. 

Kakak Kasir bertugas membagi celemek dan topi chef kepada masing-masing anak. Mereka diminta langsung mengenakannya. Duh, senangnya pakai seragam ala chef. Rata-rata sudah bisa memakai sendiri, ada juga yang saling bantu memasangkan dengan teman di sebelahnya. Suasana riuh renyah. Mereka mengobrol dan bercanda masing-masing. Rameeee!"

"Tepuk Diiiam."
Tiba-tiba, terdengar suara dari Bu Ucha selaku penanggung jawab rombongan sekolah. 

Anak-anak langsung menyahut :

Prok, prok, prok, sssttt, sssttt.
Prok, prok, prok, sssttt, sssttt.
Prok, prok, prok, diam! 

Dan semua anak ambil posisi duduk sempurna di kursi masing-masing. Bu Ucha sukses membuat anak-anak diam untuk memperhatikan.

Sebelum memulai cooking class, Kakak Kasir dari Domino Pizza bertugas memberi penjelasan singkat tentang sejarah Domino, cara pembuatan pizza, bahan untuk pizza dan bagaimana acara cooking class hari itu akan berlangsung. Waaah, semakin tak sabar. Sudah kelihatan dari beberapa anak yang duduk gelisah.

Anak-anak dibagi dalam  dua kelompok untuk bergiliran melakukan kitchen tour. Mereka akan melihat langsung seperti apa sih dapur pembuatan pizza.  Sementara satu kelompok keliling dapur, kelompok lain menunggu sambil mewarnai gambar yang dibagikan oleh Kakak Kasir.



Seperti apa sih dapur pembuatan pizza ?

Setelah sekitar 15 menit menunggu, akhirnya tiba giliran kelompoknya-Asa untuk memasuki dapur pembuatan pizza. Kakak Manager yang bertugas memandu anak-anak berkeliling dapur. Kepada anak-anak ditunjukkan kulkas besar tempat penyimpanan bahan pembuat pizza, meja untuk membuat dough (adonan pizza), perlengkapan meracik topping dan oven besar untuk memanggang. 

Bagian paling menarik adalah ketika Kakak Chef memeragakan bagaimana membuat dough menjadi berbentuk lingkaran tipis. Lumuri tepung, penyet-penyet, lumuri tepung, putar-putar dan tipiskan. Kemudian dough dilumuri saus dan terakhir dikasih topping sesuai jenis pesanan.


Ohhternyata bikin pizza itu gampang dan seru ya!
"Siapa yang mau membuat pizza sendiri?" tanya Kakak Chef.
"Sayaaa."
"Sayaaaaa," jawab anak-anak spontan.


Asyik, semua anak berkesempatan membuat pizza sendiri. Dough-nya sudah disiapkan oleh Kakak Chef. Kemudian masing-masing anak diberi satu mangkuk berisi topping (bagian atas) untuk pizza. Jenis yang akan dibuat adalah Meat and Meat Pizza, jadi topping-nya adalah keju, daging asap dan sosis. Anak-anak boleh meracik sesuka hatinya.  Lihatlah, tekun sekali mereka menata topping pizza. Ada yang rapi, ada yang masih berantakan. Nggak apa-apa ya, kamu bisa! Bu Guru memberi semangat.
Ya, Aku bisa. Aku bisa!





Setelah semua selesai menata topping, tiba saatnya pizza di panggang dalam oven. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 10  menit. Jadi sementara menunggu pizza matang,  Bu Ucha menyampaikan pengumuman penting.

Perhatian, perhatian.


"Anak-anak, hari ini teman kita Asa, sedang mendapatkan rejeki dan ingin berbagi susu Morinaga Chil-Go!" Kata bu Ucha.

Horeeee. Mauu. Mauuuu. Seru anak-anak.


"Sabar ya, Asa akan membagikan susunya langsung satu per satu. Nanti boleh langsung diminum ya," lanjut Bu Ucha.


Satu persatu kantong bergambar Chila dan Chilo dibagikan oleh Asa.

Terimakasih Asa. Terimakasih Asaaa. Kata teman-temannya. 
Asa membagikan dengan giat sekali, semangat. Kelihatan banget kalau ada raut bahagia dan bangga dari ekspresi wajah Asa.  Senang bisa berbagi, ya Nak!




Wow, isinya 3 Morinaga Chil-Go!

Setelah membuka kantongnya, anak-anak berseru dan senang. Masing-masing mendapatkan  botol susu rasa Strawberry, Coklat dan Vanila. Hmmm, yang mana ya yang akan diminum terlebih dahulu? Kayaknya semuanya enak.

Sebelum minum, mereka tertarik melihat-lihat botol Morinaga Chil-Go! yang bergambar Chila dan Chilo. Karena rata-rata anak TK B sudah mulai lancar membaca, sebagian malah membaca keterangan dalam kemasan susu.




Tertulis pada kemasan : Morinaga Chil-Go! adalah minuman susu steril untuk anak usia 1-12 tahun yang diformulasikan dengan Prebiotik (INULIN 1000mg/saji), Protein, 9 Vitamin dan 6 Mineral yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan Si Kecil. Selain itu juga ada keterangan komposisi bahan dan nilai gizi. Dan yang penting, berlabel Halal.
  
Pada kemasan Morinaga Chil-Go! juga terdapat logo Morinaga dan logo Kalbe Nutritional. adalah produk inovasi unggulan dari Seperti pernah saya sebut dalam tulisan sebelumnya, Kalbe Nutritional adalah perusahaan yang berkomitmen memproduksi produk-produk nutrisi berkualitas terbaik. Kalbe bekerjasama dengan Morinaga Jepang untuk memproduksi Morinaga Chil-Go! sebagai susu cair pertumbuhan  anak 1-12 tahun yang membantu membentuk generasi platinum yang sehat dan cerdas. 


Saatnya minum susuuuu!

Tash! tash! tash! 
Terdengar bunyi sedotan menusuk tutup Morinaga Chil-Go!
Srot, srott, srooot, yummy!
Dalam beberapa kali sedot, habislah satu botol Morinaga Chil-Go! berisi 140 ml itu. Lanjut minum susu botol kedua dan ketiga.

Sambil memotret sana-sini, saya berkeliling dan bertanya ke anak-anak.

"Bagaimana rasanya?" tanya saya pada teman-teman Asa.
"Rasanya enak," jawab mereka
"Kamu suka rasa apa?" tanya saya.
"Coklat," jawab Safira
"Strawberry," jawab Sofia
"Vanila." jawab Ghailan.
"Aku suka semuaaa!" Jawab Abrar.
Eh, malah Abrar nanya, Asa, boleh nggak minta tambah lagi ? hehehe.












Terlihat dari foto-foto di atas ekspresi mereka menikmati susu Morinaga Chil-Go!  Bahkan sampai ada yang lidahnya menjulur mengejar tetes terakhir. Morinaga Chil-Go! selain sehat juga enak. Sengaja saya mengambil foto anak-anak secara candid, agar tidak mengganggu keasyikan mereka minum susu.

Alarm oven berbunyi. Waaah, pizza kita sudah masak. Horeee, 10 menit waktu menunggu berlalu tanpa terasa sambil menikmati  botol Morinaga Chil-Go!  Pizza yang sudah matang dimasukkan ke dalam kardus dan boleh dibawa pulang oleh anak-anak.

"Pizzaku buat Mama," kata Asa.
"Eh, kok buat Mama?" tanya saya.
"Iya, kan Mama suka makan Pizza," kata Asa. Hihihi, Asa tau banget.
Waah, terimakasih ya Asa sayang. Kamu sudah ketagihan berbagi. Semoga kamu jadi anak dermawan dan baik hati.

Hari yang seru, memasak pizza bersama teman-teman sekaligus minum bareng susu Morinaga Chil-Go! Anak-anak Generasi Platinum ini pulang membawa pengalaman dan kesan.

Asa sangat terkesan dengan hari itu. Ceritanya nggak habis-habis hingga seminggu berikutnya. Cerita berbagi Morinaga Chil-Go! dalam acara pizza cooking class yang seru.


Aku bisa membuat pizza. Aku bisa berbagi. Teman-temanku suka. Aku suka. Aku bangga. Aku bisa, aku pasti bisa.


Acara berjalan sukses. Ya, sukses membuat Asa terkesan dan ingin berbagi lagi dan lagi. "Pas ulang tahun nanti, aku juga mau bagi-bagi Morinaga Chil-Go!" demikian rencana Asa selanjutnya.
 



26 komentar:

  1. Asa, tante minta Pizza dan Chil-Go!nya dong :)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Natural ya anak-anak itu ..gemesin memang

      Hapus
  3. Waah pizzanya kelihatannya enak, Chil-Go! nya apalagii

    BalasHapus
  4. Saya baru tahu, Mak. Kalau chill go ternyata bisa sampai usia 12 thn. Kirain khusus usia 5/6 tahun aja. Seperti susu-susu yg khusus untuk perkembangan sekian sampai sekian tahun itu. Jadi ini bisa dinikmati segala usia juga kali ya Mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Morinaga Chil-Go! susu untuk anak 1-12 tahun.
      Sebaiknya Bayi 0-6 bulan ASI ekslusif.
      dan bayi 6 bulan-2 tahun ASI + MPASI

      Hapus
  5. Ekspresi anak-anaknya lucu-lucu ya ^_^
    Semoga jadi anak yang dermawan ya Asa.

    BalasHapus
  6. Itu fotonya banyak amat ya ... dibuat slide show lebih keren kali ya ..... hehhehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sengaja mau pameran foto anak-anak yg keren ini...biar puas lihatnya berlama-lama

      Hapus
  7. Acara sekolahnya keren, tepuk diamnya bikin ingat saat ngajar dulu :) semoga menang ya, Mbk. Seru nih liputannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut ya..bu guru idenya adaaaa aja untuk mengatur anak-anak

      Hapus
  8. Asa baik ya sama mama, mamanya dikasih hadiah pizza buatan asa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tau banget mamanya suka pizza. Kalau asa sendiri malah sukanya ayam goreng

      Hapus
  9. Waah seneng sekali bisa cooking class di Domino Pizza. Pulangnya dibagiin Morinaga Chil-Go! juga. ..Asa mau dong tante dikasih Pizzanya.

    BalasHapus
  10. Keren banget! Enaknya kalo tinggal dikota ��

    BalasHapus
  11. pintar-pintar masih kecil udah bisa bikin pizza sendiri :D

    BalasHapus
  12. Aku gemes lihat anak2 yg kompak ituuu. . . ,)

    BalasHapus
  13. Untung.outing nya di.pizza domino jadi sekalian belajar

    BalasHapus
  14. BW di malam hari, semoga admin sehat selalu. Amin

    BalasHapus
  15. I Love pizza!!
    My son loves Morinaga :)

    BalasHapus